Home » » PROSEDUR DAN SYARAT PERUBAHAN DATA KARTU KELUARGA (KK)

PROSEDUR DAN SYARAT PERUBAHAN DATA KARTU KELUARGA (KK)

Info Publik - Apa syarat dan bagaimana prosedur perubahan data kartu keluarga (KK) - Dalam sebuah keluarga selalu saja ada perubahan jumlah anggotanya, entah itu menambah anak atau saudara yang tinggal bersama atau malah mengurangi karena anak sudah menikah dan sudah harus punya kartu keluarga sendiri ataupun sudah ada yang meninggal. Jika memang jumlah keluarga sudah berubah maka anda wajib update untuk memperbarui. Perlu anda ketahui bahwa Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga kita.

Wajib dimiliki oleh setiap keluarga, kartu ini berisi data lengkap mengenai identitas Kepala Keluarga beserta anggota keluarganya. Kartu keluarga dicetak rangkap 3, yang masing-masing dipegang oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, Kantor Kelurahan, dan Suku Dinas.

Perlu anda ketahui juga bahwa Setiap terjadi perubahan data dalam Kartu Keluarga seperti karena terjadi peristiwa Kelahiran, Kematian, Kepindahan, dll, Kepala Keluarga wajib melaporkan ke kelurahan selambat-lambatnya dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja.

Lalu apa syaratnya dan bagaimana prosedurnya? Langkah pertama anda harus kekeluran dulu, Setiap melaporkan perubahan ke Kantor Kelurahan, kita harus membawa 2 (dua) lembar Kartu Keluarga yaitu yang disimpan oleh Kepala Keluarga dan oleh Ketua RT. Dari hasil perlaporan tersebut akan diterbitkan Kartu Keluarga baru.

HARUS BACA: AWAS...!!! PUNGLI DI KELURAHAN / KECAMATAN DIANCAM DENDA 75 JUTA


Data lain yang wajib di bawa:
  • Surat Pengantar RT/RW
  • KK lama
  • Surat Keterangan Kematian jika ada yang meninggal/Kutipan Akta Kematian jika ada yang melahirkan; Asli dan Fotokopi 
  • Akta Perkawinan/Perceraian bagi yang pernah menikah/bercerai Asli dan Fotokopi
  • Surat Keterangan Pindah bagi penduduk bagi yang pindah,
  • Kutipan Akta Perceraian, bagi pengurangan anggota keluarga karena cerai. Asli dan Fotokopi
Dalam perubahan data KK ini tidak dipungut biaya, dan lamanya waktu sekitar dalam waktu 14 hari sejak tanggal diterimanya berkas persyaratan secara lengkap. Atau tergantung daerah masing masing. Data data yang telah dikumpulkan akan diproses pada dinas kependudukan sipil kota jika anda tinggal dikota atau kabubaten tempat tinggal anda. Jika ingin cepat biasanya anda akan disuruh ke kantor disdukcapil setempat, silakan cari informasi dimana kantor disdukcapil anda...
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Saturday, November 07, 2015

67 komentar:

  1. Trimakasih atas infonya, sya ingin bertanya jika ingin merubah KK baru dikarnakan perceraian sedangkan sudah memiliki anak. Apakah yg diubah hanya/dicoret nama istrinya saja sedangkan nama anak2 tetap ikut di KK suami.

    ReplyDelete
  2. @ Fatma sari, nah sekarang anak ikut siapa? kalo ikut istri/suami tetap disertakan sehingga yng di coret suami/istri saja, intiya anak anak mau tinggal dengan siapa nah dalam 1 rumah itu masukan dalam kk baru

    ReplyDelete
  3. Kalau data di Kartu Keluarag salah bagaimana cara memperbaikinya?
    Data tanggal lahir anak saya salah, yang seharusnya tahun 1999 ditulius tahun 1993.
    Kemana harus diurus dan apa persyaratannya

    ReplyDelete
  4. Bawa surat pengantar RT/RW trus kekelurahan bilang saja mau perubahan data, nanti akan diberikan surat dari kelurahan untuk dibawa kekecamatan. Semua proses ada dikecamatan anda. tanks sudah singgah

    ReplyDelete
  5. @ Ray jangan lupa bawa KK lama

    ReplyDelete
  6. tanya. apa bisa ya ganti status di kk dan ektp secara bersamaan.. soalnya di kk da ektp saya statusnya masih pelajar/ mahasiswa. dan saya ingin menggantinya soalnya saya sudah lulus sekolah.. langkahnya gimana

    ReplyDelete
  7. @ Ir Ba sa. ganti dulu yang ada di kk, baru di KTP klau bersamaan nggak bisa soalnya dasar pembuatan ktp ya kk itu

    ReplyDelete
  8. Saya sdh bercerai dgn istri saya 2 thn yg lalu skrg saya sdh menikah lgi dan mau masukan istri k kk saya..tp pada saat d kecamatan tiba" anak" saya tdk bs ikut kk saya krn sdh d rubah oleh mantan saya..yg mau saya tanyakan apakah bisa mantan istri saya menggantikan posisi saya sbg kepala keluarga d kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai syarat administrasi permbuatan KK baru menyertakan akte perceraian bisa saja mengganti posisi sebagai kepala keluarga, hal ini untuk kejelasan status anak anak. kalah duluan mas,harusnya dulu stelah bercerai langsung bikin baru dan memasukan anak anak kepada KK ayahnya nggak apa apa belum nikah lagi juga

      Delete
  9. Kalau pindah kec apa saja syarat nya? Soalnya di daerah saya kec ny udah dibpecah, kk saya masih kec yg lama

    ReplyDelete
  10. Sama saja mas, dengan yang diatas. surat pindah jangan lupa..

    ReplyDelete
  11. Saya mau bertanya..di kk hanya ada nama saya Dan anak saya nama suami tidak tercantum karna saya sudah cerai juga nikah siri punya anak satu. Sekarang saya menikah lagi nikah sekarang resmi KUA punya surat nikah apa saya bisa menambah kan nama suami yg baru ke kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu maksudanya perubahan data mbak, silahkan perbarui datanya ini berfungsi juga jika bikin bpjs agar tercantum semua anggota keluarganya

      Delete
  12. Kalo Ada kesalahan nik di e-ktp misalkan di nik e-ktp 92 di tahun lahir saya 1993 yang benar adalah 1993 apakah yang harus saya lakukan terlebih dahulu????

    Dan saya di minta di kantor e ktp saya tapi e ktp saya Kan salah apa saya boleh minta Surat keterangan terlebih dahulu ke kelura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurt saya; NIK biasanya sudah tercantum dalam KK, jika di KTP salah ikut saja yang di KK, berarti harus dirubah itu yang di eKTP. lebih baik katakan terus terang NIK di eKTP salah, jika diperlukan tunggu akan diadakan perubahan data dahulu. Jika perusahaan meminta surat keterangan perubahan, baru bikin dan kasih saja fotocopy-nya yang asli ke kecamatan/disdukcapil untuk dirubah eKTP-nya

      Delete
    2. Gini mas,,,saya kan udah kluar dri kk orang tua saya,karena kmaren saya sempat pindah ke luar provinsi,tapi sekarang saya mau masuk ke kk orang tua saya lagi karena kmaren saya gak jdi bikin ktp di tanggerang krena saya gak jdi pndah ksana,,tapi saya udah trlanjur kluar dri kk,,,gmna solusinya itu mas,,? Mhon dbntu,trims

      Delete
    3. Berari harus perubahan data lagi mas, tidak apa apa itu. minta surat pengantar Rt/Rw untuk perubahan data KK sertakan persyaratan diatas jika diperlukan

      Delete
  13. Salam sejahtera...
    Mau tnya admin, gini orng tua saya (ayah) sudah cerai mati 4 tahun yg lalu. Dan sekarang udah nikah lagi punya anak 2. Yang mau saya tanyakan bagaimana mau menambahkn anggota keluarga, dan pesyaratan apa saja yg pelru di persiapkan serta harus kemana dulu.Tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses perubahan data sama dengan pembuatan baru mas, yaitu minta surat pengantar RT/RW setempat, lalu dibawa ke kantor desa (kelurahan) jangan lupa bawa
      ~ surat/akte kematian kakak asli + foto copy,
      ~ surat/akte kematian ibu yg asli + fotocopy,
      ~ Surat/akte nikah bapak dengan yng istri baru yg asli + fotocopy
      ~ KK lama juga dibawa
      Sip... selamat berjuang semoga cepat selesai KK yg barunya

      Delete
  14. Satu lagi ada suadara (kakak laki-laki) saya yg sudah meninggal, bagaimana untuk perubahannya.Tks...

    ReplyDelete
  15. Hi, jika saya mau mengecek apakah benar seseoramg sudah bercerai atau belum itu dimana ya? Dan apakah dengan menunjukkan kartu keluarganya saja bisa atau tidak? Karena yg saya punya cuma kk nya saja tp surat cerainya tidak. Bisakah saya mengecek status cerai atau tidak org tersebut hanya dr kk saja??? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data perceraian ada di kantor urusan agama mbak/mas, bawa saja KK itu ada nomer NIK nanti disana ada datanya jika pernikahan-nya terdaftar di kantor KUA kecuali nikah siri tidak ada datanya

      Delete
  16. mau nanya ini klu kartu keluarga itu belum ada nama anak, apa bisa diletak nama anak nya ? tapi anak ini endak punya ayah, ayahnya sudah pergi ke tempat lain bersama orang lain. Apa anak itu bisa diletak dalam kartu keluarga ibu kandungnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, perbarui saja itu KK yang penting si anak ada akte kelahiran. ngomong ngomong itu ayahnya kemana cerai atau ninggalin saja, kalau cerai sertakan akte/surat cerainya. jangan lupa ke RT/RW dulu minta surat pengantar perubahan data KK, lalu ke kelurahan

      Delete
    2. Ayahnya meninggalin mama anak itu tanpa sebarang jejak.
      tapi akta lahir anak ini asal nya dari Sulawesi Selatan. Apa perlu lagi surat pindah dari Sulawesi sekiranya KK ibu kandung nya itu asal Tarakan ?

      dan kira2 berapa lama ya Pak, urusan KK ni mengambil masa utk selesai?

      Delete
    3. Harus ada surat pindah ini soalnya kk dari sulawesi, kecuali perbaruinya di sulawesi juga, yang bikin ribet ini status suami tidak jelas, sebaiknya bicarakan pada RT/RW setempat atau yang lebih ahlinya, maaf saya tidak bisa memberi jawaban yang mencerahkan

      Delete
  17. Kalau kelahiran 1999 foto yg di butuhkan bagron merah apa biru ya mas?

    ReplyDelete
  18. Mau bertanya, Mas saya mau bikin ktp, udah ke balai desa tp katanya suruhh memperbarui kk dulu soalnya di kk saya lulus sd sederajat, dan kakak saya msh berstatus plajar padahal kakak saya udah bekerja, thn klairanku 1999, kalo di foto butuh bagron warna merah apa biruu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini harus diperbarui datanya, soalnya nanti NIK untuk bikin eKTP berlaku selamanya. ini maksudnya foto apa ya? kaau untuk KK tidak perlu, untuk eKTP nanti ambil gambarnya juga dikecamatan/disdukcapil jadi tidak perlu bawa foto

      Delete
  19. Kak mau tnya kalo kk nya lg di prises trs pas diliat udh salah nulis tgl lahir gimana ya? Apa sy selesaikan dulu kk nya sampe selesai baru bikin surat untuk merubahnya atau gmna? Krna sejak kk nya dikasih ke saya dr kelurahan dia blg ksh rt trs balik lg kan ke kelurahan? Sy blm balikin krna ada yg salah. Gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data sudah masuk ke server disdukcapil ini, mau dirubah ya harus ke sana langsung, tapi tetap repot carinya. Kalau ada yang salah tetap harus merubah data nanti kalau awalnya salah ya salah semua ke depannya. mulai dari awal lagi saja untuk perubahan data

      Delete
  20. min mau tanya, di kk saya tertulis sudah kawin padahal belum dan di ktp juga tertulis belum kawin, bagaimana cara merubah datany yaa min.. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dirubah saja mbak itu KK-nya minta surat pengantar dulu RT/RW bawa KK yang salah itu ke kelurahan bilang saja ini salah ketik

      Delete
  21. Min mau tanya dong.. ibu saya meninggal dan saya mau pindah kk krn menikah.. apakah bisa diurus secara berbarengan antara mengurangi ibu saya yg di karenakan meninggal dan mengurangi nama saya yg dikarenakan pindah ke kk baru bersama suami saya?
    Trims sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ermida, tentu saja boleh. Kalau alm. ibu sertakan akte kematian, kalau erminda bawa surat pindah. nanti diformulir tinggal tuliskan sisa keluarga yang dirumah saja

      Delete
    2. Oke.. nanti sy coba urus.. trimakasih min..

