Home » » Cara Memperbaiki Rice Cooker/Magic Com & Tips Memasak Nasi Agar Pulen juga Enak

Cara Memperbaiki Rice Cooker/Magic Com & Tips Memasak Nasi Agar Pulen juga Enak

Ini pengalaman saya sendiri,nasi di rice cooker cepat basi dan lembek berair.setelah searching di google saya kumpulkan informasiya dan saya amalkan disini.Alat penanak nasi ini sudah umum dipakai oleh masyarakat karena fungsinya yang praktis yaitu dapat memasak nasi sekaligus menghangatkannya.Sebelumnya kita harus tahu:

6 bagian penting Sebuah magic jar:

* Dua buah lampu indikator yang letaknya di sisi bawah badan magic jar. terdiri dari lampu penunjuk memasak/cook berwarna merah dan lampu penunjuk menghangatkan/warm biasanya berwarna kuning atau hijau.
* Thermostate, ialah komponen pengatur suhu/panas yang letaknya di bagian dalam badan magic jar.
* Thermofuse, fungsinya mirip sekering yang akan putus pada temperatur yang melebihi batas toleransinya, letaknya di dalam badan magic jar.
* Elemen badan, fungsinya untuk memasak nasi letaknya di sekeliling badan bagian dalam magic jar.
* Elemen tutup, fungsinya menghangatkan nasi, letaknya di dalam penutup - magic jar.


Cara kerja magic jar
* Saat memasak nasi, kabel dihubungkan ke stop kontak dan lampu indikator (warm) menyala 
* Lalu sakelar ditekan dan lampu indikator memasak/cook menyala.
* Listrik mengalir dari kabel menuju thermostate,thermofuse,elemen badan dan elemen tutup.
* Elemen yang dialiri listrik akan memanas dan akan memasakkan nasi sampai suhu tertentu.
* Saat nasi sudah matang pada suhu tertentu maka akan mempengaruhi thermostate dan akan memutuskan arus listrik menuju elemen badan yang akan ditunjukkan dengan berpindahnya posisi sakelar ke atas yaitu mode menghangatkan(warm) dan matinya lampu indikator memasak (cook).
* Selanjutnya Thermostate akan mengatur suhu di dalam majic jar agar stabil pada suhu hangat.

Keluhan yang sering muncul dan penyebabnya:
* Mati total
penyebab : Thermofuse putus atau kabel penghubung mungkin putus akibat digigit tikus.
* Cepat kuning/bau
penyebab : elemen tutup putus atau terbakar.
* Nasi cepat kering
penyebab : thermostate kotor atau ada yang menghalangi atau rusak akibat usia.
* Tidak panas ketika memasak ataupun menghangatkan 
penyebab : elemen badan putus atau terbakar.Tombol tidak mengunci saat memasak nasi atau tidak kembali ke atas(posisi warm) saat nasi sudah masak, penyebab: thermostate kotor,ada yang menghalangi atau rusak akibat usia.

Cara membuka elemen tutup:
* Buka sekrupnya 
* Lemudian lepaskan penutup dari badannya
* Lepaskan sambungan kabelnya 
* Lepaskan elemen tutup dari tempatnya.

Cara membuka elemen badan:
* Buka baud yang ada di bagian bawah magic jar 
* Lalu congkel sela antara badan bagian tengah dengan penutup badan bagian bawah menggunakan obeng min.
* Setelah penutup badan bagian bawah terlepas lihatlah di sedkeliling bagian dalam badan, di situ ada elemen badan yang terbungkus alumunium foil(mirip lakban) , 
* Lepaskan sambungan kabelnya lalu ambil elemennya.

Cara servis magic jar/magic com yang nasinya cepat basi.
Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan :

1. Buka penutup engsel belakang yang mengaitkan body dengan tutup.
2. Gunakan pengait dan tariklah keluar sambungan yang ada di dekat lubang yang sudah terbuka. Ada dua sambungan/kelompok.
3. Pisahkan kabel pada salah satu kelompok, sehingga kabelnya tidak menyatu lagi.
4. Ukur dengan AVO meter, salah satu colok selipkan pada penjepit kabel hingga menyentuh logamnya, dan colok yang lain tempelkan pada kabel-kabel elemen yang telah dipisah tadi. 
5. Oh ya, hampir lupa, posikan AVO meter pada skala ohm. Berdasarkan pengalaman, kebanyakan pada saat diukur elemen atas, jarum tidak bergerak yang artinya elemen rusak. maka harus dilakukan penggantian. Jika elemen atas sudah disediakan , lanjutkan langkah berikutnya.
6. Tariklah bagian dalam tutup bagian bawah , lalu lepas bagian di atasnya tempat di mana elemen menempel.
7. Setelah dapat kita lihat elemennya, lepaskan kabelnya dari penjepitnya dan lepas perekatnya dari plat aluminium tempat elemen menempel, dan bersihkan sisa-sisa perekatnya.
8. Pasang elemen baru pada tempatnya dan jepit kembali kabel pada tempat semula.
CATATAN: Buka sedikit demi sedikit kertasnya jangan langsung dibuka semuanya, karena jika salah posisi dan terlanjur menempel sulit untuk dibenahi.
9. Setelah elemen yang baru terpasang, posisikan seperti semula. Maka pekerjaan telah selesai. Prinsip kerja elemen tutup magic jar atau magic com. 

Baiklah, sedikit kita bahas tentang fungsi dan prinsip kerja dari elemen tutup atas. Saat nasi dihangatkan, maka ada penguapan dan titik-titik air terkumpul pada bagian di atasnya. Elemen atas yang mendapat aliran listrik akan mengubahnya menjadi panas, dan mampu mengeringkan titik-titik air tersebut dan jika elemen atas tidak berfungsi, maka titik-titik air akan mengumpul dan menetes kembali ke nasi, dan inilah yang menyebabkan nasi cepat basi dan berair.

Tips memasak nasi Agar Pulen & Enak

Tips memasak nasi pulen dan enak yang pertama adalah dengan : 
* Memasukkan 2-3 lembar daun pandan saat memasak nasi. Daun pandan akan membuat aroma nasi menjadi lebih wangi dan tidak cepat basi. 
* Agar nasi tidak terlalu lembek, gunakan air secukupnya saja. Namun untuk beras yang pera, Anda bisa menambahkan 2 kali air dari yang biasanya dibutuhkan untuk memasak beras yang pulen. 
* Agar beras pera tidak mudah menjadi kuning, perciki tempat memasak nasi dengan sedikit air jeruk nipis.

* Jika nasi pera masih kurang pulen, Anda dapat mecampurkan bubuk agar-agar yang berwarna putih ke dalam beras yang akan dimasak dengan perbandingan ½ bungkus agar-agar untuk satu liter beras. 
* Dan untuk Anda yang suka memasak nasi dengan magic com, sebaiknya langsung cabut kabel setelah nasi masak. Lalu, buka magic com dan biarkan uapnya keluar sampai habis. 
* Anda juga bisa menutup magic com dengan serbet putih untuk menjaga agar nasi tidak cepat menguning, berair, dan basi. 

Sebenarnya selain tips memasak nasi pulen dan enak di atas, saat membeli beras Anda bisa melakukan beberapa langkah agar tidak salah memilih beras pera.

Tips Memilih Beras
Belilah pada penjual yang sudah kita kenal. Biasanya ada juga penjual beras yang nakal mencampurkan beras pulen dengan beras pera. Untuk menghindari ini, kenali ciri-ciri beras yang baik. Beras yang baik dan masih baru, biasanya berwarna putih bersih, bentuknya panjang, tidak patah, dan baunya harum.

Jika Anda masih ragu memilih beras biasa, Anda bisa beralih ke beras merah. Sekarang memang banyak orang yang menyukai beras merah karena alasan kualitas dan manfaat kesehatan. Beras merah memiliki kandungan serat dan gizi yang jauh lebih tinggi daripada beras putih biasa. Orang yang sering mengalami sulit BAB dan mereka yang sedang diet sangat disarankan mengonsumsi nasi merah ini.

