Home » » HANYA 3 x 24 JAM BAYI BARU LAHIR BISA MENDAFTAR BPJS KESEHATAN

HANYA 3 x 24 JAM BAYI BARU LAHIR BISA MENDAFTAR BPJS KESEHATAN

KISAH SEORANG AYAH YANG GAGAL MENDAPATKAN LAYANAN BPJS KESEHATAN BAYINYA YANG BARU LAHIR (Part 2)

Bpjs Kesehatan - Cerita ini lanjutan dari halaman yang kemaren, jadi jika anda membaca halaman ini baca dulu halaman sebelumnya HANYA 3 X 24 JAM BAYI BARU LAHIR MENDAPAT KESEMPATAN DAFTAR BPJS KESEHATAN yang merupakan KISAH SEORANG AYAH YANG GAGAL MENDAPATKAN LAYANAN BPJS KESEHATAN BAYINYA YANG BARU LAHIR (Part 1). Setelah membantu mengantar istri yang baru selesai oprasi Caesar di ruang nifas saya duduk duduk di dekat istri saya yang merintih kesakitan, kasihan juga melihatnya. Untuk menyingkat cerita belum sampai 24 jam ada panggilan dari ruang perawat bayi yang kelihatan serius, saya sudah menduga pasti ada sesuatu yang membahayakan kesehatan bayi saya. Dan ternyata benar sang perawat menunjuk dan menyentuh kulit bayi saya dan membekas berwarna kuning berarti ini ada gejala BILIRUBIN (penyakit kuning) disebabkan karena tingginya kadar bilirubin yang terkandung dalam tubuh. Kadar bilirubin meningkat apabila bilirubin yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan kadar bilirubin yang mampu dikeluarkan oleh tubuh. Jika kadar bilirubin lebih dari 5 mg/dL, hasilnya kulit dan mata bayi akan menjadi kuning.


Perlu dijelaskan disini Sakit kuning pada bayi atau ikterus sebenarnya merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi 3-4 hari setelah kelahiran dan akan menghilang setelah 1-2 minggu kemudian. Tetapi ada juga bayi yang terlihat kuning sebelum 24 jam kelahirannya atau kadar bilirubin yang tinggi dalam tubuh. Keadaan ini disebut sebagai hiperbilirubinemia. Jika terjadi seperti itu, bayi harus segera mendapat penanganan medis. Karena bilirubin berlebih yang terdapat dalam darah dapat masuk ke dalam otak dan meninggalkan sisa permanen yang merusak akibatnya bayi cacat mental bahkan kematian. hal ini terjadi pada bayi saya. Setelah itu perawat membawanya kedalam inkubator dan di berikan sinar lampu (phototerapi) tak lama kemudian dokter yang menangani bayi saya memberikan kertas yang berisi tulisan syarat syarat Bpjs kesehatan bayi yang baru lahir dan di bawahnya ada tulisan paling lambat 3 x 24 jam.


SYARAT SYARAT BPJS KESEHATAN BAYI YANG BARU LAHIR
* Foto copy KTP suami istri
* Foto Copy KK
* Foto copy surat nikah suami/istri
* Foto copy surat keterangan lahir
* NIK bayi dari Kecamatan setempat
* Surat rekomendasi dari Dinas Sosial. (untuk pasien dengan ibu pemegang Jamkesmas dan Bpjs Kesehatan kelas III) saya tidak tahu apakah aturan ini untuk kelas III saja atau kelas yang lain, karena kami kelas III
Batas waktu pegurusan 3x24 jam dari pasien masuk (akhir pekan dan hari libur tidak dihitung)

Perintah ini saya dapatkan 2 hari berikutnya yaitu tanggal 31/3/2015 saya pikir pikir dulu domisili saya Cileunyi kab. Bandung harus mendapatkan rekomendasi dari kantor dinas sosial yang ada di ibu kota kabupaten yang berada di Soreang, wah...ini sama dengan jarak antara Cileunyi - Cimahi -+ 20 Km kalau ke Cimahi jalan lurus sedangkan Soreang jalan Berbelok bolok dan jalur macet, sebenarnya malas saya, tapi saya merenung jika saya tidak menjalankan perintah ini akibatnya mungkin bayar lebih/tidak gratis atau jika bayi saya tidak tertolong saya akan menyesali seumur hidup saya. Setelah syarat yang ke 1 sampai 4 saya kumpulkan jadi tinggal NIK saja ini, Langsung saya pacu kuda hitamku (sepeda motor) menuju kantor kecamatan Cileunyi.

Sampai di Cileunyi saya langsung minta dibuatkan NIK, ternyata tidak bisa langsung katanya saya harus dari bawah dulu yaitu RT,RW dan kelurahan. Sampai disini saya mentok karena saya tahu pak RT dan RW kalau siang gak ada pada kerja semua pulangnya malam, saya menuju kekantor kelurahan dulu untuk minta berkas/konsep untuk bikin NIK yang nantinya di tanda tangani RT dan RW kemudian saya kembali ke Rumah sakit sambil cari nama untuk bayi saya karena kalau ada NIK harus ada namanya. Setelah malam tiba saya segera menuju ke Cileunyi lagi untuk mendapatkan tanda tangan dan Cap dari RT dan RW sambil melihat keadaan  rumah saya aman apa tidaknya. Setelah mendapatkan Cap dan tanda tangan saya langsung balik ke rumah sakit lagi, malam itu saya sedikit tenang.


HANYA 3 x 24 JAM BAYI BARU LAHIR BISA MENDAFTAR BPJS KESEHATAN - Pagi harinya setelah ambil resep obat untuk istri langsung saya pacu kuda hitamku menuju kantor kecamatan untuk mendapatkan NIK dari pihak Kecamatan saya harus bikin Surat Keterangan Lahir/surat kelahiran kekelurahan lagi,setelah dapat saya balik lagi ke kantor kecamatan waktu itu pas jam istirahat tapi demi mengejar waktu saya minta belas kasihanya agar dibikin NIK secepatnya karena waktu itu hari terakhir dari batas 3 hari itu "Tolong buatkan NIK secepatnya bu soalnya saya setelah ini harus ke kantor dinas Sosial yang ada di Soreang"  jawabnya "Lagi jam istirahat, besok lagi saja pak,gak akan cukup waktunya" jawab saya "Gak bisa bu hari ini terakhir kesempatan saya" untungnya si ibu itu pengertian juga dan saya bisa melihat wajahnya yang kelihatan kasihan kepada saya langsung dia cepat cepat minta berkas saya dan di ketik, padahal didepan saya ada yang ngantri lebih dulu.

Singkat cerita NIK sudah saya dapatkan Langsung saya pacu kuda hitamku menuju ibukota kabupaten yaitu Soreang karena saat itu sudah jam 13:00 berarti saya ada waktu 2 jam kalau jam kerja sampai jam 15:00, motor saya kebut terus di jalan Sukarno hatta saya lewat jalur tengah terus seandainya ada polisi pasti kena tilang. sampai di perempatan Kiara condong Saya ambil kiri nanti melewati jln Buah batu terus cari jalan perkampungan untuk bisa tembus jalan kopo sayati yang nantinya akan tembus dayeuhkolot, di perkampungan ini sya bingung terpaksa tanya tanya terus arah yang menuju Soreang dan sampai juga saya di kantor Dinas sosial. Selameett...!! motor saya parkir langsung masuk dan bilang kepada pegawainya "Pak mau bikin Bpjs Kesehatan untuk Bayi Baru Lahir"  "Ouw..langsung saja pak ke lantai atas.." Saya langsung ke lantai atas ada ibu ibu muda cantik berpakian dinas "Mau bikin Bpjs kesehatan ya pak?" iya teh..(karena usianya dibawah saya saya panggil teh..kalu di jawa Mba').

"Lihat pak persyaratanya, bapak dari kabupaten ya? SKTM-nya mana?"
lho kok SKTM segala, saya lihat di kertas persyaratan dari Rumah Sakit gak ada? "harus ada pak,soalnya dari kabupaten..!!" Bapak keKelurahan lagi minta SKTM nanti bawa kesini lagi"  Ya gak akan cukup atuh teh waktunya sekarang sudah jam 2 lebih "Besok lagi saja pak" gak bisa teh harus hari ini saya cuma dikasih waktu 3 hari dan ini yang terakhir, kalau dibikin rekomendasi langsung gimana? "gak bisa soalnya nanti harus ada Resi-nya, kemaren juga ada yang dari Cileunyi pulang lagi" Ya sudah berarti saya gagal ini untuk daftar Bpjs Kesehatan bayi yang baru lahir. Wis lemes poko'e...!!! jam sudah 14:30 mustahil saya bisa menempuh perjalanan dalam waktu 1 jam pulang pergi Cileunyi - Soreang, saya melangkah keluar menuju ke masjid untuk sholat dhuhur, tiduran sebentar mengendorkan urat/otot saya yang tegang karena ngebut sambil cari solusi terakhir.

