Home » » PENYEBAB DAN CARA MEGHILAGKAN VARISES SERTA HAL YANG HARUS DI HINDARI

PENYEBAB DAN CARA MEGHILAGKAN VARISES SERTA HAL YANG HARUS DI HINDARI

Kesehatan - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi artikel kesehatan tentang Penyebab Varises Dan Cara Menghilangkan-nya Serta Apa Saja Yang Harus Di Hindari Bagi Mereka Yang Terkena Varises. Varises ini sebenarnya bukan penyakit karena tidak menimbulkan sakit apa lagi kematian, tapi kadang orang akan malu jika pada betisnya kelihatan ada otot yang menonjol dan terlihat berbeda dengan kaki kanan atau kiri. Sebenarnya kenapa sih bisa terjadi Varises merupakan kelainan pada pelebaran pembuluh darah vena (balik) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Biasanya betis yang terkena varises ini akan terasa pegal jika berdiri terlalu lama.

Gejala Varises
Supaya varises tidak terjadi lebih parah pada anda sebaiknya kenali gejala gejala varises berikut ini:
  • Pada kaki yang terkena varises biasanya penderita akan merasakan sakit, pegal, nyeri, bengkak, berat, misalnya di betis.
  • Biasanya timbul warna kebiruan yang terlihat jelas pada bagain pembuluh darah vena dengan bentuk lebar dan nenonjol serta tidak lurus 

Beberapa Kasus Varises:
Faktor Usia
Saat seseorang memasuki usia yang sudah tidak produktif lagi, pembuluh darah akan meningkat keelastisitasannya sehinga mudah meregangkan. Selain itu, katup vena juga melemah, sehingga darah yang dialiri menuju jantung malah kembali lagi menyebar ke seluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu, terjadilah pereganan akibat tekanan pada pembuluh darah vena sehingga timbulah varises. Beberapa hal yang juga berpotensi melemahkan katup vena dan merubah sirkulasi pada kaki yang pada akhirnya berujung pada timbulnya varises yaitu menopause, estrogen dan progesteron yang terkandung pada pil KB, suntik dan implan.

Saat Kehamilan
Seorang wanita ketika memasuki fase kehamilan, akan terjadi peningkatan volume darah, dimana juga aliran darah dari kaki menuju pinggul menjadi berkurang. Sirkulasi yang mengalami perubahan ini baik bagi pertumbuhan janin, tetapi sayangnya kondisi seperti ini juga mempunyai efek samping tersendiri yakni pembuluh darah akan membesar pada bagian kaki. Perubahan hormon selama kehamilan ini akan berperan baik dalam hal pemulihan varises. Tetapi butuh waktu yang tidak sebentar, biasanya akan memakan waktu kurang lebih selama 3 bulan.

Cara Mengobati Varises

  • Setelah beraktivitas setiap hari, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. 
  • Bagi penderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti ini sepanjang malam. guna melancarkan peredaran darah ke jantung.
  • Olahraga rutin untuk melatih otot kaki: jalan santai, jalan cepat; joging, bersepeda, berenang (minimal 30 menit per hari).
  • Jangan pernah memijat daerah yang bervarises, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. Lakukan pijatan secara ringan namun teratur, di daerah rawan varises dengan arah menuju jantung dengan lembut dan gunakan minyak esensial yang sudah dilarutkan.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabai merah. Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc.
  • Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani.
  • Sering-sering duduk berselonjor kaki, tungkai dan panggul.

Di atas Itu pegobatan secara alami, tapi akan memakan waktu yang lama, ya bersabar saja. Sebenarnya ada cara yang lebih cepat yaitu pergilah ke dokter dan mintalah untuk suntik varises dengan cara injeksi atau suntik secara langsung ke varises dan tentunya hal ini dilakukan oleh dokter ataupun orang yang ahli dibidang ini. Akan tetapi tindakan ini cukup sakit

Hal Yang Harus Di Hindari Penderita Varises
  • Sebaiknya Hindari konsumsi makanan yang tinggi kolesterol.
  • Usahakan jangan memakai celana panjang terlalu ketat, juga hindari penggunaan stocking yang lebih sempit dari ukuran kaki.
  • Sebaiknya hindari berdiri terlalu lama ataupun duduk dengan memangku sebelah kaki.
Begitulah beberapa penyebab varises, cara menghilangkan serta hl hal yang perlu di hindari bagi anda yang terkena varises, jika ini bermanfaat silakan share kepada sahabat anda..

Sumber : https://www.facebook.com
               http://cakrawalasehat.blogspot.com/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, August 22, 2015

2 komentar:

  1. oh saya kira penyebab nya karena makanan,,,heheh,,,terimakasih informasinya gan..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top