Home » » DENDA DAN SANKSI TERLAMBAT BAYAR BPJS KESEHATAN

DENDA DAN SANKSI TERLAMBAT BAYAR BPJS KESEHATAN


Denda terlambat membayar iuran Bpjs Kesehtan & sanksi jika tidak membayar iuran Bpjs Kesehatan

Info Pulik - Mengingat pentingnya Bpjs Kesehatan untuk kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang denda dan sanksi jika anda terlambat membayar iuran Bpjs kesehatan bahkan tidak mau ikut jadi peserta Bpjs Kesehatan. Memang program pemerintah yang 1 ini jadi suatu dilema tersendiri jika kita tidak ikut menjadi peserta Bpjs kesehatan terutama untuk keluarga yang pas pasan saja, kalau untuk keluarga kelas menengah ke atas hal ini tidak jadi soal, keluarga yang tidak mampu sama sekali juga bukan masalah soalnya pemeritah yang menanggung. Dampak paling buruk jika kita tidak ikut jadi peserta Bpjs kesehatan adalah tidak mendapatkan pelayanan publik seperti bikin SIM, STNK, bikin sertifikat tanah dan lain lain. Dan bagi anda yang sudah jadi perserta Bpjs rajinlah untuk membayar sebelum tanggal 10 tiap bulanya. Lebih lengkapnya silakan baca selengkapnya di bawah ini...

terlambat-bayar-bpjs

DENDA TERLAMBAT MEMBAYAR IURAN BPJS KESEHATAN
Suatu saat saya pernah ngobrol dengan soarang satpam di kantor Bpjs kesehatan tentang denda dan akibat terlambat membayar Bpjs, yang kesimpulanya kurang lebihnya sepertri ini bahwa :

Update Info Denda Bpjs 2016...!!!

Denda bpjs rencananya mulai 1 Juni 2106 akan naik 2,5%. Itu jika anda tidak membayar 1 bulan dan kepesertaan Bpjs akan di berhentikan sementara sampai anda membayar iuran + denda-nya Silakan baca di sini:...
Penjelasan denda Bpjs 2,5% dan Maksimal Rp30.000.000;
** Degan adanya update info ini maka artikel Tentang denda Bpjs disini mulai 1 juni 2016 tidak belaku lagi **, kecuali sanksi tidak menjadi peserta Bpjs paling lambat tahun 2019 mengacu PerPres no 86 tahun 2013 tetap berlaku.

1. Denda keterlambatan 2% 
Batas pembayaran iuran Bpjs Kesehatan tiap tanggal 10, Jika anda terlambat membayar pada bulan itu dendanya 2% x jumlah iuran, silakan hitung sendiri berapa bulan anda tidak membayar

2. Hari libur tidak di hitung
Jika anda terlambat membayar pada hari libur maka anda belum kena denda, misalnya tanggal 10 adalah hari minggu sedangkan anda baru membayar hari senin tanggal 11 maka denda 2% itu belum berlaku.

Tambahan:
Jika memang benar anda terlambat membayar entah itu 2 atau 3 bulan nanti pada saat membayar melalui ATM atau di mana saja akan terlihat berapa total yang akan anda bayar, itu sudah termasuk dendanya, nah sejumlah itulah yang harus anda bayar..

Saran:
Jika anda sudah kena denda 1 bulan atau lebih dan ingin membayar sebaiknya SMS dahulu untuk mengetahui jumlah total keseluruhan yang akan anda bayarkan, melalui SMS ini lebih akurat di bandingkan melalui ATM yang kadang error dan melalui internet (situs resminya) yang tidak Update.

FORMAT SMS MENDAPATKAN JUMLAH TAGIHAN BPJS:

TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
Contoh       : TAGIHAN 0001260979209
Kirim ke     : 087775500400

3. Jika tidak membayar 3 bulan berturut turut kartu di blokir
Misalnya di sini seorang ibu yang mau melahirkan bayi sesar mereka seminggu sebelumnya baru mendaftar Bpjs agar langsung di pakai dan gratis, giliran suruh bayar bulanan mereka tidak mau. Untuk melahirkan anak berikutnya mereka ingin memakai Bpjs lagi tetapi sayang kartu Bpjs-nya telah di blokir atau tidak berlaku, jika masalahnya seperti ini bagaimana solusinya? aktifkan kembali dengan membayar denda keterlambatanya, jika anda tidak membayar selama 2 tahun silakan kalikan saja jumlah iuran tiap bulan selama 2 tahun di tambah denda per bulanya.

Kesimpulan :
DENDA KETERLAMBATAN PEMBAYARAN IURAN
1.   Keterlambatan pembayaran Iuran untuk Pekerja Penerima Upah dikenakan denda administratif sebesar 2% (dua persen) per bulan dari total iuran yang tertunggak paling banyak untuk waktu 3 (tiga) bulan, yang dibayarkan bersamaan dengan total iuran yang tertunggak oleh Pemberi Kerja.
2.    Keterlambatan pembayaran Iuran untuk Peserta Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja dikenakan denda keterlambatan sebesar 2% (dua persen) per bulan dari total iuran yang tertunggak paling banyak untuk waktu 6 (enam) bulan yang dibayarkan bersamaan dengan total iuran yang tertunggak.

SANKSI PUBLIK JIKA TIDAK MAU MENJADI PESERTA BPJS (UNTUK KEDEPANYA)
Menurut peraturan Presiden No. 86 Tahun 2013 Pasal 9
* Ayat 2 
Sanksi tidak mendapat Pelayanan Publik tertentu yang dikenai kepada setiap orang, selain pemberi kerja, pekerja, dan penerima bantuan iuran yang memenuhi persyaratan kepesertaan dalam program jaminan sosial meliputi :

a. Izin Mendirikan Bangunan (IMB);
b. Surat Izin Mengemudi (SIM);
c. Sertifikat Tanah;
d. Paspor ; atau
e. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Ayat 3
Pengenaan sanksi tidak mendapat pelayanan publik tertentu dilakukan oleh unit pelayanan publik pada instansi pemerintah, pemerintah daerah propinsi, atau pemerintah daerah kabupaten/kota.

Aduh..ternyata cukup berat juga ini sanksinya, seakan pemerintah memaksa rakyatnya untuk ikut jadi peserta Bpjs Kesehatan. ya memang begitu soalnya saya pernah dengar dari Bp Dede yusuf anggota DPR dari partai demokrat bahwa biaya Bpjs untuk menutupi pengobatan di berbagai daerah mengalami devisit anggaran tiap bulanya. Dan Setelah di evaluasi dalam setahun semenjak pemberlakuan BPJS Kesehatan, pemerintah berencana akan menaikkan iuran asuransi kesehatan yang wajib dimiliki oleh masyarakat Indonesia ini.

Sumber : http://bpjs-kesehatan.go.id/
                http://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, May 19, 2015

98 komentar:

  1. Peluang usaha buka Pembayaran Online BPJS DI RUMAH GRATIS
    http://www.persadapay.com

    ReplyDelete
  2. Memang itu merupakan paksaan, brp duit yg msk dari jutaan peserta bpjs.
    Ujung2nya uang dikorup.
    Rakyat g mau ikut kok dipaksa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, maish mending maksa juga kalo pelayanan/hasil di lapangan nya memuaskan, lha ini........... 90% kurang memuaskan.. parah

      Delete
    2. Mungkin mas harus coba sakit dulu x yaa, amit2 tapi. selama saya sakit habis 4 jt. Alhamduillah di cover BPJS.
      #pengalamansaya

      Delete
  3. Memang itu merupakan paksaan, brp duit yg msk dari jutaan peserta bpjs.
    Ujung2nya uang dikorup.
    Rakyat g mau ikut kok dipaksa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul juga tu abah, aku juga terpaksa ikut ini. Sebenarnya berat bagi saya untuk membayar 4 orang (1 keluarga) kalo bisa tadinya yang mau ikut cuma istri dan bayi saya saja, tapi klo KK sudah masuk terpaksa masuk semua 1 keluaga hmmm...

      Delete
    2. egois ente... maunya yg berobat aja ditanggung..

      ente mau ditanggung ama rakyat indonesia tapi keluarga sendiri ga mau ikut gotong royongnya

      Delete
    3. Ente juga egois SUMARLIN TEKOM... Kalau yang gak mau bayar ydh berarti gak usah berobat gratis, yang penting kan dia ada niat buat bayar anak istrinya doang, berarti keberatan dari segi ekonomi, ente bisa ngomong egois krn ente orang kaya kali yaaa... terus yang miskin ekonominya berubah atau melemah gimana bro ? elu yang mau bayarin . mikir dulu bos sebelum komen

      Delete
  4. Ngurus bpjs tmbh ribet skrng, hrz pnya rekening lah..kk hrs yg baru lah..dll haaadeeecchhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekening bank bisa numpang ke tetangga sebelah atau jasa pembayarannya listrik. Klo kk yang update data nggota keluarga terbaru

      Delete
    2. ente egois. mau daftar (biar bisa dapat hak untuk dijamin)
      tapi kewajiban sebagai warga negara ga mau (urus KK yg terupdate)

      Delete
  5. Bukan membantu masayarakt kecil tapi memaksakan untuk memberikan uangnya kepda. Mereka sudah susah kalau meminta rujukan, nanti lama lama ada dep kolektor nagih BPJS udh kacau kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. waha ha...bisa aja mas "Unknown" ini, gak gitu gitu amat kali'. masa' harus ada kolektor segala. tanks sudah singgah dan komentarnya..

      Delete
    2. Ada sekitar 86 juta rakyat kecil yang yg iuran BPJSnya dibayararin pemerintah. Iuran perorangnya kalau ga salah Rp. 19.500,-. Tinggal dihitung berapa subsidi pemerintah untuk rakyat kecil tersebut.

      Delete
    3. lo liat iurannya sih. ga liat berapa banyak biaya berobat yg digunakan

      Delete
  6. Saya relat bayar 2thun untuk saya dan istri, skarang saya bekerja di perusahaan X. Dan harus melengkapi BPJS dengan status aktif. Bagaimana cara melihat total yang harus saya bayar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ ega, Bisa melalui sms. Baca di sini caranaya : http://bpjsasuransi.blogspot.co.id/2015/09/cukup-sms-saja-anda-bisa-dapat-info.html

      Delete
  7. Ataukah ada cara lain pembayaran BPJS ini kalau ternyata tidak mampu membayar tunggakan iuran tsb, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo yang ini saya tidak bisa jawab Ega, Klo memang tidak mampu sama sekali pemerintah yang menanggung tapi ada kategori tertentu yang termasuk tidak mampu itu

      Delete
  8. trus yg sdh punya asuransi kaya allianz, prudential, axa, bni live,dll gemana tuh mau dipaksakan juga. lagian suruh nabung setiap hari dan seumur hidup tanpa ada pengembalian danjangka waktu premi.. ini sangat memberatkan apalagi bagi kaum papa yg utk mencari sesuap nasi aja masih kesulitan..
    seandainya di hitung per kepala rumah tangga katakanlah penduduk kita 200jt yg ikut dikali minimal perkepala RT 150rb saja negara setiap bulan negara menerima 30 triliun dr rakyat. belum denda. trus yg membuat peserta PBJS mendapat fasilitas yg tdk memadai itu apa darai dana sebesar itu.
    trus apa bedanya ini dengan SDSB.. makanya MUI mengharamkan BPJS karena kalau sistem asuransi maka rakyat punya hak mendapat pengembalian premi yg tidak di klaim.. atau minimal premi memiliki batas waktu pembayaran.. misalnya 5 tahun 10 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo asuransi jiwa beda dengan Bpjs gan, Betul tu..gotong royong yang sungguh sangat memberatkan. Ini sebenarnya klo mau jujur bentuk pelarian tanggung jawab pemerintah mensejahterakan rakyatnya. tanks sudah berkunung..

      Delete
  9. tapi saya terlambat satu bulan kok disuruh bayar 240.380 rupiah. bagaimana nih, dimana saya harus membayar denda 2% itu. terima kasih

    ReplyDelete
  10. tapi saya terlambat satu bulan kok disuruh bayar 240.380 rupiah. bagaimana nih, dimana saya harus membayar denda 2% itu. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalau kasusnya seperti ini harus kekantor Bpjs, server Bpjs sering error. maaf baru bisa jawab..

