Home » » APA ITU SUKU BUNGA FLAT, EFEKTIF, TETAP DAN MENGEMBANG

APA ITU SUKU BUNGA FLAT, EFEKTIF, TETAP DAN MENGEMBANG

Perbankan - Mengenal istilah  Sistem Bunga Kredit Yaitu Suku Bunga Flat, Suku Bunga Efektif, Suku Bunga Tetap Dan Suku Bunga Mengembang - Dalam istilah hutang piutang bank atau yang sedang mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sering kita dengar istilah di atas, bagi orang yang berpendidikan khususnya yang mendalami ilmu ekonomi pasti sudah tau dan akrab dengan istilah itu. Yang jadi masalah seperti kita sebagai orang awam yang kebetulan mau berniat hutang ke bank atau pengajuan KPR mau tidak mau akan di hadapkan pada pilihan suku bunga itu, "halahh...apa lagi ini? ko' ada istilah Suku bunga Flat, efektif, tetap dan mengembang, pingin-nya segera dapat uang dan usaha saya jalan..gitu aja ko' repot..!!"  nah itulah kalau tidak tau istilah suku bunga itu, maunya cepat cepat dapat hutangan dan pulang. Tapi memang wajib tau kita kalau mau hutang atau kredit ke bank, ntar jadi masalah lho di kemudian hari ketika tau ada perbedaan dengan tetangga kita yang sama sama punya hutang atau kredit dalam satu bank.

Untuk memahami tentang Suku Bunga Flat, Suku Bunga Efektif, Suku Bunga Tetap Dan Suku Bunga Mengembang mari kita belajar bersama sama, saya juga belum paham betul pada hal saya juga kapan kapan ingin mengajukan kredit ke bank (kalau kepepet...)


Mengenal sistem Suku Bunga Flat, Suku Bunga Efektif, Suku Bunga Tetap Dan Suku Bunga Mengembang 

1. Suku bunga flat
  • Perhitungan dari suku bunga flat bisa dibilang cukup sederhana karena hanya dengan per-kalian antara jumlah hutang dengan suku bunga lalu dikalikan lagi dengan masa pinjaman dan yang terakhir dibagi rata dengan masa cicilan. Angsuran yang bersifat tetap ini berlangsung dari bulan per-bulan yang dihitung dari besarnya pinjaman. Menurut sebagian besar orang sistem ini merupakan sistem yang cukup merugikan untuk nasabah-nya. Biasanya banyak yang menggunakan sistem ini untuk leasing kendaraan bermotor.

2. Suku bunga efektif
  • Biaya yang dihitung dari suku bunga efektif adalah dari sisa pokok pinjaman sehingga hal tersebut akan membuat komposisi antara biaya bunga dan biaya pokok pinjaman akan berbeda – beda. Pada tahun – tahun pertama akan lebih tinggi dari pokok pinjaman itu sendiri tetapi di saat akan jatuh tempo, maka biaya bunga akan mengecil dan cicilan pokoknya akan semakin membesar. Jadi berat pada awal awal cicilan tapi pada terakhir tahun pembayaran cicilan jadi mengecil dan ringan. Sistim ini banyak yang memilih, karena masuk akal saat awal awal bulan pembayaran mereka masih punya uang
3. Suku bunga tetap
  • Maksudnya suku bunga tetap adalah Suku bunga mengacu pada tingkat tertentu di dalam masa kredit tersebut dan juga menyesuaikan dengan pokok hutang yang berarti semakin lama semakin menurun juga bunganya.
4. Suku bunga mengambang
  • Suku bunga kok mengembang maksudnya apa ya? Hal tersebut karena berdasarkan pada suku bunga internasional dan suku bunga domestik sehingga masih mengambang. Sebagian besar dari bank – bank di Indonesia mengacu pada suku bunga mengambang ini untuk patokan-nya. Hal tersebut karena dengan menggunakan suku bunga mengambang, maka pihak bank akan selalu aman karena mereka dapat menentukan kisaran itu sendiri. Namun bagi nasabah, sebaiknya harus tetap cermat jika memilih suku bunga mengambang.
Update : 
5. Anuitas
  • Pengertian bunga Anuitas ini hasil modifikasi dari sistem bunga efektif, metode ini mengatur jumlah angsuran pokok dan bunga yang di bayar agar sama setiap bulan-nya. Untuk perhitungan rumus dari semua metode di atas ini tiap bank berbeda beda, biasanya bank punya aplikasi atau software sendiri.

Demikianlah penjelasan tentang  istilah Suku Bunga Flat, Suku Bunga Efektif, Suku Bunga Tetap Dan Suku Bunga Mengembang yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka yang mau mengajukan kredit usaha mikro atau  kredit kepemilikan rumah (KPR) jika ada kesalahan saya dalam memahami silakan di tunggu komentarnya...

Tanks to: http://rumahpantura.com/
                www.pa-purworejo.go.id
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, August 27, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top