Home » » "LAPOR" Aplikasi Pengaduan Rakyat Melalui Android

"LAPOR" Aplikasi Pengaduan Rakyat Melalui Android

Info Publik - Laporkan Pengaduan Anda Melalui Aplikasi LAPOR Di Android, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) ternyata bisa di akses melalui smartphone Android dengan Facebook dan twitter. Terus terang saya mengapresisi layanan pemerintah ini, dengan adanya aplikasi LAPOR kita di permudah melaporkan setiap kejadian atau keadaan fasilitas pemerintah yang tidak adil kepada kita hanya melalui handphone. Walaupun tanggapanya lama karena memang tidak lepas dari masalah teknis dan pengguna smartphone semakin hari samakin banyak dan pasti setiap kita ingin melaporkan apa yang menjadi uneg unegnya.
Tentang LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), saya kutip dari web resminya  adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia. LAPOR! dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

LAPOR! di inisiasikan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus interaksinya dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik. Hingga April 2015, LAPOR! telah digunakan oleh lebih dari 290.000 pengguna dan menerima rata-rata lebih dari 800 laporan masyarakat per harinya. LAPOR! menjadi cikal-bakal sistem aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terpadu secara nasional.


Masyarakat umum dapat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui berbagai media termasuk situs https://www.lapor.go.id/, SMS 1708 dan juga aplikasi mobile. Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke intansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.


Ada 2 versi penggunaan yaitu versi smartphone/android dan PC, untuk bisa mengakses dan menggunakanya anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi nama boleh samaran atau juga nama asli, yang penting anda punya email. Setelah anda mendaftar akan ada balasan masuk ke email anda kemudian verifikasi atau aktifasi..


Setelah aktifasi sebaiknya anda isi lengkap profil anda, kemudian silakan melaporkan apa saja yang menjadi uneg uneg anda. Ada beberapa kategori jenis laporan silakan anda pilih yang sesuai, untuk memperjelas laporan anda bisa upload photo sebagai bukti. Privasi anda juga aman karena ada pilihan untuk ditampilkan profil sebagai anonim dan laporan rahasia jika memang itu menyangkut pihak individu misalnya laporan korupsi. Anda juga boleh mengomentari laporan orang lain sebagai dukungan atau tambahan laporan.

>> Info Selengkapnya Live Video :


>> Untuk versi PC langsung ke   : https://www.lapor.go.id/
>> Untuk versi Android Download di : Google Play

Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, July 07, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top