      Delete
  22. min mau tanya, kalo orang tua menikah lagi sama org yg udah punya anak. tp kk nya tetep sendiri". jadi ayah tiri saya punya kk nya sendiri. ibu saya juga punya kk sendiri. kayak gitu itu boleh kah min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus diperbaru sesuai statusnya sekarang mbak nurul. Silahkan diperbarui dan sertakan akte perceraian dan akte pernikahan yang baru. nanti di jadikan 1 saja sesuaikan siapa saja yang tinggal 1 rumah yang searang

      Delete
  23. min mau tanya.. saya mau perbaharui kk, saya tinggal berdua dengan bapak karena ibu meninggal.. lalu saya menikah dengan orang yg beda kota.. apa saja yg harus disertakan khususnya suami saya yg ktp nya beda kota?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan perbarui dengn menyertakan akte kematian bagi ibu, sebagai bukti ibu sudah tiada. Kalau suami sertakan surat pindah, jika akan tinggal serumah dengan mbak wulan.jadi nanti isinya bapak, mbak wulan, suami.

      Delete
  24. mau tanya bang.
    saya udah nikah dan punya kk baru dan ibu saya juga punya kk. kami tinggal serumah.
    ibu minta nama ibu dimasukkan dalam kk saya karna dlm kk ibu, ibu sendirian.
    Bisakah saya memasukkan nama ibu saya yg udah punya kk sendiri ke dalam kk saya dan apa aja syaratnya?
    trims bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarya tidak perlu digabungkan, biarkan saja apa adanya. Soalnya nomer KK dan NIK sudah tercatat. Tapi kalau ingin penhapusan silahkan konsultasi RT/RW setempat mas, bilang saja mau update KK nama ibu masukkan ke KK saya sedangkan KK lama akan dihapus. Kalau syaratnya kasus seperti ini saya tidak mengetahu, soalnya status yang ada yang dibolehkan hanya meninggal, pindah, lahir anak baru

      Delete
  25. MAU TANYA NIH SAYA KAN MAU LEGALISIR KK TAPI KATA ORG KECAMATANNYA GABISA KK SAYA ITU YG LAMA HARUS YG BARU. ITU PROSEDURNYA APA AJA YAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya perubahan data saja ini, silahkan semua anggota kelurga dimasukan jika memang belum ada yang masuk. bawa saja KK lama jika anda anak baru sertakan akte lahir, jika ada yg pindah minta surat pindah dahulu, jika ada yg meninggal sertakan akte kematian. minta surat pengantar RT/RW dahulu nanti sama pak RT/RW akan dijelaskan semua..

      Delete
  26. Pak, mtk solusinya, saya sudah lama pisah sama mantan istri, dan skrg saya nikah lagi.karena ada urusan penting di bank. Saya terpaksa pakai kk mantan istri. Utk buat e ktp. Tapi saya sama istri skrg juga punya kk baru yg di medan, karena emeegency saya tdk bisa nunggu surat pindah dari medan. Terpaksa saya pakai kk yg lama utk rekam e ktp. Dan gmana nanti dgn kk yg di medan. Mtk solusi pak


    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nati KK yang di istri diperbarui harusnya tanpa menyertakan nama kang Ahan, kalau memerlukan surat pindah bikin saja kalau ada waktu bisa minta tolog RT/RW nanti dikirim, KK yang di medan masih tetap berlaku, kalau eKTP juga harus ikut yang di Medan tinggal merubah data di disdukcapil membawa kk di medan. Untuk lebih jelasnya ngobrol saja dengan RT medan

      Delete
  27. Pak minta solusi, orang tua saya cerai kemudian ibu saya menikah lagi dan sekarang saya tinggal bersama ayah tiri dan ibubkandung saya. Otomatis saya ikut KK dari ayah tiri saya. Didalam KK tersebut tertulis bahwa nama ayah saya adalah ayah tiri saya. Apakah bisa say mengubah data untuk mengganti nama ayah saya ke ayah kandung? Karena untuk menyamakan semua dokumen di akte kelahiran dan ijazah semua tertulis nama ayah kandung saya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena skarang ikut kk ayah tiri tidak bisa dirubah datanya. Jika nanti dipertanyakan sebagai penguat bawa saja akte perceraian orang tua. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan pak Rt/Rw setempat

      Delete
  28. saya dulu daftar bpjs pakai KK ayah. skrg sudah menikah ingin pindah ke KK suami kartu bpjsnya. bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini persoalan Bpjs, berarti harus perubahan data ke kantor Bpjs mbak, seperti daftar baru ini bawa KK dan kartu lama. sekalian kalau mau pindah faskes dan kelas bpjs juga bisa

      Delete
  29. Min, saya mau tanya...kk pekan baru saya barusan jadi..tapi seperti nya ada kesalahan di no nik anak saya. soalnya di nik terdahulu angka 5 dan 6 nya hampir sama. Untuk cara mengurusnya bagaimana ya. thanks min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti diatas mas cara mengurusnya minta surat pengantar RT/RW stempat, trus ke kantor desa dan kecamatan, karena ini akan berarti bawa akte kelahiran, tinggal disesuaikan saja yang penting data yang kk sama dengan di akte.

