Home » , » CARA TERBARU INSTALL ANDROID LOLLIPOP 5.0.1 DI KOMPUTER

CARA TERBARU INSTALL ANDROID LOLLIPOP 5.0.1 DI KOMPUTER

Tips & Tutorial - Anda Mau menikmati canggihnya android Lollipop? tapi belum ada dana untuk membeli, tenang asalkan anda punya laptop atau PC install saja di situ. Untuk versi Lollipop ini berbeda dangan versi sebelumnya yaitu jellybean, jika versi Jellybean anda bisa install melalui emulator android untuk PC tapi untuk Versi Lollipop ini tidak bisa, lalu bagaimana caranya agar bisa mencoba Android Lollipop ini di PC anda, nanti akan saya bagikan caranya. Sekarang kita cerita dulu tentang android versi Lollipop ini, kelebihan dari versi sebelumnya, pada versi Lollipop ini  adanya  Project volta, yang berguna untuk meningkatkan daya hidup baterai 30% lebih tahan lama, adanya factory reset protection’.

Fitur ini berguna ketika smartphone hilang, ia tidak bisa direset ulang tanpa memasukkan id google dan kata sandi (password) pemilik sebelumnya. Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam rilis Lollipop adalah user interface yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai "material design". Perubahan lain termasuk perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses dari lockscreen dan ditampilkan pada banner di bagian atas screen. Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai, yang dikenal secara internal sebagai Project Volta.


Jika bicara soal sistem android yang bisa di jalankan pada PC/Laptop anda mungkin sudah tau dengan Aplikasi Emulator android lainnya seperti Bluestack, Youwave,dll. Kalau belum tau  silakan baca di sini: 5 EMULATOR ANDROID TERBAIK UNTUK PC/LAPTOP
Namun emulator ini hanya berjalan pada sistem operasi JellyBean saja.  Untuk bisa install Emulator Android Lolli pop pada PC anda harus bikin sendiri dengan mendownload dan install aplikasi pendukung yaitu:

  • Android SDK (Software Development Kit).
  • Java Development Kit dari Oracle jika sudah downlaod..
  • Ekstrak File Zip Android SDK yang anda download tadi dan silakan pilih lokasi install, saya cona di  C:\Program Files\Android
  • Sekarang Buka SDK Manager di dalam folder Android SDK, kemudian centang "Android SDK Platform-Tools" dan "Android 5.0.1 (API 21)" kemudian Install Packages seperti gambar diatas itu..
Biasanya pada tahap ini prosesnya agak lama, santai saja broo karena tergantung size file yang di download. Jika sudah selesai, sekarang saatnya kita Bikin emulator android Lollipop sendiri, caranya buka saja folder Android SDK kemudian buka AVD Manager program, lalu pilih Create button:

    * AVD Name   : nama emulator, jangan pakai spasi (contoh: Lollipop Emulator)
    * Device         : Pilih Device yang ada, saya sarankan memilih Nexus 5.
    * Target          : Versi android yang telah di install (Android 5.0 – API Level 21)
    * CPU            : Pilih “ARM”
    * Skin             : Pilih “Skin with dynamic hardware controls”
    * RAM            : saya sarankan lebih baik menggunakan  512 atau 1024 MB                           Kemudian untuk yang lainya biarkan dengan nilai default dan tekan OK.
Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini :


Selamat ya, anda sudah membuat emulator android Lollipop sendiri pada AVD Manager, untuk langkah selanjutnya silakan klik saja Start  untuk mulai install emulator android Lollipop, lihat gambar di bawah ini :


Baca juga yang ini ya: 5 EMULATOR ANDROID TERBAIK UNTUK PC/LAPTOP
Perlu anda ketahui, untuk install  Java Development Kit sesuaikan OS anda.
Nah selamat, sekarang android Lollipop 5.0.1 sudah terinstall pada komputer anda, perlu di ingat tidak semua aplikasi pada android bisa di jalankan pada komputer seperti aplikasi Whaff tidak bisa di jalankan, kalau game sebagian ada yang bisa dan ada yang tidak. Ok anda telah membaca cara dan install Android Lillipop pada PC anda. semoga bermanfaat
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, September 17, 2015

6 komentar:

  1. kenapa saya ada muncul nothing was install pas di SDK Manager ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diulang mabk timmy, ada yang salah sepertinya..

      Delete
  2. playstorenya berjalan dengan lancar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyallah Lancar gan, waktu masih ada di PC saya coba pakai. Tapi sekarang sudah saya hapus lagi komputerku speknya rendah jadi suka ngeheng klo buat main gamenya

      Delete
  3. tanya gan, itu yang bahan "java development kit", untuk apa gan? dan apakah diinstal terlebih dahulu atau bagaimana gan. kok gak dijelasin sekalian dlm tutor diatas?

    mohon jawaban dan bantuannya gan. terima kasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top