Home » » CARA BERHENTI MEROKOK DENGAN CEPAT

CARA BERHENTI MEROKOK DENGAN CEPAT

Tips Berhenti Merokok
Tips - Bagi sahabat abuazmashre yang suka merokok pasti risi sewaktu membaca judulnya, tapi tidak mengapa anda membaca artikel ini. Sebenarnys Artikel ini saya tujukan bagi anda yang ingin berhenti merokok,diharapkan setelah anda membaca ada motifasi yang lebih. Sebenarnya ada banyak cara yang disarankan sekiranya anda membuat pencarian di mbah Google, tetapi anda mungkin tidak yakin yang mana sebenarnya yang cocok dan sesuai untuk anda. Artikel ini akan menceritakan tips-tips terbaik untuk anda berhenti merokok.

Kenapa harus berhenti merokok?
Sebelum membahas lebih jauh, mungkin anda bertanya kenapa harus berhenti merokok? inikan hak saya..jika anda mau berfikir dan mau jujur sebenarnya merokok memberi keburukan kepada semua orang. Ia tidak memberi kebaikan coba anda baca dan berusahalah untuk memahami orang orang di sekitar anda, karena...

* Merokok memberi kesan/dampak buruk kepada orang di sekeliling anda terutama ahli keluarga.
* Ibu yang mengandung bisa melahirkan anak tidak cukup bulan (prematur), kurang berat badan atau meninggal setelah lahir.
* Anak-anak/balita yang kebetulan menghisap  asap rokok bisa menyebabkan:
1. Sering sakit dengan mengalami batuk-batuk, selesma serta terjankit penyakit telinga, hidung dan tenggorokan
2. Mengalami perkembangan paru-paru yang lemah
3. Menyebabkan penyakit asma
* Merokok adalah Pemborosan ( baca disini: “Sesungguhnya pemborosan itu adalah saudara syaitan" )

Kita kembali pada pembahasan kita tentang tips berhenti merokok dengan cepat. Harus di ingat, persiapan dari segi fisik, mental dan emosi amatlah penting apabila anda hendak berhenti merokok kerana itu adalah gaya hidup kurang sehat yang sudah menjadi tabiat yang mungkin sudah bertahun lamanya. Tapi pilihlah untuk berhenti merokok dan berusaha sampai berhasil. Dibawah ini bukan semata-mata  sekadar tips berhenti merokok, ini sebenarnya sebuah motivasi untuk melawan perasaan dan nafsu untuk merokok sehingga berhasil.

1. Persiapkan fisik anda
Anda mungkin juga mempunyai tanda-tanya seperti penambahan berat badan selepas anda berhenti merokok. Sebenarnya, apabila anda berhenti merokok, indra perasa anda akan menjadi lebih baik dan akan mendorong selera makan anda untuk bertambah.

Maka, pada tahap peringkat permulaan, sediakan makanan yang sihat seperti buah-buahan atau kekacang yang sehat dan hindari makanan ringan! Dan apabila anda berhenti merokok, anda akan merasakan lebih mudah untuk anda mengamalkan gaya hidup sehat dan seterusnya mencapai berat badan yang ideal.

Memang Benar, ini bukan mudah. Namun, ia bukan alasan untuk tidak mencoba. Tips berhenti merokok ini bukan ingin menyusahkan, tetapi memudahkah. Jangan hanya berhenti merokok pada bulan Ramadhan sahaja!

2. Persiapkan Mental anda
Tips berhenti merokok ini memerlukan mental yang kuat.  Mengingat persiapan mental adalah penting, ada harus mengetahui kebaikan jangka masa pendek dan jangka masa panjang yang anda akan lakukan kepada diri anda apabila anda tidak merokok.

Berikut merupakan masa masa untuk anda melihat kebaikkan yang anda bisa rasakan dari masa kemasa dan jadikan ini sebagai motivasi untuk anda terus berhenti merokok :

* 20 minit pertama :
Tekanan darah dan nadi anda berada pada kadar normal.
* 8 jam :
Kuantitas nikotin dan karbon monoksida dalam darah anda akan berkurang setengah, Oksigen dalam darah akan kembali kepada tahap normal.
* 24 jam :
Karbon Monoksida hilang dari dalam badan anda. Paru-paru anda mulai untuk mengeluarkan kotoran-kotoran dari efek kebiasaan anda merokok.
* 48 jam :
Nikotin tidak lagi berada dalam badan anda. Indra perasa dan bau anda akan berfungsi dengan baik.
*72 jam :
Anda bisa bernafas dengan normal dan mudah. Badan anda akan menyerap lebih banyak oksigen dan tahap tenaga anda meningkat.
* 2 – 12 minggu :
Kitaran tekanan darah anda akan kembali normal.
* 3 – 9 bulan :
Masalah seperti batuk, selesma dan susah untuk bernafas akan berkurangan karana daya fungsi paru-paru meningkat kepada sepuluh persen (10%).
* 5 tahun :
Risiko untuk anda kena sakit jantung berkurangan sebanyak separuh atau lima puluh persen (50%).
* 10 tahun :
Risiko kanker paru-paru dikurangi menjadi lima puluh persen (50%) daripada perokok. Risiko penyakit jantung adalah sama dengan seseorang yang tidak pernah Merokok!

3. Persediaan Emosi
Ini tips berhenti merokok yang paling penting. Coba bayangkan apabila anda berhenti merokok, berapa banyak uang yang bisa anda hemat. Secara psikologinya, sekiranya anda tidak hitung dan coba bandingkan, anda mungkin tidak mempunyai motivasi yang kuat.

Sebagai contoh perhitungan, misalnya Ahmad seorang perokok yang
* Menghisap rokok sebanyak   1 bungkus rokok sehari
* Harga sebungkus rokok adalah Rp15.000;
* Bilangan rokok setahun : Rp15.000; x 365 hari =  Rp5475.000;
* Jika di hitung, tiap bulan  Rp Rp5475.000;/12 bulan  jadi penghematan Ahmad Rp456.250;/bulan

Dengan penghematan ini, anda bisa membayar angsuran bulanan untuk anda memiliki sebuah sepeda motor. Bayangkan tiap batang rokok yang anda hisap sekarang mampu mewujudkan anda untuk memiliki sepeda motor, atau tiket kapal terbang jalan jalan ke luar negeri.

Pada intinya anda hanya memilih sesuatu yang membuat anda termotifasi, seorang pemuda bisa total berhenti merokok disaat dia mencintai seorag wanita karena wanita itu mensyaratkan untuk berhenti merokok.

Sekali lagi kuncinya Anda hanya perlu memilih sumber motivasi terbesar untuk anda berhenti merokok karana ianya terletak dalam diri anda. Semoga tips berhenti merokok ini memberikan manfaat.

Semoga berjaya!




Tanks to: www.siraplimau.com
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, February 26, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top