Home » » CARA MEMILIH (CIRI CIRI) IKAN YANG MASIH SEGAR

CARA MEMILIH (CIRI CIRI) IKAN YANG MASIH SEGAR

Tips Hari Ini - Bagaimana Cara Memilih Ikan Yang Benar Benar Masih Segar? Apa Ciri Ciri Bahwa Ikan Itu Masih segar - Selamat pagi sahabat semua, "semoga keselamatan dan kesejahteraan untuk anda semua", update lagi nih artikelnya, tapi untuk kali ini saya hanya memberikan tips yang ringan dan sangat bermanfaat khususnya ibu ibu. Pada beberapa hari yang lalu saya sudah berbagi tentang  Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan silakan dibaca bagi yang belum menbaca, masih ada sangkut pautnya untuk kali ini saya akan memberikan tips memeilih ikan yang dijual di permarket ataupun diwarung sayur yang mana yang masih benar benar segar dan belum busuk. Ikan memang menjadi lauk pendamping makan nasi paling pavorit karena rendah lemak dan kaya dengan vitamin sehingga minim efek samping tidak seperti daging lain-nya. Sebaik baik ikan adalah ikan yang hidup di laut, karena lebih alami rasanya dan aromanya juga khas, hal ini berbeda dengan ikan yang ada di kolam karena makanan sudah bercampur bahan kimia akibat proses pengolahan. Kenapa manfaat ikan ini lebih sering dihubungkan dengan anak anak? ya memang kandungan vitamin D yang tinggi pada ikan laut berperan untuk menjaga kekuatan tulang hal ini penting skali untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, khususnya bayi atau balita yang masih rawan terserang penyakit.


Salah satunya dengan mengonsumsi asam lemak omega 3 yang banyak terdapat dalam ikan laut hal ini untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kondisi tubuh. Sehingga anak tidak mudah terserang penyakit. Tapi bukan berarti ikan laut itu baik untuk kesehatan, karena jika anda makan yang berlebihan kandungan merkuri yang tinggi juga tidak baik untuk kesehatan khususnya ibu hamil bagi bayi yang dikandungnya. Kembali ke topik, cara memilih dan mengetahui ikan yang masih segar. Kebanyakan kita dalam memilih ikan ini kurang memperhatikan ciri cirinya, khususnya jika ada di warung sayur atau di supermarket pokoknya terlihat baru datang anggapanya masih segar. Lalu apa saja ciri cirnya kalau ikan itu masih segar?

Tampilan Fisik yang Segar 
Tampilan pertama pastinya masih terlihat segar. Tampilan fisik ikan yang segar biasanya berwarna cerah dengan kulit yang berkilauan. Bila ikan yang Anda pilih adalah jenis ikan yang bersisik, maka sisik ikan segar biasanya masih melekat kuat dan tak mudah rontok saat dipegang.

Tekstur Daging ikan yang Kenyal 
Ikan segar yang siap diolah menjadi aneka resep masakan biasanya memiliki tekstur daging yang kenyal. Anda bisa memencet tubuh ikan ketika sedang memilih. Daging ikan segar biasanya terasa kenyal dan mudah kembali ke bentuk semula saat ditekan-tekan. Sedangkan ikan yang dagingnya sudah lembek biasanya kurang segar dan sudah melalui proses pembekuan dalam waktu yang lama.

Mata Terlihat Jernih 
Salah satu hal yang mengindikasikan bahwa ikan masih dalam keadaan segar adalah mata yang jernih. Ikan yang matanya masih jernih biasanya baru saja ditangkap oleh nelayan sehingga belum melalui proses pembekuan dalam waktu yang lama.

Insang Masih Berwarna Kemerahan 
Ikan segar yang baru ditangkap juga biasanya memiliki warna insang yang kemerahan dengan sedikit bercak darah segar. Jadi, selalu pastikan untuk memeriksa apakah bagian insang ikan masih dalam keadaan segar atau sudah berwarna pucat

Aroma Amis Masih Khas 
Ikan memang merupakan hidangan laut yang beraroma amis. Namun, ikan segar memiliki aroma amis yang khas dan tidak menusuk. Sementara ikan yang sudah kurang segar biasanya menyebarkan aroma yang sangat menusuk dan tak sedap. Ikan yang aromanya kurang sedap akan mempengaruhi aroma dari resep masakan buatan Anda.

Dengan mempelajari tips ini, berarti Anda sudah mempelajari cara memilih ikan segar yang berkualitas. Bagaimana ibu ibu, Tak sulit kan untuk memilih ikan segar?, karena Anda hanya butuh sedikit ketelitian saat membeli ikan di warung/pasar atau supermarket. Ok ibu ibu jika ini bermanfaat silakan berbagi di media sosial untuk saudara dan sahabat anda..


Sumber : http://www.bango.co.id/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, October 28, 2015

1 komentar:

  1. Terima kasih telah membagikan infonya,semoga bermanfaat dan membantu.Kali ini saya akan memberikan info tentang bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan dibantu mengkonsumsi kangen water.Apa saja manfaat kangen water bagi tubuh anda?.Dan memperoleh tubuh yang langsing tanpa efek sampingdan tanpa obat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top