Home » , » CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN ONLINE MUDAH DAN CEPAT 2016

CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN ONLINE MUDAH DAN CEPAT 2016

TUTORIAL CARA MENDAFTAR BPJS SECARA ONLINE TERBARU 2016 LENGKAP

Info Publik - Kalau kita sedang melewati kantor BPJS akan terliahat keramaian disitu, saya kadang bertanya tanya lagi pada ngapain ko' repot repot ngantri padahal ada cara paling mudah yaitu secara online. Ini saya lakukan sendiri, caranya sangat mudah dan simpel kalau koneksi internet dan server Bpjs lancar kira kira tidak lebih dari 30 menit. Sebenarnya melalui smartphone juga bisa tetapi Saran saya gunakan komputer/laptop karena akan terbuka semua fiturnya dan lebih lancar tidak perlu geser sana sini dan zoom pada smartphone.

Sebagai pemberitahuan bahwa cara pendaftaran Bpjs untuk tahun 2016 ini berbeda dengan tahun 2014, jika pada 2014 kemaren boleh daftar perorangan (dalam 1 keluarga 1 orang saja) tetapi sejak ahun 2015  harus seluruh keluarga. Makanya sebelum mendaftar pikirkan dengan matang bagi yang keluargaya banyak anak, sebab setelah anda dan sekeluarga telah terdaftar dan memiliki nomer peserta (dalam kartu Bpjs) tidak akan bisa dibatalkan selamanya, kecuali anda pindah kewarga negaraan.

Tapi kalaupun anda tidak daftar hari ini, suatu saat harus tetap daftar paling lambat tahun 2019, jika sampai tahun 2019 belum terdaftar dipastikan akan mendapatkan sanksi publik yaitu tidak medapatkan pelayanan publik. Sebelum mendaftar tentukan kelas yang akan anda pilih, hal ini akan menentukan besar kecilnya iuran yang akan anda bayar dan ruang rawat inap serta fasilitasnya dalam rumah sakit, untuk obatnya sama saja. Silakan tenentukan kelasnya mau kelas 1,2 atau 3 berdasarkan ruang perawatan yaitu:


OK saya kira sudah cukup "intronya" Sekarang kita langsung ke tutorialnya CARA MENDAFTAR BPJS KESEHATAN TAHUN 2015 MUDAH DAN CEPAT  dengan hanya duduk dirumah saja :

1. Siapkan berkas berkas berikut ini :
  • Kartu keluarga (KK)
  • KTP (kartu tanda penduduk) yang masih belaku
  • Kartu NPWP (jika ada)
  • Alamat Email dan No HP anda
  • Koneksi internet
  • Scan foto semua keluarga anda, bisa melalui android hubungkan ke PC/Laptop melalui kabel USB
  • Nomor Rekening bank 1 saja dari BRI, BNI, BTN atau MANDIRI terserah anda
  • iBanking/mobileBanking atau ATM bagi yang belum daftar internet Banking
  • Update: Tidak punya rekening bisa bayar di Indomart 
2. Buka situs resmi Bpjs yaitu >> http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ kemudian klik saja menu Layanan kemudian klik Pendaftaran Peserta ( lihat gambar dibawah )


(Klik gambar untuk tampilan yang jelas)

3. Kemudian akan muncul Bpjs-kesehatan admission yang berisi syarat dan ketentuan pendaftaran Bpjs kesehatan, sebaiknya anda baca semua. Kemudian kasih tanda ceklist langsung klik Pendaftaran

UPDATE Juli 2016:
Karena Adanya peraturan baru, Artikel Cara Daftar Bpjs Kesehatan Oline ini sudah saya perbarui silahkan baca di sini:
NIH...!!! CARA DAFTAR BPJS ONLINE HANYA 30 MENIT SELESAI 2016 - 2017

3. Setelah anda Klik Pendaftaran akan muncul halaman berikutnya yang mewajibkan untuk mengisi nomer Kartu Keluarga (KK) jangan lupa sebelumnya kasih tanda ceklist dulu. Kemudian isi kode captca biasanya terdiri 6 huruf kapital semua, setelah itu klik pada tulisan "inquery Kartu Keluarga"




4. Jika muncul tulisan "Nomer Kartu Keluaga Anda Tidak Ditemukan, Proses Regestrasi Tidak Bisa Dilanjutkan"  coba ulangi lagi kalau tetap gagal ulangi besok atau lusa. Kasus ini saya mengalami sendairi, tapi saya masih penasran esok lusa saya ulangi lagi dan sukses. Entah kenapa ini bisa terjadi mungkin data kependudukan belum semuanya masuk kepihak Bpjs.

5. Jika tahap nomer 3 berhasil, bagian bawah akan muncul nama anda dan semua anggota keluaga anda lihat gambar di bawah ini :



6. Sistem akan memverifikasi secara otomatis, jika salah satu anggota keluarga yang tercantum pada satu KK (Kartu Keluarga) tersebut sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan maka sistem akan otomatis menolak dan menyarankan untuk mengurus anggota keluarga lain melalui kantor cabang. Lihat gambar : 



Jika misalnya ingin mendaftarka salah satu dari anggota keluarga kita dalam KK saja dengan menghilangkan ceklist pada nama anggota keluarga tersebut maka sistem akan menolak. Lihat gambar di bawah ini :


7. Isi data yang telah disediakan yakni identitas yang mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan yang mencakup Faskes Tingkat pertama serta Faskes Gigi dengan pilihan instansi yang anda pilih sebagai tempat rujukan, Jika faskes yang anda pilih sudah penuh/melebihi 5000 jiwa silakan pilih fasilitas kesehatan tempat yang lain lagi...


Sebenarnya sistem sudah memverifikasi anggota yang ada pada setiap KK. Jika di dalam KK tersebut ada 4 nama maka berarti data yang dipersiapkan oleh sistem ya 4 nama. Tinggal isi kolom kosong yang belum terisi secara default oleh sistem. Panduan cara mengisi formnya lihat gambar di bawah ini:

 Keterangan:
* Kolom yang belum terisi secara default hanya Nomor HP, NPWP, Kelurahan, Faskes
* Lengkapi data selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya
* Centang opsi “Alamat surat menyurat sama dengan alamat KTP
* Kemudian upload foto close up peserta yang didaftarkan, maksimal ukuran foto 50 KB (ukurannya sekitar 450×450 px)
Klik tombol “Proses Selanjutnya
Setelah proses isi data terakhir maka akan muncul konfirmasi “Daftar keluarga yang didaftarkan” dengan menampilkan foto semuanya yang sudah diunggah sebelumnya.


