Home » » CARA MELAPORKAN PIDANA/KEJAHATAN LANGSUNG KE POLISI

CARA MELAPORKAN PIDANA/KEJAHATAN LANGSUNG KE POLISI

Info Publik - Bagaimana caranya atau prosedur/mekanisme melaporkan secara langsung tindak pidana atau kejahatan ke Kantor Polisi? - Tindakan kejahatan sekarang makin banyak dan brutal alis nekat, mungkin ini semua faktor ekonomi yang serba kurang atau tidak bersyukur dengan pemberian Allah atau bisa juga kecemburuan sosial. Anda bisa lihat di layar Televisi hampir tiap hari ada saja berita kriminal entah itu dilakuakan oleh anggota keluarga sendiri ataupun orang lain, mulai dari melukai sampai ketingkat menghilangkan nyawa orang lain.

Lalu apakah anda harus diam saja jika melihat tindakan kejahatan ini?, sebenarnya Pihak kepolisian sudah mempermudah kita untuk melaporkan ini semua melalui layanan SMS di 110 karna saya sendiri sering lihat spanduk 110 ini. Tapi jika anda ingin langsung agar cepat ada tindakan sebaiknya laporkan secara langsung kekantor Polisi, Lalu bagaimana aturan-nya jika ingin melapor kejahatan ke kantor polisi secara langsung? Ok sebaiknya baca ulasan-nya dibawah ini...

mekanisme melaporkan tindak pidana atau kejahatan ke Kantor Polisi
<< Sepertinya Anda Harus Baca Ini Juga: Cara Melaporkan Oknum Polisi Nakal Ke Propam >>
Dalam hal Anda ingin melaporkan suatu tindak pidana atau kejahatan, Anda dapat langsung datang ke kantor kepolisian yang terdekat pada lokasi peristiwa pidana tersebut terjadi. Adapun daerah hukum kepolisian meliputi (tercantum di Pasal 4 ayat [1] Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2007 tentang Daerah Hukum Kepolisian Negara Republik Indonesia – PP 23/2007):
  • Daerah hukum kepolisian Markas Besar (MABES) POLRI untuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Daerah hukum kepolisian Daerah (POLDA) untuk wilayah Provinsi;
  • Daerah hukum kepolisian Resort (POLRES) untuk wilayah Kabupaten/kota;
  • Daerah hukum kepolisian Sektor (POLSEK) untuk wilayah kecamatan.
Untuk wilayah administrasi kepolisian, daerah hukumnya dibagi berdasarkan pemerintahan daerah dan perangkat sistem peradilan pidana terpadu (Pasal 2 ayat [2] PP 23/2007). Sebagai contoh jika Anda melihat ada tindak pidana di suatu kecamatan, maka Anda dapat melaporkan hal tersebut ke Kepolisian tingkat Sektor (POLSEK) di mana tindak pidana itu terjadi. Akan tetapi, Anda juga dibenarkan/dibolehkan untuk melaporkan hal tersebut ke wilayah administrasi yang berada di atasnya misal melapor ke POLRES, POLDA atau MABES POLRI.

Pada saat Anda berada di Kantor Polisi, silakan langsung menuju ke bagian SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) yang merupakan unsur pelaksana tugas pokok di bidang pelayanan kepolisian. SPKT memiliki tugas memberikan pelayanan terhadap laporan/pengaduan masyarakat. Hal ini sebagaimana ketentuan Pasal 106 ayat (2) Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 23 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pada Tingkat Kepolisian Resor dan Kepolisian Sektor, yang berbunyi.
SPKT bertugas memberikan pelayanan kepolisian secara terpadu terhadap laporan/pengaduan masyarakat, memberikan bantuan dan pertolongan, serta memberikan pelayanan informasi.

Laporan oleh pelapor dilakukan secara lisan maupun tertulis, setelah itu berhak mendapatkan surat tanda penerimaan laporan dari penyelidik atau penyidik.

Pasal 108 ayat (1) dan ayat (6) KUHAP :
  • Pasal (1) Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik dan atau penyidik baik lisan maupun tulisan;
  • Pasal (6) Setelah menerima laporan atau pengaduan, penyelidik atau penyidik harus memberikan surat tanda penerimaan laporan atau pengaduan kepada yang bersangkutan.

Kewajiban kita sebagai pelapor sesungguhnya sudah mengurangi tugas dari kepolisian yang seharusnya menjaga kondisi lingkungan agar tetap dalam keadaan aman. Oleh karenanya, kita yang sudah membantu dan meringankan tugas Polri dalam melaksanakan tugas, melakukan laporan tentang dugaan tindak kejahatan tidak dipungut biaya. Kalaupun ada yang meminta bayaran itu adalah oknum yang sepatutnya Anda laporkan oknum tersebut ke Divisi Profesi dan Pengamanan (“Propam”) Polri. Sepengetahuan kami tugas jaga/piket Sentra Pelayanan Kepolisian menerima laporan selama 24 Jam, 7 hari dalam seminggu. Ini merupakan bentuk pelayanan Kepolisian kepada masyarakat.

Sedangkan untuk pengaduan melalui telepon, di dalam Peraturan Kepala Kepolisian No. 7 Tahun 2008 tentang Pedoman Dasar Strategi dan Implementasi Kepoolisian Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Tugas POLRI, Kepolisian membuka dan menyediakan akses komunikasi informasi tentang keluhan masyarakat yang ingin melapor melalui telepon nomor khusus seperti 110, 112 maupun sms ke 1717. Layanan 110 sama seperti halnya layanan 911 yang berlaku di Luar negeri.

