Home » » Sudah Yakin Ingin Bikin Kartu Kredit? Baca Dulu Ini....

Sudah Yakin Ingin Bikin Kartu Kredit? Baca Dulu Ini....

Pengertian Kartu Kredit, Fungsi Dan Kegunaan Kartu Kredit, Syarat Mengajukan Atau Bikin Kartu Kredit

Perbankan - Pernah suatu saat saya memasuki salah satu Mall besar di kota Bandung, aku lihat ada beberapa orang berpakaian rapi di sebuah stand setelah saya dekati apa yang mereka tawarkan, ternyata sebuah kemudahan dalam berbelanja yaitu kartu kredit. Memang kebutuhan akan kartu kredit di kota kota besar sekarang mulai meningkat seiring perkembangan teknologi, masyarakat yang dulunya kelas bawah meningkat ke kalangan kelas menegah sehingga mereka mulai paham akan pentingnya kartu kredit. Apa sih pengertian kartu kredit ini ? Kartu kredit adalah sebuah kartu yang diterbitkan oleh sebuah bank kepada nasabah-nya untuk dapat digunakan dalam berbagai jenis transaksi.


Dengan menggunakan kartu ini pengguna dapat berbelanja atau melakukan transaksi di mana nantinya pembayaran atau pelunasan akan dilakukan pada tanggal tertentu (yang sudah ditentukan) setelah bank mengeluarkan tagihan. Atas nama bank kita boleh hutang dulu. Barang yang kita ambil tersebut akan dibayar oleh pihak bank terlebih dahulu dimana nantinya kita memiliki kewajiban untuk melunasinya kepada bank. Namun jika kita tidak bisa melunasinya pada saat penagihan, kita dapat mencicilnya dengan hukuman atau penalty berupa bunga yang juga sudah ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit tersebut.

Kemudahan menggunakan kartu kredit ini jika kita bepergian tidak usah bawa uang banyak, cukup bawa kartu kredit saja sehingga lebih aman, praktis dan mudah. Dengan menggunakan kartu kredit ini kita tidak repot menghitung hitung uang untuk membayar dan juga kembalian-nya, karena membayarnya nanti belakangan saja. Dengan kemudahan yang di tawarkan jangan lantas anda lebih konsimtif Namun tidak semua orang bisa memenuhi kriteria dalam memiliki kartu kredit, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi untuk bisa mendapatkan kartu kredit ini.

Syarat/Kriteria Mendapatkan Kartu Kredit

1. Anda Harus Punya Penghasilan Tetap
Dengan Mempunyai pendapatan bulanan yang pasti/tetap akan memudahkan Anda dalam proses apply kartu kredit. Bank akan lebih mudah memperhitungkan kemampuan keuangan Anda jika memiliki pendapatan tetap. Jika Anda adalah karyawan, proses mengajukan kartu kredit akan lebih mudah karena selain Anda memiliki pendapatan tetap, alamat Anda jelas tertera di slip gaji dan pihak bank bisa dengan mudah melakukan survey.

2. Silakan tulis Form Pengajuan Yang Jelas Dan Jujur
Langkah yang harus dilakukan untuk meng-apply kartu kredit adalah mengisi form pengajuan. Formulir ini berisikan data informasi diri dan keuangan Anda. Semua ini harus diisi dengan jelas, lengkap dan jujur karena jika formulir tidak terisi sesuai dengan kemauan bank, maka kemungkinan pengajuan Anda akan diterima kecil. Jangan pernah bohong dalam mengisi formulir, karena jika ketahuan Anda akan semakin sulit untuk apply lagi.

3. Cari Dan Apply di stand kartu kredit di mall
Proses apply kartu kredit ini akan menjadi lebih mudah jika dilakukan di stand mall soalnya masing-masing marketing akan mendapatkan komisi untuk setiap nasabah baru. Oleh karena itu mereka akan dengan senang hati membimbing Anda sehingga kemungkinan Anda salah langkah semakin kecil.

Ok sekarang anda sudah mengetahui syarat tepenting dalam mengajukan kartu kredit, terakhir siapkan saja berkasnya antara lain :
* Fotocopy identitas diri (KTP/SIM/Paspor)
* Fotocopy NPWP
* Fotocopy kartu keluarga
* Slip gaji asli anda

Demikianlah syarat atau kriteria supaya anda memantaskan diri untuk memiliki kartu kredit, pada kesempatan lain akan saya perkenalkan jenis jenis kartu kredit, kelebihan masing masing kartunya juga. Semoga bermanfaat..

sumber : https://www.cermati.com
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, May 31, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top