Simpan data serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email anda, Biasanya sekitar 15 sampai 30 menit sudah ada email masuk,Baca dan ikuti perintahnya anda akan disuruh klik URL yang menuju halaman yang berisi nomer virtual


* Lihat gambar yang kiri ini adalah link yang di tunjukan pahak Bpjs-kesehatan
* Silakan download file pdf yang nomer 1 tapi sebelumnya isikan nomer regestrasi dan kode captca yang terdiri 6 huruf kapiatal lihat nomer 2 dan 3 pada gambar atas.
*  Silakan anda Cetak nomer Virtual Account. Nanti hasilnya terlihat pada gambar sebelah kanan seperti pada nama "Azma Maulida Azalia".

* Nah setelah anda membayar buka lagi email (refres) Sekarang BPJS kesehatan anda sudah aktif, silahkan cek email akan ada balasan dari BPJS berupa E-ID Card Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yg bisa diprint sendiri serta valid, contoh akan terlihat seperti nomer 4 gambar diatas, kalau belum membayar salah satu keluarga anda akan ada keterangan "Belum Membayar Iuran" Silakan anda cetak e-ID anda..


SELAMAT...!!! anda sudah punya ID Bpjs-kesehatan, Walaupun belumjadi kartu seperti KTP/ATM tapi yang penting anda sudah punya e-ID itu sudah bisa digunakan. Kalau anda ingin punya kartunya silakan Print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Ingat, tidak perlu mengambil nomor antrian lagi di Kantor BPJS, langsung saja ke bagian Print kartu BPJS nya, cukup memberikan semua data data anda :

SYARAT PENGAMBILAN KARTU BPJS KESEHATAN

1. Formulir Bpjs 1 lembar bisa di download dari sini :
     ~ FORMULIR BPJS untuk pekerja bukan penerima upah/mandiri
     ~ FORMULIR BPJS Untuk pekerja penerima upah
Silakan isi 1 formulir itu anda sebagai kepala keluarga dan anak anak..


2. Foto copy KTP KK  1 lembar.
3. Foto copy KTP/akte kelahiran bagi anak yang belum punya KTP masing masing 1 lembar
4. Pas photo 1 masing masing 1 lembar ukuran 3x4
5. Virtual account/e-ID yang telah anda cetak tadi, sertakan bukti pembayarannya.


Video diatas petunjuk selengkapnya yang versi lancar dari pihak Bpjs-kesehatan silakan disaksikan semoga bermanfaat selamanya...

Update: 
Menjawab pertanyaan saudara Ardian Rustami pada kolom komentar, Mulai 1 Juni 2015 MenDaftar Bpjs membutuhkan waktu 14 hari yang online maupun Offline, Walaupun yang daftar online anda sudah dapat virtual account-nya pada saat di bayar data anda belum ada. Tetap harus menunggu 14 hari, setelah membayar langsung bisa aktif dan siap di gunakan, tidak ada istilah 7 hari.

Temukan Masalah Pendaftaran Gagal & Se-abreg Informasi Bpjs kesehatan Ada di Sini :

Tag:
Bpjs Online, Pendaftaran Bpjs Kesehatan Online 2016, Cara daftar bpjs Online terbaru, Bagaimana cara daftar bpjs kesehatan online, tutorial daftar bpjs online 2016, panduan cara daftar bpjs online 2016, mekanisme daftar bpjs online 2016

Terima kasih : * http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs
                         * http://aritunsa.com
                         * http://infobpjs.net

Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, February 18, 2015

174 komentar:

  1. Patut di coba infonya" thank's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja mas, klo gak bisa hari ini berarti belum ke data, besok atau lusa coba lagi pasti bisa..

      Delete
    2. sya coba gk bisa trus notice ya no kk tidk terdaftar jelas2 saya punya kk...
      percuma online kalau gk bisa daftar

      Delete
    3. sya coba gk bisa trus notice ya no kk tidk terdaftar jelas2 saya punya kk...
      percuma online kalau gk bisa daftar

      Delete
    4. Klo sudah 3 hari tetap gak terdata berarti harus ke kantor Bpjs langsung mas rendih

      Delete
    5. mas kok saya tidak bisa isi faskes tingkat pertama gigi dan aplot foto ya gmn caranya ..terimakasih

      Delete
    6. wah bener gak bisa gitu? tapi yang kemarin lancar lancar saja, sudah di ulang lagi gan? coba ulang lagi, mungkin servernya lagi gangguan. klo tetap gak bisa sya gak bisa bantu..

      Delete
  2. saya mau bayar ke teler bank ga bisa terus disuruh melalui ATM, udah saya coba transper lewat ATM tetapi balasannya gagal terus. bagaimana solusiya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah melalui ATM mas wawan tapi gagal, hal ini mungkin pengaruh server Bpjs Kesehatan sendiri sering gangguan sampai mau login melalui aplikasi di android juga gagal terus. Tapi melalui internet Banking lancar jaya, silakan daftar saja ke bank tempat menabung dan bilang saja "mau daftar internet banking" ini penting untuk ke depanya...ok smg membantu

      Delete
  3. Apa bnar bpjs nya lngsung aktif..??
    Ktanya hrus nunggu 14hri stelah pndftran bary aktif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas bamabang, update mulai 1 juli kemaren 14 hari semua, semua kelas

      Delete
  4. 14 hari setelah pendaftaran dan 7 hari setelah kartu bpjs jadi,jadi aktif nya 21 hari..apa gto ?? mohon pencerahan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jawab di atas mas Update silakan baca bait terakhir, terimakasih..

      Delete
  5. Selamat akhir pekan....
    Sy mau tanyakan bagi keluarga yg tidak memiliki NPWP krn status pekerjaan sbgai Petani,
    Dan yg belum memiliki KTP krn masi berumur 15 tahun, gmana,???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu NPWP bang andi, kosongi saja. Anak yang sudah dimasuk dalam KK otomatis akan dimasukan juga. yang penting kepala keluarga sudah punya KTP, termakasih sudah singgah...

      Delete
  6. Info yang sangat bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete
  7. berarti untuk mengambil kartu BPJS kesehatan itu menunggu 14 hari dulu setelah daftar online yaa mas? kemudian bawa persyaratan nya ke kantor BPJS. begitu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas, jangan lupa bayar iuran awal dulu...