      Delete
  11. saya tiap bulan bayar iuran BPJS Kesehatan.., tidak pernah telat. tetapi kenapa pada pembayaran bulan Oktober 2015 ini yang biasanya Rp 42.500,- menjadi Rp 43.350,-, ini lebih 2% dari jumlah yg dibayarkan seharusnya.
    Kenapa ada denda ya..., padahal tdak pernah telat..?? minta penjelasannya kemana ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kena denda itu, sebiknya sebelum bayar cek dulu caranya melalui SMS biasa. Format SMS: ketik TAGIHAN NOMER KATRTUBPJS kirim ke 087775500400
      Contoh: TAGIHAN 0001456777990

      Delete
    2. Untuk masalah kok bisa kena denda padahal gak pernah telat, saya tidak bisa menjawab karena sistem yang bekerja

      Delete
    3. Om Abu Azma : Sebelumnya saya berterima kasih atas info SMS Online nya. Saya belum bayar BPJS Kesehatan selama 7 (tujuh) bulan. Kemarkn saya cek via ATM Bank Mandiri tagihannya Rp.723.000 tapi setelah saya SMS ke 087775500400 SMS tersebut bilang cuma Rp. 359.000

      Delete
    4. Ok, sama sama, syukur klo bermanfaat info dari saya...tanks dudah berkunjung..

      Delete
  12. oke terima kasih infonya, so jadi harus tepat bayar ya biar ga kena denda

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Malam, mau tanya, saya baru kali ini telat bayar bpjs, saya baru mau bayar hari ini (tgl 11), apa tgl 10 hari sabtu kemarin termasuk hari libur? Kalo lewat atm, denda sudah termasuk di jumlah tagihan yang nanti muncul di layar atm kan ya? Mohon responnya, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari sabtu tutup, nanti senin baru buka lagi. ya otomatis akan terlihat total jumlah tagihan, trmkasih sudaah berkinjung..

      Delete
    2. Hallo om saya mau tanya nih sya nunggak bpjs swlama 21 bulan sya cek d atm yg pertama jumlah.a 538rb,lalu esok.a sya mau bayar eeeh pas liat ko beda yah jdi naik tunggakan nya semula 538rb jadi 883rb,gmna ini klau d hitung kena denda 2% ga nyampe segitu tolong bantuan.a

      Delete
    3. Kelas berapa itu ya? kalo kelas III 538.000 itu masuk akal. kalau 883rb wah kebanyakan. sebaiknya tanyakan ke kantor bpjs langsung, soalnya wkatu itu kelas III sempat naik tapi nggak jadi karena masyrakat keberatan

      Delete
  15. Kalau telat bayar 6bulan truz sy bayar sesuai tagihan di atm..bisa langsung dpake atau nunggu aktivasi 14hari lagi seperti bkin baruu..Mohon infonya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ wenwen, klo sudah dibayar otomatis sudah bisa dipakai lagi..

      Delete
  16. Apakah ada sistem klaim buat kami yg pas passan??? Bahkan buat biaya skolahsj kmi hrs utang sana sini....
    Jika tidak ad klaim atau pencairan iuran ygsusah payah kmi bayarkan... mk kami kusus ny saya mrs kberatan. Lebih baik kami hidup di masa pnjajahan yg hrskasih upeti pd sang rezim. Seharus ny lah negara mmberikn sistem klaim ntah berapa tahun sekali dan ga usah smua ny.brp persen kek dari hasil jeri payah kami mmbayar iuran BPJS!!!!!. KIRA NYA rakyat akn lbih responsive jika ad sistem klaim trsbt. Smg bpk pjbt ptinggi negri ini mndengarkan sura saya ini.yg serba kkurangan nafas segar hidup ini..

