Home » , » 2 SOLUSI REALISTIS MENGATASI MOUSE DOBEL KLIK SENDIRI

2 SOLUSI REALISTIS MENGATASI MOUSE DOBEL KLIK SENDIRI

Tips & Tutorial - Bagaimana cara mengatasi Mouse Pada PC/Laptop Dobel Klik? Double click  maksudanya disini  kita sebenarnya sudah klik 1 kali tapi dianggap 2 kali apa gak error tuh mouse-nya..? hal ini terjadi karena mouse terlalu sensitif, penggunaan yang berlebihan, atau bisa jadi Masalah mouse doble klik sendiri ini pada mouse yang sudah lama dan harus di ganti, bisa juga karena kualitas-nya yang murahan sebab Kebanyakan produsen mouse (paling tidak Microsoft, Logitech & Razer, dll), masih menggunakan mikroswitch Omron pada produk2 mouse mereka yg sangat sensitif terhadap gerakan pada jari pada saat menyentuh mouse. Anda bisa bayangkan sendiri apa jadinya jika setiap klik selalu dobel bisa di pastikan anda tidak bekerja dengan menggunakan PC/Laptip anda.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli yang baru sebaiknya gunakan cara yang akan saya bagikan ini. Ada 2 cara yang lebih relistis, yaitu jika masalahnya mouse terlalu sensitif anda bisa mengatur tingkat sensitifitas mouse pada pengaturan control panel yaitu di hardware and sound, jika pertama ini tidak berhasil gunakan saja sebuah software utility mousefix yang bisa anda download gratis.

1 SOLUSI MENGATASI MOUSE DOBEL KLIK DENGAN MENGATUR TINGKAT SENSITIFITAS
a. Cara pertama jika mouse terlalu sensitif, silakan anda menuju control panel pada PC/Laptop anda dengan klik icon start windows, kemudian pilih Contron Panel setelah itu pilih  hardware and sound (lihat gambar di bawah)


b. Setelah anda klik pada hardware and sound maka akan muncul tampilan windows berikutnya maka lihat pada "Devices and Printers" silakan anda klik saja atau langsung klik Mouse maka akan langsung ke pengaturan Mouse


c. Nah setelah terbuka pada pengaturan Mouse, silakan anda geser ke posisi Low tujuan-nya agar tidak terlalu sensitif. Setelah itu klik "OK"


Sampai disini coba anda tes dulu, jika sudah tidak dobel klik maka anda telah berhasil. Tapi jika masih saja dobel  klik berati anda gagal. sebaiknya kembalikan ke posisi pengaturan semula dan anda coba cara yang ke-2

2. SOLUSI MENGATASI MOUSE DOBEL KLIK DENGAN BANTUAN SOFTWARE "MOUSEFIX"
  1. Silakan download Mousefix di sini 
  2. Ekstrak terus taruh isi file nya dlm direktori Program Files Windows (misal, C:\Program Files\MouseFix).
  3. Bikin shortcut MouseFix.exe pada desktop lalu taruh/atur dalam folder Startup di Start menu.
  4. Log off dan selesai — mouse anda tidak akan double-click lagi!
Mungkin anda bertanya tanya kok bisa ya? bagaimana cara kerjanya software mousefix ini? Cara kerja program ini adalah, MouseFix membuat komputer kita “mengabaikan” klik kedua pada mouse. Sehingga error double klik yang selalu dianggep double klik padahal kita hanya meng-klik sekali itu bisa teratas, karena klik yang kedua (yang disebabkan karena error) itu diabaikan oleh komputer.

Cuma kekurangan sofware Mousefix ini kita jadi tidak bisa melakukan double klik “sungguhan” dengan cepat seperti pada umumnya. Anda harus menunggu satu per sekian detik dulu (ga sampai 1 detik pokoknya) untuk melakukan double klik sesungguhnya karena kalau kita terlalu cepat melakukan double klik akan diabaikan oleh komputer pada klik yang kedua.

Mousefix secara otomatis berjalan di komputer anda, silakan lihat pada Task Manager dengan cara Alt + Ctrl + Del jika anda ingin menhentikanya dari Task Manager ini juga. Walaupun MouseFix umumnya bisa dijalankan dgn menambah link ke folder Startup seperti diatas, namun untuk mencegah cursor menjadi hang sewaktu waktu karena  proses run-nya diprioritas Normal, anda bisa mengakalinya dengan mengesetnya ke prioritas High atau RealTime pada process Windows. Caranya isi field "Target" link MouseFix dgn:

C:\WINDOWS\system32\cmd.exe /c start "" /B /REALTIME "C:\Program Files\MouseFix\MouseFix.exe"
ini kalau misalkan anda mengcopy MouseFix di direktori 'C:\Program Files\MouseFix\', atau juga bisa dgn mengatur drive dan path sesuai kebutuhan anda & mengeset field "Run" pada link menjadi "Minimized". Dgn begitu, MouseFix akan berjalan dgn prioritas RealTime utk mencegah program hang sewaktu-waktu.

Baca juga : Masalah Cursor Mouse tidak bisa Bergerak pada wins 7
Ok sahabat semua anda telah membaca 2 SOLUSI MENGATASI MOUSE DOBEL KLIK SENDIRI untuk anda yang mengalami masalah ini selamat mencoba semoga berhasil..

Sumber :  >> http://forum.chip.co.id/
                 >> http://dinarmagzz.blogspot.com/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, October 26, 2015

5 komentar:

  1. Aman gak gan jika menggunakan mousefix ini pada laptop atau pc?

    bagi agan yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman sebenarnya, cuma ya itu kalau mau doble klik sungguhan lambat klik........baru klik lagi. kalau gak sabar beli baru lagi yang bagus 50rb an..

      Delete
  2. makasih gan infonya


    Download Sekarang App Isi Ulang Voucher Pulsa , Token , Maupun Pembayaran PPOB Melalui Smartphone Android.Lebih Mudah , Cepat dan Tepat & Bisa Di Pergunakan Kapan dan DiMana Saja Anda Berada. Klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    ReplyDelete
  3. makasih sob, mouse wa doble klik mulu, pas edit photoshop jadinya kelimpungan, susah atur point, mau beli baru dompet masih kering, nyoba cara ente dulu, thanxx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba mas gembok, kalo masih rewel saja mending beli yang baru merk genius lumayan nggak rewel lagi

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top