Home » » APA ITU NGE-BLOG, BAGAIMANA CARA BIKIN BLOG (BLOGGER)

APA ITU NGE-BLOG, BAGAIMANA CARA BIKIN BLOG (BLOGGER)

Apa itu Blog? - Panduan Dasar Memulai nge-Blog - Tutorial Cara Bikin Blog - Blogger, Fungsi Menu Pada Dasbor Blogger 


Blogging - Terinspirasi dari saudara saya yang ingin tau cara bikin blog, akhirnya saya memutuskan untuk menulis apa yang saya tau walaupun sedikit ilmu tantang blog. Cara bikin blog ini tidak di ajarkan disekolahan, kebanyakan mengajarkan microsoft office untuk tulis menulis administrasi di perkantoran. Sebenarnya sama saja seperti anda menggunakan excel atau menulis email, Mula mula saya di tanya begini...

Tanya Jawab Tentang Blog
Tanya : Bisnis apa sekarang?
Jawab : Biasa nge-blog
Tanya : Masih jualan ngeder kewarung warung?
Jawab : Sudah nggak, semenjak 3 bulan yang lalu waktu puasa saya fokus mengelola blog
Tanya : Apa itu nge-Blog?
Jawab : Bikin situs pribadi nanti didalamnya kasih artikel apa saja bebas, mau kisah pribadi, mau jualan, buat berita atau info publik, atau sekedar corat coret saja boleh. Pokoknya tergantung niat apa yang akan di tulis, kalau saya sendiri fokusnya ke Tips, tutorial dan Info publik.
Tanya : Lalu dari mana dapat uang-nya?
Jawab : Kalau blog yang berisi tentang jualan barang, sudah pasti dari pengunjung yang memesan barang yang di tawarkan, Kalau isi blog-nya tips dan info atau berita? ya dari iklan yang menempel pada blog kita
Tanya : Siapa yang bayar dan di mana ngambil bayaranya?
Jawab : Yang bayar ya yang pasang iklan langsung, Karena saya iklan-nya dari Google Adsense yang bayar dari pihak Google dan mengambil bayarnya melalui Western Union bisa di bank dan kantor post
Tanya : Bagaimana cara memulai nge-Blog?
Jawab : Ingin belajar nge-Blog? gampang yang penting punya komputer atau Laptop dan koneksi internet

Credit Image : www.ipangrock.com

Memang kebanyakan orang yang mempunyai PC/Laptop hanya untuk main Game, browsing, atau facebook jarang yang berpikir untuk menghasilkan uang tanpa modal. Memang ada sebagian mereka yang belum tau tentang Blogging dapat menghasilkan uang tapi harus pakai modal, bisnis online tea'...!!. Lalu bagaimana untuk bisa bikin blog (blogger)? 
  • khusus blogger mula mula anda harus punya akun email dari Gmail bisa anda baca di sini : Cara bikin emai (gmail) dari Google 
  • Kemudian masuk di www.blogger.com biasanya anda nanti suruh melengkapi akun Google+ atau akun Blogger dulu terserah anda pilih yang mana. meliputi foto profil, alamat, nama tempat kerja dan lain-nya
  • Jika sudah beres melengkapi akun google+ atau akun blogger usahakan bisa masuk di Dasbor Blogger tempat anda menulis artikel. Untuk caranya anda baca pada artikel saya sebelumbya yaitu di sini : CARA MUDAH MEMBUAT BLOG GRATISAN (BLOGSPOT) disitu dijelaskan semua tantang bikin judul blog dan alamat URL-nya, jika anda sudah mendapatkan Judul dan alamat Url tahap selanjutnya langsung menulis saja dengan klik pada tulisan "New Entry" atau pada gambar Pensil, nanti akan terlihat tampilan di bawah ini:
Tampilan dasbor blogger

Fungsi Menu Pada Dasbor Blogger  

1. Compose : Ini posisi anda menulis artikel sekarang ini
2.  HTML     : ini jeroanya dasbor blogger bentuk asli artikel yang kita tulis berisi kode script
3. Undo  & Rendo :  ini berfungsi untuk memajukan atau memundurkan penulisan artikel saat kita salah mengedit nya.
4. Font         : Pilihan bentuk tulisan anda, untuk menggunakan tulisan anda harus di blok dulu.
5. Font Size : Pilihan ukuran tulisan anda
6. Format Huruf : ada menu dropdown anda bisa memilih untuk ukuran judul artikel anda ini fungsinya sama dengan "Font Size"
7. Bold        : Untuk menebalkan huruf, caranya pilih tulisan mana yang mau ditebalkan dengan di blok dulu dengan klik dan tahan kemudian diseret sampai batas yang anda inginkan, etelah itu klik "Bolt"
8. Italic        : memiringkan tulisan
9. Underline : Yang ini pasti sudah tau, ya garis bawah
10. Strikethrough : Untuk mencoret tulisan anda
11. Text Color : Memberikan warna pada tulisan anda
12. Text Beckground color : Fungsinya sama dengan stabilo
13. Add and Remove Link : Menjadikan Link tulisan anda atau membatalkan link
14. Insert Image : Menambahkan atau upload foto dalam arikel anda
15. Insert a Video : Menambahkan atau upload video original pada artikel anda, bukan sari youtube lho, soalnya beda lagi caranya kalau video dari Youtube.
16. Insert Jump Break : Untuk membatasi tampilan artikel pada halaman depan, ini berlaku hanya pada template bawaan blogger yang masih asli.
17. Alignment    : Mengatur tulisan anda, ada 4 pilihan: ingin posisi kesamping kiri, kanan, tengah, atau rata.
18. Numbered List : Memberikan nomer pada baris artikel anda (seperti yang anda baca ini)
19. Bullet List  : Memberikan tanda titik pada baris artikel anda (seperti diatas tampilan gambar dasbor blogger yang di atas itu)
20. Quote   : Untuk memberikan batas kanan dan kiri pada artikel anda agar lebih jelas kalimatnya
21. Remove Formating : Untuk membatalkan bentuk atau format artikel anda
22. Check Spelling  : Tombol ini untuk cek tata bahasa yang anda pakai benar atau tidak, yang ini saya jarang pakai karena bahasa indonesia biasanya ada bahasa gaul yang google sendiri tidak tau, kecuali untuk bahasa inggris.
23. Publikasikan : Untuk mempublikasikan hasil tulisan anda
24. Simpan/Save : Jika sewaktu waktu artikel belum selesai tapi mau di tinggal dulu sebaiknya klik sampan agar setelah susah payah kita tulis tidak hilang. Tapi jika anda selalu terhubung internet biasanya otomatis tersompan
25. Pratinjau : Untuk melihat hasil dan bentuk tulisan anda sementara sebelum di publikasikan.
26. Tutup   : Keluar dari dasbor
27. Label   : Berguna untuk memberikan kategori atau kelompok artikel
28. Jadwal : Mau di publikasikan kapan? kalau langsung pilih otomatis, tapi kalau untuk beberapa hari yang lalu atau beberapa hari kemudian anda pilih "Setel Tanggal dan Waktu"
29. Link    : Alamat (URL) artikel anda
30. Lokasi : Jika anda ingin memperlihatkan lokasi anda
31. Deskripsi Penelusuran : Anda bisa mengisi judul Artikel anda, ini nantinya mempengaruhi saat orang sedang mencari artikel. Menu ini ada sebagian Template tidak tersedia, tergantung si pembuat template.

Nah sekarang anda sudah mengenal menu atau tombol pada dasbor blogger, tunggu apa lagi langsung praktekan saja agar capat bisa. Segera realisasikan apa yang ada di otak anda, biarkan orang membaca apa yang anda publikasikan. Sumber artikel selain dari pengalaman anda sendiri bisa mencari di situs lain. Tips agar artikel anda cepat ditemukan pada posisi paling atas pencarian Google sebaiknya jangan copy paste, Tulislah asli hasil pikiran anda seperti waktu kita sekolah SD masih ingatkan pelajaran mengarang? biarpun 1 kelas judul karangan sama tapi tiap anak-kan berbeda beda imajinasi otaknya sehingga hasil karangan-nya juga berbeda. Dan makin panjang artikel anda makan akan semakin bagus di mata mbah Google untuk menampilkan paling atas, Ini namanya optimasi SEO (Search Engine Optimization) untuk belajar SEO bisa sambil jalan, perbayak saja artikel anda. O iya sebaiknya anda juga tau ini, Jika anda copy pasti ntar kalau yang punya artikel marah anda bisa dilaporkan ke Google DMCA dan blog anda bisa di hapus, selain itu  jika anda hanya copy paste susah sekali artikel anda di posisi atas. Yang ada hanya capek menulis saja.

Ok sahabat semua yang ingin belajar jadi blogger anda telah membaca Apa itu Blog? - Panduan Dasar Memulai nge-Blog - Tutorial Cara Bikin Blog - Blogger, Fungsi Menu Pada Dasbor Blogger semoga anda menjadi blogger yang sukses...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Friday, September 25, 2015

2 komentar:

  1. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top