Home » , » 10 TIPS MEMAKSIMALKAN BROWSER GOOGLE CHROME DI ANDROID

10 TIPS MEMAKSIMALKAN BROWSER GOOGLE CHROME DI ANDROID

Tips Android - Apa yang bisa anda lakukan dengan browser google chrome pada smartphone android/tablet anda? pasti browsing menjelajah dunia maya, sama kalau begitu dengan saya. Tapi setelah mencoba mendalami dan mengenali chrome ternyata bukan hanya buat browsing saja lho kawan, banyak yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan browser chrome ini. Sebenarnya tiap browser punya kelebihan-nya tersendiri, karena saya sering pakai chrome jadi tau seluk beluk dan kelebihan-nya browser produk dari Google ini. Chrome ini fitur-nya lengkap tidak seperti yang lainya dan iklan-nya juga tidak sebanyak browser yang lain-nya. Bicara soal iklan pada browser saya pernah pakai browser UCbrowser, CMbrowser dan Baidu, iklan pada ke-3 browser ini berseliweran tanpa permisi kadang tanpa sepengetahuan kita secara otomatis kita mendownload aplikasi tertentu, inilah yang membuat resah para pengguna smartphone android/tablet sehingga memutuskan untuk menghapus dari perangkat mereka. Kembali pada kelebihan Google Chrome, di bawah ini akan saya share beberapa kelebihan dari browser Chrome ini..


10 TIPS MEMAKSIMALKAN BROWSER GOOGLE CHROME DI NDROID  

1. Dengan Google Chrome Anda Bisa Membuka Memory internal
  • Cara membuka isi memory internal melalui Google chrome sangat mudah, anda cukup ketik melalui browser chrome file:///sdcard/ maka akan terlihat semua isi memory internal anda.

2. Menampilkan versi desktop (Tampilan PC/Laptop)
  • Pada umumnya kebanyakan website, jika kita mengaksesnya via smartphone maka secara otomatis kita akan diarahkan ke tampilan versi mobile. Tapi jika Anda butuh untuk mengakses website versi desktop, Chrome menyediakan opsi untuk “meminta” tampilan versi desktop di layar smartphone. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu centang opsi request desktop site yang ada di menu chrome.

3. Menyimpan halaman Web dalam Format PDF (untuk dibaca secara offline)
  • Pada browser Chrome Anda bisa menyimpan halaman web dalam format PDF, sehingga bisa dibaca kapan saja dan melalui perangkat apapun.Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengakses halaman web yang ingin disimpan, lalu pilih chrome menu dan klik opsi print.

4. Menghemat Kuota Internet hingga 50%
  • Masing-masing browser memiliki jenis kompresi yang berbeda, ada yang sangat efisien tapi ada juga yang tidak. Nah… Chrome memberikan pilihan kepada pengguna untuk menghemat penggunaan data dengan mengaktifkan opsi data saver yang ada di menu chrome>setting>data saver. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menghemat penggunaan data sekitar 50%-an, tergantung situs yang dibuka. Tutorial caranya sudah saya tulis 1 bulan yang lalu, silakan baca di sini: Cara Menghemat Kuota Internet Pada Browser Chrome Di Android

5. Dapat Sinkronisasi Google Chrome dengan Perangkat Lain
Google Chrome juga biasa digunakan pada PC dan smartphone. Nah… jika Anda ingin bookmark yang Anda simpan di PC bisa diakses melalui smartphone ataupun tablet, coba aktifkan fitur sync yang ada di Chrome. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bahkan bisa membuka tab yang sama dengan tab yang Anda buka di PC. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur Sync di Google Chrome.
  • Buka Google Chrome App.
  • Klik ikon jam yang ada di pojok kanan bawah.
  • Lalu aktifkan opsi Sync di semua perangkat Anda yang menggunakan Chrome.
6. Pindah Atau Menambah Tab di Google Chrome
  • Untuk berpindah dari satu tab ke tab lainnya, kita bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama, dengan meng-klik tombol multitasking, sama seperti berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Kedua, dengan meng-klik ikon kotak kecil sebelah atas kanan bertuliskan angka yang menginformasikan jumlah situs yang Anda buka pada saat bersamaan, kemudian sentuh + Tab baru di pojok kiri atas
  • Anda bisa memilih mana yang paling Anda sukai. Untuk memilihnya, klik menu chrome yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih setting, dan aktifkan/non-aktifkan opsi merge tabs and apps.
7. Browsing Tanpa Meninggalkan Jejak (mode Incognito)
  • Setiap kali browsing internet, pada dasarnya kita meninggalkan jejak (history ) yang direkam oleh browser yang kita gunakan. Mulai dari situ-situs yang Anda kunjungi hingga file apa yang Anda download. Nah… jika Anda tidak mau jejak tersebut dilihat oleh orang lain, Chrome memberikan opsi untuk browsing aman tanpa jejak. Cukup aktifkan mode incognito yang disediakan dalam menu opsi, Caranya:
  • Buka aplikasi Chrome
  • Buka menu Chrome, biasanya bergambar “titik tiga” atau dalam bentuk tab.
  • Lalu pilih New Incognito tab
  • Setelah itu akan tampil halaman dengan ikon incognito (kepala pakai topi dan berkacamata) yang berwarna abu-abu.
8. Bermain Game Dinosaurus Offline di Google Chrome
  • Saat anda browsing jika koneksi internet terputus, charome biasanya akan menampilkan pesan “offline” di layar smartphone. Selain pesan offline yang muncul, ada gambar dinosaurus kecil warna hitam di sebelah kiri atas layar. Nah… jika gambar dinosaurus tersebut ditekan dua kali (double tap), maka dinosaurus tersebut akan berjalan menyusuri jalan yang penuh dengan rintangan pohon kaktus. Anda bisa memainkan dengan meloncati rintangan tersebut dan per-barui rekor poin setiap kali Anda memainkannya. Tujuan-nya mungkin untuk menghibur anda karena kesal tidak bisa internetan.
9. Pencarian Dengan Suara "Ok Google"
10. Pilihan Untuk Menterjemahkan Jika Situs Berbahasa Asing
  • Kelebihan lain yang sudah lama melekat adalah opsi menterjemahkan sebuah situs yang berbahasa asing, Opsi ini akan secara otomatis muncul di bawah layar. Jika anda ingin menterjemahkan tinggal tab "terjemahkan" jika tidak mau sentuh saja tanda silang.

Nah itulah kelebihan browser Google Chrome pada smartphome yang selama ini saya dan anda gunakan, Anda boleh mencobanya, jika belum punya download saja melalui Google Play store agar dapat versi yang terbaru. Terima kasih sudah membaca artikel tentang 10 Tips Memaksimalkan Browser Google Chrome Pada SmartPhome Android / Tablet, semoga bermanfaat...

Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, September 10, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top