Baca juga: JENIS PELAGGARAN LALU LINTAS DAN JUMLAH DENDA

Begitulah cara, prosedur, mekanisme, langkah langkah untuk melaporkan tindak pidana/kejahatan kekantor polisi secara langsung, Ok sahaat semua semoga membantu...

reverensi: Hukum online
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, December 16, 2015

18 komentar:

  1. Assalamu'alaikum kalau sy kasusnya beda.Cuman antar istri tagi hutang seber lima ratus ribu rupiah di rumah seorang Oknum kepala sekolah SD.Malah kami di aniayah sama anak ibu tersebut.Jadi kami Laporka kejadian itu di polsek sektor Manggala Antang kota makassar sulawesi selatan dan juga kami adukan ke kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kota makassar.Sekian pengalaman kami semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Melaporkan Tindak Kejahatan Pengancaman Dengan Senjata Tajam

    ReplyDelete
  3. yg aneh, adalah premanisme berkedok ormas seperti fbr forum betawi rempug. pemerintah pulsa,pemkot,kepolisian seperti tidak berkutik menghadapi fbr. padahal sudah banyak bukti premanisme yg mereka lakukan, bahkan sudah pernah masuk tv.

    ReplyDelete
  4. saya habis kena hack instagram pribadi saya apakah itu tindak pencurian ?

    ReplyDelete
  5. @ Beje Low, jika itu merugikan anda dalam bentuk materi pencemaran nama baik silahkan laporkan ke pihak yang berwenang, tapi perhitungkan waktu anda yang tersita dengan kerugaian jika tidak sebanding bahkan tidak ada kerugian mending bikin akun baru lagi..

    ReplyDelete
  6. ada teman sy yang cari kerja , karena lama tak kunjung dapat ahirnya pake Calo
    setelah bayar sejumlah uang prosesnya tak kunjung selesai, apakah ini bisa dilaporkan ke kepolisian , kalo bisa, masuk kategori kejahatan seperti apa ya

    ReplyDelete
  7. @ yudi, wah kurang tau jenis kejahatan yang seperti ini, Kalu yang melakukan pejabat pemerintahan bisa melaui kejaksaan RI secara online mas di sini: https://www.kejaksaan.go.id/pengaduan.php

    ReplyDelete
  8. Kalau ada org nipu pura2 nya ngjak kerjasam saya ngasih modal dan tiap hr dpt untung .. tp itu bohong dan sekrg orangnya kabur.. itu tindak pidan bukan.. thx

    ReplyDelete
  9. Wah jelas ini tindak kejahatan, laporkan dan sertakan bukti & saksi agar bisa di proses oleh Polisi

    ReplyDelete
  10. Jika kita di ancam dan di hina lewat sms gmn? Di ancam se akan2 akan terjadi sesuatu dan si pelaku blg hati2 lihat kanan dan kiri kemudoa di hina dgn tuduhan yang sangat tidak sopan dan kasar gmn?

    ReplyDelete
  11. @ CM, iya itu termasuk tindakan pidana UU ITE, simpan saja itu smsnya atau cicetak sebagai bukti untuk dilaporkan ke Polisi. Mengenai hukumanya bisa dibaca ini:

    Ancaman melalui SMS dapat dikenakan pasal 27 ayat (4) UU ITE yang berbunyi sebagai berikut: "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisi dan/atau membuat dapat akses informasi/electronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman".

    Adapun ancaman atau sanksi pidana dari Pasal 27 ayat (4) UU ITE tersebut sesuai Pasal 45 ayat (1) UU ITE adalah penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000 (satu milyar rupiah).

    Sementara Pasal 5 ayat (1) UU ITE menyebutkan "Informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dan/atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang sah"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sy di kenakan biaya?
      Utk sementara sy sudah email ke cybercrime dan bukti nya sudah saya cantum kan, tp belum ada respon nya 😕 malah skrg tambah penghinaan nya melalui instagram

      Delete
    2. Kalau soal biaya kurang tahu saya mbak, saya hanya sebagai penulis..

      Delete
  12. kamera adek saya diambil orang dan orangnya kabur. tapi saya punya ktp asli orang tsb. apakah ini bisa dilaporkan ke polisi dan orang tsb bisa ditemukan? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga sudah termasuk tindak kejahatan mengambil milik orang lain, sebaiknya laporkan saja ke polisi kalau ingin diproses secara hukum, itu KTP lama atau yang baru e-KTP itu? kalau yng baru mudah saja bagi polisi untuk menemukan-nya

      Delete
  13. Saya pelukis pak, saya sudah menerima orderan dari si b, kemudian lukisannya sudah selesai, namun si b tidak ada kabar lagi/menanggapi saat saya hubungi dia.
    Apa langkah yg harus saya ambil ?
    Apakah langsung membuat laporan ke polisian ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini belum termasuk tindak kejahatan mas joko, ini termasuk perjanjian awal jual beli, pada umumnya jika pesan dahulu maka diwajibkan membayar uang muka berapa persen-nya minimal untuk seharga bahan lukisan itu, saya sendiri gak bisa ngasih solusi kalau seperti ini

      Delete
  14. di kecamatan jatiroto.. kabupaten lumajang jatim.. ada bandar togel atas nama IWAN.. IWAN dilindungi aparat setempat.. tiap ada operasi 303 selalu dikasih info... IWAN alamat jln nyeoran blok d 19.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top