Home » » CARA AMAN TRANSAKSI MELALUI INTERNET BANKING

CARA AMAN TRANSAKSI MELALUI INTERNET BANKING

Perbankan - Apa saja Tips Aman Bertransaksi melalui Internet Banking Menggunakan Laptop/PC Dan Smartphone? - Saat pertama kali anda menggunakan fasilitas iBanking sebaiknya baca Tips yang disediakan bank tempat menabung anda, pahami semuanya setelah paham semua silakan mulailah transaksi menggunakan iBaking. Sebenarnya transaksi menggunakan internet benking ini aman aman saja, Hal yang sangat penting yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai Laptop/PC khususnya Smartphone anda terkena Hack maleware atau virus yang sudah mengakar menjadi program atau semacam software bawaan dari produsen-nya padahal ini berasal dari aplikasi yang menumpang saat anda menginstall aplikasi atau sofware yang baru anda download.

Celakanya lagi Maleware yang sudah terinstall ini sudah tidak bisa dihapus lagi kecuali dengan di install ulang (flashing) maleware atau virus semacam ini mempunyai hak penuh terhadap smartphone anda sebagaimana anda sendiri sehingga ia bisa mengerahui password punya anda sendiri, hmm...bahayakan? untuk mengetahui tanda tandanya smarphone terserang Hack Maleware baca disini TANDA ANDROID TERKENA HACK MALEWARE & APA YANG HARUS DILAKUKAN?

TIPS KEAMANAN INTERNET BANKING

  

Tips Aman Bertransaksi

  • Pastikan Anda bertransaksi di laman yang benar pada ibanking bank tempat anda menabung. Periksa tanda keamanan (gambar Gembok terkunci) untuk memastikan Anda bertransaksi pada website yang benar. Tanda tersebut akan memberikan informasi pemilik website yang sebenarnya.
  • Jangan pernah membuka laman Internet Banking BRI menggunakan link yang dikirimkan melalui surat, email, sms atau media lain yang mengatasnamakan Bank BRI.
  • Jaga selalu kerahasiaan userid, password, serta mToken Anda. Jangan pernah memberikan atau memasukkan data tersebut ke program aplikasi yang tidak terpercaya, serta segera hapus mToken yang masih tersisa dan tidak digunakan lagi.
  • Jangan pernah menggunakan pilihan "save password" di browser yang keamanannya tidak terpercaya
  • Jangan pernah memberikan userid, password serta mToken Anda kepada pihak yang mengatasnamakan dirinya Bank BRI, melalui media apapun, seperti surat, email, sms atau telepon.
  • Secara rutin lakukan perubahan password dan jangan menggunakan kombinasi yang mudah ditebak, seperti Nama dan Tanggal Lahir.
  • Pastikan Anda bertransaksi menggunakan media komputer yang aman, tidak dari tempat publik atau media lain yang keamanan transaksinya tidak terjamin.
  • Setelah melakukan transaksi, segera hapus history transaksi Anda menggunakan pilihan clear cache yang tersedia setelah Anda logout.
  • Pastikan Anda mempunyai software antivirus up-to-date dan firewall yang selalu aktif di komputer atau ponsel Anda untuk menghindari gangguan pihak tidak bertanggung jawab.
  • Segera hubungi bank tempat anda menabung apabila Anda menemukan kejanggalan atau perbedaan alur proses pada transaksi Anda.

Jenis Cyber Crime

  • Phishing, adalah salah satu upaya untuk mendapatkan informasi rahasia orang lain, dimana selanjutnya informasi tersebut akan digunakan untuk keperluan lain dengan mengatasnamakan pemilik aslinya.
  • Contoh phishing adalah Nasabah melakukan login di laman yang menyerupai laman Bank, dimana Nasabah memasukkan userid dan password. Setelah itu, alur transaksi akan berubah tidak seperti yang alur biasanya, dimana Nasabah diminta memasukkan kode otentikasi untuk verifikasi. Pada saat itu, data Nasabah sudah terekam dan pihak lain sudah dapat melakukan transaksi finansial atas nama Nasabah.
  • Malware (malicious software) adalah sebuah aplikasi (software) yang diciptakan untuk mencari kelemahan komputer yang kemudian dapat mengontrol sistem operasi komputer.
  • Contoh malware yang paling sering kita temui sehari-hari adalah virus dan worm dimana akan merusak atau menyembunyikan data di komputer. Selain itu terdapat juga key logger yaitu suatu cara yang dapat merekam aktifitas pengetikan pengguna, modelnya dapat berupa software maupun hardware, tujuannya untuk menangkap informasi yang beragam, diantaranya userid atau password.
Baca juga: TIPS MEMILIH BANK UNTUK MENABUNG YANG SESUAI KEBUTUHAN ANDA

Begitulah Tips arau cara aman bertransaksi melalui iBanking, Ok sahabat semua pastikan sebelum anda bertransaksi melalui smarphone perangkat yang anda gunakan aman dari hacker, virus, maleware kalau perlu untuk memastikan kebersian-nya di reset dahulu agar kembali kepengaruran awal sehingga yang tersisa hanya aplikasi bawaan dari produsen smartphone dan kalau bisa jangan di Root sehingga membuka peluang virus dan hacker masuk dengan mudah.

Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, December 26, 2015

2 komentar:

  1. terima kasih abu atas info info nya saya sering mampir kesini ....bermanfaat sekali..thanks sekali lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Bapak zulkifli, syukur kalau tulisan saya beramanfaat. ditunggu kambali kedatangan-nya..tanks..

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top