Home » » APA BAHAYANYA JIKA SERING MENGGUNAKAN SMARTPHONE

APA BAHAYANYA JIKA SERING MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Healthy - Apa bahayanya jika terlalu sering menggunakan smartphone?,Tahukah anda jika sering menggunakan atau memainkan game pada smartphone entah itu android, tablet, iPhone dapat mengganggu kesehatan badan anda. Memang tidak dapat di pungkiri fungsi smartphone ini, terbukti setiap tahunya pengguna semakin banyak di dukung lagi harganya yang semakin lama semakin murah dan seakan akan sudah menjadi kebutuhan pokok, hingga kita memaksakan diri untuk membeli.

Dengan smartphone kita bisa mengakses informasi seluruh dunia, kegiatan transaksi perbankan dan jual beli barang bisa dengan beberapa kali sentuh, dengan smartphone kita bisa main game online yang seru hingga kita lupa waktu bahkan dollar dengan mudah bisa kita dapatkan melalui smartphone.



Namun kebanyakan kita tidak memperhatikan kesehatan badan dan juga pendidikan anak, coba perhatikan anak anak sekarang sudah di bekali samrtphone tablet atau android mereka asik main game sampai lupa belajar. Kalau battery belum habis mereka tidak akan berhenti, kalaupun habis mereka langsung charger lagi dan begitu seterusnya. Tapi tahukah anda bahwa hal itu dapat menimbulkan masalah yang membahayakan kesehatan, lalu apa saja  Bahaya Penggunaan Smartphone tersebut?

Inilah 6 Bahaya Bagi Pengguna Smartphone Yang Berlebihan

1. Menimbulkan Pegal Pada Punggung Serta Leher

Kebanyakan orang menggunakan smartphone dengan posisi badan menunduk , jika dilakukan dengan lama  dapat menyebabkan rasa nyeri pada  punggung dan leher. Cara mengatasinya yaitu memegang  smartphone sejajar dengan kepala hal  ini dapat menghindari timbulnya nyeri pada punggung dan kepala anda, jika sudah terasa nyeri lebih baik untuk beristirahat sejenak.

2. Perasaan Takut & Khawatir

Nomophobia adalah perasaan takut  dalam menjalani hidup  bila tanpa adanya smartphone pada genggaman tangan.  Hal ini dapat diatasi yaitu dengan meletakkan smartphone ditas jangan disaku agar anda tidak keseringan untuk mengeceknya, serta sebisa mungkin menghindari pemakaian smarphone minimal satu sehari, bisakah anda sehari tanpa smartphone?

3. Mengurangi Waktu Tidur Malam Hari

Malam pun ketika anda tidur smartphone tak boleh jauh dari tempat anda tidur, pastinya kebiasaan sebelum tidur mengecek informasi  update terbaru dari berbagai jejaring sosial, email yang mungkin belum dibaca atau hanya sekedar mainan. Hal tersebut dapat menjadikan seseorang akan keasyikan  bermain smartphone dengan asyik hingga larut malam. Solusinya, jika anda hendak tidur maka letakkanlah smartphone jauh dari jangkauan tangan atau letakkan jauh dari anda tidur.

4. Mengganggu Kesehatan Mata 

Penggunaan smartphone dengan waktu yang lama akan merusak organ mata misalnya mata kabur, mata lelah, serta menjadikan mata kering. Jika anda tidak ingin mata anda mengalami hal-hal tersebut anda bisa mengatasinya misalnya dengan  menyesuaikan ukuran huruf yang nyaman,  sesekali mengalihkan penglihatan,  sering berkedip, serta  atur kecerahan cahaya pada smartphone anda.

5. Menimbulkan kram Pada  jari serta peradangan

Jari, siku, pergelangan tangan adalah daerah utama yang dikorbankan dalam pemakaian smartphone secara berlebihan akan  mengakibatkan kram pada jari, serta timbulnya resiko peradangan pada sendi-sendi tangan anda. Solusinya agar tehindar dari hal tersebut yaitu hindari pemakaian smartphone secara berlebihan,  setelah memakai smartphone lakukan peregangan pada jari, siku, serta pergelangan tangan anda.

6. Mengganggu Waktu Belajar Anak

Anak anak tidak akan bisa konsentrasi dalam belajar dan cenderung bermalas malasan, yang ada di otaknya hanya game yang biasa di mainkan sudah sampai level tertentu dan akan terus menaik-kan level selanjutnya. Hal ini membuat anak akan terganggu pada mata pelajaran yang mengandalkan hafalan akibatnya nilai buruk karena malas untuk belajar.

Itulah 6 bahaya menggunakan smartphone android tablet, iPhone, iPad yang terlalu sering. Gunakan-lah secara bijak, batasi penggunaan pada anak anak yang terlalu berlebihan akan lebih baik beri mainan atau game yang lebih kreatif dan edukatif sehingga akan mencerdaskan otak anak...

Rewrite from : http://masih-duniamaya.blogspot.com/
image              : m.bintang.com
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Friday, July 10, 2015

1 komentar:

  1. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top