follow us

CARA PINDAH FASKES DAN KELAS RAWAT INAP BPJS

Info Bpjs Kesehatan - Cara Pindah Fasilitas Kesehatan (Faskes) Dan Kelas Rawat Inap Jika Penuh/HabisTerinspirasi dari tetangga yang bertanya tentang "Bagaimana cara pindah fasilitas kesehatan dan bagimana jika kelas rawat inap pasien yang tepatnya penuh?" Nah disini saya mau menuliskan tentang itu.  Bagi anda yang belum mendaftar baca artikel sebelunya tentang cara mendaftar secara online dan cara pembayaran  melaui ATM. Sebaiknya sebelum mendaftar pelajari dahulu mana kelas dalam bpjs yang cocok untuk anda, banyak juga pertanyaan "apakah kelas mempengaruhi obat dan pelayanan" yang saya ketahui dari berbagai media tidak ada pengaruh/perbedaan jenis obat dan pelayanan yang membedakan hanya kelas rawat inap saja.

Terakadang setelah mendaftar dan sudah memilih fasislitas kesehatan (faskes) kita baru menyadari kalau klinik atau tempat berobat sering penuh dan ngantri padahal ada tempat lain yang mungkin lebih dekat dengan tempat tinggal kita dan anrtianya gak terlalu banyak, nah bagaimana caranya kalau mau pindah faskes? mudah saja silakan baca dibawah ini :



Update iuran Bpjs Kesehatan April 2016

Update Ketentuan Pindah Faskes Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2016 Pasal 29 Ayat 1 Sampai 6:

(1) Untuk pertama kali setiap Peserta didaftarkan oleh BPJS Kesehatan pada satu Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan setelah mendapat rekomendasi dinas kesehatan kabupaten /kota setempat.

(2) Dalam jangka waktu paling sedikit 3 (tiga) bulan selanjutnya Peserta berhak memilih Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang diinginkan.
  • (2a) Untuk kepentingan pemerataan, BPJS Kesehatan dapat melakukan pemindahan Peserta dari suatu Fasilitas Kesehatan tingkat pertama ke Fasilitas Kesehatan tingkat pertama lain yang masih dalam wilayah yang sama.
  • (2b) Pemindahan Peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (2a) dilakukan dengan mempertimbangkan rekomendasi dari dinas kesehatan kabupaten/kota setelah berkoordinasi dengan asosiasi Fasilitas Kesehatan, dan organisasi profesi.
  • (2c) Dalam hal Peserta yang dipindahkan sebagaimana dimaksud pada ayat (2a) keberatan, maka Peserta dapat meminta untuk dipindahkan ke Fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang diinginkannya.
(3) Peserta harus memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan tingkat pertama tempat Peserta terdaftar.

(4) Dalam keadaan tertentu, ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak berlaku bagi Peserta yang:
  • a. berada di luar wilayah Fasilitas Kesehatan tingkat pertama tempat Peserta terdaftar; atau
  • b. dalam keadaan kegawatdaruratan medis.
(5) Dalam hal Peserta memerlukan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan, Fasilitas Kesehatan tingkat pertama harus merujuk ke Fasilitas Kesehatan rujukan tingkat lanjutan terdekat sesuai dengan sistem rujukan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelayanan kesehatan tingkat pertama dan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan diatur dengan Peraturan Menteri.

Bagaimana jika kita  sakit dan mendapat persetujuan di rumah sakit untuk opname lalu kelas yang kita peroleh habis/penuh misalnya kelas 3 dan kelas 3 ini habis maka anda bisa naik ke kelas 2, namun jika kelas anda yaitu 3 dalam beberapa hari selanjutnya kosong anda akan dkembalikan ke kelas 3 sesuai kelas premi pembayaran anda.

Bagaimana cara pindah kelas bpjs misalnya kelas 1 ke 2 atau kelas 3 ke 1 caranya mudah anda cukup datang ke kantor bpjs terdekat dikota anda lalu silahkan antri diperubahan data, untuk diperhatikan penting juga ini bahwa perubahan kelas hanya bisa dilakukan setelah 3 bulan sejak pendaftaran bpjs. Jadi jika anda daftar terus selang beberapa minggu mau ganti kelas ini tidak bisa.
OK Semoga informasi ini bermanfaat...

You Might Also Like: