Home » » TUTORIAL CARA DAFTAR BPJS KETENAGAKERJAAN PERUSAHAAN ONLINE

TUTORIAL CARA DAFTAR BPJS KETENAGAKERJAAN PERUSAHAAN ONLINE

Tutorial, Prosedur, Panduan, Mekanisme, Step By Step, Langkah Langkah Mendaftar Bpjs Ketenagakerjaan Perusahaan secara Online

Bpjs Ketenagakerjaan - Selamat, anda sebagai pimpinan perusahaan menyadari betapa pentingnya mendaftarkan karyawan anda untuk menjadi peserta Bpjs Ketenagakerjaan, menurut kabar Bpjs Ketenagakerjaan ini mulai diluncurkan 1 juli 2015 yang wajib di ikuti bagi mereka yang bekerja dan memiliki upah. Dengan mendaftarkan Bpjs Ketenagakerjaan ini karyawan anda diharapkan semakin semangat kerjanya karena akan ada simpanan hari tua-nya kemudian jika terjadi kecelakaan kerja perusahaan anda tidak terlalu berat karena pemerintah telah membayarkan terlebih dahulu biaya pengobatan, walaupun sebenarnya itu uang perusahaan anda yang anda bayarkan tiap bulan-nya, untuk manfaatnya baca selengkapnya di "Manfaat Bpjs Ketenagakerjaan" pada artikel saya sebelumnya.


Beruntung anda menemukan blog ini, karena saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara mendaftar Bpjs Ketenagakerjaan atas nama perusahaan. Jarang blog atau web yang memberikan tutorial cara daftar Bpjs ketenagakerjaan ini, karena untuk mendapatkan panduan ini harus di download yang server Bpjs sendiri sering susah di akses keterangan error kadang timeout mungkin ini memang dari pihak Bpjs Ketenagakerjaan sendiri membatasi untuk di unduh panduan-nya. Jangan salah juga menganggap blog gratisan artikelnya tidak akurat, justru blogspot ini dukungan penuh oleh pihak Google karena yang memiliki server juga Google makanya mudah untuk di akses. Kembali ke topik Tutorial cara daftar Bpjs Ketenagakerjaan, semoga dengan mendaftarkan karyawan anda perusahaan anda semakin maju, sukses, dan yang penting menambah berkah.

Tutorial Lengkap Cara Daftar Bpjs Ketenagakerjaan Perusahaan

l. Menu Regestrasi & Login
1. Silakan buka web resmi Bpjs Ketenagakerjaan di  >>>  http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id kemudian lihatlah di pojok kanan bagian bawah ada tulisan Daftar,


2. Silakan anda klik nanti  akan muncul pilihan untuk pendaftaran Peserta, Pilih pada pilihan yang pertama.


3. Kemudian mengisikan alamat email corporate perusahaan pada kolom email dan selanjutnya klik tombol RegisterSetelah anda klik Register akan muncul pesan bahwa proses registrasi perusahaan sudah selesai dilakukan dan seluruh infomasi yang berkaitan dengan proses registrasi seperti user id dan password akan dikirimkan ke alamat email yang digunakan pada saat registrasi yang pertama kali lihat gambar di bawah ini.



5. Silakan cek email yang masuk, Adapun isi dari email tersebut adalah informasi mengenai user id dan password dan juga link URL untuk langsung bisa menuju ke halaman login, contoh email seperti pada gambar di bawah ini.


6. Silakan anda klik link yang diberikan oleh pihak Bpjs ketenagakerjaan, nanti anda akan di hadapkan menu Login


7. Lakukan segera pengisian user id yang isinya adalah alamat email yang digunakan untuk registrasi pertama kali pada field email dan isikan password yang isinya terdapat pada isi dari email kiriman pada saat perusahaan melakukan registrasi. Setelah itu klik tombol sign in. Jika user id dan password valid maka data perusahaan potensi bisa dapat segera direkam.

ll. Perekaman Data Perusahaan
Pada tahapan ini data perusahaan potensi akan melalui proses perekaman. Adapun informasi yang wajib untuk diisikan mengenai data perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Nama Perusahaan (mandatory)
2. Alamat Perusahaan (manadotry)
3. Provinsi (mandatory)
4. Kabupaten (mandatory)
5. Kode Pos (mandatory)
6. No Telp (mandatory)
7. No Fax
8. Status Perusahaan (mandatory)
9. Bentuk Badan Hukum (mandatory)
10. Nomor Izin Usaha (mandatory)
11. Jenis Usaha Utama (mandatory)
12. NPWP (mandatory)
13. Jumlah Tenaga Kerja (mandatory)
14. Kepemlikan (mandatory)
15. Asset
16. Omset Pertahun