      Delete
  8. bang kok saya udah berhasil daftar online tapi ga ada email yang masuk. berapa hari memangnya email akan masuk bang ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ditunggu 20 sampai 30 menit langsung ada email masuk bang, apa mungkin karena pergantian 7 hari jadi 14 hari ya? nanti klo ada waktu saya akan coba tanya lagi ke pihak Bpjs...

      Delete
  9. assyalamu'alaikum numpang nanya saya dan 2 anak punya kartu KJS sedang ibunya gak dapat entah kenap dftarnya sama2.yg ingin sayatanyakan bagaimana kelanjutan kartu KJS saya apa automatis jadi BPJS atau daftar ulang.oh ia saya lupa masa aktifnya sdh lwt 6 bulan yg lalu.mohon penjelasanya trimakasih adi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, Kjs ini khusus DKI bu, saya kurang paham. Untuk lebih jelasnya tlp ke "Halo Kemenkes" pada nomer 021500567 sms :081281562620 terimakasih....

      Delete
  10. Sangat membantu sekali infonya..dan akhirnya sy dapat mendaftarkan ibu dan bapak sy sbg peserta BPJS..makasih banyak ya mas...

    ReplyDelete
  11. MAS DI KK NAMA ANAK GA MUNCUL.. SOLUSINYA GMANA? apa mesti ke kantor BPJS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kekantor Bpjs itu mas, sepertinya belum ada penyesuaian dengan data yang di Disdukcapil setempat

      Delete
    2. KENAPA BPJS HARI INI GA ADA MENU UNTUK KIRIM EMAILNYA

      Delete
    3. KENAPA BPJS HARI INI GA ADA MENU UNTUK KIRIM EMAILNYA

      Delete
    4. Ada mas Yusuf, coba cek letaknya bukan di atas tapi samping kiri "Hubungi Kami" sampaikan segala keluhan-nya di sana lengkap pokoknya. tanks sudah singgah..

      Delete
  12. Assalam. Saya sdh mendaftar online hingga selesai semua prosedur. Mengapa sdh lebih dari 24jam belum ada notifikasi email ya? Apakah saya harus mendaftar ulang? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. caba periksa kotak spam...

      Delete
    2. atau coba daftar ulang lagi, klo memang gak ada tanggapan, berarti pihak Bpjs-nya ada yang tidak beres

      Delete
  13. Lengkap sekali:

    Terima kasih.... http://carahrd.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  14. Apakah foto WAJIB di upload? kalau tidak memakai foto bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya perlu mas, tapi bisa dicoba dulu. nanti klo pas mau tukar e-id menjadi kartu kekantor bpjs harus dilengkapi ya..

      Delete
  15. Nomer Registrasi nya dari mana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muji, maksudnya nomer e-ID? Nanti akan di kirim melalui email mbak...

      Delete
  16. Saya sudah berhasil dapat virtual Akun tgl 10 nov. disitu tertulis pembayaran pada tgl 24 nov sd 10 des . artinya pembayaran 14 hari kedepan. langsung cetak kartu dan dapat dipergunakan.. dan satu lagi bank nya tambah satu bank BTN. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok selamat ya...O iya BTN katanya juga menerima pembayaran terimakasih infonya..jangan lupa singgah lagi ya klo lagi online..

      Delete
  17. apakah anak di bawah 5 tahun harus up load foto juga mas? tapi klo ngkkk di upload ngk bisa ke proses selanjutnya... gimana solusinya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. upload saja mas pajar, yang penting ada yang di upload, wajah bayi juga gak apa". taks sudah singgah..

      Delete
  18. ASS BOS SY DAFTAR BPJS ONLINE 11NOV UDAH DPT FIRTUAL ACCOUNT DAN PEMBAYARAN MULAI 25NOV UDAH SY BAYAR SAAT ITU TAPI LANGKAH UNTUK CETAK ID KOK SUSAH YA

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada link dowload gak mas? biasanya ada dalam bentuk file Pdf. klo memang tidak ada pasti waktu daftar ada gangguan pada sistem bpjs. solosi terakhir bawa virtual accoun-nya ke kantor bpjs sekalian bikin kartu-nya

      Delete
  19. Ass ww
    gimana solusi nya kalo yg tercantum di data keluarga secara Online hanya 2 orang, padahal yg di kartu keluarga ada 3.

    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam, itu belum adanya singkronisasi antara data yang di disdukcapil dangan bpjs. silakan lanjutkan saja nanti anak didaftarkan langsung ke kantor bpjs terdekat.

      Delete
  20. Mw tanya mas di kk yg muncul cma nama istri doank. Tapi nama saya sama anak kga ad.itu harus gimana ya. Terima kasih sebelumnya.q

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini sama kasusnya dengan penanya diatas, lanjutkan saja...nanti yang punya bapak dan anak cara manual yaitu kekantor Bpjs Langsung..
      ketrangan baca di sini: http://bpjsasuransi.blogspot.co.id/2015/12/masalah-mendaftar-bpjs-online-yang.html

      Delete
  21. Mas saya download pdf nya pdf nya isi nya cuma kosong saja, gx ada tulisannya apa2, gmn ini mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok mas, link masih aktif dan itu hanya formulir nanti di print dan isi sendiri data datanya...

      Delete
  22. Mas saya daftarin bapak saya nih semuanya sudah diisi kecuali no. Npwp sam no. Telp rumah soalnya gak ada. Foto sudah diupload tapi gak muncul tombol proses selanjutnya ya? Saya nyoba daftar pake tablet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada tombol selanjutnya? biasanya kalau sampai disitu ada pop up petunjuk sukses, repotnya kalo pakai tablet gitu mas, gak tampil semuanya. coba diulang lagi saja...

