Home » » Jangan Bingung Jika Keluarga/Teman Pingsan

Jangan Bingung Jika Keluarga/Teman Pingsan

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Orang Yang Pingsan, Pertolongan Pertama Terhadap Pingsan, Cara Menolong Orang Pingsan & Cara Menangani Orang Pingsan

Healthy - Kadang kita bingung jika orang terdekat misalnya anggota keluarga atau sahabat kita sedang tidak sadarkan diri atau pingsan, karena dasarnya kita bukan orang yang pernah belajar ilmu kesehatan. Nah itulah tujuan saya menulis di sini, karena saya sendiri juga tidak pernah belajar ilmu kesehatan akhirnya saya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan saya persembahkan untuk anda pengunjung setia abuazmaShare. Perlu anda ketahui bahwa cara penanganan orang yang pingsan ini beda beda tergantung penyebabnya. Agar lebih mudah di pahami, Sebelumnya kita harus mengetahui Apa itu pingsan, dan apa penyebabnya. Pingsan ini berhubungan degan otak, dimana  otak mengalami penurunan kesadaran.
Penyebab menurun-nya kesadaran otak lalu pingsan ini bisa terjadi apa bila :
* Kelelahan akibat kehabisan energi 
* Terkena racun
* Telat makan atau kelaparan
* Akibat suhu yang terlalu panas,atau dingin
* Akibat dehidrasi (kekurangan cairan)
* Akibat penyakit diabetes
* Akibat emosional berlebih atau kaget, shock
* Karena kelainan jantung
* Karena terjatuh dan terbentur

Pertolongan-pertama-pada-orang-pingsan

Cara Menangani / Pertolongan Pertama Terhadap Orang Pingsan

1. Topang Tubuhnya
Jika anda melihat pertama kali saat mau pingsan topang tubuhnya agar jangan sampai jatuh dan terbentur benda lain yang mungkin akan memperparah keadaan, sebaiknya topang tubuh korban dan letakkan perlahan. Hal ini mencegah cedera yang lebih berat pada kepala atau tubuh korban jika dia benar-benar jatuh saat pingsan

2. Lihat/survey daerah sekitar
Jika anda sudah mendapati dalam keadaan pingsan, periksalah daerah sekitarnya, Bisa jadi mereka pingsan akibat gigitan hewan yang beracun, gas beracun, panas yang berlebihan, atau ada hal-hal yang membahayakan seperti sengatan aliran listrik. Segera pindahkan korban dari tempat tersebut jika terdeteksi adanya bahaya di sekitarnya.

3. Jangan Mengerumuni/bergerombol
Untuk memberikan udara segar pada korban yang pingsan jangan mengerumuni korban pingsan dan bergerombol di sekitarnya. Segera baringkan dia di tempat yang tenang dan sepi, jika ia masih bernapas segera naik-kan kakinya di posisi lebih tinggi dari jantung—sekitar 30 cm di atas dada jika mungkin. Hal ini akan memulihkan aliran darah yang menuju otak. Kendurkan ikat pinggang, kerah, kaos kaki atau benda lain yang dapat menghambat peredaran darah. Jangan masukkan apapun pada mulut korban seperti air atau makanan karena ini bisa membuat mereka tersedak dan menghalangi jalan napas mereka.

4. Jika Pingsan karena kelelahan, telat makan,
* Untuk memulihkan kesadaran , baringkan pasien di tempat yang benar benar luas supaya banyak menghirup oksigen,( misal dibawah pohon yang teduh, dengan catatan usahakan posisi kaki lebih tinggi sedikit dari kepala
* Coba kasih perangsang berupa alkohol 70% yang di teteskan ke kapas atau sapu tangan kemudian oleskan ke hidung.karena kandungan alkohol diharapkan akan membantu meningkatkan kerja jantung sehingga aliran darah ke otak bisa lebih lancar.
* Setelah sadar baru beri air gula karena kandungan glukosa cukup membantu membentuk energi yang cepat diproses oleh tubuh.
* Akan lebih baik apabila diberi oksigen langsung.