Untuk contoh Simulasi pengisiannya ada pada gambar-gambar di bawah ini;


Silakan isikan seluruh field yang bertanda *) yang berarti mandatory. Jika sudah selesai klik tombol “Selanjutnya” yang berwarna kuning.

lll. Perekaman Data Kontak Person
Pada tahapan ini data perusahaan potensi sudah selesai direkam, langkah selanjutnya adalah merekam data kontak person untuk perusahaan potensi agar dapat dihubungi oleh kantor BPJS Ketenagakerjaan. Adapun informasi yang wajib untuk diisikan mengenai data perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Nama Lengkap (mandatory)
2. Jabatan (mandotry)
3. No KTP (mandatory)
4. No. Telp (mandatory)
5. No. HP (mandatory)
6. No Fax
7. Pilih Kantor BPJS Ketenagakerjaan Terdekat (mandatory)
8. Permintaan Tindak Lanjut (mandatory). Pada pengisian field ini terdapat 2 pilihan isian yaitu Permohonan Pendaftaran atau Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan. Jika yang dipilih adalah Permohonan Pendaftaran maka form registrasi akan masuk kepada form perekaman data tenaga kerja. Jika yang dipilih adalah Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan maka form hanya akan mengirimkan email pemberitahuan kepada kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang dipilih untuk dilakukan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan.
9. Tanggal Dapat Dihubungi (mandatory)
10. Jam Dapat Dihubungi (mandatory).

Untuk Contoh pengisisan data kontak person bisa anda lihat gambar di bawah ini (maaf jika kurang jelas)


Isikan seluruh field yang bertanda *) yang berarti mandatory. Jika sudah selesai klik tombol “Konfirmasi” yang berwarna kuning.
Ketika tombol “Konfirmasi” di klik maka akan tampil hasil rekap perekaman data perusahaan dan data kontak person, klik “Kembali’ untuk mengedit atau klik ‘Input Tenaga Kerja” untuk melanjutkan, contoh pengisiannya..


lV. Perekaman Data Tenaga Kerja Baru
Pada bagian ini jika pada saat awal dipilih tindak lanjutnya adalah permohonan pendaftaran. Contoh Seperti pada gambar dibawah ini.


1. Silakan Klik pada ikon yang dilingkari diatas untuk menambahkan data tenaga kerja. Lalu akan tampil form untuk perekaman data tenaga kerja. Lihat gambar di bawah ini.


2. Isikan field nama lengkap, tanggal lahir serta nomor e KTP yang valid untuk mendapatkan data tenaga kerja yang sudah dipadankan dengan data ADMINDUK lalu klik “Tampilkan Data”. Setelah itu akan keluar form seperti pada gambar di bawahnya (lihat gambar di atas). Data dari ADMINDUK akan ditampilkan pada form diatas, langkah selanjutnya adalah melengkapi data yang masih kosong.

Jika yang direkam adalah tenaga kerja yang sudah mempunyai KPJ maka kita harus mengisikan KPJ tersebut untuk dilakukan pendaftaran. Setelah pengisian selesai tekan tombol simpan untuk menyimpan data dan selanjutnya akan tampil form rekap hasil pengisian data tenaga kerja seperti pada gambar di bawah ini.


3. Ketika data sudah selesai direkam maka langkah selanjutnya adalah klik tombol “Kirim Data”. Pada proses ini data akan dialirkan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk approval di level kantor cabang yang dituju oleh perusahaan.

4. Pada proses ini pula terjadi pengiriman email notifikasi yang berisi pemberitahuan informasi dari sistem kepada 3 (tiga) pihak yaitu email kepada pihak perusahaan (kontak person), Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan yang dituju serta Kepala Bidang Pemasaran Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan. Adapun isi dari email tersebut adalah seperti pada gambar di bawah ini.


5. Setelah dilakakukan verifikasi data oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan maka pendaftar akan mendapatkan email notofikasi seperti pada gambar di bawah ini.


6. Kemudian akan dikirimkan juga Email kode iuran pertama. Seperti pada gambar di bawah ini.



Demikianlah Tutorial, Prosedur, Panduan, Mekanisme, Step By Step, Langkah Langkah Mendaftar Bpjs Ketenagakerjaan Perusahaan secara Online semoga artikel ini membantu anda sebagai pemilik atau pimpinana perusahaan yang ingin mendaftarkan karyawan anda sebagai peserta Bpjs Ketenagakerjaan...

Sumber : http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id
Image  : :http://www.antaranews.com/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, June 30, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top