PROSEDUR DAN SYARAT PERUBAHAN DATA KARTU KELUARGA (KK)

Info Publik - Apa syarat dan bagaimana prosedur perubahan data kartu keluarga (KK) - Dalam sebuah keluarga selalu saja ada perubahan jumlah anggotanya, entah itu menambah anak atau saudara yang tinggal bersama atau malah mengurangi karena anak sudah menikah dan sudah harus punya kartu keluarga sendiri ataupun sudah ada yang meninggal. Jika memang jumlah keluarga sudah berubah maka anda wajib update untuk memperbarui. Perlu anda ketahui bahwa Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga kita.

Wajib dimiliki oleh setiap keluarga, kartu ini berisi data lengkap mengenai identitas Kepala Keluarga beserta anggota keluarganya. Kartu keluarga dicetak rangkap 3, yang masing-masing dipegang oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, Kantor Kelurahan, dan Suku Dinas.

Perlu anda ketahui juga bahwa Setiap terjadi perubahan data dalam Kartu Keluarga seperti karena terjadi peristiwa Kelahiran, Kematian, Kepindahan, dll, Kepala Keluarga wajib melaporkan ke kelurahan selambat-lambatnya dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja.

Lalu apa syaratnya dan bagaimana prosedurnya? Langkah pertama anda harus kekeluran dulu, Setiap melaporkan perubahan ke Kantor Kelurahan, kita harus membawa 2 (dua) lembar Kartu Keluarga yaitu yang disimpan oleh Kepala Keluarga dan oleh Ketua RT. Dari hasil perlaporan tersebut akan diterbitkan Kartu Keluarga baru.

HARUS BACA: AWAS...!!! PUNGLI DI KELURAHAN / KECAMATAN DIANCAM DENDA 75 JUTA


Data lain yang wajib di bawa:
  • Surat Pengantar RT/RW
  • KK lama
  • Surat Keterangan Kematian jika ada yang meninggal/Kutipan Akta Kematian jika ada yang melahirkan; Asli dan Fotokopi 
  • Akta Perkawinan/Perceraian bagi yang pernah menikah/bercerai Asli dan Fotokopi
  • Surat Keterangan Pindah bagi penduduk bagi yang pindah,
  • Kutipan Akta Perceraian, bagi pengurangan anggota keluarga karena cerai. Asli dan Fotokopi
Dalam perubahan data KK ini tidak dipungut biaya, dan lamanya waktu sekitar dalam waktu 14 hari sejak tanggal diterimanya berkas persyaratan secara lengkap. Atau tergantung daerah masing masing. Data data yang telah dikumpulkan akan diproses pada dinas kependudukan sipil kota jika anda tinggal dikota atau kabubaten tempat tinggal anda. Jika ingin cepat biasanya anda akan disuruh ke kantor disdukcapil setempat, silakan cari informasi dimana kantor disdukcapil anda...





You Might Also Like: