Home » , » Hikmah Makan Menggunakan Jari Tangan Dari Segi Islam & Medis

Hikmah Makan Menggunakan Jari Tangan Dari Segi Islam & Medis

Makan menggunakan Jari Tangan termasuk Sunnah Rosulillah Muhammad (Sollaullahualaihi wassallam) Beliau memakan makanannya dengan tiga jari, lalu menjilati ketiga jari tersebut sebelum membersihkannya. Dan bila ada satu suap makanan terjatuh dari tangan Rasul, beliau tidak akan meninggalkan makanan tersebut, melainkan mengambilnya dari tanah, lalu membersihkannya dan memakannya.

Hal tersebut di atas sesuai tertuang dalam sabda Rasulullah “jika satu suap makanan salah seorang diantara kalian jatuh, ambillah, lalu bersihkan kotorannya, jangan biarkan untuk setan. Jangan membersihkan tangannya dengan sapu tangan, namun jilatlah jari-jarinya karena dia tidak mengetahui bagian mana dari makanannya yang mengandung keberkahan.” (HR Muslim).

Tetapi Apakah tidak boleh dengan empat atau lima jari? Sebenarnya tidak harus menggunakan tiga jari saja. Makan menggunakan lebih dari tiga jari diperbolehkan jika makanan itu mengandung kuah atau sejenisnya yang tidak mungkin dimakan dengan tiga jari.

* hikmah makan menggunakan jari tangan Dari Segi Agama :
Imam Al-Ghazali, dalam kitab Ihya’ Ulumiddinnya, menjelaskan, “Aktifitas makan itu dapat dilihat dari 4 sisi, yaitu:

~ Makan dengan menggunakan satu jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat marah,
~ Dengan dua jari akan menghindarkan dari sifat sombong,
~ Makan dengan tiga jari akan menghindarkan dari sifat lupa
~ Makan dengan menggunakan empat atau lima jari dapat menghindarkan dari sifat rakus.”
kemudian mengapa Rasulullah menggunakan tiga jari? sesungguhnya makan menggunakan tiga jari akan membuat setiap orang dapat mengukur porsi makanan yang cocok bagi diri

* Makan Dengan Jari Tangan Dari Segi Medis :
1.    Tangan Memiliki Enzim Khusus

Karena tangan mengandung enzim RNAase yang disekresikan oleh tangan kita. Enzim ini berfungsi untuk kekebalan tubuh kita dan proteksi terhadap bakteri. Enzim ini selali disekresikan. Ketika tangan kamu kotor, enzim ini sedang mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri itu tidak dapat maksimal. Namun jika sangat kotor maka persentase bakteri akan jauh lebih besar sehingga bakteri akan menaklukan pengaruh dari RNAase.
2.    Tangan Lebih Peka Terhadap Bakteri

Termasuk masih menempelnya bakteri yang membahayakan tubuh sebab bakteri tidak sepenuhnya merugikan. Ketika kamu makan dengan sendok, bakteri yang membahayakan tersebut akan masuk ke dalam tubuh tanpa adanya perlawanan dari enzim RNAase. Lalu bagaimana dengan pemakaian cairan pembersih ? Tidak apa apa, sebab sistem kerjanya adalah merusak lapisan membran terluar pada bakteri sehingga bakteri akan lebih nonactive.
3.    Tangan Memiliki Saraf yang Terhbung Langsung ke Otak

4 manfaat makan dengan tangan selanjutnya adalah diyakini tangan memiliki saraf yang langsung terhubung pada otak anda. Ujung-ujung pada saraf jari-jari Anda akan bisa merasakan suhu dan juga tekstur makanan sehingga bisa mempersiapkan otak Anda untuk lebih siap menerima makanan yang akan masuk dalam tubuh.
4.    Tangan adalah Perantara Hati Anda Saat Makan


Anda juga akan lebih menikmati menu yang sedang Anda nikmati. Selain itu Anda juga akan lebih sadar dengan apa yang masuk dalam mulut Anda dan bisa mengontrolnya. Bagi Anda yang sedang melaksanakan diet makan dengan tangan ini akan membantu program Anda.

Ada satu hal yang harus dilakukan adalah mencucui tangan anda sebelum makan, karena apabila anda tidak memncuci tangan, maka bakteri tidak akan hilang malah akan menjadi penyakit bagi anda..
Jika ini bermanfaat silakan di share kepada sahabat Fb...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, December 25, 2014

1 komentar:

  1. ternyata hikmah nya banyak ya,, kalau makan menggunakann jari tangan...terimakasih informasinya gan,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top