    ReplyDelete
  17. Apakah ada sistem klaimbuat kami ygpas passan??? Bahkan buat biaya skolahsj kmi hrs utang sana sini.... Jika tidak ad klaim atau pencairan iuran ygsusah payah kmi bayarkan... mk kami kusus ny saya mrs kberatan. Lebih baik kami hidup di masa pnjajahan yg hrskasih upeti pd sang rezim. Seharus ny lah negara mmberikn sistem klaimntah berapa tahun sekali dan ga usah smua ny.brp persen kek dari hasil jeri payah kami mmbayar iuran BPJS!!!!!. KIRA NYA rakyat akn lbih responsive jika ad sistemklaim trsbt. Smg bpk pjbt ptinggi negri ini mndengarkan sura saya ini.yg serba kkurangan nafas segar hidup ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Ahmad sholeh sampaikan keluhan anda kpada kemenkes pada "halo kemenkes"
      SMS ke 081281562620
      email ke kontak@depkes.go.id
      Surat ke : Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI
      Jl. Rasuna Said X-5 Kav. 4-9
      Kuningan, Jakarta Selatan 12750

      Semoga didengar...
      Jika ingin tau tentang golongan yang menerima bantuan pemerintah baca saja kesini : http://bpjsasuransi.blogspot.co.id/2015/09/mana-saja-yang-termasuk-penerima.html

      Delete
  18. saya mau tnya nih. tdi wktu mau byr bpjs melalui atm mandiri tagihan bpjs mnjadi 42.500, pdahal saya ikt yg kelas tiga setiap bln sebelumnya sya sllalu tpt waktu byr sblm tgl 10 sbsr 25.500, apa itu denda ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kelas 2 mbak, bukan denda. Tadi harusnya jangan bayar dulu mbak desi, cek saja dulu dengan cara sms : TAGIHAN NOMER PESERTA kirim ke 087775500400
      contoh: TAGIHAN 00012345678888

      Delete
  19. Sy telat bayar 1 bln iuran...
    Tp bln berikut nya sy mau byr , kok gk bisa2 yaaa...bacaan nya NIK tdk terdaftar...
    Kl blh tau kantor bpjs wilayah bekasi dmn ya..
    Mksh

    ReplyDelete
  20. Bayarnya melalui ATM apa Indomaret mbak amel? klo ATM BRI pakai kode 8888801xxxx kalau lewat Indomart (PPOB) kode awal 0001xxxx
    Kantor Layanan Operasional KLO BPJS Kesehatan Kabupaten Bekasi – Cikarang
    Alamat : Ruko Metro Boulevard Blok B11 Jababeka 2 Cikarang, Jawa Barat
    Hotline Kantor BPJS Kesehatan Bekasi : 0812 8582705

    ReplyDelete
  21. Mas saya ada update KK, di KK yang baru ditambahin mertua sama anak, apa itu harus di laporin? saya bikin BPJS dari perusahaan, apa mertua sama anak jadi tangungan perusahaan juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. laporkan dulu mas, soalnya di kantor Bpjs data yang masuk masih yang dulu, walaupun di disdukcapil sudah diperbarui. kalau kita gak inisiatif sendiri gak akan masuk peserta bpjs, tanks sudah berkunjung..

      Delete
    2. Abu azma..saya sudah 2 tahun lebih terlambat bayar.kok gak bisa di cek via sms..Klo langsung cek ke kantor takutnya duitnya gak cukup.

      Delete
  22. Gan klo yg kayak gini gimana yah? ane kan sudh 3 bulan belum bayar iuran bpjs, pas saya cek tagihan lewat sms, jawababnnya kayak gini
    " Anda Tidak Memiliki Tunggakan Iuran. Terima Kasih Telah Melunasi Iuran. Iuran Dapat Dibayarkan Setiap Bulan Paling Lambat Tanggal 10."

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tau saya gan, biasanya melalui sms ini akurat, sudah coba melalui ATM belum gan? altrnatif lainya tanya ke indomart juga bisa

      Delete
  23. cara bayar tunggakannya gimana ya via atm bri ? otomatis keluar atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ mihammad, otomatis akan tampil total tagihan gan..