      Delete
    2. NPWP kosongi saja nomer telepon nomer HP saja..saya juga pakai nomer HP

      Delete
  23. informasi yg sangat lengkap, makasih

    ReplyDelete
  24. GIMANA SEH DAFTAR ONLINE NYA SUSAAH ,PANDUAN NO 3 NO KK MASA GAK KEBACA....
    BUAT APA BIKIN WEBSITE BPPJS ONLINE KALO DAFTAR VIA ONLINE SAJA SUDAH SUSAH GAK INPUT.....
    TOH UJUNG2NYA TETEP DAFTAR KECABANG LANGSUNG...JUDULNYA BUKAN MEMPERMUDAH JDNYA .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, bayak yang gagal pada tahap masukkan KK, saya waktu itu juga gagal, tapi setelah 3 hari sya coba lagi lancar. Itu biasanya dari BPJS dan Data di Disdukcapil tidak terbaca. Ya terpaksa harus daftar secara langsung, soalnya cara Online ini hanya alternatif saja. Pada intinya pihak Bpjs ya mengharuskan daftar secara langsung

      Delete
    2. Coba klik kotak dibawahnya dl, nanti muncul kursor di isian No kk, itu sy coba berhasil.

      Delete
  25. Mas harus sabar sabar untuk daftar BPJS karena sistymnya bpjs blm terlalu sempurna. Waktu itu aku juga begitu tapi dg kesabaran, berhasil juga trims

    ReplyDelete
  26. Mas harus sabar sabar untuk daftar BPJS karena sistymnya bpjs blm terlalu sempurna. Waktu itu aku juga begitu tapi dg kesabaran, berhasil juga trims

    ReplyDelete
  27. Maaf mas mau tanya..
    Disitu kan diminta untu mencantumkan alamat e-mail yaa??
    Alamat e-mail yang harus di cantumkan itu 1 untuk semua anggota keluarga, atau perorang harus mencantumkan satu alamat e-mail? Makasih mas sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu email kita saja mba'. pastikan itu email yang sering kita pakai dan aktif

      Delete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. Salam sehat,bgaimana cara mendaftarkan keluarga yg dikampung pedalaman, beda provinsi,soalnya kalau dkampung jauh dri akses internet dan kantor cabang bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo daftar online bisa dimana saja. Asal ada konesi interner,cuma masalahnya faskes harus dipilih dulu klinik terdekat tepat tinggal silakan klinik atau puskesmas mana yg bekerja sama dgn bpjs.klo gagal daftar secara online gagal terpaksa ya hrs ke kota dimana ada kantor bpjs

      Delete
    2. Sorry tulisanya berantakan. Dari Hp soalnya. Klo tempat dekat gak ada fasilitas kasehatan pilih yg jauh ga apa apa. Saat pasien dlm kondisi gawat darurat bisa berobat dimana sj yg dekat tempat tinggal. Nanti biaya ttp ditanggung bpjs. Klinik tidak boleh minta biaya scr langsung kpd peserta bpjs. Itu urusan klinik dan pihak bpjs

      Delete
  30. Mas saya mau tanya klau daftar bpjskn cukup kepala klg nya saja terus saya mau tanya apa anak atau klg yg d daftarkn jg pegang kartu bpjsnya tau cukup 1 kartu untuk 1 klg. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau daftar-kan biasanya masukkan nomer KK maka secara otomatis akan terdaftar semua dalam 1 keluarga dan semua punya kartu BPJs yang didalaminya terdapat nomer ID masing masing. Simpan saja oleh kepala keluarga nanti saat digunakan untuk berobat baru dipakai oleh pasien entah itu ibu, ayah atau anak, dia yang berobat maka pakai katu BPJs dia juga

      Delete
  31. Saya sdh daftar 3 hari dan berhasil tapi kok blm ad email masuk. Mohon solusinya....

    ReplyDelete
  32. @ Qiraati, coba cek di spam, saya dulu juga ada di folder spam

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaikum .. Bang mau tanya , kalau misal daftar BPJS pertama pilih kelas III tapi beberapa bulan/th ingin ganti ke kelas I , bisa atau tidak ya ?? Dan pemilihan kelas itu untuk setiap KK berbeda atau satu KK kelasnya sama semua ??? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bang, silakan saja. pindah kelas dan pindah faskes bolehnya 1 tahun setelah pendaftaran. Otomatis seuanya dalam 1 KK, tidak boleh beda..maka-nya pikirkan dahulu sebelum mendaftar

      Delete

  34. Mas azma aku biasanya bayar iuran bpjs kesehatan antara tgl 20-25.bulan ini aku bayar tgl 31-01-16.kenapa harus bayar 2kali lipat dari biasanya ya.aku kls 3 biasa bayar 25500 skrg jadinya 54000 sekian krnapa ya? Mohon solusinya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouw...itu sudah masuk bulan berikutnya berarti bu, ya begitulah ini server Bpjs kadang error..

      Delete
  35. saat saya daftar yang muncul hanya nama saya tetapi nama istri saya tidak muncul? Kira2 kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu maslah ada pada server disdukcapil dan Bpjs tidak ada singkron, itulah kekurangan sistem bpjs yang belum sempurna, sebaiknya kalo 1 kelurga tidak tercantum ke kantor Bpjs gan. pendaftaran online ini hanya alternatf saja. tapi klo mau lanjutkan silakan saja sementara untuk sendiri

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. bang ane nanya donk..kan BPJS ane dah aktif...pas ane download itu E-ID nya koq tulisannya kartu indonesia sehat..berbeda dengan E-ID yg di post

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau mas dhodu apa mungkin itu atauran baru. Kalo memang aturan baru mungkin langsung jadi nomer Bpjs. soalnya nomer e-ID yang postingan diatas itu kenyataan-nya berbeda dengan nomer Bpjs. Yang di artikel atas itu nomer-nya ini 0001465738648

      Delete
  38. untuk pengisian FASKES.
    pengisiianny apakah harus faskes puskesmas ataukah FASKES rumah sakit.

    mohon pencerahannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. puskesmas atau klinik yang bekerja sama dengan Bpjs yang terdekat mas jimmy saja...

      Delete
  39. mas admin mau tanya sy sudah sukses daftar & email aktivasi sudah masuk tapi masalah nya kok virtual akun nya punya istri saya kok gk keluar ya sedangkan punya sy keluar ,, bantuan nya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu memasukan nomer KK anggota keluarga terbaca semua gak bang? coba klik lagi dari notifikasi email jika tidak ada lagi tanyakan langsung ke Bpjs tersekat sebutkan nomer KK nanti pihak Bpjs akan nge-cek. Kalau anggota keluraga terbaca semua saat memasukan KK pasti nomer virtual account juga ada. cuma server error itu. bisa hub nomer telepon, cari disini sesuai daerah masing masing http://bpjsasuransi.blogspot.co.id/2016/01/alamat-dan-nomer-telepon-kantor-bpjs.html

      Delete
  40. kenapa ya muncul notif "salah satu anggota anda sudah terdaftar di bpjs kesehatan, silahkan datang kekantor cabang", udah di coba unceklist yang sudah terdaftar tapi tetep aja muncul seperti itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo salah satu anggota kluarga sudah menjadi perta memang akan menolak mba' dan harus dafdar langsung kekantor bpjs.

      Delete
  41. MAS SAYA MAU DAFTARIN IBU DA AYAH SAYA AJA KATEGOTINYA YG MANA YAA KAN MEREKA SUDAH PENSIUNAN MAS, MASALAH KK SIH LANGSUNG TERDAFTAR TAPI SAYA SUDAH KLIK KE TAHAP SELANJUTNYA TP GA BISA2 MAS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa. Ketefanganya apa? Biasanya langsung bisa masuk..

      Delete
  42. pak mau nanya, kenapa ya saya daftar masukin nomor keluarga tp waktu mau proses lanjut kog gk bisa diproses lanjut ya ?? apa kalo malem gk bisa daftar ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba 3 hari lagi gan, pengalaman saya juga gitu. itu belum ada penyesuaian server bpjs dengan disdukcapil. klo masih gagal terpaksa ya ke kantor bpjs langsung

      Delete
    2. udah saya tunggu gan tp masih gk bisa.

      Delete
    3. Berarti harus kekantor BPJS langsung mas hamtazul, pendaftaran online hanya altirnatif saja untuk menghindari antrian. Maaf hanya itu saja yang bisa saya bantu..

      Delete
  43. Alhamdulillah mas..pendaftarn saya lancar dan sukses.terima kasih mas abu azma.sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, selamat ya...banyak sahabat yang gagal ketika mendaftar online, manfaatkan e-ID bpjs untuk berobat, setelah 14 hari dan sudah membayar iuran pertama sudah bisa dipakai

      Delete
  44. Mas saya mau daftarkan ortu dan adik saya bpjs , tp ortu tgal didaerah berbeda dengan adik, bs gak memilih beda faskes ? Atau dalam 1 kk harus memilih faskes yg sama?

    ReplyDelete
  45. Mas saya mau daftarkan ortu dan adik saya bpjs , tp ortu tgal didaerah berbeda dengan adik, bs gak memilih beda faskes ? Atau dalam 1 kk harus memilih faskes yg sama?

    ReplyDelete
  46. Dalam 1 KK harus sama mba', soalnya sudah 1 paket dalm 1 keluraga faskes dan kelasnya gak boleh beda. lebih baik dibicarakan dulu...

    ReplyDelete
  47. Mas, untuk pengambilan kartu bpjs apakah harus menyertakan bukti pembayaran pertama?
    Bagaimana kalau bukti tsb hilang?
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang hilang katakan saja mas, disana nati juga di cek kok...

      Delete
  48. Mas saya mau daftarkan ortu dan adik saya bpjs , tp ortu tgal didaerah berbeda dengan adik, bs gak memilih beda faskes ? Atau dalam 1 kk harus memilih faskes yg sama?

    ReplyDelete
  49. TRIMAKASIH INFO NYA MAS ABU AZMA, SEBELUMNYA SAYA DAFTAR BPJS PAKAI JASA TEMAN, DIMINTAKAN 1 KARTU BAYAR 50,000,DAN SAYA ADA 4 AGGOTA KLUARGA JD BAYAR 200,000. UNTUNGNYA GAGAL, DAN SAYA BACA INFO DARI MAZS AZMA TERYATA DAFTAR BPJS ON LINE, SAYA BERHASIL MAS AZMA DTFTAR ON LINE, DAN SDH DPT EMAIL REGISTRASINYA TETAPI UNTUK PROSES AKTIVASINYA SELALU GAGAL, SAMA MAU EDIT DATANYA GIMANA CARANYA MAS AZMA, SAYA SALAH MENEMPATKAN FOTONYA, TRIMAKASIH INFONYA TELAH MEMBUATA SAYA HEMAT 200,000.

    ReplyDelete
  50. TRIMAKASIH INFO NYA MAS ABU AZMA, SEBELUMNYA SAYA DAFTAR BPJS PAKAI JASA TEMAN, DIMINTAKAN 1 KARTU BAYAR 50,000,DAN SAYA ADA 4 AGGOTA KLUARGA JD BAYAR 200,000. UNTUNGNYA GAGAL, DAN SAYA BACA INFO DARI MAZS AZMA TERYATA DAFTAR BPJS ON LINE, SAYA BERHASIL MAS AZMA DTFTAR ON LINE, DAN SDH DPT EMAIL REGISTRASINYA TETAPI UNTUK PROSES AKTIVASINYA SELALU GAGAL, SAMA MAU EDIT DATANYA GIMANA CARANYA MAS AZMA, SAYA SALAH MENEMPATKAN FOTONYA, TRIMAKASIH INFONYA TELAH MEMBUATA SAYA HEMAT 200,000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto gak ngaruh mas, kalau melalui online. nanti kalau sudah ingin mendapatkan kartu Bpjs Kesehatan yang asli suruh bawa lagi kok untuk dibenerin, aktifasi gagal? kalu yang ini saya gak bisa bantu bisa tanya langsung tlpon kantor bpjs. untuk daerah mas faraqi coba lihat disini http://bpjsasuransi.blogspot.co.id/2016/01/alamat-dan-nomer-telepon-kantor-bpjs.html

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Mas saya mau tanya, klo e-id nya tidak ada gmn? yg ada cuma bukti pembayaran melalui no. Virtual Account?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba likn downloadnya lihat di inbox spam, kalo gak ada ya harus ke kantor bpjs

      Delete
  53. Terimakasih atas informasi yang telah anda tuliskan pada artikel di atas dan sangat bermanfaat sekali. Obat Luka Pada Lidah

    ReplyDelete
  54. Sekedar info di kantor cabang bpjs kesehatan di cikarang banyak calo antrian jadi banyak pengantri termasuk saya yang setiap hari nya tidak ke bagian no antrian.

    ReplyDelete
  55. Mas mohon bantuan barangkali tahu jika sudah memiliki kartu bpjs namun karna telat bayar jadi kartu tsb terblokir bagaimana solusinya apa harus membuat ulang? saya cari info hanya cukup membayar denda2nya tetapi saya ke indomart kartu saya tidak terdeteksi. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cukup bayar jumlah tunggakan dan dendanya lalu tunggu 14 hri akan diaktifkan lg. Jika lewat 14 hari mungkin 1 bulan klau 1 bln belum diaktifkan datangi kantor bpjs terdekat..

      Delete
  56. TETAP GAK BISA GAN selalu tidak terdaftar no KK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulangi setelah sekitar 3 hari gak bisa berarti harus daftar langsung ke kantor Bpjs gan, ini maslah pada server disdukcapil dan Bpjs

      Delete
  57. saya mau daftar tp anak saya sudah terdaftar. saya, istri saya dan anak saya 1 nya belum terdaftar. mau daftar online

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dalam 1 keluarga sudah ada yang terdaftar biasanya akan tertolak mas jika secara online soalnya no KK sudah terdaftar di server Bpjs, terpaksa harus langsung ke kantor Bpjs Terdekat. tapi coba saja dulu masukkan nomer KK jika bisa lanjtkan saja...

      Delete
  58. Mau tanya pak, waktu pas udah ngisi nomer kk, trus muncul teks salah satu anggota keluarga sudah terdaftar bpjs. Padahal kami sekeluarga belum pernah mendaftar bpjs secara online maupun secara langsung.
    Mohon pencerahanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini kasus baru mas fandi, apanya yang salah ini? saya juga belum menemui masalah begini. Coba ulangi lagi mungkin 1 nomer saja yang salah memasukan, kalau tetap seperti itu tertpaksa harus daftar langsung kekantor bpjs yg terdekat atau dimana saja boleh soalnya online terhubung degan pusat, tapi faskes 1 harus yang terdekat lho...

      Delete
  59. mas d kk keluarga saya ada 7 orang tpi kok pas d masukin ke kolom kk malah yg muncul y 2 orang...
    mohon pencerahan y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya belum update ini KK yang di disdukcapil dangan Bpjs, kalau begini yang 2 bisa dilanjutkan daftar online sedangkan yg lain terpaksa secara offline di kantor bpjs terdekat saja..

      Delete
  60. assalamualaikum mas, mohon bantuannya. saya sdh mengikuti alur yg dicontohkan tp setelah upload foto tdk muncul pilihan apapun spt yg ada di blog mas. tolong dong harus bgmn saya.sy sdh mencoba berkali2 tp spt itu terus. mksh sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah upload muncul apa gan, mungkin sudah beda lagi kali' dengan tampilan yang baru..

      Delete
    2. Tidak muncul apa2. ..cuma ada note anggota keluarga yg didaftar bpjs. Tdk ada pilhan kls. ..email atau apa2. Kosong momplong. Harus bgmn ya

      Delete
    3. mas, kalau daftarnya untuk diri kita pribadi bisa ga ya

      Delete
  61. mas, kalau daftar nya hanya diri kita pribadi bisa ga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah gak bisa mba' harus 1 keluarga, soalnya ketika nomer KK dimasukan maka secara otomatis 1 kelurga akan masuk juga

      Delete
    2. Iya benar skrg yg dipake nik kk jd otomatis seluruh anggota kel termasuk, tetangga sy anaknya tdk didaftarkan tp tetap saja diitung masuk jd br tahu kmren dan tunggakan sudah smpe 1,8 juta, jd kl mau bkin 1 harus bkin semua yg ada dlm kk

      Delete
    3. Betul mbak, jadi klo mau daftar bpjs pikir pikir dulu anggaranya ada nggak/mampu bayar rutin nggak. ntar putus ditengah jalan lama lagi ngurusnya

      Delete
  62. saya mau minta tolong apakah ada nomer telepon yang bisa saya hubungi , karena saya mau solusi mengenai kepemilikan KJS , tetapi karena suaminya mengunakan BPJS , akhirnya si Istri di tolak mendaftarje tumah Sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerahnya mana mbak Ukel r?? coba nomer dibawah ini:
      Divre IV >> 08112010404
      1 Kantor Cabang Utama Jakarta Pusat 08128415147
      2 Kantor Cabang Utama Jakarta Selatan 08128415148
      3 Kantor Cabang Utama Jakarta Timur 08128415149
      4 Kantor Cabang Utama Jakarta Barat 08128415124
      5 Kantor Cabang Jakarta Utara 08111640506
      6 Kantor Cabang Utama Tangerang 08128582704
      7 Kantor Cabang Utama Bogor 08128582703
      8 Kantor Cabang Utama Bekasi 08128582705
      9 Kantor Cabang Depok 081212999736
      0 Kantor Cabang Prima 08111500400

      Delete
  63. saya dan keluarga sudah coba daftar online dan verhasir
    thanks bgt buat petunjuknya min
    tapi masih ada yang membuat saya ragu
    apakah anggota keluarga yang masih dibawah umur dsan belum memiliki ktp akan dikenakan iuran juga?

    ReplyDelete
  64. Iya pasti harus bayar iuran bulanan, yang jadi perhitungan bukan masalah KTP tapi berapa jumlah keluarga yang masuk dalam KK dan itulah yang menjadi tanggungan kepala keluarga untuk bayar iuran bulanan. trus itu kalo sudah berhasil tunggu hingga datanya tercatat, biasanya waktunya 14 hari - 1 bulan baru muncul datanya, lalu bayar, nanti tinggal di print saja E-ID bpjs-nya dan sudah bisa dipakai

    ReplyDelete
  65. bos, saya binggung.... dulu sewaktu saya kerja di swasta( berca) perusahaan menawarkan bpjs... oke saya ikut.... tapi sampai sekarang saya belum terima kartu bpjs nya, dan saya tnya saya terdaftar umum. sekarang pt. berca nya udah tutup. jd saya harus bagaimmna...

    tolong solusi nya di email ke wilma.kusuma@gmail.com

    terimakasih bos

    ReplyDelete
  66. @ Adegatta, Kalau umum bererti bukan masuk ke bpjs ketenagakerjaan (jamsostek) coba dulu isikan nomer KK di pendaftaran online sekarang, nanti akan ada keterangan kk sudah terdaftar/belum. jika belum teruskan mendaftar online. kalau sudah terdaftar secara manual berarti gak perlu daftar lagi, langsung ke kantor Bpjs saja minta kartu Bpjs dengan nomer KK sekian, dan pastinya tunggakan sudah numpuk syukur dapet keringanan tidak bayar tunggakan Bpjs soalnya bukan salah kita. Itu menurut saya..

    ReplyDelete
  67. Artikel ini sudah di Update silahkan baca disini cara terbaru: http://www.abuazmashare.id/2016/07/nih-cara-daftar-bpjs-online-hanya-30.html

    ReplyDelete
  68. Terlanjur daftar lwat online...ternyta ada salah alias ada yg mo di ganti datanya...tp untung blum bayar...yg saya tanyakan apkah bisa ngulng daftar lg???soalnya saya mo ke link bpjs utk dftar ualng lg dah gk bisa...gimn donk solusinya...???

    ReplyDelete
  69. @Nandang, Gak bisa di ulang kang nandang, itu datanya sudah masuk tapi belum di proses. Kalau mau merubah silahkan datang ke kantor bpjs terdekat bilang saja nomer KK ini baru daftar secara online mumpung belum diproses ada perubahan data bagian ini.... kalau gak mau datang ke kantor bpjs nanti kalo dah jadi & mau merubah data lama lagi nunggu 3 bulan sejak kepeserrtaan aktif. bagian mana yg mau dirubah?

    ReplyDelete
  70. Kenapa dalam list keluarga harus semua didaftarin, ga bisa hanya seorang misalnya?

    ReplyDelete
  71. @ Oki Sukirman, Pada awal berdirinya bpjs tahun 2014 kemarin sebenarnya bisa satu atau bebrapa orang dalam keluarga, namun sejak 2015 kemarin aturan sudah dirubah jadi kita tidak bisa lagi daftar perorangan dalam 1 KK, mungkin alasan-nya dana yang terkumpul masih belum cukup menutupi biaya perawatan yang katanya pemrintah nombok terus, yang pasti pemerintah maunya nggak mau keluar modal banyak untuk rakyatnya

    ReplyDelete
  72. Mohon bantuannya pak..
    saya sudah mendaftar online sesuai instruksi di artikel bapak..pada saat aktivasi untuk mencetak lembar virtual account selalu muncul tulisan unknown exception java.lang.nullpointerexception, padahal saya sudah mencoba memasukkan captcha berpuluh kali, apa yg harus saya lakukan? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin PC/Laptop mbak Erni kurang legkap aplikasinya untuk mendukung tampilan ini. coba install aplikasi java. Atau buka link virtual accoun di PC/Laptop lain, bisa juga di warnet.

      Delete
  73. Mas sya udh dftr online tapi ko msh blm dpt balasanya...apa sy hrs ulang lagi dari awal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu dulu balasan melalui email skitar 3 hari

      Delete
  74. Mas sya kan sudah daftar via online ... Tpi ko ga ada daftar nma klinik atau puskesmasnya? Cara daftarin nma klinik nya dmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari disitus resminya dulu mas disini:
      https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2015/14

      Tutorial terbaru daftar online disini:
      http://www.abuazmashare.id/2016/07/nih-cara-daftar-bpjs-online-hanya-30.html

      Delete
  75. mas, ini bapakku udah kedaftar bpjs ketenagakerjaan. pas mau daftar sendiri via online, kan suruh masukin nomor kartu yg udah kedaftar. nah, nomor kartu uya yg mana? kan ada yg gede 16 angka dan yg kecil 11 angka. aku masukin keduanya gak bisa2, gimana ni, males ke kanornya ribeet antriii

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pendaftaran eklaim atau bpjs kesehatan? klo pendaftaran bpjs kesehatan beda lagi, yang dimasukan nomer KK.
      Kalau regestrasi eklaim disini linknya: http://www.abuazmashare.id/2016/08/panduan-e-klaim-jht-bpjs.html

      Delete
    2. e-kalim JHT yang dimasukan yang 11 angka

      Delete
  76. tanya donk klo mo pindah kelas dari kls 3 ke kls 2 gmn y caranya mas.. saya baru daftar bpjs online kmrn udah dpt no virtual tapi blm saya byr karena mo pindah kelas dlu niy.. caranya gmn y?? makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindah kelas boleh, tapi menurut peraturan nanti klo masa kepesertaan minimal sudah 3 bulan sejak terdaftar & aktif, sebagian kantor ada yang 6 bulan baru bisa mengganti, ada yang 1 tahun. Begitu juga pindah faskes. caranya seperti pendaftaran pertama saja bawa persyratan lengkap KK, e-id/kartu bpjs, foto anggota keluarga, dan isi formulir

      Delete
  77. Mas bro saya mau daftar online bpjs keluarga saya & slh satu kluarga sya sdh ada yg ikut bpjs & di page ke 2 ad catatan*jika trdpt slh satu kluarga yg sdh terdaftar bpjs harap masukan no kartu bpjs y pada kolom yg sdh tersedia yg akan di validasi scara system* nah kolom y kok g bs d isi yah bro!! tks mohon advice y

    ReplyDelete
  78. @ WMP 50. fitur itu sering error ngak bisa jalan mas, banyak yang mengalami hal yang sama akhirnya ya kekantor Bpjs langsung. Secara online ini hanya alternatif saja, oleh pihak Bpjs disarankan jika anggota keluarga sudah ada yang menjadi peserta harus daftar langsung kekantor Bpjs Terdekat

    ReplyDelete
  79. TERIMA KASIH sangat membantu sekali,saya baru saja mendaftarkan teman sekeluarga dan berhasil.

    ReplyDelete
  80. @ pipit, sama sama pit. terimakasih sudah singgah..

    ReplyDelete
  81. mas saya ko daftar ga bisa2 ya.. statusnya begini terus.. mohon bantuannya..

    HTTP Status 500 -

    type Exception report

    message

    description The server encountered an internal error () that prevented it from fulfilling this request.

    exception

    java.lang.NullPointerException
    com.askes.external.FrmFinish.doAfterCompose(FrmFinish.java:138)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.doAfterCompose(UiEngineImpl.java:578)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreateChild0(UiEngineImpl.java:880)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreateChild(UiEngineImpl.java:826)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreate0(UiEngineImpl.java:735)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreateChild(UiEngineImpl.java:797)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreate0(UiEngineImpl.java:757)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreate(UiEngineImpl.java:699)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execNewPage0(UiEngineImpl.java:442)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execNewPage(UiEngineImpl.java:356)
    org.zkoss.zk.ui.http.DHtmlLayoutServlet.process(DHtmlLayoutServlet.java:215)
    org.zkoss.zk.ui.http.DHtmlLayoutServlet.doGet(DHtmlLayoutServlet.java:136)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:734)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:847)

    note The full stack trace of the root cause is available in the JBoss Web/7.0.13.Final logs.
    JBoss Web/7.0.13.Final

    ReplyDelete
  82. @ Infodok bkd. Servernya lagi error itu mas jangan dilanjutakn dulu, coba besok lagi..

    ReplyDelete
  83. Assalamu'alaikum
    Jika saya mau urus BPJS namun baru saja saya bercerai pada tanggal 20 Oktober 2016 kemarin, apakah wajib mendaftarkan juga 'mantan suami', mau mengurus KK dan KTP baru ini masih menunggu Akte Cerai keluar, sedangkan kartu BPJS harus segera punya sebelum Desember. Mohon bantuannya, terima kasih. Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya menunggu perubahan data KK dulu mbak Imey, nanti kalau pakai KK lama otomatis mantan suami juga terdaftar dan mbak imey akan membayarinya tiap bulan, soalnya sekarang bayarnya sekali saja dlam 1 KK, tidak 1 per satu orang. Kenapa harus sebelum desember?kapan kapan juga bisa-kan...

      Delete
    2. Terima kasih Mas/Pak Abu Azma telah merespon.
      Ini kebijakan dari tempat kerja saya, Untuk pemenuhan SKP tahunan harus ada fotokopi BPJS sebelum Akhir Desember, Saya masih karyawan baru, jadi manut, Sedangkan untuk Akte baru keluar Akhir Desember

      Delete
    3. wah bagaimana ya solusinya, memang sih akte cerai lama jadinya bahkan ada yang sampai 1 - 3 bulan, kalau pakai kk lama bisa sih jadi tapi nanti tambah ruwet...

      Delete
  84. Ini pembayaran awal harus tetap ke bank atau bisa ke indomaret?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dimana saja mas, asalkan sudah ada nomer virtual akun-nya. cara penulisan-nya bisa baca di sini: http://www.bpjs-kesehatan.net/2015/12/masalah-kelebihan-dan-kegagalan-bayar.html

      Delete
  85. Saya bikin BPJS secara online tetapi untuk alamat RT/RW tidak sesuai dengan yang di KTP bagaimana bisa digunakan nda yaa..mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  86. @ Rodi Nuryadi, Masih bisa yang penting rutin membayar. kalo ditanya alasnya sudah pindah rumah, kalau ingin merubah nanti saja pas bikin kartu Bpjs yang asli dikantornya langsung

    ReplyDelete
  87. Mas Abu

    Saya mau nanya:
    Kalau sudah daftar bpjs online dan sudah dapat email link aktifasi namun sampai sekarang saya belum klik (udah 2 hari), apakah saya boleh daftar ulang langsung atau harus menunggu sampai 14 hari kalender baru boleh daftar ulang untuk ganti kelas?

    Makasih

    ReplyDelete
  88. Bu RT, sudah dapat nomer virtual bpjs ya bu, sudah mantep klik saja aktivasi trus tunggu 14 hari hingga 1 bulan baru bisa dibayar. Maksudanya sudah terlanjur ya dengan kelas yg dipilih, ya gak usah aktifasi tunggu hingga 1 bulan nanti daftar ulang

    ReplyDelete
  89. Bermanfaat sekali infonya mas, saya mau tanya adik saya sudah punya bpjs tenaga kerja yg diuruskan pihak perusahaan tempatnya kerja. sekarang saya mau daftar bpjs apa adik saya yg sudah ada bpjs ketenaga kerjaannya masih mau ikut atau tidak lagi? Berhubung kami ada 4 anggota di kartu keluarga tersebut...mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete
  90. @ Masdar, Beda mas bpjs tenaga kerja dengan bpjs Kesehatan, bpjstk untuk jaminan hari tua walaupun manfaatnya ada yang sama yaitu saat berobat ditanggung Bpjs nanti ada 2 pilihan dia pakai ditempat kerja atau yg di rumah (bpjs kesehatan), ketika keluar kerja tidak aktif lagi. Jadi daftarkan saja kalau mau

    ReplyDelete
  91. mas, mau tanya saya belum daftar bpjs, ingin daftar tapi d KK ada status ANAK yg harus di ikutsertakan tapi sudah meninggal dunia. itu bagaimana ya, apa kita daftar/ bayar iuran dulu. baru urus pernyataan meninggal dunia ke bpjs? mohon infonya ya mas...

    terima kasih sebelumnya buat infonya yg sangat membantu.. semoga sukses :)

    ReplyDelete
  92. @ Delly cute, setiap anggota keluarga yg meninggal dunia harus di laporkan dahulu di kantor desa/kelurahan agar data kependudukan dihapus dahulu nanti dapat akte kematian, lalu perbarui KK dahulu kemudian baru bikin Bpjs, kalo nggak diperbaru data kk selamnya nanti banyar untuk anak yg sudah meninggal dunia

    ReplyDelete
  93. mas ni saya sudah daftar bpjs via on line..dan sudah dpt balasan email dr admin bpjs tp giliran mau ngeklik ke aktifasi pendaftaran kok gk bisa ya, pa jaringannya sibuk terus..tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu pembayaran pertama dulu teh i'is, waktu bayar tunggu 14 hari nanti hingga 1 bulan, jadi sabar dulu. nanti klo dah bayar baru di klik atktifasi. pastikan email itu jangan dihapus klo perlu link aktifasi disimpan dulu

      Delete
  94. Ass...
    Masalah yang sama ma Bu i'is chasana
    Saat klik aktifasi pendaftara tidak bisa... Muncul tulisan merah "... Aktivasi tunda"Dan belum muncul nomor virtual Account...
    Mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dibayar belum? kalau belum nggak bisa. pembayaran 14 hari sejak pendaftaran hingga 1 bulan kedepan

      Delete
  95. Misi ka.. mau nanya, sy disuruh perusahaan sy buat bpjs sendiri.. Sy belum berkeluarga, jadi kArtu keluarga masih ikut bapak, apa bisa daftar online Untuk saya sendiri? atau harus semua nama yg tertera di kartu keluarga harus didaftarin? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini nggak bisa sau satu mbak, apa yang tertulis dalam KK ya nama nama itulah nanti akan secara otomatis akan terdaftar semua

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top