Yang perlu Anda lakukan untuk memasak nasi merah yang pulen dan enak hampir sama dengan cara memasak nasi putih. Masukkan air secukupnya agar beras merah tidak terlalu pera. Nasi merah akan sangat pas disajikan dengan sayur dan lauk yang sehat agar manfaatnya bagi tubuh semakin terasa. Dengan tips memasak nasi pulen dan enak ini, kini Anda tidak perlu jengkel lagi dengan nasi yang keras dan mudah basi.


Ok sahabat,semoga bermanfaat...

Sumber : dari berbagai sumber
                                                                                 
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, September 10, 2014

41 komentar:

  1. OOh gitu ya.., makasih Infonya seputar kerusakan alat penanak nasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,gara gara nasiku cepet basi,jadi saya tulis disini...trksih sudah berkunjung gan..

      Delete
  2. Mau tanya mas ....sebab reskuker nggak hangat apanya ya...tapi kalau buat masak nasi bisa matang

    ReplyDelete
    Replies
    1. elemenya mungkin yang harus di ganti

      Delete
    2. Gan...klo nasi basi gr2 uap air ga bs keluar gmn mengatasinya?pdhl udh ada ventilasi utk uap air.tp airnya bukan keluar malah jatuh lg di nasinya.jdnya basah dan cpt basi

      Delete
  3. Mas mau tanya magic com sewaktu saya memasak nasi, tombol cook sudah berubah menjadi warm. Tp ketika sy buka magic com nya ternyata nasi belum matang dan masih banyak airnya. Itu kira2 kenapa ya?Apakah sy terlalu banyak memberi air ketika memasak nasi?atau ada bagian magic com yg rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ zizi, kayaknya Thermofuse sudah tidak normal itu, temperatur belum sampai maksimal tapi sudah memutuskan dulu. sehingga nasi belum matang betul dan air belum sempat mengering..

      Delete
    2. Klok nasi kuning dn kring apa nya yg rusak bang...?

      Delete
  4. Mau tanya mas, lampu cook mati, tp lampu warm hidup. Ketika masak bisa sampe matang hanya saja lampunya mati, itu masalah di apanya ya mas? Mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kabel yang mengarah ke lampu indikator cook-nya mbak kaya'nya ada yang putus. kalau nasi masih matang dan dalam waktu yang normal gak masalah mbak..

      Delete
  5. itu mah cuma jalur listrik ke lampu nya aja bu atau memang lampu nya ya mati

    ReplyDelete
  6. Benar lampu warm nyala tetapi nasi basi ternyata elemen tutup putus sesuai saran buka pelan bagian yang putus seperti rambut disambung lagi masih bisa hangat 24 jam belum basi, jadi sementara belum ganti elemen tutup kebetulan yang putus 2 cm dari sambungan kabel merah sehingga yang putus dibuang sambung dengan yang masih sisa masih belon bisa prediksi tahan berapa lama

    ReplyDelete
  7. Mau tanya mas,klo lampu cook ny gk mau fungsi apa nya ya,jd setiap kali saya turunkan saklarnya k lampu cook,saklar tu gk mau diam d situ,trus balik lagi k warm...mohon solusi ny mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur sakalrnya sudah gak bener itu mas gun, coba di bongkar saja. kalau ragu gak bisa ke tukan service..

      Delete
  8. Mas bagaimana caranya membetulkan magic com saya yg tdk bsa dibuka gara2 anak2 terlalu kencang menutupnya sehingga tdik bsa dibuka,tolong dibantu mas...makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kancing pembuka yg biasanya ditekan sudah tidak berfungsi. terpaksa bukanya dari engsel belakang disitu ada bautnya coba buka saja. kalau sudah dibuka dari belakang segera perbaiki kancignya dibongkar dari bagian tengah. coba otak atik sendiri..