      Delete
  24. saya terlambat bayar bberapa hari kok pas sy bayar ke indomaret belum ada tagihan. sy coba sms jwbannya "Data Tagihan Tidak Ditemukan. Cek Kembali Format SMS Anda." mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah format biasanya gan, coba ulangi lagi. cara lenglap baca disini: http://bpjsasuransi.blogspot.co.id/2015/09/cukup-sms-saja-anda-bisa-dapat-info.html

      Delete
  25. sudah beberapa x malah

    Format Pengiriman SMS BPJS Kesehatan NokaNo.Kartu BPJS Kesehatan atau NIKNIK NIPNIP KartuNo.Kartu Lama atau HELP

    saya coba noka 0001xxxxx sesuai no kartu
    malah jwbannya

    Mohon Cek Kembali Pesan Anda Atau Ketik HELP Untuk Mengetahui Perintah Lengkapnya

    balik lagi help

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Anonymous, Ada yang error gan kayaknya. saya juga coba cek TAGIHAN 0001XXXXXXXX tapi jawabanya "Anda tidak memiliki tunggakan iuran terimakasih..." Padahal saya bulan ini belum bayar juga. maaf ya klo sudah begini aku juga gak bisa bantu sebab sistem yang bekerja...

      Delete
  26. terlambat 10bln tp setelah mau bayar ke atm nomer tdk terdaftar,apa bpjs sudah tdk dpat digunakan...mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sudah di blokir itu mas, datang ke kantor bpjs saja sambil bayar nanti di aktikan..

      Delete
  27. coba cek melalui sms nomer dan cranya diatas mas

    ReplyDelete
  28. telat bayar 6bln,apakah bisa klo cuma diaktifkan salah satu aja mas? bukan semua anggota keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bayar yang perlu saja untuk anak/sipa saja. tapi nanti yg lain ke blokir lho...

      Delete
    2. Dari pada bayar BPJS sering telat bayar aja via pc atau android sendiri jadi ndk ribet, bahkan bisa di jadwal tiap tgl yg kita inginkan ..keren kan ,,,

      ini sob linknya https://goo.gl/wV2SCB

      Delete
  29. Dari pada bayar BPJS sering telat bayar aja via pc atau android sendiri jadi ndk ribet, bahkan bisa di jadwal tiap tgl yg kita inginkan ..keren kan ,,,

    ini sob linknya https://goo.gl/wV2SCB

    ReplyDelete
  30. kategori yang tidak mampu membayar BPJS di bayarin oleh pemerintah iya bener , tapi masalah nya hanya bisa berobat di puskesmas saja tidak bisa di lanjut di rumah sakit , ini yang saya sudah alami .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin puskesmas sudah mampu melayani dan mengobati sehingga tidak perlu ada rujukan. kalau memang pihak puskesmas sudah tidak mampu melayani Minta surat rujukan saja mas, kalau gak dikasih lapor saja ke kantor BPJS bisa kena sanksi itu puskesmas

      Delete
  31. Selamat sore mas Abu Azma, minta bantuan infonya donk. BPJS istri saya dikabari masih ada tunggakan 1 bulan sebesar 42500.
    Pertanyaan saya, apakah saya dapat membayar tunggakn tersebut melalui atm mandiri dan jika bisa, bagaimana ya carany ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa JKT OGC2, hal ini sudah ditulis pada artikel
      http://abuazmashare2014.blogspot.co.id/2015/02/cara-bayar-bpjs-via-atm-bri-mandiri-bni.html
      kalau bingung cari tulis di kotak pencarisn dan klik nanti akan ada judul "CARA BAYAR BPJS MELALUI BANK BRI, MANDIRI DAN BNI" taks sudah singgah

      Delete
  32. coba pajak atau zakat kayak BPJS, sudah makmur rakyat Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayangnya pemerintah tidak memandang potensi yang sangat besar ini..

      Delete
  33. Maaf nih mau nanya..kalo telat 3 bulan mau ke 4 bulan itu bakal di blokir ngga ?dan apakah setelah kita membayar misalkan 4bulan(lunas)ga sda tunggakan lagi,itu langsung masihbaktif atau kita harus nunggu dulu 2 minggu sperti awal bikin ?trimakasih

    ReplyDelete
  34. 3 Bulan untuk pekerja penerima upah. kalau peserta mandiri setelah 6 bulan tidak dibayar maka kartu akan diblokir. Jika mau buka blokiran bayar dulu semuanya beserta denda kemudian tunggu akan diajatifkan lagi, kalo kapan aktifnya saya kurang tau berapa lama-nya. saya belum sempat tanya lagi. tanks sudah singgah...

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum...mo nnya mas.sy skeluarga ikut bpjs yg 25.500 perbln.wktu itu anggota kluarga msh 4org.stelah itu anak sy yg nmr 3 lahir tp blm msuk bpjs.skrg kami dh nunggak 6bln krn keadaan ekonomi sdg krg bagus.bgmna cara pindah ke bpjs yg dibayari pemerintah itu lho mas.bisa tidak ya?? Tlg infonta..trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam, ijin jawab; Ini mungkin yang dimaksud adalah peserta PBI ya, program ini khusus untuk fakir dan miskin yang telah tercatat pemerintah daerah setempat jika bulum tercatat sebagi fakir miskin silakan hubungi kantor desa/kecamatan dan Bpjs setempat. Tapi ini juga ada kreterianya jika tidak termasuk kreteria agak susah, tapi gak ada salahnya untuk mencoba bertanya di kantor Bpjs terdekat dulu. jelaskan keadaan anda apa adanya kalo anda tidak mampu manbayar iuran Bpjs.
      Yang masuk PBI bisa dibaca disini >> http://bpjsasuransi.blogspot.co.id/2015/09/mana-saja-yang-termasuk-penerima.html

      Delete
  36. sekedar berbagi pengalaman pribadi menggunakan BPJS
    mungkin bisa membantu, silakan kunjungi blognya. terima kasih

    http://r2003r.blogspot.co.id/2016/02/pengalaman-menggunakan-bpjs-di-rumah.html

    ReplyDelete
  37. salam bisnis..
    BAGI REKAN REKAN YANG INGIN BAYAR BPJS SECARA MUDAH, TANPA KELUAR RUMAH DAN AMAN. SILAHKAN
    linknya
    KLIK DISINI

    ReplyDelete
  38. Assalamualaikum.. sy mau nanya iuran 80rb tlat byr 3 bln dendanya berapa ya??
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam, untuk iuran kelas II 80rb telat 3 bulan sekitar 6000an dengan iuran berarti sekitar 146rb. saran saya sebaiknya klo masih mau gunakan kartu bpjs jangan telat 1 bulan hingga tgl 10 berikutnya, soalnya kepesertaan akan dinonaktifkan sementara nanti malah lama lagi klo mau diaktifkan

      Delete
  39. Mas apa iya denda bpjs itu 2% saya pernah 2x telat bayar, tapi dendanya selalu 100% ... Pernah juga bayar pas tgl 31 tagihanya jadi 51000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang denda 2,5%, Itu masuk bulan berikutnya mungkin, jadi 2 bulan dibayar. Kalau ragu itu salah perhitungan bisa tanya di situs lapor.go.id sertakan nomer bpjs dan nama lengkap

      Delete
  40. Orang tua sy sudah meninggal sudah hampir dua tahun yg lalu,tp tagihan plus denda ny ko masih berjalan terus?........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya setiap ada yang meninggal harusnya melapor ke Bpjs dengan membawa akta kematian dari kecamatan yg didapat max 30 hari setelah meninggal mas arif. Kalo begitu minta kompensasi saja dikantor bpjs terdekat untuk dihapus tagihanya dengan menyertakan bukti akte kematian, semoga bisa soalnya dulu pernah ada yg begitu & bisa diterima

      Delete
  41. saya sudah 1 tahun di blokir karena premi jujur saja saya tidak mampu untuk membayar perbulannya bagaimana solusinya.itu juga kalo dilunasi kartu bpjsnya bisa untuk berobat saja tidak untuk rawat inap.