Kemudian saya inisiatif "bagaimana kalau lansung bikin sendiri kekantor Bpjs" segera saya pacu kuda hitamku menuju jln Lingkar Selatan Bandung tepatnya di kantor BPJS mumpung ada waktu 1 jam soalnya kantor Bpjs tutup jam 4 sore, sampai disana jam 15:30 saya langsung menemui satpam kebetulan saya kenal satpamnya dia ini suami pelanggan saya, saya jelaskan semuanya keadaan saya dan cepat cepat dia tulis formulir Bpjs di bantu bagian customer service juga, saya ikuti dia bahkan untuk membayar iuran Bpjs yang pertama dia yang bayar melaui ATM. Sekitar 15 menit saya sudah dapat nomer ID Bpjs, tapi sayang lagi lagi saya terbentur oleh peraturan dari Bpjs itu sendiri karena nomer ID Bpjs akan aktif setelah 7 hari. Sampai disini saya menyerah, biarlah saya terima mungkin ini ujian bagi kesebaran dan keimanan saya.

Paginya saya sempat mengadu ke bagian Bpjs Center yang ada di rumah sakit ini "Kenapa Bpjs cuma memberi 3x24 jam untuk bayi yang baru lahir untuk mendaftar? kalau boleh beri saya 1 hari lagi"  tetap tidak boleh karena itu sudah peraturan Bpjs. terakhir saya sempat menulis email langsung ke pihak Pbjs tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Dan sampai tulisan ini dibuat bayi saya masih di rumah sakit tanpa ter-cover fasilitas Bpjs

Inilah email yang saya kirim ke pihak Bpjs Kesehatan yang belum di balas:

Assalamualaikaum admin, langsung saja ya...kemaren tgl 30/3/2015 istri saya melahirkan caesar dan gratis karena sudah punya id Bpjs mandiri. Yang jadi masalah bayinya kuning parah terpaksa dirawat, Perlu diketahui kami tinggal di kab.Bandung (cileunyi) sedangkan rumah sakit tempat di kodya bandung yaitu Rsud Ujung berung. Dari pihak rumah sakait saya dikasih waktu 3x24 jam mendaftarkan Bpjs kesehatan kelas 3 ( sesui ibunya) bukan dari tgl 30 tapi 31 ngasih taunya, jadi saya cuma ada waktu 2 hari untuk cari NIK di kecamatan cileunyi, ternyata perintah dari pihak kecamatan saya harus mulai dari bawah dulu yaitu Rt, Rw, dan Kelurahan.

Pak Rt Dan Rw adanya malam orangnya kerja otomatis saya gagal hari itu, tinggal sisa 1 hari besok saja tapi malam itu saya pulang lg dari RS ke Rumah mendatangi RT dan Rw untuk daptkan cap dan ttangan. Besokya mulai saya urus ke Kelurahan dan Kecamatan untuk dapat NIK dan berhasil, saya langsung menuju ibukota kab. yaitu Soreang (-+ 20 km) ke kantor dinas sosial untuk mendapatkan rekomendasi Bpjs kesehatan sampai sana jam 2 siang. Yang bikin saya kecewa dari pihak dinas Sosial saya harus membuat SKTM di kelurahan lagi sedangkan jarak balik kekelurahan lagi -+ 20 km mustahil saya tempuh 1 jam karena macet, saya duduk lemas badanku sudah capek, kepala senut senut, pantat panas dan pegel, perut lapar lengkap sudah kekecewaanku karena waktu sudah habis.

Kemudian saya befikir bagaimana kalau saya bikin langsung Bpjs yang mandiri untuk bayi saya, terus saya meluncur di jln Lingkar selatan Bandung klo gak salah yaitu di kantor Bpjs & berhasil dapat ID nya saya bikin mulai ada harapan pelayanan gratis nih...tapi lagi" saya kecewa karena kartu Bpjs aktif 7 hari semenjak dibuat. Gagal intinya,
* Kenapa harus 3 hari?
* Kenapa harus ada SKTM? andai saja pihak RS ngasih tau pasti sudah saya bikin sejak dari kelurahan.
* Usulan saya jangan 3 hari dan untuk pihak rumah sakit jangan bedakan wilayah kabupaten dan kota madya.

Itulah celotehan saya tentang HANYA 3 x 24 JAM BAYI BARU LAHIR BISA MENDAFTAR BPJS KESEHATAN mudah mudahan bisa diambil manfaatnya sehingga tidak ada lagi yang nasibnya seperti saya, karena saya sudah mengalami sendiri sebaiknya sahabat semua yang istrinya mengandung sekitar 8 bulan daftarkan saja Bpjs kesehatan Cegah resiko sejak dini "Bayi dalam kandungan yang dapat didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah semua bayi yang keberadaannya terdeteksi dari adanya denyut jantung bayi (janin) di dalam kandungan, yang secara medis dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dokter" silakan baca di sini : DAFTARKAN BPJS BAYI ANDA SEBELUM LAHIR


Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, April 05, 2015

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasi yang telah anda tuliskan pada artikel di atas dan sangat bermanfaat sekali. Obat Luka Pada Lidah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top