Home » » MAKANAN APA ITU "CACHE" DAN APA FUNGSI PADA SMARTPHONE

MAKANAN APA ITU "CACHE" DAN APA FUNGSI PADA SMARTPHONE

Abuazmashare News - Mengenal apa itu Cache dan apa fungsinya pada smarphone android/tablet dan iPhone - Sekilas cache ini sepertinya tidak ada gunanya, buktinya kita selalu diminta oleh aplikasi pembersih sampah smartphone agar selalu dibersihkan agar kinerja smartphone lebih optimal. Pada dasarnya Penggunaan memori di Android menggunakan sistem cache untuk mempercepat kinerjanya. Apa itu sistem cache dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah sedikit penjelasannya.

Bagi Anda yang menggunakan ponsel Android mungkin pernah memperhatikan pada saat pertama kali memuat aplikasi. Untuk membuka aplikasi pertama kali biasanya memakan waktu yang lebih lama, dibandingkan untuk yang kedua atau ketiga kalinya. Nah, di sinilah sistem cache itu melakukan fungsinya.

Pada dasarnya file cache pada perangkat Android merupakan kumpulan gambar, video, file teks atau lainnya yang diperlukan untuk menampilkan halaman web, iklan dan banyak lagi.

File cache akan penyimpan eleman gambar dan elemen lainnya tersebut, yang harusnya di-download dari internet, atau diekstrak dari kompresi file aplikasi atau harus dihasilkan secara manual dengan cepat, seperti thumbnail foto. File-file ini kemudian disimpan ke dalam sistem cache.

Sehingga pada saat kedua atau ketiga kalinya Anda membuka aplikasi dapat menarik file tersebut dari memori lokal, sehingga aplikasi dapat memuat lebih cepat dibandingkan saat pertama kali membuka aplikasi tersebut.

Namun meski dapat mempercepat akses aplikasi, sistem cache juga dapat membuat memori cepat habis. Karena semakin banyak eleman gambar tersimpan dimemori, maka semakin banyak pula memori internal ponsel akan terbebani.

Baca juga: Masalah Aplikasi Android Gagal Di Buka

Nah sekarang sudah taukan apa itu "Cache"? yang pasti bukan makanan kita, tapi makanan-nya memory pada smartphone agar membuat kinejanya lebih optimal atau bahkan membuat makin lambat. Oleh karenanya secara berkala sistem cache harus dibersihkan atau dihapus, untuk mengembalikan kapasitas memori internal seperti semula.

reverensi: http://selular.id/IFPAFy
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, December 22, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top