Home » , , » PANDUAN LENGKAP PENDAFTARAN NPWP ONLINE 2016

PANDUAN LENGKAP PENDAFTARAN NPWP ONLINE 2016

Panduan Cara Pendaftaran NPWP Online 2016 Lengkap Dengan Gambar, Cara Membuat Nomer Peserta Wajib Pajak (NPWP) Online 2016, Bagaimana Cara Membuat NPWP Online Pada e-Regestration Melalui Situs Pajak.go.id?

Info Publik - Pengalaman pribadi saat mendaftarkan dan membuat NPWP tetangga saya secara online ternyata mudah dan tidak ribet hanya duduk di depan komputer dan memegang KTP saja sudah bisa di lakukan. Ceritanya dia ini karyawan sebuah pabrik yang katanya terbesar se-asia itu tu.. yang di Rancaekek kab. Sumedang, mau pinjam koperasi untuk membeli rumah, masalahnya ia tidak punya NPWP yang memang setiap karyawan diwajibkan memilikinya.

Lalu berpikir bagaimana caranya membuat NPWP yang mudah dan cepat tanpa meninggalkan pekerjaanya, lagi pula dia tidak tau dimana kantor pembuatan NPWP itu, apalagi dia bukan pendududuk tempatan, yaa..perantau-lah ceritanya soalnya saya lihat KTP-nya orang Indramayu.

Dia sempat berfikir "apa perlu saya pulang kampung untuk bikin NPWP?" Kemudian saya ingat kalau Bpjs kesehatan bisa daftar secara online, apakah membuat NPWP juga bisa online, lalu saya searching ke google ternyata bisa dan sudah ada sahabat blogger yang memberikan tutorialnya walaupun artikelnya sudah lama dan tampilan dasbor NPWP juga sudah berubah, tapi intinya sama saja.
Kemudian saya sarankan kepada tetangga saya, jangan pulang dulu saya akan coba bantu untuk mendaftarkan NPWP secara online, nanpak keceriaan diwajahnya berharap bisa membuat NPWP tidak perlu pulang ketempat asal dan pengajuan kredit (hutang) bisa secepatnya cair. Sebenarnya saya sendiri tidak tau tentang perpajakan ini, apakah dengan punya NPWP ini gunanya cuma untuk bisa mengajukan kredit ke bank? ternyata tidak hanya itu lho...nih manfaat mempunyai NPWP yang lainya:
  • Pembuatan Paspor
  • Mengikuti lelang di instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD.
  • Pembuatan Rekening Koran di Bank;
  • Pengajuan SIUP/TDP;
  • Pembayaran Pajak Final (PPh Final, PPN dan BPHTB, dll)


Syarat Membuat NPWP secara Online Untuk Karyawan (Buruh Pabrik)
Ternyata jika kita mendaftar atau membuat NPWP secara online bagi karyawan atau buruh pabrik ini cukup mudah, anda hanya sediakan:
  • Nomer telepon rumah atau Hp anda
  • Email yang sering anda gunakan
  • KTP (untuk dilihat dan ditulis alamatnya asli)
  • Alamat tempat tinggal sekarang (jika anda perantau)
  • Scan foto KTP (cukup dari smartphone yang di hubungkan ke komputer melalui kabel USB) Kalau tidak ada kabel USB paling mudah lagi adalah setelah kirim melalui email, dari kita untuk kita
  • Yang pasti harus koneksi internet (kalau bisa yang stabil)


Panduan Cara Pendaftaran NPWP Online Lengkap Dengan Gambar

1. Jika persyaratan diatas sudah anda siapkan, mari kita langsung menuju ke situs resmi pajak yaitu di >> https://ereg.pajak.go.id  anda akan di hadapkan halaman masuk (Login) karena anda baru mendaftar klik saja "Belum punya akaun? klik daftar untuk mendaftar" lihat gambar di bawah ini, Jika gambar kurang jelas Klik saja agar lebih jelas


2. Sikalan tuliskan alamat email yang sering anda gunakan dan pasword untuk masuk ke dasbor e-reg pajak, pasword tidak harus sama dengan akun google anda, kemudian anda akan dikirim email


3. Setelah itu buka email anda dan klik saja pada "Link Verifikasi" maka anda akan diantarkan pada halaman berikutnya untuk mengisi formulir. pilih jenis wajib pajak "Orang Pribadi" kemudian nama anda, email dan pasword, nomer HP kemudian klik pada pertanyaan silakan pilih (fungsinya jika sewaktu waktu lupa pasword kuncinya dari pertanyaan ini) jangan lupa isi kode captcha dan klik "Daftar"


4. Kemudian untuk masuk ke dasbor e-regestration anda harus login gunakan email dan pasword yang baru anda buat, isi captcha dan "Login"


5. Perhatikan gambar di bawah ini pada bagian atas, ada 9 tahap yang harus anda lalui dengan mengisi beberapa formulir. Pada tahap pertama anda hanya kasih tanda centang (ceklis) salah satu dari 5 pilihan, karena saya mendaftar secara pribadi maka saya centang pada "Orang Pribadi" untuk status pusat atau cabang saya ceklis "Pusat"

Penjelasan sedikit:
  • Jika Anda seorang Pria atau wanita (menikah ataupun belum) maka ikuti gambar seperti di bawah ini.
  • Jika Anda seorang wanita, dan mau men-cabang-kan NPWP suami Anda maka pada status pilih lah "Cabang".
6. Jika sudah, klik saja "Next" maka muncul popup ucapan selamat, silakan masuk ke email anda, akan ada email masuk seperti awal tadi dan klik saja "Link Aktifasi" maka anda akan masuk ke tahap 2


7. Isilah formulir identitas anda sebagai Waib Pajak contohnya bisa anda lihat gambar di atas, kemudian klik "Next" akan menuju tahap ke 3 

8. Ada 3 pilihan:
  • Pekerjaan dalam hubungan kerja (maksudnya karyawan atau pegawai, buruh)
  • Kegiatan Usaha (pemilik usaha/wiraswasta)
  • Pekerjaan Bebas (Ahli di bidang tertentu: dokter, notaris)
silakan anda pilih 1 saja dengan kasih tanda centang, karena saya mendaftar sebagai karyawan pabrik maka centang pada "Pekerjaan dalam hubungan kerja" dan pilih "pegawai swasta" melewatkan 2 pilihan di bawahnya kemudian "Next" 


9. Selanjutnya isikan alamat tempat tinggal sekarang, harus lengkap soalnya pak pos nanti akan kerumah mengirim kartu NPWP anda dan surat keterangan terdaftar. Isikan nama tempat tinggal, blok (jika ada) nomer rumah seta Rt/Rw-nya. Untuk mengetahui kode wilayah klik saja pada icon pencarian, maka akan muncul popup..


10. Isikan pada halaman yang muncul ini nama desa/kelurahan anda kemudian kecamatan dan klik "Cari" tunggu beberapa detik jika ditemukan maka akan tampil seperti gambar di bawah ini klik saja "Pilih" maka secara otomatis akan ada kode wilayah dan kolom dibawahnya akan otomatis terisi.


11. Untuk alamat KTP ini jika sama dengan tempat tinggal anda maka kasih tanda centang saja pada tulisan "Sesuai dengan alamat tempat tinggal", tapi jika beda maka isikan alamat KTP asli anda, dengan cara seperti diatas kemudian "Next"


12. Untuk alamat usaha jika anda pengusaha atau wiraswasta isikan formulir dengan lengkap caranya seperti diatas, tapi jika anda "pekerjaan dalam hubungan kerja" (karyawan/pegawi/buruh pabrik) lewati saja, tidak usah d
i isi tinggal klik "Next"


13. Pada tahap selanjutnya adalalah "Info Tambahan", (maaf saya kehilangan gambar, karena komputer tiba tiba nge-heng jadi saya restart) disini anda akan mengisi kolom "Jumlah Tanggungan" ada berapa jumlah keluarga 1 rumah anda silakan isikan, jika anak 2 + suami/istri berarti 3. Kemudian jumlah penghasilan anda, anda beberapa pilihan Kurang dari (<) Rp2000.000; Rp200.000; s/d Rp5000.000;... dan seterusya sesuikan penghasilan anda.

14. Kemudian scan (foto) KTP asli anda bisa ambil melalui android lalu hubungkan dengan kabel USB dengan komputer ukuran maksimal 200 Kb taruh kedestop saja biar mudah carinya, silakan upload foto anda dan "Next" Jika muncul kode Captcha masukan saja dan klik "Submit"


15. Kemudian akan ada halaman informasi ikuti saja perintahnya, yang pertama "Rekam/Edit formulir" setelah rekam edit kemudian klik "Minta Token"


16. Saat minta nomer token akan muncul popup halaman peryataan. Silakan buka emil anda, akan ada email masuk memberikan nomer token pendaftaran, contoh emailnya seperti dibawah ini...


17, Silakan ambil kode nomer token bisa dengan copy paste pada halaman peryataan seperti dibawah ini, selah itu klik "KIRIM" sampai disini anda sudah berhasil membuat NPWP melalui e-regestration, kabar selanjutnya nanti akan ada email masuk berupa persetuuan atause baliknya penolakan.


18. Kartu NPWP biasanya akan dikirim dalam waktu 1 minggu sampai 2 minggu, tergantung antrian yang daftar online. Hal ini berbeda jika anda datang langsung ke kantor KPP Pratama katanya bisa 1 hari jadi. Saran saya agar cepat di proses di telepon saja...


Baca juga: 
>> CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN ONLINE MUDAH DAN CEPAT 2015
>> TUTORIAL CARA DAFTAR BPJS KETENAGAKERJAAN PERUSAHAAN ONLINE
Masih bingung? ini saya sertakan tutorial melalui video Youtube punya tetangga:


Begitulah cara daftar atau membuat NPWP online 2016, kenapa saya beri embel embel 2016? karena ini memang tampilan dasbor yang terbaru dan pasti terus berlaku untuk beberapa tahun kedepan, maaf tutorialnya tidak pakai video, karena pihak Pajak.go.id juga belum merilis video tutorial terbaru, tapi dengan membaca dan memperhatikan dengan seksama anda pasti paham. Ok sahabat semua jika ini bermanfaat silakan share kemedia sosial di bawah itu agar sahabat anda juga mengetahui bahwa bikin NPWP tidak harus ke kantor KPP wilayah anda...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, November 09, 2015

98 komentar:

  1. telp'nya ke nomer kantor pajak pusat atau daerah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KPP daerah Tati, ntar ada di nomernya seperti pada gambar tutorial terakhir itu

      Delete
  2. Ktp aku belom elektrik masih ktp manual . Apakah bisa bikin npwp online ? Tapi aku sudah daftar npwp online satu minggu yang lalu dan sudah dapat no.transaksi nya tinggal nunggu no.NPWP nya .. minta penjelasannya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tinggal nunggu saja itu mbak, nanti ada pak pos kerumah..

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih untuk penjelasannya. Kalo misalnya saya datang langsung ke KPP tujuan, saya hanya bawa surat pengantar yang di print sama copy e ktpnya saja kan? tidak perlu yang lain kan? Soalnya saya ngga unggah e ktp, saya pilih kirim manual.
    Terus kalo misalnya alamat domisili sama yang di KTP beda apa perlu lampirkan surat keterangan domisili juga dari RT/RW setempat? Mohon penjelasannya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bawa surat pengantar dan copy ktp. domisili gak perlu langsung saja akan lebih mudah disana

      Delete
    2. Saya kmaren bkin online.pas saya ke kantor pajak katanya harus ada surat domisili kalo alamat tinggal sama ktp beda

      Delete
  5. gan , apa setelah pndftrn online disetujui oleh kntr pajak pembuatan npwp nya sudah lgsg bs pnya nmr npwp nya yg bs dpakai , wlwpun kartunya nanti2 saja dbikinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika disetujui nanti ada email masuk dan kartu nomer npwp akan dikirim..

      Delete
  6. gan, saya mau tanya dibagian pegawai swastanya gak bisa di centang. itu knapa ya?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau gan, masa' gak bisa?

      Delete
  7. saaya sudah daftar dan sudah mendapatkan email dan email kedua katanya tinggal loggin karena berhasil, namun ketika saya ,mau ke step Login kenapa selalu gagal di cathca nya yah, mohon petunjuknya gan, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya salah ketik gan, coba di ulangi lihat besar kecilnya huruf...

      Delete
  8. gan,saya sudah daftar 2x ko belum ada email masuk untuk verifikasi ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lihat di inbox spam mas, kalau masalah ini saya juga tidak mengetahui solusinya soalnya berhubungan dengan server situs pajak.go.id..

      Delete
  9. Gan untuk Kode Wilayah kok gak bisa? padahal uda di masukin nama kelurahan sama nama kecamatannya... tapi kok gak muncul2 ya gan hasil nya

    ReplyDelete
  10. Gan untuk kode wilayah kok gak bisa? padahal uda masukin nama kelurahan dan nama kecamatan trus klik search tapi kok gak muncul2 hasilnya... uda beberapa kali coba daftar tetap saja gak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba klik search dulu mas..jangan tulis alamat, biasnya akan ada pilihan nanti..

      Delete
  11. mas kalo untuk freelance gmna pilihannyaa?

    ReplyDelete
  12. kalo ngisi jumlah tanggungan gimana ya? saya kan belum nikah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti diatas mbak nita, kalau belum ada keluarga isikan saja keluarga yg sekarang ditempati kalau bersama orang tua berarti 3

      Delete
  13. kalo untuk ktp yang manual, harus dikasihin langsung ktp nya ke kantor pajak? boleh diwakilkan tidak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh di wakilkan mbak, kalo ingin tau prosesnya lebih baik sendiri saja yang kesana..

      Delete
  14. makasih mas , tapi saya kerja jadi gabisa kalo kesana sendiri. biasanya kalau diwakilkan npwp nya bisa langsung jadi hari itu juga atau harus nunggu lagi?

    ReplyDelete
  15. masih ngantor mas, kalau boleh tau keperluan apa saja yang harus dibawa jika diwakilkan? selain surat permohonan dan fotokopi ktp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya surat permohonan dengan KTP asli saja. Bisa langsung jadi, dulu waktu saya bikin langsung ke kantor ngantri banyak jadi kartunya dikirim paling lambat 1 minggu

      Delete
  16. kalo langsung ditelpon itu meskipun diluar jam kerja bisa ya?

    ReplyDelete
  17. Nelpon harus jam kerja, kadang pas jam kerja juga sulit soalnya telepon sering digunakan. Cari waktu yg bukan jam sibuk saja misalnya sore sekitar jam 2 - 4

    ReplyDelete
  18. pagi gan, saya mau tanya. saya sudah mendaftar melalui online dan statusnya sudah KIRIM, namun belum ada konfirmasi balasan nomor npwp, kpp daerah asal saya juga sudah saya telfon, namun katanya masih dalam proses terus. kalau kita bikin npwp diluar provinsi kita gimana ya gan? bisa atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data sudah masuk itu gan, tunggu dulu nanti ada balasan email. Cepat lambatnya menunggu antrian

      Delete
  19. Salam.
    Saya masih mahasiswa, belum memiliki pekerjaan dan pendapatan tetap. Namun, sy mmebutuhkan NPWP untuk melengkapi administrasi beasiswa. Bagaimana saya menyatakan ini ketika daftar online? karena sudah sy coba isi pekerjaan 'lainnya' namun permohonan saya ditolak.

    Apakah kolom alasan itu bisa diisi? bagaimana caranya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo yang begini saya belum pengalaman Nur, saya sarankan ke KPP kota terdekat..maaf ya

      Delete
  20. min, kalo telfon bilangnya supaya proses pembuatanyya cepat gimana,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup sebutkan nomer transaksi gan, tapi kalo daftar online masih kalah dengan datang secara langsung, karena masih di seleksi dan antrian dokumen pasti menumpuk. yang diutamakan yang datang langsung

      Delete
  21. sy sudah daftar, tp belum dapat balasan email disetujui atau tidak. karna sy butuh cepat, bisa tidak saya daftar lagi ke KPP setempat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa datang langsung saja mbak, bilang saja saya sudah daftar online tapi gak belum ada balasan dan berikan nomer regestrasi/transaksinya

      Delete
  22. min saya udah daftar langsung ke dirjen pajak trus kta petugasny "gak bisa"alasan ny sya pake domisili karna KTP saya msh daerah trus di uruh daftar online.skg sya udh daftar online kira2 di konfirmasi brp lma it min ya

    ReplyDelete
  23. makasih, mas.. saya telpon aja dari kantor karna saya kerja. ditelpon kemarin jam 3-4 sore ga ada yg angkat/sibuk. hari ini saya telpon pagi2 jam 8 ada yg angkat dan langsung di approve lgsung dikirimi email berisi no NPWP.. kartu NPWP baru akan dikirim sehari kemudian lewat pos kata petugasnya..

    ReplyDelete
  24. @ agan unknown; tergantung antrian mas / mbak sebaiknya kalau ingin cepat ya telepon saja sebelum / sesudah jam sibuk...

    ReplyDelete
  25. @ ami, ok selamat ya akan mendapatkan NPWP. banyak manfaatnya lho...

    ReplyDelete
  26. maf sy mo nanya, klo dah bikin npwp online tpi tidak mengupload scan poto ktp apa bisa iterima tuh.

    ReplyDelete
  27. Harus scan KTP mbak mimah. itu persyaratan utama, kalau diterima atau tidaknya saya kurang tau belum coba...maaf ya jawabanya kurang memuaskan

    ReplyDelete
  28. Mau tanya kenapa untuk kolom pengisian data kelurahan & kecamatan tidak muncul yaa, dan saya sudah coba untuk tidak megisi dulu langsung search tpi tidak ada pilihan datanya jga... mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dewi, coba ketik yang benar namanya desa/keluarahan pasti muncul. coba diulangi

      Delete
  29. mas saya kan udah dapet balesan tuh ya udah dapet nomor npwp, berati itu udah disetujui ya mas pembuatan npwp ku. terus ada keterangan Catatan : SKT dan kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal Anda berati aku tinggal tunggu dikirim dari pos aja mas?

    ReplyDelete
  30. mas ini tadi kan aku coba daftar online kan, terus aku dah dapet balasan dari eregistration kalo Pendaftaran Pajak Diterima, aku dah dikasih nomor NPWP, itu berati udah disetujui ya mas?? terus ada keterangan Catatan : SKT dan kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal Anda. itu berati tinggal nunggu dikirim dari pos ya mas?

    ReplyDelete
  31. @unknown/mbak nana, sudah di situjui itu. ya tinggal tunggu pak pos kerumah biasanya memang seminggu

    ReplyDelete
  32. Mas,kalau saya SKT nya udh dikirim kerumah ama pak pos,tp kok kartu npwp nya gak sekalian ya? Bukan nya itu satu paket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba telepon KPP terdekat mas yus jangan jangan lupa, atau aturan baru

      Delete
  33. @ Mas yus, seingat saya dulu 1 paket mas, coba tanyakan ke KPP tempat terdaftar

    ReplyDelete
  34. Saya sudah bikin sesuai dengan data yg d isi d from nya.. tapi.koe.saya belum dapat kompirmasi lewat email tuk mendaptkan no npwp nya ya?? Mohon d bantu

    ReplyDelete
  35. @ Thaty, tunggu sekitar 3 hari mbak nanti ada email masuk diterima / ditolak.

    ReplyDelete
  36. mau tanya kalau udah daftar leat online,kan kartunya harus nunggu seminggun atau lebih bisa engga kalau bikin cepet lagi butuh cepet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo lewat online memang lambat mbak anggian wulan, sebaiknya di telepon saja, atau datang langsug

      Delete
  37. mas kalo kartunya seminggu kan kelamaan, apa bisa saya ambil kartunya langsung ke kantor pembuat NPWP, soalnya saya butuh foto copy kartu NPWP untuk melengkapi berkas saya.

    ReplyDelete
  38. Maaf mau nanya, saya sudah ajukan sesuai info yang diberikan, tapi ditolak dengan alasan "Tidak ditemukan KLU" . . Bisa dibantu kendalanya dimana ya ?

    ReplyDelete
  39. @ Ghofur & Ray. Silahkan kekantor KPP terdaftar bawa persyratan lengkap, jika sudah daftar online ingin cepat berikan info nomer transaksi pendaftaran

    ReplyDelete
  40. gan saya sudah dapat surat nya , nah di surat nya kewajiban pajak saya pph29 dan saya memilih karyawan swasta. setau saya, pph karyawan itu di pph21. untuk merubah kewajiban pajak nya bagimana ya gan? TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalh ini bisa di tanyakan langsung ke pihak KPP terdekat gan, saya malh kurang tau dengan masalah ini..

      Delete
  41. Kira2 di setujuinya brapa lama y mas?
    Trus kl sudah di setujui bsa ga lgsg dtg ke kantor pajaknya jadi gak usah nunggu di kirim kartu npwpnya.

    ReplyDelete
  42. @Sri rahayu, biasanya sekitar seminggu baru ada jawaban, ya boleh saja untuk mengambil kartu NPWP-nya kekantor akan lebih cepat, sertakan nomer transaksi pendaftaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat ktp sama tempat tinggal gak bisa beda ya mas?

      Delete
  43. @ Sri rahayu, boleh beda tapi harus ada surat ketrangan dari Rt/Rw setempat dan harus langsung ke kantor KPP terdekat untuk menunjukan surat keterangan tinggal sekarang

    ReplyDelete
  44. Tapi saya td di tolak mas di website nya. Solusinya gimana yah..

    ReplyDelete
  45. @ sri rahayu, Kekantor KPP terdekat saja langsung mbak, dengan membawa surat keterangan tinggal dari RT/RW jika sekarang merantau

    ReplyDelete
  46. gan kalo mau edit form online npwpnya gimana ya caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa agan ronaldo, data sudah terlanjur masuk klo sudah terkirim, harus ke kantor KPP

      Delete
    2. Nelpon juga bisa tapi sepertinya operator selalu sibuk

      Delete
    3. ooo okedeh
      saya jadinya alamat sekarangnya saya isi alamat sesuai ktp sih kk, padahal saya tidak tinggal disana. masalah gak ya kk?

      trus kalo udah submit, kita2 nanti nomor NPWPnya keluar kapan ya kk?

      Delete
    4. KK nggak nagruh yang penting ktp, NPWP bisanya jadi seminggu

      Delete
    5. yang seminggu itu kartunya kan kk? kalo nomornya aja itu beres kapan ya kk? dikirim via email sehari setelah kita submit online formnyakah?

      Delete
    6. Pengalaman teman teman klo di setujui melalui email, nanti sekitar 1 minggu akan dikirim Surat Keterangan Terdaftar (SKT) berisi nomer bersama kartu NPWP. tapi ada juga SKT bersama nomer lalu kartu nyusul.

      Delete
  47. Klau kartu dianter kita bayar apa gk??trs klau pas petugas yg nganter npwp dateng kita lagi pergi boleh gk diwakilin sama yg dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bayar gan, boleh siapa saja yang di rumah yg penting nanti ditandatangani klo paket sudah diterima

      Delete
  48. mas mau nanya, kalo misalnya belum berkeluarga, jumlah tanggungan itu di isi 0 aja ato diisi ama jumlah keluarga, ayah, ibu dan saudara ato gimana yah? Soalnya ayah masih kerja, jadi kan pasti punya NPWP sendiri.

    ReplyDelete
  49. @ Willypa, kalo masih bujangan diisi jumlah yang tinggal dirumah, nggak apa apa ayah sudah punya npwp juga..

    ReplyDelete
  50. Pagi mas, saya mau bertanya.
    tadi pagi saya dapat balasan seperti ini:
    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap permohonan dengan nomor transaksi 160103291361, pendaftaran NPWP tidak dapat dikabulkan karena alasan berikut:

    lampirkan surat keterangan

    silahkan Mengajukan Permohonan kembali dengan menggunakan Akun yang Sama. Terimakasih"

    lalu coba daftar ulang, tapi tidak ada kolom untuk upload surat keterangan..!! dan Surat Ketarangan seperti apa ya yang diminta,? boleh liat contohnya tidak?

    ReplyDelete
  51. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap permohonan dengan nomor transaksi 160103291361, pendaftaran NPWP tidak dapat dikabulkan karena alasan berikut:

    lampirkan surat keterangan

    silahkan Mengajukan Permohonan kembali dengan menggunakan Akun yang Sama. Terimakasih

    Surat keterangan apa yang diminta ya mas, dan contoh nya seperti apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat keterangan domisili mungkin, mas anto skarang tinggal pada alamat KTP atau lagi merantau?

      Delete
  52. Permisi mas, mau tanya, kalau KOde Wilayah ga muncul2 itu gimana ya? saya sudah coba berkali-kali uda teliti hurufnya juga takut salah tapi ttp ga muncul isinya malah no data avaiable in this teble, itu gimana ya?

    ReplyDelete
  53. Atau coba nama kecamatan dulu mas deddy, lalu kelurahan/desa. Jadi wilayah yang terbesar dulu

    ReplyDelete
  54. trimakasih ya Pak abu Azma, saya baru saja daftar, tinggal terima email saja diterima atau ditolak..trimakasih ya pak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya semoga lancar diterima mbak, daftar online ini hanya alternatif kalau ditolak sebaiknya langsung kekantornya KPP wilayah setempat

      Delete
  55. Sewaktu sya dftr online sya klik kirim manual utk fotocopy ktp. nah setelah slsai dftr ad pemberitahuan utk ngelengkapi data. apa mungkin itu fotocopy ktp ya? jika iya bagaimana menyusulkan fotocopy ktp tersebut?

    ReplyDelete
  56. manual berarti harus dikirim ke KPP terdekat mbak, kenapa harus dikirim manual? tinggal diupload saja dari HP atau ambil dari email dulu juga bisa tadinya

    ReplyDelete
  57. Mas Abu, Saya baru saja daftar udah komplit dn nomor layanan 160103455162. tapi saya besok tetap Ke KPP karna butuh cepat, perlengkapan apa aja yg dibutuhkan dan untuk pendaftaran. karna jarak rumah dan kantor KPP jauh. trims info dan saranya..

    ReplyDelete
  58. Bawa KTP saja, bilang data sudah masuk melalui pendaftaran online, saya ingin cepat jadi sebutkan nomer layanan itu..

    ReplyDelete
  59. Mas abu, saya udah daftar tapi ditolak karena tidak melampirkan surat keterangan kerja, padahal saya belum bekerja. itu gimana ya mas?

    ReplyDelete
  60. @ Rosenta, Iya kalau belum kerja nggak wajib punya NPWP, kecuali aat NPWPnya nanti ikut suami

    ReplyDelete
  61. Gan kalau salah ngisi jumlah tanggungan bisa di ganti ngak ya, tpi ini udah ada email balasan dan no Npwp nya udah ada

    ReplyDelete
  62. Bisa mas afrizal, tapi harus ke kantor KPP langsung. kalau disitus resminya hanya pendaftaran saja...

    ReplyDelete
  63. Gan sy sudah daftar online,,, tp ditolak terus mau daftar lagi otomatis muncul seperti yang saya daftar tadi (yang sudah salah) terus pas mau memperbaiki kesalahan itu atau diedit gak bisa... mohan bantuan nya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar online hanya alternatif saja, Kalau sudah begini kekantor KPP mbak dewi, gak bisa di edit

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top