Home » , » Update Mekanisme Berobat menggunakan Bpjs Kesehatan

Update Mekanisme Berobat menggunakan Bpjs Kesehatan

Mekanisme Cara Berobat Menggunakan Fasilitas Kartu Bpjs Kesehatan

Bpjs Kesehatan - Untuk sahabat semua yang sudah terdaftar menjadi peserta Bpjs Kesehatan manfaatkanlah kartu Bpjs anda, karena kita membayar tiap bulan rugi jika kita tidak menggunakanya. Walaupun sebenarnya kita tidak di prioritaskan kecepatan dalam pelayananya oleh pihak rumah sakit tempat kita berobat di bandingkan pasien umum tapi biarpun lambat tetap di layani. Lalu bagaimana mekanisme cara berobat menggunakan fasilitas Bpjs kesehatan ini? Ok ikutilah prosedur di bawah ini..

Update Mekanisme Berobat menggunakan  Fasilitas Bpjs Kesehatan

1. Silakan Minta Rujukan
Untuk mendapatkan rujukan silakan datangi klinik, dokter atau puskesmas yang anda pilih sebagai fasilitas kesehatan pertama. Disitu nanti anda periksa penyakit anda seperti biasanya kemudian dokter menganalisa penyakit anda, jika dokter klinik ini bisa menangani sendiri maka proses pengobatan akan di tangani cukup di klinik fasilitas pertama ini. Tapi jika tidak bisa maka anda akan dibuatkan surat rujukan kerumah sakit yang lebih lengkap fasilitasnya, biasanya kita bisa menentukan sendiri rumah sakit mana yang akan kita datangi.

2. Membawa identitas diri lengkap
Persiapkan dokumen identitas diri untuk berobat sebelum berangkat ke Rumah Sakit tujuan anda antara lain :
* 1 lembar fotokopi Surat Rujukan
* 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga
* 1 lembar fotokopi KTP
* 1 lembar fotokopi kartu BPJS Kesehatan
* Kartu BPJS Kesehatan asli

Source image : http://showbiz.liputan6.com/

3. Usahakan datang Lebih Awal
Untuk menghindari antri yang panjang dan lama datanglah lebih awal walaupun rumah sakit belum buka, biasanya buka jam 8 pagi tapi anda bisa datang jam 06:30 lalu ambil nomer antrian dan duduk duduklah dahulu hingga anda di panggil. Antrian yang kedua ada lagi yaitu pengambilan resep obat anda, bahkan kadang menunggu racikan obat ini lebih lama di banding antri pemeriksaan dokter.

Yang nomer 3 di atas tidak berlaku jika dari pihak RS ada sistem antrian lewat SMS seperti RSUD kota Bandung pengalaman istri saya mendaftar jam 4 pagi itu juga dapat nomer 30an. Bagi anda berdomisili di kota Bandung cara lengkapnya baca di sini : http://rsudkotabandung.web.id/?page_id=684

Jangan lupa tetaplah membawa uang Meskipun telah menjadi peserta BPJS Kesehatan, tetapi ada kalanya Anda tetap membayar sejumlah uang tertentu. Karena ada jenis obat-obatan yang tidak di tanggung dalam BPJS Kesehatan. Selain itu Anda juga akan dikenakan biaya tambahan bila rawat inap di atas kelas yang tertera pada kartu anda. Misalnya Anda terdaftar sebagai pasien kelas 3, namun karena berbagai hal Anda akhirnya dirawat di kelas 2, selisih biaya tersebut yang harus Anda tanggung. Walaupun demikian biaya yang dikeluarkan relatif kecil jika di bandingkan Anda tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Perhatian..
Jika anda termasuk pasien gawat darurat anda tidak perlu mengantri, anda akan di antar langsung ke bagian Unit Gawat Darurat dan langsung di tangani oleh dokter. Pasien ini biasanya ibu yang mau melahirkan, penyakit kronis yang tiba tiba kambuh bisa juga korban kecelakaan.

Baca juga : Cara bayar Iuran Bpjs via ATM BRI, BNI, Mandiri

Ok sahabat semua anda sudah membaca Update Mekanisme Cara Berobat Menggunakan Fasilitas Kartu Bpjs Kesehatan jika bermanfaat silakan Share kepada keluarga, saudara dan tetangga anda...

Sumber : http://faskes.bpjs-kesehatan.go.id/

Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, June 01, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top