      Delete
  30. Siang mas,mau nanya ne jikalau orang tua bercerai,dan anak2 ikut istri serta menikah lagi.status anak yg dibawa dalam kk yang baru status nya gmn ya?soalnya sewaktu mau buat passport org imigrasi mengatakan statusnya tdk bisa status anak berhubung di akta kelahiran tercantum nama ayah ny,nama ayah di kk dan akta lahir nya lain,tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau yang ini saya belum bisa jawab, tanya kepada ahlinya dahulu. Atau coba tanya ke Pak RT/RW setempat

      Delete
  31. Siang Mas, mau tanya..kalau mau ganti data pendidikan sama jenis pekerjaan di kk, syarat nya apa saja ya? selain surat pengantar RT/RW apa ada dokumen lain yang harus dilampirkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cupa pendidikan dan pekerjaan selain s.Pengantar RT/RW Cukup KK lama bawa saja..

      Delete
  32. misi mas numpang tanya ,
    orgtua saya sdh lama ceraii, terus waktu sekolah sya buat ektp pke KK papa tpi tdk bsa, terus pke KK mama bisa jdi NIK ikut di KK mama , NIK di KK papa beda dengan KK mama(ujungnya aja sih beda 1 angka)
    terus sya tggl sama papa pas mau buat paspor gakbisa soalny KK asli ny sama mama(skrg tggl sama suami baru) pas saya cek di kecamatan katanya KK yg di papa punya saya udh gak aktf lg. rencana sya mau pindah KK jd sndiri bisa gak? solusinya dong mas
    makasih

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Thank info nya boz.. O,ia mau nanya juga ni, kalau yatim piatu status Blm menikah upgrade kartu keluarganya gimana ya???

    ReplyDelete
  35. Numpang nanya dong min,sy ni yatim piatu status Blm nikah upgred kartu keluarga nya bagaimana ya??

    ReplyDelete
  36. Mau tanya..ektp sy jakarta, ektp suami sy bekasi..kk sy alamat suami.. Skrg kami pindah alamat.. Dan anak kedua sy blm masuk kk.. Apa syaratnya jika sy mw membuat kk alamat skrg dan anak kedua sy masuk di kk..

    ReplyDelete
  37. Sore min. Calon suami saya mamanya WNA Malaysia (tingga di MY) dan papanya WNI dan sudah cerai. Papanya sudah menikah lagi namun nama ibu didalam KK adalah nama ibu baru (ibu tiri dan sudah meninggal). Pertanyaan saya adalah
    1. Apakah bisa KK tersebut digunakan untuk mengurus surat2 ke CAPIL (N1-N5), sedangkan nama ibu didalam Akta Lahir dan KK berbeda?
    2. Jika tidak bisa, berarti harus mengubah nama ibu di KK sesuai dengan nama ibu yang tertera didalam Akta Lahir, benar tidak min? Atau ada penjelasan yang lain, please advisenya ya? terimakasih

    ReplyDelete
  38. Asslm, Bang mau tanya. KK & Akte lahir anak saya yg pertama hilang. Anak saya yg kedua belum sempet bikin akte klahiran udah keburu dibawa ma mantan istri saya. Alamat saya di KK & KTP masih di alamat rumah mertua saya. Skrg sy dlm proses persidangan cerai (tinggal tunggu akta cerai). Setelah akta cerai keluar saya rencana mau urus KK & KTP baru + Pindah alamat & Anggota keluarga di KK mau saya kurangin jadi cuma 1 orang (Nama saya sendiri). Bagaimana prosesnya & Apa aja syaratnya? trims

    ReplyDelete
  39. Aslkum. Sya mau tanya, kalau mau perbaharui KK keluaran kecamatan jadi KK keluaran Disdukcapil apa sja syaratnya? Dan brpa lama prosesnya?
    Trmkasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×