Home » » MEKANISME PEMESANAN TIKET KERETA API MELALUI INTERNET

MEKANISME PEMESANAN TIKET KERETA API MELALUI INTERNET


Info Publik - Mekanisme Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Online Melalui Internet, demi komitmen visi dan misi-nya PT Kereta Api Indonesia senantiasa meningkatkan pelayananya baik pemesanan tiket secara langsung maupun secara online melalui internet. Terbukti di tahu 2015 ini perusahaan milik negara ini mendapatkan penghargaan Excellence untuk kategori Public Service. Dan sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :
* KA Eksekutif        * KA Bisnis     * KA Campuran * KRL
* KA Ekonomi AC    * KA Ekonomi * KA Lokal

cara-pesan-tiket-kereta-api-oline

Sebelum kita memulai tutorial mekanisme pemesenan tiket kereta api online, ada baiknya mengetahui metode lainya, sebab selain melayani tiket secara langsung dan online melalui internet, ternyata juga melalui cara lain yaitu :

* Rail Card & Rail Box 
Rail Card adalah kartu pengganti uang tunai dan Rail Box adalah mesin penjual tiket kereta api yang ditempatkan di stasiun-stasiun besar, di mall-mall dan di tempat-tempat yang telah ditentukan, sebagai tempat pembelian tiket kereta api dengan menggunakan kartu Rail Card. Kartu ini bisa di dapat di kantor BNI dan cabangnya dengan harga pertama kali Rp20.000; dan dapat di isi ulang hingga Rp1000.000;

* Kontak ke nomer center 121 (021-121)
~ Pemesan panggilan melalui nomor 121 (PSTN) atau 021-121 (GSM) dan melakukan pemesanan tiket sesuai KA yang dikehendaki untuk waktu keberangkatan H-90 hari sampai dengan H-5 jam sebelum keberangkatan KA.
~ Setelah itu pemesan akan mendapatkan kode booking/kode bayar yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui ATM.
~ Pembayaran juga bisa melalui Minimarket dan Payment Point (waktu pelayanan s.d. Pukul 22.00 WIB dan beberapa gerai melayani 24 jam) antara lain: Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lawson, Alfa Express
 ~ Payment Point (waktu pelayanan office hour) antara lain Kantor Pos, Jaringan Flash Mobile
 ~ Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking/kode bayar, pemesanan dianggap batal jika tidak dilakukan pembayaran dalam periode waktu 3 (tiga) jam tersebut. Bukti pembayaran ditukarkan dengan tiket KA di stasiun online terdekat. Kalau melalui center ini agak susah di hubungi, mungkin karena sibuk melayani penelepon lain.

* Rail Agent
Rail Agent adalah badan usaha /perusahaan yang berbadan hukum yang mewakili PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memasarkan, mempromosikan, dan melayani pemesanan karcis di daerah tertentu.
Caranya : 
1. Datang ke lokasi Rail Agent tiket KA
2. Memesan tiket KA, sesuai keinginan.
3. Bayar sesuai jumlah yang tertera dalam tiket
4. Periksa kembali tiket sebelum meninggalkan Rail Agent.

* Mobile Ticketing Online
Inovasi layanan ini bertujuan untuk semakin memudahkan pengguna jasa KA dalam mendapatkan tiket. Untuk saat ini PT. KAI manyediakan Mobile Ticketing Online di Daop 1 Jakarta, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang dan Daop 5 Purwokerto, dan akan segera menyusul di Daop lainnya.

* Drive Thru
Sistem DRIVE THRU adalah Layanan tambahan bagi pengguna jasa berupa layanan pemesanan tiket dalam kendaraan, sehingga pembelian tiket yang menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parkir ataupun turun dari kendaraan terlebih dahulu untuk membeli tiket kereta api, cukup masuk ke dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat. Sayangnya Untuk saat ini layanan tiket Drive Thru hanya tersedia di Statsiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang dan segera menyusul di Surabaya serta kota-kota lain.

