CARA & SYARAT BIKIN AKTE KELAHIRAN YANG TERLAMBAT?

Info Publik - Cara dan prosedur membuat akte kelahiran yang terlambat - Mengutip dari berbagai pertanyaan yang ada di situs resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil, masyarakat sangat antusias untuk membuat aktekelahiran yang sudah terlambat, entah dia terlambar 1 tahun ataupun puluhan tahun. Sebagaimana kita tahu manfaat akte kelahiran ini jika ia anak kecil usia 5 tahun berguna untuk mendaftar masuk sekolah TK, jika ia sudah dewasa merupaka syarat untuk mendaftar ibadah haji ketanah suci, soalnya kita harus bikin paspor ini membutuhkan akte kelahiran anda. Ada sebuah pertanyaan yang dijawab langsung oleh pihak Disdukcapil kabupaten Bandung, begini ;

Pertanyaan Pertama:
"Saya mau tanya kalo biaya pembuatan akte kelahiran berapa ? dan prosesnya berapa lama.? serta persyaratan apa yang harus saya lengkapi? terma kasih sebelumnya"

Jawaban :
Terima kasih saudara sudah menghubungi kami,untuk pembuatan akta kelahiran gratis silahkan saudara mengurus sendiri ke kantor Disdukcapil dengan persyaratan seperti :
  1. Fotocopy kartu keluarga 
  2. Fotocopy KTP orang tua 
  3. Fotocopy KTP 2 orang saksi 
  4. Fotocopy Surat Nikah 
  5. Surat keterangan lahir dari kelurahan/desa 
  6. Mengisi formulir F2.01 saudara dapat langsung daftar permohonan penerbitan akta kelahiran ke Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil kan bandung.
Pertanyaan ke Dua:
"Selamat malam saya mau menanyakan bagaimana jika akte saya hilang dan saya ingin mendapatkan-nya kembali sementara saya tidak punya fotocopy-nya  akte tersebut . dan mengurusnya berapa lama ya ? saya lahir di daerah soreang tahun 1991 . terimakasih

Jawaban :
terima kasih saudara sudah menghubungi website kami,silahkan saudara lampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan lampirkan berkas berkas yang lainnya.

Tambahan dari saya sendiri; untuk lamanya waktu pengurusan akte kelahiran kita biasa membaca Pergub No. 93 tahun 2012 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Pasal 53 ayat (6)
"Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran sebagaimana dimaksud pada ayat (4) diselesaikan selambat Iambatnya 5 (lima) hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas persyaratan secara lengkap".

Sehubungan dengan hal ini proses Pencatatan dapat diselesaikan secepat mungkin, namun karena keterbatasan petugas dan permintaan akan pencatatan kelahiran sehingga mungkin akan akan memakan waktu lama, namun untuk pencatatan kelahiran dapat meminta nomer telpon petugas dan menanyakan kapan akan selesai kutipan akta kelahiran.

Baca juga: UPDATE SYARAT MEMBUAT AKTE KELAHIRAN BAYI BARU "GRATIS...!!!"

Selanjutnya umumnya saat pendaftaran diberikan bukti penyerahan berkas dan pengambilan kutipan harap disimpan dan dibawa saat pengambilan. Begitulah beberapa pertanyaan masalah terlambat membuar akte kelahiran, masalah akte kelahiran yang hilang yang saya kumpulkan dari sumbernya yaitu kantor Disdukcapil.





You Might Also Like: