Home » , » CARA PINDAH FASKES DAN KELAS RAWAT INAP BPJS

CARA PINDAH FASKES DAN KELAS RAWAT INAP BPJS

Info Bpjs Kesehatan - Cara Pindah Fasilitas Kesehatan (Faskes) Dan Kelas Rawat Inap Jika Penuh/HabisTerinspirasi dari tetangga yang bertanya tentang "Bagaimana cara pindah fasilitas kesehatan dan bagimana jika kelas rawat inap pasien yang tepatnya penuh?" Nah disini saya mau menuliskan tentang itu.  Bagi anda yang belum mendaftar baca artikel sebelunya tentang cara mendaftar secara online dan cara pembayaran  melaui ATM. Sebaiknya sebelum mendaftar pelajari dahulu mana kelas dalam bpjs yang cocok untuk anda, banyak juga pertanyaan "apakah kelas mempengaruhi obat dan pelayanan" yang saya ketahui dari berbagai media tidak ada pengaruh/perbedaan jenis obat dan pelayanan yang membedakan hanya kelas rawat inap saja.

Terakadang setelah mendaftar dan sudah memilih fasislitas kesehatan (faskes) kita baru menyadari kalau klinik atau tempat berobat sering penuh dan ngantri padahal ada tempat lain yang mungkin lebih dekat dengan tempat tinggal kita dan anrtianya gak terlalu banyak, nah bagaimana caranya kalau mau pindah faskes? mudah saja silakan baca dibawah ini :



Update iuran Bpjs Kesehatan April 2016

Update Ketentuan Pindah Faskes Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2016 Pasal 29 Ayat 1 Sampai 6:

(1) Untuk pertama kali setiap Peserta didaftarkan oleh BPJS Kesehatan pada satu Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan setelah mendapat rekomendasi dinas kesehatan kabupaten /kota setempat.

(2) Dalam jangka waktu paling sedikit 3 (tiga) bulan selanjutnya Peserta berhak memilih Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang diinginkan.
  • (2a) Untuk kepentingan pemerataan, BPJS Kesehatan dapat melakukan pemindahan Peserta dari suatu Fasilitas Kesehatan tingkat pertama ke Fasilitas Kesehatan tingkat pertama lain yang masih dalam wilayah yang sama.
  • (2b) Pemindahan Peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (2a) dilakukan dengan mempertimbangkan rekomendasi dari dinas kesehatan kabupaten/kota setelah berkoordinasi dengan asosiasi Fasilitas Kesehatan, dan organisasi profesi.
  • (2c) Dalam hal Peserta yang dipindahkan sebagaimana dimaksud pada ayat (2a) keberatan, maka Peserta dapat meminta untuk dipindahkan ke Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang diinginkannya.
(3) Peserta harus memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan tingkat pertama tempat Peserta terdaftar.

(4) Dalam keadaan tertentu, ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak berlaku bagi Peserta yang:
  • a. berada di luar wilayah Fasilitas Kesehatan tingkat pertama tempat Peserta terdaftar; atau
  • b. dalam keadaan kegawatdaruratan medis.
(5) Dalam hal Peserta memerlukan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan, Fasilitas Kesehatan tingkat pertama harus merujuk ke Fasilitas Kesehatan rujukan tingkat lanjutan terdekat sesuai dengan sistem rujukan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelayanan kesehatan tingkat pertama dan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan diatur dengan Peraturan Menteri.

Bagaimana jika kita  sakit dan mendapat persetujuan di rumah sakit untuk opname lalu kelas yang kita peroleh habis/penuh misalnya kelas 3 dan kelas 3 ini habis maka anda bisa naik ke kelas 2, namun jika kelas anda yaitu 3 dalam beberapa hari selanjutnya kosong anda akan dkembalikan ke kelas 3 sesuai kelas premi pembayaran anda.

Bagaimana cara pindah kelas bpjs misalnya kelas 1 ke 2 atau kelas 3 ke 1 caranya mudah anda cukup datang ke kantor bpjs terdekat dikota anda lalu silahkan antri diperubahan data, untuk diperhatikan penting juga ini bahwa perubahan kelas hanya bisa dilakukan setelah 3 bulan sejak pendaftaran bpjs. Jadi jika anda daftar terus selang beberapa minggu mau ganti kelas ini tidak bisa.
OK Semoga informasi ini bermanfaat...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, February 15, 2015

64 komentar:

  1. Kalau saya dulu daftar pakai REkening saya nih.... Takut autodebet..
    Itu teh autodebet gak sih?
    Kalau ganti rekening lain juga harus tiga bulan kan ya?

    ReplyDelete
  2. Gak langsung auto debet gan..trus klo rekening gak ngaruh.rening itukan cuma untuk mempermudah pembayaran saja..jadi klo ttangga kita nitip ke ibanking atau ATM punya kita jg boleh boleh saja

    ReplyDelete
  3. bos saya bisa pindah ke kelas 1 ga
    tanggal pembuatan kartu bjs saya tanggal 22-07-2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas agus, silakan datang langsung ke kantor Bpjs terdekat..trmkasih sudah singgah

      Delete
    2. Bos katanya bisa pindah kelas kalau sudah 1 tahun!! Bener ga?! Soalnya saya mau pindah kelas masih ragu karena harus 1 tahun.

      Delete
    3. iya update terbaru itu 1 tahun, sepertinya kerepotan tuh pihak Bpjs klo 6 bulan, tanks sudah singgah..

      Delete
  4. Mau tanya nih, saya dari perusahaan terdaftar bpjs di cab depok, karena ada kesalahan Faskes maka saya mau pindah faskes, nah domisili saya di cibinong, bisa gak ngurus nya di bpjs cab cibinong bogor? atau harus ke kantor tempat mendaftar, thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Bisa langsung cibinong Bogor mas.karena ini bisa online. Yang penting sudah lebih dr 3 bulan..tanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow tuan rumah nya aktif nih tengah malam dijawab juga he..he.. Ok deh trima kasih banyak ya mas Nury atas infonya

      Delete
  6. Saya memakai bpjs kolektif dr perusahaan, saat ini faskes 1 nya salah, mau diganti menunggu 3 bulan krn baru daftar 1-04-2015, apabila mau mengganti faskes 1 nya yg berhak melakukan pengubahan pihak hrd perusahaan atas permintaan saya, atau saya pribadi yg hrs melakukan perubahan. Faskes yg saya inginkan ternyata tdk ada didaftar resmi BPJS, tetapi dr spanduk klinik saya pernah membaca klinik tersebut memasang pemberitahuan kalau menerima BPJS, apakah ini bisa saya ajukan sebagai faskes 1 saya ?

    ReplyDelete
  7. Kewajiban perusahaan mendaftarkan dulu. Soal faskes 1 kita harus inilsiatif sendiri klo nunggu pihak perusahaan bakalan ribe dan lama. Lebih baik sendiri saja...

    ReplyDelete
  8. Saya dan anak mendapatkan kartu BPJS dr kantor suami kemudian sy cek via Internet dan terdaftar Kelas 2 yang akan saya tanyakan kalau sy mau ganti kelas 1 bagaimana caranya? Misalnya untuk sisa biayanya sy bayar sendiri..

    ReplyDelete
  9. Saya dan anak mendapatkan kartu BPJS dr kantor suami kemudian sy cek via Internet dan terdaftar Kelas 2 yang akan saya tanyakan kalau sy mau ganti kelas 1 bagaimana caranya? Misalnya untuk sisa biayanya sy bayar sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Erica, Maaf baru di buka. Kalau masa aktif Bpjs sudah mencapai 6 bulan langsung ke kantor bpjs saja, ambil formulir perubahan data seperti daftar baru, kalo sudah selesai serahkan untuk di proses dan ikuti kata pihak Bpjs. Klo sekalian ingin pindah faskes tulis alamat faskes yang tedekat saja. Dan sebaiknya bayar dulu yang kelas 2 paling telat tgl 10.

      Delete
    2. UPDATE : Ganti kelas tidak 6 bulan tapi 1 tahun baru bisa..

      Delete
    3. Mau nanya mas.. pindah faskes 1 ke faskes 2 gimana caranya. Apakah hanya isi formulir saja. Syarat seperti kk, foto, apakah perlu di bawa lagi. Kan kita hanya perubahan faskes aja. Mohon jwbnya

      Delete
  10. Faskes 1 saya juga agak jauh dari rumah, kapan2 mungkin akan pindah faskes.. Tapi di kantor BPJS antriannya suka lama yah T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, resiko cari saja waktu yang luang agar lebih nyaman, tanks sudah berkunjung

      Delete
  11. Slmt siang mas.!!! sy memakai faskes II n sy mau pindah ke faskes III tapi selama 7 bulan ini sy blm prnh membayar, apakah bisa pindah ke faskes III.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bayar dulu, soalnya pasti sudah tidak aktif itu soalnya sudah lewat 6 bulan

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. mas agus syaratnya yang harus di bawa apa aja y? biar bisa pindah kelas dari kelas II ke kelas I , terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. syratnya sama waktu daftar bawa saja fc.KTP,dan KK nanti ngisi formulir baru lagi

      Delete
    2. sekalian bawa kartu BPJS (Askes) seluruh peserta BPJS dalam satu keluarga. Kartu peserta sebagai suami, istri, dan anak bawa semuanya.

      Delete
  14. Mas..kalo pindah kelas dari kelas 1 ke kelas 3. Bisa gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa silakan langsung datang ke kantor bpjs terdekat di kota anda, inget harus sudah 1 tahun baru bisa pindah..

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Dekat rumah saya di Depok ada fasilitas BPJS. Namun, BPJS saya dan keluarga terdaftar Faskes I Kebayoran Baru. Jadi yang saya tanyakan bagaimana caranya pindah ke depok dan bagaimana prosedurnya.. Karena takutnya kalau saya lahiran enggak usah jauh-jauh ke Kebayoran Baru lagi cukup di Depok.. Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr Dina, Bagusnya ya pindah faskes itu. datang saja ke kantor bpjs bawa syarat di atas, klo mmg sudah 1 tahun boleh boleh saja..trmksih sudah singgah.

      Delete
  17. Mw tanya untuk proses pembuatan bpjs untuk calon bayi butuh wkt brp lma... dan domisili sya dibekasi tp ktp jakarta ap bs daftar di bekasi utk calon bayi sya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa, soalnya online. untuk faskes ikut alamat yang di pilih ortu.sekarang 14 hari lamanya. tanks...

      Delete
  18. kalo saya sekeluarga kan daftar bpjs yg gratis, terus saya pribadi mau upgrade ke kelas 1 bisa gak yaa ? atau harus sekeluarga juga pindah ke kelas 1 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya harus semua, kalau penasaran tlp saja ke 021 1500400

      Delete
  19. Mau nanya mas. Saya punya bpjs fakses 1. Tapi mau pindah ke faskes 2. Gimana caranya. Apakah bisa dilakukan sendiri online? Kalau bisa situs apa yg di kunjungi. Kalaupun hrs ke kantor bpjs syarat sperti photo,kk,dll apakah hrs dibawa? Kan cuma perubahan faskes saja. Thx. Mhn d jwb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru jawab, pindah faskes harus langsung ke kantor Bpjs mba'. Bawa kartunnya saja semua anggota keluarga, untuk formulir perubahan data bisa download langsung di atas ada link-nya silakan di print dan isi saja. kalau ada yang kurang jelas cara ngisi kosongi dulu ntar bisa tanya di kantor Bpjs. trkasih sudah berkunjung...

      Delete
  20. Broh, kalau pindah kelas, nomor kartu/bpjs nyaberubah nda? no rekening virtualnya juga tetap sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih tetap yang dulu mas, cuma data kelas saja yag di rubah

      Delete
  21. Mas saya sudah terdaftar bpjs gratia,
    Mau pindah yg bayar ,kalau daerah utara
    Kantornya dimana mas..thxs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar online maksudnya? klo sudah 14 hri dan ada e-ID langsung bayar saja mas widi, melalui ATM atau Indomart juga bisa dan langsung aktif dan bisa dipakai itu. klo e-ID mau ganti kartu bpjs silakan kekantor bpjs terdekat. utaranya mana ini ya?

      Delete
  22. saya mau tanya mas kan faskes saya di daerah cianjur kota
    lalu saya berobat di puskesmas terdekat tapi dokter nya bilang harus bawa rujukan di situ ada bacaan kami menerima yang pake kartu bpjs tapi saya bawa ke situ ttp ga bisa emang kaya gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul itu, kalo mau berobat sesuai prosedur bpjs harus ke faskes yang dipikih pertama kali dari situ kalau tidak bisa melayani karena fasilitas gak lengkap baru dirujuk ke tempat lain yang setingkat atau faskes lanjutan yang lebih lengkap fasilitasnya

      Delete
  23. Saya baru daftar kemaren tgl 3/3/2016 trus bayar n jadi kartunya tgl 17/3/2016. Dan saya daftar kelas III trus skrang saya mau ganti kelas II apa masih nunggu 1 tahun jg..??? Sya blm bayar dan kartu blm jadi.. apa bisa ganti langsung? Mohon infonya thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data masih dalam proses ini mas. Klo ingin merubah data kekantor bpjs langsung. Mudah mudahan bisa..

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Mas pindah fakses bisa langsung ga ya ..saya baru bayar daftar dan kartu sudah aktif bisa di cetak hari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu tahun baru bisa mas, makanya sebelum daftar cek klinik atau puskesmas terdekat yang kerjasama dengan bpjs. Tanks sudah singgah..

