Cara Memperbaiki Rice Cooker/Magic Com & Tips Memasak Nasi Agar Pulen juga Enak

Ini pengalaman saya sendiri,nasi di rice cooker cepat basi dan lembek berair.setelah searching di google saya kumpulkan informasiya dan saya amalkan disini.Alat penanak nasi ini sudah umum dipakai oleh masyarakat karena fungsinya yang praktis yaitu dapat memasak nasi sekaligus menghangatkannya.Sebelumnya kita harus tahu:

6 bagian penting Sebuah magic jar:

* Dua buah lampu indikator yang letaknya di sisi bawah badan magic jar. terdiri dari lampu penunjuk memasak/cook berwarna merah dan lampu penunjuk menghangatkan/warm biasanya berwarna kuning atau hijau.
* Thermostate, ialah komponen pengatur suhu/panas yang letaknya di bagian dalam badan magic jar.
* Thermofuse, fungsinya mirip sekering yang akan putus pada temperatur yang melebihi batas toleransinya, letaknya di dalam badan magic jar.
* Elemen badan, fungsinya untuk memasak nasi letaknya di sekeliling badan bagian dalam magic jar.
* Elemen tutup, fungsinya menghangatkan nasi, letaknya di dalam penutup - magic jar.


Cara kerja magic jar
* Saat memasak nasi, kabel dihubungkan ke stop kontak dan lampu indikator (warm) menyala 
* Lalu sakelar ditekan dan lampu indikator memasak/cook menyala.
* Listrik mengalir dari kabel menuju thermostate,thermofuse,elemen badan dan elemen tutup.
* Elemen yang dialiri listrik akan memanas dan akan memasakkan nasi sampai suhu tertentu.
* Saat nasi sudah matang pada suhu tertentu maka akan mempengaruhi thermostate dan akan memutuskan arus listrik menuju elemen badan yang akan ditunjukkan dengan berpindahnya posisi sakelar ke atas yaitu mode menghangatkan(warm) dan matinya lampu indikator memasak (cook).
* Selanjutnya Thermostate akan mengatur suhu di dalam majic jar agar stabil pada suhu hangat.

Keluhan yang sering muncul dan penyebabnya:
* Mati total
penyebab : Thermofuse putus atau kabel penghubung mungkin putus akibat digigit tikus.
* Cepat kuning/bau
penyebab : elemen tutup putus atau terbakar.
* Nasi cepat kering
penyebab : thermostate kotor atau ada yang menghalangi atau rusak akibat usia.
* Tidak panas ketika memasak ataupun menghangatkan 
penyebab : elemen badan putus atau terbakar.Tombol tidak mengunci saat memasak nasi atau tidak kembali ke atas(posisi warm) saat nasi sudah masak, penyebab: thermostate kotor,ada yang menghalangi atau rusak akibat usia.

Cara membuka elemen tutup:
* Buka sekrupnya 
* Lemudian lepaskan penutup dari badannya
* Lepaskan sambungan kabelnya 
* Lepaskan elemen tutup dari tempatnya.

Cara membuka elemen badan:
* Buka baud yang ada di bagian bawah magic jar 
* Lalu congkel sela antara badan bagian tengah dengan penutup badan bagian bawah menggunakan obeng min.
* Setelah penutup badan bagian bawah terlepas lihatlah di sedkeliling bagian dalam badan, di situ ada elemen badan yang terbungkus alumunium foil(mirip lakban) , 
* Lepaskan sambungan kabelnya lalu ambil elemennya.

Cara servis magic jar/magic com yang nasinya cepat basi.
Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan :

1. Buka penutup engsel belakang yang mengaitkan body dengan tutup.
2. Gunakan pengait dan tariklah keluar sambungan yang ada di dekat lubang yang sudah terbuka. Ada dua sambungan/kelompok.
3. Pisahkan kabel pada salah satu kelompok, sehingga kabelnya tidak menyatu lagi.
4. Ukur dengan AVO meter, salah satu colok selipkan pada penjepit kabel hingga menyentuh logamnya, dan colok yang lain tempelkan pada kabel-kabel elemen yang telah dipisah tadi. 
5. Oh ya, hampir lupa, posikan AVO meter pada skala ohm. Berdasarkan pengalaman, kebanyakan pada saat diukur elemen atas, jarum tidak bergerak yang artinya elemen rusak. maka harus dilakukan penggantian. Jika elemen atas sudah disediakan , lanjutkan langkah berikutnya.
6. Tariklah bagian dalam tutup bagian bawah , lalu lepas bagian di atasnya tempat di mana elemen menempel.
7. Setelah dapat kita lihat elemennya, lepaskan kabelnya dari penjepitnya dan lepas perekatnya dari plat aluminium tempat elemen menempel, dan bersihkan sisa-sisa perekatnya.
8. Pasang elemen baru pada tempatnya dan jepit kembali kabel pada tempat semula.
CATATAN: Buka sedikit demi sedikit kertasnya jangan langsung dibuka semuanya, karena jika salah posisi dan terlanjur menempel sulit untuk dibenahi.
9. Setelah elemen yang baru terpasang, posisikan seperti semula. Maka pekerjaan telah selesai. Prinsip kerja elemen tutup magic jar atau magic com. 

Baiklah, sedikit kita bahas tentang fungsi dan prinsip kerja dari elemen tutup atas. Saat nasi dihangatkan, maka ada penguapan dan titik-titik air terkumpul pada bagian di atasnya. Elemen atas yang mendapat aliran listrik akan mengubahnya menjadi panas, dan mampu mengeringkan titik-titik air tersebut dan jika elemen atas tidak berfungsi, maka titik-titik air akan mengumpul dan menetes kembali ke nasi, dan inilah yang menyebabkan nasi cepat basi dan berair.

Tips memasak nasi Agar Pulen & Enak

Tips memasak nasi pulen dan enak yang pertama adalah dengan : 
* Memasukkan 2-3 lembar daun pandan saat memasak nasi. Daun pandan akan membuat aroma nasi menjadi lebih wangi dan tidak cepat basi. 
* Agar nasi tidak terlalu lembek, gunakan air secukupnya saja. Namun untuk beras yang pera, Anda bisa menambahkan 2 kali air dari yang biasanya dibutuhkan untuk memasak beras yang pulen. 
* Agar beras pera tidak mudah menjadi kuning, perciki tempat memasak nasi dengan sedikit air jeruk nipis.

* Jika nasi pera masih kurang pulen, Anda dapat mecampurkan bubuk agar-agar yang berwarna putih ke dalam beras yang akan dimasak dengan perbandingan ½ bungkus agar-agar untuk satu liter beras. 
* Dan untuk Anda yang suka memasak nasi dengan magic com, sebaiknya langsung cabut kabel setelah nasi masak. Lalu, buka magic com dan biarkan uapnya keluar sampai habis. 
* Anda juga bisa menutup magic com dengan serbet putih untuk menjaga agar nasi tidak cepat menguning, berair, dan basi. 

Sebenarnya selain tips memasak nasi pulen dan enak di atas, saat membeli beras Anda bisa melakukan beberapa langkah agar tidak salah memilih beras pera.

Tips Memilih Beras
Belilah pada penjual yang sudah kita kenal. Biasanya ada juga penjual beras yang nakal mencampurkan beras pulen dengan beras pera. Untuk menghindari ini, kenali ciri-ciri beras yang baik. Beras yang baik dan masih baru, biasanya berwarna putih bersih, bentuknya panjang, tidak patah, dan baunya harum.

Jika Anda masih ragu memilih beras biasa, Anda bisa beralih ke beras merah. Sekarang memang banyak orang yang menyukai beras merah karena alasan kualitas dan manfaat kesehatan. Beras merah memiliki kandungan serat dan gizi yang jauh lebih tinggi daripada beras putih biasa. Orang yang sering mengalami sulit BAB dan mereka yang sedang diet sangat disarankan mengonsumsi nasi merah ini.

Yang perlu Anda lakukan untuk memasak nasi merah yang pulen dan enak hampir sama dengan cara memasak nasi putih. Masukkan air secukupnya agar beras merah tidak terlalu pera. Nasi merah akan sangat pas disajikan dengan sayur dan lauk yang sehat agar manfaatnya bagi tubuh semakin terasa. Dengan tips memasak nasi pulen dan enak ini, kini Anda tidak perlu jengkel lagi dengan nasi yang keras dan mudah basi.


Ok sahabat,semoga bermanfaat...

Sumber : dari berbagai sumber
                                                                                 





You Might Also Like: