Home » , » WASPADA DAN KENALI SMS BERHADIAH PALSU SEPERTI INI

WASPADA DAN KENALI SMS BERHADIAH PALSU SEPERTI INI

Info Publik - Bagaimana cara mengenali sms undian berhadiah palsu? - Sms undian berhadiah palsu ini ternyata masih ada sampai sekarang, walaupun sudah banyak yang melapor kepihak kepolisian tapi tetap beredar. Mungkin karena korban dan pelaku yang susah dilacak karena tidak ada bukti yang jelas makanya terjadi pembiaran, di tambah lagi pihak provider penerbit kartu seluler yang memang sepertinya sengaja membiarkan atau mungkin ada kerjasama dari ke-2 belah pihak, ah aku sendiripun tak tau karena sistem yang bekerja. yang pasti kita harus hati hati dan pandai pandai saja mengenali sms itu asli atau-pun palsu.

Lalu bagaimana ciri ciri bahwa sms itu undian berhadiah palsu? mungkin untuk ada yang berpendidikan akan mudah mengetahuinya, tapi bagaimana dengan mereka yang kurang berpendidikan dan mudah tergiur dengan hadiah? saya ada sedikit tips yang mungkin dapat membantu anda untuk mengekali sms uandian berhasiah palsu ini..


1. Biasanya sms itu masuk saat anda tidak mengikuti progaram undian berhadiah
Sms ini sangat kelihatan penipuanya, sudah jelas anda tidak mengikuti progaram undian berhadiah, tapi ada sms yang nyasar bahwa anda memenangkan undian yang di selenggatakan oleh provider tertentu atau stasion tv tertentu pada hari sekian jam sekian, kemudian anda lihat saja nomer yang buat kirim sms terlihat nomer biasa yang terdiri 12 digit, jangan percayai sms seperti ini.

2. Nomer untuk mengirim sms nomer biasa
Seperti yang telah saya jelaskan diatas, nomer biasa ini terdiri 12 digit. sedangkan kalau nomer resmi biasanya tidak lebih dari 5 digit misalya 8888, 4444, 5252 atau biasanya langsung ada namanya misalnya TELKOMSEL, KOMINFO RI, INDOSAT.

3. Meminta anda menghubungu pihak tertentu
Hal ini pernah saya coba, suatu hari saya mendapat selebaran yang dilipat kecil didalamnya ucapan selamat mendapatkan hadiah 1 unit avansa yang mengatasnamakan Tango. silakan langsung hubungi kenomer ini...iseng iseng saya coba telepon ujung ujungnya hadiah suruh ambil dengan membayar ppn sekitar 7 juta. saya juga membuka situs resmi tango dan ternyata tidak ada program hadiah, Jelas ini penipuan. Hati hati pada tahap ini banyak yang tertipu lho...baik melalui sms ataupun selebaran pada makanan ringan.

4. Suruh mengunjungi situs tertentu
Biasanya mereka mencantumkan alamat web atau situs untuk meyakinkan apa yang ia tawarkan, anda boleh cek situsnya jika mempunyai koneksi internet pada smartphone anda biasanya alamat situs susah di akses karena memang situs abal abal dan bahkan tidak terdaftar, kalaupun bisa diakses pastikan baca profil situsnya pada about us dan contact us dari situ anda bisa mengetahui kalau itu situs abak abal. Begitulah beberapa ciri ciri sms uandian berhadiah palsu, ini dari saya pribadi jika kurang lengkap silakan tambahkan pada kotak komentar dibawah...

Jika anda sudah tau itu penipuan segera blokir saja sms seperti itu karena Divisi Humas Mabes Polri menyebutkan caranya baca selengkapnya di sini: CARA BLOKIR SMS PENIPUAN DARI TELKOMSEL, XL, INDOSAT. Ok sahabat semua semoga artikael ini bermanfaat...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, October 18, 2015

2 komentar:

  1. saya dpt sms dari 3 pak.tp no pengirim nya hanya tertera angka 3 saja..dan tdk bisa d tlp..bagaimana yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet hadiah voucher "TRIMS" ya? itu benar datangi saja counter terdekat..

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top