Home » » BERBAGAI CARA MENGHILANGKAN LEM SUPER GLUE

BERBAGAI CARA MENGHILANGKAN LEM SUPER GLUE

Tips - BERBAGAI CARA MENGHILANGKAN LEM SUPER GLUE, Lem super kuat semacam super glue, alteco atau lem plastik lain-nya yang melekat di kulit pada tubuh kita biasanya susah sekali untuk menghilangkanya, kalau di paksakan akan terasa sakit apa lagi mengenai bagian wajah wah..bahaya tuh. Tapi saya ada tips khusus yang berhasil saya kumpulkan dan ini wajib anda coba sebelum menghilangkan dengan cara di paksa. Ok langsung saja..



Tips Cara Menghilangkan Lem Yang Super Kuat Dari Kulit Kita

* Coba kelupas lem terlebih dahulu. Kadang-kadang melakukan itu cukup untuk menghilangkan bekas lem tersebut. Lakukan dengan hati-hati, dan jika Anda merasakan sakit atau melihat kulit Anda ada yang mengelupas, hentikan dengan segera.

* Cobalah cairan aseton. Cara ini paling baik untuk tipe kulit yang lebih kuat — jika menggunakan cara ini, kulit yang sensitif mungkin akan iritasi atau mengering. Dan jangan pernah menggunakan aseton pada luka yang terbuka.

* Rendam kulit dengan air sabun yang hangat sesegera mungkin. Cara ini akan melembutkan atau melunakkan lem. Menambahkan sedikit cuka juga bisa membantu. Coba lepaskan lem dari kulit Anda. Jika ini tidak berhasil, usap-usap tangan Anda hingga kering dan lanjutkan dengan langkah berikutnya.

* Gunakan penghilang (penghapus) cat kuku yang berbahan dasar aseton. Bahan ini harus mengandung aseton, karena aseton melembutkan sianokrilat. Usap-usapkan pada lem super tersebut. Lem yang mengering tersebut seharusnya mulai mengelupas. Jangan gunakan kapas, karena kapas dapat sangat bereaksi keras dengan sianokrilat (berasap atau terbakar)

* Biarkan area yang terkena lem mengering, kemudian gunakan kertas amplas kuku untuk menghilangkan lemnya. Hati-hati juga untuk tidak mengelupas kulit Anda. Jika banyak lem yang mengenai tangan Anda, Anda dapat menggosoknya dengan batu apung yang telah direndam air hangat.

* Biarkan lemnya mengelupas sendiri. Bekas lemnya akan berubah menjadi putih, namun tidak akan membuat Anda merasa sakit, dan bekas tersebut pada akhirnya akan mengelupas dengan sendirinya.

* Cobalah menggunakan margarin. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sedikit pelumas (minyak) mungkin akan berhasil mengelupasnya dengan lebih baik. Gosokkan sedikit margarin pada area yang terkena lem tersebut. Ulangi beberapa kali hingga lemnya mengelupas dengan lembut.

* Gunakan cairan WD-40 jika Anda tidak memiliki masalah jika cairan tersebut mengenai kulit Anda. Untuk kasus-kasus di mana aseton menguap terlalu cepat untuk bisa melembutkan lem, cobalah campur 1 bagian aseton dengan 1 bagian WD-40. Jika Anda perlu mendiamkannya untuk waktu yang lama atau pada permukaan yang datar, campurkan petroleum jelly. Oleskan lapisan campuran ini dengan tebal.

* Gunakan sabun cuci. Campurkan cairan sabun cuci (merek apa saja) dengan air hangat. Jika Anda bermaksud menghilangkan bekas lem pada area yang kecil, misalnya jari Anda, ¼ cangkir sabun cuci dicampur dengan air panas dalam cangkir kopi akan cukup membantu.
Gosok dan rendam kira-kira selama 20 menit untuk mengelupas lapisan lem yang tebal tersebut.

* Gunakan garam. Letakkan dua sendok garam di tangan Anda.
Tambahkan sedikit air pada garam tersebut agar berubah menjadi pasta. Gosok pasta yang ada di tangan Anda tersebut selama 30 hingga 60 detik. Basuhlah sedikit. Teruslah gosok tanpa menambahkan air. Ulangi hingga garam habis. Semoga lemnya ikut mengelupas juga.

* Gunakan petroleum jelly. Cuci tangan Anda dan area yang terkena lem tersebut dengan air sabun hangat.
Oleskan petroleum jelly dengan lembut pada area yang terkena lem.
Gosok area tersebut dengan alat kikir kuku kira-kira 1 menit. Atau, gosoklah hingga Anda melihat lem tersebut mengelupas.
Ulangi. Kemudian keringkan tangan Anda.

2. Menghilangkan Lem Super dari Mata
* Basuhlah kelopak mata yang lengket dengan air hangat. Basahi kain yang sangat lembut dalam air hangat dan dengan pelan, basuhlah kelopak tersebut. Gunakan kain kasa dan bersabarlah. Setelah 1- 4 hari, kelopak tersebut pada akhirnya akan terbuka secara alami.
Jangan coba-coba membuka paksa mata Anda. Biarkan waktu melakukan penyembuhan yang diperlukan.

* Biarkan air mata mengalir dengan bebas jika lem super tersebut telah menempel pada bola mata. Lem tersebut pada akhirnya akan mengangkat protein mata dalam beberapa jam, dan air mata akan membantu membasuhnya. Anda bisa menggunakan air hangat untuk membasuh mata tersebut, sepanjang hal itu tidak menyebabkan Anda atau pasien merasa sakit. Anda mungkin akan mengalami penglihatan yang ganda. Bersantailah di suatu tempat yang aman, hingga lem tersebut terlepas dan mata tercuci bersih.

* Pergilah ke dokter. Sangat disarankan agar Anda pergi ke dokter setelah lem super tersebut berada di dekat atau di dalam mata Anda. Mata adalah area yang sangat rentan dan harus diperiksa oleh seorang profesional untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan permanen. Jelaskan apa yang telah terjadi dan mintalah mata Anda diperiksa untuk memastikan semuanya kembali normal.

3. Menghilangkan Lem Super dari Bibir
Jika bibir Anda telah menempel atau merekat menjadi satu karena lem super, ini bukan masalah sepele. Bertindaklah dengan cepa, caranya :
* Isi sebuah mangkuk dengan air hangat. Rendam bibir Anda dalam air tersebut dan celupkan sedalam mungkin.
* Cobalah membiarkan air liur diproduksi di dalam mulut Anda. Dorong dari dalam air liur tersebut ke bibir Anda. Ketika benar-benar telah basah, dengan hati-hati bukalah atau kelupaslah bibir Anda. Jangan menariknya!

Makan dan minumlah secara normal. Air liur Anda pada akhirnya akan menghilangkan sisa lem lengket tersebut, namun jangan menelannya. Sebagai gantinya, buang semua sisa lem tersebut.

4. Menghilangkan Lem Super dari Kayu
Cobalah terlebih dahulu mengelupas lem dari kayu tersebut. Gunakan ujung jari atau kuku Anda dan lihat apakah lem tersebut dengan mudah mengelupas. Jika tidak, lanjutkan dengan langkah berikutnya.
Gunakan aseton jika permukaan kayunya berlapis pernis. Mengelupas lem dari permukaan yang berlapis pernis, berisiko mengangkat atau mengelupas permukaan kayu itu sendiri, maka beberapa trik diperlukan:
* Celupkan sepotong kain yang bersih ke dalam cairan aseton.
Gosok-gosokkan bagian kain yang telah basah tersebut ke area yang terkena lem. Untuk area yang kecil, tempelkan jari Anda di belakang kain dan gunakan untuk mengarahkan gerakan melingkar. Untuk noda yang lebih besar, putar-putarlah permukaan potongan kain yang lebih lebar langsung bersentuhan dengan nodanya.

* Gunakan spatula dari karet atau silikon untuk mengangkat bekas lem tersebut. Mudah-mudahan aseton tersebut akan membantu mengangkat pinggiran bekas lem tersebut, dan Anda dapat menyelipkan spatula ke bawah pinggiran tersebut, dan tetap berusaha membersihkannya hingga semua bekas lemnya terkelupas (hilang).
Basuh area yang terkena lem tersebut dengan air sabun hangat untuk menghilangkan aseton tersebut. Kemudian, poles furnitur tersebut dengan lilin lebah (malam) atau minyak zaitun.