5 Jika karena dehidrasi
Untuk yang diakibatkan dehidrasi setelah sadar segera beri minuman yang mengandung elektrolit atau bisa air putih hangat  yang diharapkan bisa cepat mengganti cairan yang hilang.

5. Jika Takut Yang Berlebihan
Kadang kita menjumpai orang yang punya ketakutan lebih terhadap sesuatu, ini cuma pengaruh emosi saja, pingsan karena emosi dan ketakutan itu tidak akan lama setelah penanganan nomer 3 & 4 dilakukan..

6. Karena suhu terlalu panas/dingin
Untuk yang pingsan karena kedinginan usahakan cukup beri kehangatan baik berupa selimut , kompres air hangat dan minum air hangat. Jika karena kepanasan lakukan prosedur 3 dan 4 juga

7. Jika Pingsan karena kecelakaan
Kalau yang ini pingsan berat, kita harus cari bantuan. Sekedar ingin menolong, Jika Anda mengetahui adanya tulang patah atau cedera pada bagian leher dan kepala, jangan gerakkan korban. Jangan juga gerakkan bagian kepala korban karena hal ini bisa menyebabkan cedera yang lebih serius, segera panggil bantuan. Namun jika kepalanya tak mengalami cedera, Anda bisa mengangkat kakinya agar darah mengalir ke jantung dan otak. Hal ini biasanya bisa membuat korban pingsan sadar, namun kadang juga tak selalu berhasil.

8. Jika Karena kelainan jantung
Ini pingsan yang berbahaya, sebaiknya langsung bawa saja ke dokter. Pada orang yang kelainan jantung ini tidak terduga bisa saja dia lagi santai tiba tiba bisa saja pingsan,  diawali dengan berdebar-debar, sering sesak napas sebelumnya, dan riwayat keluarga meninggal mendadak, semuanya menjurus ke penyebab dari jantung.Apalagi bila didapatkan kelainan jantung dari pemeriksaan fisik dan EKG.

Pemicu pingsan karena kelainan jantung biasanya adanya hambatan pada aliran darah di pompa jantung. Layaknya pada pompa air yang katupnya rusak, fungsi pompa jantung pun bisa terganggu dan volume darah yang dihasilkan menurun.Penurunan jumlah darah yang dikeluarkan oleh jantung ini akan menyebabkan penurunan perfusi otak dan memicu pingsan. Hal ini terjadi pada kondisi penyempitan katup- katup jantung, kelainan otot jantung, penumpukan cairan di selaput jantung, tumor dalam jantung, dan lain-lain

Pingsan yang Harus Langsung Mendapatkan Pertolongan Medis
Dibawah ini kreteria pingsan yang harus langsung mendapatkan pertolongan dokter atau ahli pengobatan :
* Berusia lebih dari 50 tahun atau memiliki cacat fisik
* Detak jantungnya tidak beraturan
* Pernah mengeluh nyeri atau tekanan di dadanya
* Kejang-kejang
* Tidak bernapas
* Tidak sadar dalam beberapa menit
* Telah terjatuh dan mengalami cedera atau pendarahan
* Sedang hamil
* Menderita diabetes
* Tidak pernah pingsan sebelumnya

Anda sudah membaca Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Orang Yang Pingsan, Pertolongan Pertama Terhadap Pingsan, Cara Menolong Orang Pingsan & Cara Menangani Orang Pingsan. Harapan saya jika sewaktu waktu kita menjumpai orang yang pingsan tidak usah bingung dan panik, cepatlah bertindak. Tidak perlu menunggu ahli medis jika pingsan-nya hanya penyebab ringan. Tapi jika penyebabnya sudah di ketahui sebelumnya karena riwayat penyakit atau tiba tiba tidak bernafas cepatlah cari bantuan dan bawa ke dokter.


Sumber : http://sportedu.at.ua/
               http://doktersehat.com/
               https://www.deherba.com
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, May 25, 2015

2 komentar:

  1. selltiket.com menyediakan tiket pesawat, tiket kereta api dan voucher hotel dengan harga paling terjangkau
    dan jangan lupa di http://selltiket.com

    mau berbisnis dengan keuntungan tiket full langsung aja di http://selltiket.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top