    ReplyDelete
  42. Solusinya. sebaiknya mendatangi kantor Bpjs terdekat, jujur saja bahwa saya tidak mampu untuk membayar makanya numggak 1 tahun apakah ini sebaiknya tidak perlu mejadi peserta lagi atau dilanjutkan. Jika memang tidak mampu dan termasuk keluarga miskin akan dimasukan peserta KIS tentunya koordinasi dengan pemerintah daerah kecamatan/kabupaten setempat

    ReplyDelete
  43. Waktu daftar kelas 1 keadaan ekonomi lagi stabil . Setelah suami nganggur ga bs bayar iuran bpjs . Cuma punya sy (istri) aja yg di bayar krna sering sakit dan lg hamil. stlah lahiran sy baru tau kalo tdk bs di klaim karna bpjs sy di blokir dan biaya tagihan 1.3jt ... ampuuun ... kekantor bpjs mau ngelunasin dg catatan kalo bs di klaim b. Lahiranku ternyata tdk bs karna wktu lahiran bpjs non aktif . Jd terpaksa bayar b. Lahiran dan tdk bayar tagihan bpjs ... bs kah sy berhenti ikut bpjs ?

    ReplyDelete
  44. Sepertinya untuk saat ini boleh boleh saja, tapi masalahnya nanti kalo ikut lagi harus bayar tagihan dan denda itu, bahkan tahun 2019 katanya rakyat indonesia wajib menjadi peserta. Inikan manfaat Bpjs belum pernah digunakan/dirasakan masa' harus bayar denda yang menumpuk kesan-nya kok punya hutang, dzolim kepada rakyat dong namanya. Harapan kita semoga kasus seperti ini nanti ada kebijakan pemerintah..

    ReplyDelete
  45. saya daftar bpjs 3 orang keluarga. rencanananya mau saya bayar 2 saja untuk orang tua. apakah nanti saldo rekening bank saya akan disedot bpjs.

    ReplyDelete
  46. kalau disedot sih nggak kecuali sama bank sudah disetting auto debet, tapi cara itu Tidak bisa mas/mbak ainul, sekarang Bpjs memberlakukan sekali bayar langsung 1 keluarga yang ada di KK

    ReplyDelete
  47. Mf sy mau tanya.saya bulan kmrn tlt 2 lebih di suruh bayar 700 lebih. Kenapa begitu..? Sebenernya denda perbulan berapa..? Trimakasih..

    ReplyDelete
  48. @ Abee, dendanya 2,5% dari jumlah iuran. Sebenranya telat 2 bulan itu klo menurut aturan sudah di non aktifkan, dan kalau mau diaktifkan kembali harus bayar denda + iuran

    ReplyDelete
  49. Sebanyak itukah..? Bulan ini saya mau bayar tp takut sebanyak itu lagi.. 2,5% itu berapa yah..?

    ReplyDelete
  50. Cek dulu saja, bulan kamrin saya juga ada kesalahan jumlahnya sama lebih besar. Saya sudah komplen online di www.lapor.go.id tapi belum ada jawaban. Abee juga bisa komplen disana biar ada kejelasan

    ReplyDelete
  51. Istri saya marah". Dan menyesal bikin bpjs

    ReplyDelete
  52. Ha hai... ya memang kalau belum memerlukan lebih baik jangan daftar dulu, makanya pada arikel "Cara daftar Bpjs Online" itu sudah saya ingatkan pikirkan baik baik sebelum mendaftar soalnya akan bikin masalah baru lagi terutama anggaran RT. ada situs penyedia komplen yang nanti akan di teruskan pihak Bpjs yaitu www.lapor.go.id nanti tanyakan semua masalahnya dan jangan lupa sertakan nomer Bpjs, balasanya melalui email. silahkan daftar dulu disana

    ReplyDelete
  53. Buat bpjs kesehatan,saya sudah 2 tahun lebih terlambat bayar.kenapa cek tunggakan via sms tidak ada balasan.mohon jawabannya.?

    ReplyDelete
  54. @ Yusi Yusnidar, sekarang sistemnya sudah ganti, jika terlambat 1 bulan lebih 10 hari berikutnya akan di non aktifkan sementara, jika ingin diaktifkan kembali terpaksa ke kantornya lansung. Kalau ada waktu silahkan kekantor Bpjs terdekat, ngobrol saja nggak apa" biar tau sistem yang terbaru. Jangankan yang terlambat 2 tahun sekarang saya tidak telat juga dicek di ibanking nggak tampil, sepertinya sudah nggak beres ini Bpjs

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top