      Delete
  9. Mas mau tanya,knapa reskuker saya,stlah nasi masak,reskuker saya nggak panas pdhal colokan nya nggak di lepas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seopertinya elemen pemanasnya sudah gak normal mas. bongkar saja diganti elemen-nya saja

      Delete
  10. Mahu bertanya,kenapa ricecoooker saya membuatkn ELCB trip sewaktu dihidupkan. Bila dibongkar dan diasingkan pemanas dari body,bisa on dan ELCB tak trip.apa yang rosak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yang ini saya kurang paham, harus lihat langsung. Maaf ya aku gak bisa bantu..

      Delete
  11. Mas mau tanya kenapa pada selesai memasak uap air nya malah keluar dari atas lubang uap dan keluar lebih dari biasa nya.. jd ga lewat lubang air di belakang nya.. gimana cara memperbaiki nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo keatas gak ada penampungnya jadi terliht banyak. Biasanya kalo keluar dr atas yg di belakang tersumbat itu bu, bersihkan dulu bongkar penutupnya ada baut ditengah tengah bagian dalam, dibersihin saja

      Delete
  12. Gmn cara penyambungan elemen bodi ke elemen tutup, sy ad gnti tp lp jalurnya..

    ReplyDelete
  13. Aku juga bingung mas mul, yang begini mah harus lihat langsung euy...sekarang banyak jenis ricecooker aku lihat ada yang beda jalur penempatannya. maaf ya..

    ReplyDelete
  14. Trims atas info nya kang..salam sukses slalau

    ReplyDelete
  15. min. cek termostat yg bagus dwn rusak bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yang sudah tidak bagus biasanya pada sistem otomatis sudah tidak berfungsi, kadang nggak mau ke posisi warm

      Delete
  16. min... saya punya mejikom . menanak nasi bisa setelah itu nasi dingin dan tidak hangat. kira lita itu kenapa.....?

    ReplyDelete
  17. mejikom yg bisa nanak tapi todak bisa menghangatkan.. itu apanya yg rusak ....

    ReplyDelete
  18. @ Cahya nirwana, biasanya itu masalah yang terjadi jika bagian sistem otomatis pada thermostate sudah tidak normal

    ReplyDelete
  19. Mas mau tanya..nasi saya cepet kering dan juga gaak kuat lama lama..(cepet basi/ tidak Sampek 24 jam).kenapa ia mas..mohon saran nya bang..makasih

    ReplyDelete
  20. @ MAs D. Bersihkan bagian pembuangan air, biasanya bagian belakang dan atas. nasi cepat basi disebabkan uapnya tidak tuntas keluar...

    ReplyDelete
  21. Mas kalo ricecooker buat nanak nasi gsong itu thermostatnya yg rusak ato bs kemungkinan lain yg rusak..?

    ReplyDelete
  22. mau nanya bang kira2 fuse rice cooker ada jual di toko pa gak. thankz bang

    ReplyDelete
  23. @ Anjas, ada bang bahkan dibeberapa toko online sudah ada yang jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klok nasi jdi kuning dn cpat kring,apa nya yg brmasalah bang..?

      Delete
  24. Mas maaf mau tanya. Saat masak beras, banyak air (bentuk bubur) luber luber dari lubang uap ricecooker saya. Padahal baru beli kemarin karena ricecooker yg sebelumnya mengalami hal yang sama. Saya rasa saya tidak menuangkan air berlebihan ke dalam pancinya, apa ada yg salah dengan voltase nya sehingga ricecooker saya terlalu panas dan airnya luber2? Bagaimana cara memperbaikinya ya mas? Terima kasih.

    ReplyDelete
  25. Oh iya lubang air yg dibelakang juga tetap terisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya airnya kebanyakan mbak, klo voltase itu sudah standar...

      Delete
  26. Mas klo rice cooker gamau masak cuma ngangetin doang gmn solusinya?? Indikator cook juga ngga nyala

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top