Home » » NIH...!!! USIA IDEAL MENABUNG UNTUK IBADAH HAJI

NIH...!!! USIA IDEAL MENABUNG UNTUK IBADAH HAJI

Info Publik - Berapakah usia ideal menabung untuk ibadah haji? Menunaikan ibadah haji wajib hukumnya bagi bagi orang muslim yang mampu* secara fisik dan ekonomi, mengingat perjalanan pergi haji ini jauh melintasi benua jika ingin cepat maka harus naik pesawat, setelah sampai disana kita akan mencari pondokan dan proses haji sendiripun sekitar 1 bulan, hal inilah yang mengharuskan kita menabung untuk biaya perjalan dan biaya hidup disana. Untuk tahun 2015 ini biaya haji $2.717 (R37.200.900) ini masih mending turun dibandingkan  tahun kemarin yaitu $3.219 Tapi semua tergantung nilei tukar rupiah terhadap dollar, untuk tahun depan bisa dikira kira sendiri tidak jauh dari itu.

Okelah anda sudah punya uang sejumlah itu, tapi di Indonesia tiap tahun-nya kuota haji dibatasi 211.000 orang (info terbaru mulai tahun 2016) jika kita mendaftar sekarang maka biasanya keberangktanya 7 sampai 8 tahun kedepan bahkan ada yang 10 tahun kedepan, tergantung jumlah daftar tunggu yang lebih duluan mendaftar dari pada kita jika baru daftar sekarang. Hal inilah yang mendorong kita untuk sabar menunggu dan menabung, setelah tabungan anda mencapai 30an juta maka akan anda melakuakan setoran awal untuk ibadah haji, dari setoran awal inilah anda akan mendapatkan nomer porsi.
Berapakah usia ideal menabung untuk ibadah haji
                                                      image: www.kompasiana.com

Lalu apa ini nomer Porsi Haji? adalah  nomor urut pendaftaran atau nomor antrian yang diperoleh ketika calon jemaah haji membayar setoran awal pada bank penerima setoran haji. Dari nomer porsi inilah akan kita ketahui daftar tunggu dan anda bisa perkirakan kapan akan berangkat.

Lalu berapakah usia yang cocok untuk menabung sehingga bisa naik haji pada saat fisik masih kuat dan sehat? Sebaiknya menabunglah sejak dini Misalnya, saat anak usia 10 tahun seorang muslim sudah membuka rekening tabungan haji.

"Kenapa dari anak-anak? karena masa tunggu haji akan semakin panjang,"  Jika nasabah mendapatkan daftar tunggu selama 10 tahun, maka nasabah sudah bisa naik haji ketika usia 20 tahun. Pada usia 20 tahun, seseorang bisa berhaji dalam kondisi fisik yang masih sangat prima. Kesadaran untuk membuka rekening haji saat ini masih minim. Hal ini disebabkan lantaran banyak orang yang berfikir bahwa ibadah haji dilakukan 'nanti ketika sudah tua atau sudah insaf'.  Padahal, ibadah haji perlu dipersiapkan sejak dini agar ibadah haji bisa lebih optimal.

Sekarang banyak bank syaraih yang menawarkan produk simpanan Dengan setoran awal ringan mulai Rp 50.000,  Terdapat juga fitur bagi hasil yang kompetitif dan pemotongan zakat otomatis, gratis asuransi jiwa dan kecelakaan, transaksi online dengan SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) untuk kepastian keberangkatan haji, serta tersedia pilihan ibadah haji regular dan haji khusus.

Baca juga: BINGUNG MENENTUKAN IBADAH HAJI DULU ATAU UMRAH

Lalu untuk kita orang tua yang sudah berusi 35 tahun ke atas? ya mulai sekarang saja menabungnya terserah melalui bank mana saja, sebab dengan merencanakan anda sudah dapat pahala entah kapan berangkatnya, tidak ada kata terlambat...

Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, December 13, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top