* Melaui Mitra Kerja sama KA 
Mitra kerja sama dengan KA ini biasanya perusahaan jasa ekspedisi, mini market, jasa pembayaran online, jasa travel.

Untuk sahabat semua  yang ingin memasan tiket kereta Api secara online namun masih bingung dengan tata caranya, berikut ini saya bagikan tutorial :

Mekanisme Pemesanan Tiket Kereta Api Melaui Internet (online)

1 Silakan buka web PT. KAI https://tiket.kereta-api.co.id/
2. Kemudian Pilih Menu “Reservasi Tiket” 
3. Setelah itu Masukkan data yang diminta
* Tanggal ( Masukkan tanggal keberangkatan anda)
* Stasiun asal (lokasi stasiun keberangkatan anda)
* Stasiun tujuan (lokasi stasiun tujuan anda)
* Jumlah penumpang (meliputi jumlah orang dewasa, anak-anak dan bayi)
Jika sudah di input dengan benar, silahkan klik tombol “Tampilkan”.

cara-pesan-tiket-kereta-api-oline

4. Halaman selanjutkan akan menampilkan informasi jadwal dan reservasi. Silahkan pilih jam keberangkatan anda beserta kelas kereta yang dipilih (eksekutif/bisnis). Kemudian klik "Booking" jika kursor di tempatkan tulisan booking akan muncul angka sisa tempat duduk

cara-pesan-tiket-kereta-api-oline


5. Setelah anda klik tulisan booking, maka akan muncul pada halaman baru detail rencana perjalanan yang berisi nama KA, tanggal, berangkat, datang, dan lain-lain. Jangan lupa ceklis kotak "saya setuju" dibagian bawah sebelum menekan tombol "Lanjutkan" (lihat gambar di bawah).

cara-pesan-tiket-kereta-api-oline

6. Setelah itu muncul halaman pembayaran. Pada kolom info perjalanan, anda bisa memilih nomor dan posisi tempat duduk yang anda inginkan dengan cara menekan tombol pindah. Silakan Pilihlah cara pembayaran yang anda inginkan, bisa menggunakan ATM, kartu kredit atau pihak ketiga seperti Minimarket atau Pos. Jika sudah, tekan tombol "Selanjutnya".
cara pesan tiket kereta api online
Tombol Pindah
7. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi beberapa data, isilah identitas anda dengan benar, INGAT data anda harus sesuai dengan KTP, tujuannya jika terjadi hal yang tidak diinginkan data anda mudah diproses. Jika data anda sudah diproses, silahkan isi kolom CAPTCHA dan kemudian klik tombol "Selanjutnya".

8. Setelah itu adalah konfirmasi pemesanan, silahkan klik “Print Bukti Pemesanan”. Jangan lupa untuk segera lakukan pembayaran, jika anda melewati batas waktu pembayaran yang telah ditentukan, maka tiket akan dianggap hangus.
cara pesan tiket kereta api online

9. Setelah anda membayaran, simpanlah struk tersebut untuk ditukarkan diloket stasiun kereta api. Biasanya anda juga akan mendapatkan tiket elektronik yang di kirim via email. Tukarlah struk/tiket tersebut ke loket stasiun minimal 1 (satu) jam sebelum keberangkatan.

Selamat ya...anda sudah bisa melakukan pemesanan tiket Kereta Api dengan mudah, tanpa ngantri. Menurut saya pribadi cari ini lebih efektif karena bisa menghemat waktu, ok sahabat semua semoga bermanfaat jangan lupa bagikan informasi ini kepada keluarga dan sahabat anda.

VIDEO CARA PEMESANAN TIKET KERETA API ONLINE



O iya Untuk jadwal lengkapnya lihat di: https://tiket.kereta-api.co.id/media/document/ebook_infoka_2015.pdf

Sumber : http://kereta-api.co.id
               www.carasoebali.com
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Friday, May 22, 2015

2 komentar:

  1. Pesan tiket online ternyata gampang
    terima kasih banyak infonya

    ReplyDelete
  2. Harga pasti mantap dibandingkan dengan travel lainya booking langsung di http://selltiket.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top