* Cobalah minyak minyak mineral. Asalkan permukaan kayunya tidak dicat, minyak ini mungkin dapat mengelupas lem-nya. Basahi kain dengan minyak tersebut dan gosokkan pada noda lem, hingga noda tersebut terangkat. Basuh minyaknya dengan air sabun hangat dan untuk menyelesaikannya, poles kayunya.

* Ampelas kayunya. Dalam beberapa contoh, mengampelas kayu adalah pilihan yang terbaik. Batasi area yang terkena lem dengan cara menandai area sekitarnya dengan perekat, untuk melindunginya. Kemudian ampelas lem tersebut hingga benar-benar hilang. Pulihkan permukaan area yang telah diampelas dengan minyak, pelitur, atau cat, atau apapun agar kayu kembali seperti semula.

5. Menghilangkan Lem Super dari Kain
* Siram kain tersebut dengan air dingin terlebih dahulu. Kucek noda lem untuk mengelupas lem sebanyak mungkin, hanya dengan menguceknya. Alaminya, gunakan pertimbangan Anda berkaitan dengan kain yang sangat lembut — karena menggosok (mengucek) atau menggores bisa merusak serat kainnya.

* Gunakan aseton pada kain biasa. Basahi sepotong kain, bersihkan sikat gigi lama atau kapas dengan aseton, lalu gosok noda lem tersebut untuk mencoba mengelupasnya. Gores (congkel) lem tersebut dengan pisau tumpul atau spatula. Kemudian cuci kain tersebut seperti biasa. (Anda bisa juga menangani noda tersebut sebelumnya, jika Anda biasanya melakukannya sebelum mencuci).
Jangan gunakan aseton pada kain yang mengandung campuran asetat atau aseton—kain tersebut akan meleleh. Selalu uji coba dahulu pada satu bagian kecil sebelum menggunakannya untuk semua kain yang terkena noda lem. Perhatikanlah bahwa aseton dapat membuat warna kain di bagian yang terkena noda lem menjadi kusam. Bawalah kain (pakaian) yang mahal ke tempat laundry . Lebih baik mengantisipasi (yang aman) saja daripada menyesal.

6. Menghilangkan Lem Super dari Barang Plastik
Cara untuk ini mungkin lebih sulit daripada cara-cara yang lain, karena lem itu sendiri, dari plastik, artinya Anda perlu menggunakan sesuatu yang berlawanan dengan plastik. Dengan demikian, penghilang noda lem dapat merusak benda plastik, sekaligus juga menghilangkan noda lem tersebut. Cobalah cara-cara berikut:

Pertimbangkan apakah membersihkan noda lem pada plastik tersebut merupakan tindakan yang bermanfaat atau bahkan menyusahkan. Apakah noda tersebut tampak jelas? Apakah noda tersebut mengganggu (menghalangi)? Tentukan apakah Anda terganggu atau tidak dengan noda lem pada benda plastik tersebut.

* Coba gosok nodanya dan kelupaslah. Gunakan kuku jari Anda untuk mencoba mengangkat tepi noda lemnya. Setelah Anda mendapatkan tepi noda tersebut, teruskan mengelupas nodanya. Cara ini mungkin membutuhkan upaya yang lebih, namun ini merupakan pendekatan yang terbaik.
* Anda juga dapat menggunakan spatula plastik atau pisau plastik untuk mengikis noda. Cobalah untuk membuat basah noda lemnya. Buatlah campuran air sabun yang hangat. Gunakan juga sabun cuci piring.

* Celupkan sepotong kain atau kertas tisu ke dalam air sabun hingga basah. Kemudian peraslah agar kain atau kertas tisunya tinggal lembab saja. Letakkan kain atau kertas tisu tersebut pada bagian noda lem. Tempelkan 1 lapis pembungkus plastik di atas kain atau tisu tersebut agar tercipta lingkungan kecil yang lembab. Biarkan benda plastik tersebut selama beberapa jam. Kain atau kertas tisu yang lembab tersebut akan melembabkan noda lemnya, dan menyebabkannya menjadi lunak.

* Gunakan kain yang telah dicelupkan air sabun hangat untuk menghilangkan noda lem tersebut sebanyak mungkin setelah beberapa jam. Teruslah usap hingga noda lem tersebut terkelupas dan menempel pada kain tersebut.

* Gunakan cairan alkohol (spiritus).
Basahi kain pembersih yang lembut dengan spiritus (alkohol isopropil). Usapkan kain tersebut pada noda lem untuk melunakkannya. Ambilah noda lem lunak yang telah terkelupas tersebut sebanyak mungkin. Gunakan kain baru (bersih) yang telah dicelupkan pada air sabun untuk menghilangkan sisa-sisanya.
Basuh dengan air hangat bersih untuk menyelesaikannya. Kemudian biarkan mengering.

7. Menghilangkan Lem Super dari Kaca
* Coba hilangkan noda lem sebanyak mungkin dengan menggunakan pisau tajam. Pisau silet dapat melakukannya dan tidak akan merusak kacanya. Jika Anda berhasil mendapatkan gumpalan noda lem dengan cara ini, cukup basuh sisa-sisanya dengan air sabun hangat, bilas, dan biarkan mengering.

* Jika cara ini tidak berhasil, cobalah rendam noda-nya. Tempatkan benda kaca yang ternoda di dalam semangkuk air sabun hangat. Jika ini tidak mungkin, cukup basahi sepotong kain dengan air sabun hangat dan tempel-kan pada noda lem tersebut. Tempel-kan selembar pembungkus plastik di sekeliling kain tersebut dengan pita perekat. Biarkan selama beberapa jam untuk melunakkan atau melembutkan lemnya. Kemudian, kikis lem yang telah melunak tersebut dengan pisau atau spatula. Spiritus, minyak kayu putih, atau aseton dapat digunakan untuk menyingkirkan sisa-sisanya. Basuh kaca tersebut dan poleslah jika diperlukan.

Tips
Beberapa produk bermerek, seperti citrus cleaners, akan menghilangkan lem dari berbagai permukaan barang. Ada juga produk-produk komersil penghilang lem super yang tersedia di beberapa pasar. Bacalah instruksinya untuk melihat bahan-bahan apa yang dapat dibersihkan oleh penghilang noda tersebut.
Aseton seringkali ditemukan dalam penghilang cat kuku. Periksa labelnya karena tidak semua cat kuku seperti itu, namun jika aseton memang ada di dalam bahannya, maka Anda dapat menggunakan cat kuku tersebut untuk menghilangkan lem.

Fokuslah pada bagian pinggir noda lem super tersebut. Anda pasti ingin mengambil bagian-bagian pinggirnya untuk memulai proses pengelupasan noda, maka melembabkan dan mengangkat bagian pinggir tersebut merupakan prioritas untuk menyingkirkan seluruh gumpalan noda tersebut.

Peringatan
Aseton atau spiritus dapat mengusamkan warna, mengelupas lapisan (sticker) dan hasil cetakan, serta membahayakan aspek-aspek lain dari banyak material. Selalu gunakan dengan hati-hati dan cobalah dahulu sedikit pada satu titik tempat yang tidak kelihatan.
Berpikirlah dahulu sebelum menempelkan tabung atau tutup lem super ke bibir Anda. Ini adalah alasan yang paling umum mengapa bibir saling menempel (lengket)—mereka mencoba membuka lem tersebut dengan menggigit atau memegang tutupnya dengan mulutnya.

Waspadalah 
Bahwa mengenakan pakaian dari bahan katun atau wol (khususnya sarung tangan yang berbahan seperti itu) tidak disarankan ketika berurusan dengan produk-produk sinoakrilat (lem yang cepat kering) karena fakta bahwa produk ini dapat saling bereaksi dan melepaskan panas, yang secara potensial dapat membakar kulit atau bahkan menjadi terbakar.

Itulah BERBAGAI CARA MENGHILANGKAN LEM SUPER GLUE DI KULIT, MATA, BIBIR, MELEKAT DI KAYU, DI KAIN, MELEKAT DI BAHAN PLASTIK DAN KACA yang berhasil kami kumpulkan. Semoga bermanfaat...

sumber : http://id.wikihow.com/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, June 23, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top