      Delete
  26. Katanya bisa pindah lewat online ?? Bener ga ya itu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku malah baru dengar mbak musyafa, inikan perubahan data data harus ke kantornya langsung. kalau pendaftaran dan formulir perubahan data bisa download secara online

      Delete
  27. Mohon penjelasan BPJS dasar peraturan dan alasan kenapa jika pindah kelas dari kelas III ke kelas II harus seluruh anggota keluarga? Saya berencana menaikkan kelas pelayanan anak saya dari kelas II ke kelas II, sedangkan kelas saya tetap di kelase III. Hal ini saya sesuaikan dengan kemampuan finansial saya yang sementara ini hanya mampu menaikkan kelas pelayanan untuk anak saya saja. Sedang iuran BPJS istri ditanggung oleh instansi dimana dia bekerja. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ini sudah aturann uu bpjs, kalau yang tahun 2014 kemarin masih bisa. saya tidak bisa menjelaskan secara detail, pangalaman saya waktu itu mengisi 1 formulir perubahan data dan 1 keluarga harus sama kelasnya...

      Delete
  28. Mau tanya dong mas. Cara liat status kelas di kartu bpjs lewat online bs g mas? Tqs wktu nya mas

    ReplyDelete
  29. Mau tanya dong mas. Cara liat status kelas di kartu bpjs lewat online bs g mas? Tqs wktu nya mas

    ReplyDelete
  30. Terimakasih atas informasi yang telah anda tuliskan pada artikel di atas dan sangat bermanfaat sekali. Obat Luka Pada Lidah

    ReplyDelete
  31. Bisa ga saya yg ngurus pindah faskes keponakan saya krn ortunya repot dr kls 1 ke kls 3, apa perlu srt kuasa? Trus apa hrs semua anggota keluarga? Karena kepesertaannya beda2 ada yg sdh 1thn, dan ada yg msh 8bln. Mhn jawabannya....thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ~ Pindah Faskes: Bisa mas asal sudah lewat 3 bulan, silahkan kekantor bpjs Mengisi Formulir Perubahan Data Peserta (FPDP) dan menunjukkan Asli/foto copy Kartu Peserta Bpjs. Harus 1 kelurga gak bisa 1 - 1
      ~ Pindah Kelas rawat inap , ada yg bilang 6 bulan tapi ada bebrapa kantor katanya hanya bisa setelah 1 tahun, jika diperlukan sebaiknya bawa copy. KK dan KTP untuk keperluan perubahan data

      Delete
  32. Saya mu tanya ne mz, kalau pindah kode faskes sementara bisa g mz cz saya kerja ditangerang sedangakan saya berencana melahirkan dikampung, terus syaratnya kira2 apa saja y n untuk bayi yg masih dalam kandungan kn harus menunggu bayi lahir baru bisa didaftarkan karena saya termasuk PPU,la kalau saya lahiranya dikampung bagaimana kira2 bisa g saya daftarkan dikampung saya n nanti bermasalah g kalau saya sudah balik lagi ketangerang ? Mohon penjelasanya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja melahirkan dikampung halaman mbak, Untuk milih Faskes I nanti mbak harus kekantor Bpjs di kota tujuan dengan membawa kartu Bpjs, jangan langsung ke faskes dulu. di kantor Bpjs nanti bilang saja apa adanya, nanti oleh kantor Bpjs akan membarikan surat pengantar ke Faskes I pilihan mbak Fitria. Ok Semoga lancar urusan-nya & dd bayinya juga selamat...

      Delete
    2. 1 lagi jangan lupa bawa surat keterangan domosili

      Delete
    3. Untuk bayi dalam kandungan juga sudah bisa di daftar jika sudah terdeteksi denyut jantung. sebaiknya daftarkan saja nanti akan mendaptkan nomer Virtual accout, kalau soal mbayarnya nanti kalau sudah lahir. silakan baca artikel saya di situs ini: http://www.bpjs-kesehatan.net/2015/12/daftarkan-segara-bpjs-kesehatan-bayi.html

      Delete
    4. Untuk bayi dalam kandungan juga sudah bisa di daftar jika sudah terdeteksi denyut jantung. sebaiknya daftarkan saja nanti akan mendaptkan nomer Virtual accout, kalau soal mbayarnya nanti kalau sudah lahir. silakan baca artikel saya di situs ini: http://www.bpjs-kesehatan.net/2015/12/daftarkan-segara-bpjs-kesehatan-bayi.html

      Delete
  33. Mas kalo mau upgrade ke kelas 1 secara kolektif bisa ga, kalo bisa apakah online atau dtg ke kantor BPJS? apa saja syaratnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah lihat di kantor Bpjs ada yang upgrade secara kolektif, di koordinasi dulu oleh 1 orang, dengan menulis formulir baru seperti daftar baru dulu hanya ganti kelasnya silahkan download dulu formulirnya lalu di isi dan datang langsung ke kantor Bpjs. nggak bisa online kalau perubahan data

      Delete
    2. * Formulir perubahan data bisa di download di sini (copas):
      https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/f4148ece3adc33cfa39b96d3198beda7.pdf

      Syarat: bawa kartu bpjs yang lama dan formulir yang sudah diisi

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top