Home » , » PROSEDUR PENDAFTARARAN MENJADI CALON JEMAAH HAJI

PROSEDUR PENDAFTARARAN MENJADI CALON JEMAAH HAJI

Info PublikBagaiamana prosedur, mekanisme, cara  pendaftaran untuk menjadi calon jemaah haji ke Makkah - Bisa berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji adalah impian bagi semua umat muslim baik ia laki laki ataupun perempuan, dan ini sifatnya wajib bagi mereka yang benar benar mampu, mampu disini adalah secara fisik dan ekonomi. Tapi banyak juga yang sebenarnya tidak mampu secara fisik tapi secara ekonomi mampu, saat usia sudah lanjut tapi ia memaksakan diri untuk bisa beribadah ketanah suci sebab itu impin mereka saat fisik masih kuat sehingga menjelang jadwal keberangkatan-nya ia tetap berangkat, namun apa yang terjadi disana? banyak diantara mereka meninggal dunia dan itu sudah bisa diprediksi sebelumnya "bahwa pasti tidak akan kuat".

Tapi memang ada niat tertentu bahwa "kalaupun saya tidak kuat dan akhirnaya meninggal di sana itu sebuah kebanggan tersendiri dan itu akhir kehidupan yang paling indah" karena bisa dikubur dan menetap ditanah suci. Okelah kalau niatnya sudah bulat hingga siapapun tidak akan bisa menghalangi kecuali Allah boleh saja tu...

Tapi sebaiknya tidak harus sudah lanjut usia, fisik mulai rapuh dan merupakan sisa sisa kehidupan-nya. Akan lebih baik usia masih muda, badan masih sehat dan kuat sehingga ibadah haji juga lancar, untuk itu rencanakan dari sejak usia remaja siapkan tabungan haji untuk anak anak kita selagi masih duduk di sekolah menengah pertama. Kalau untuk kita sendiri yang sudah 30an tahun mulailah dari sekarang merencanakan-nya.


Sebenarnya badan sehat adalah modal awal untuk menancapkan niat ibadah ke tanah suci, dengan badan sehat kita bisa menabung mengumpulkan bekal sambil menunggu kouta yang mungkin hingga 8 - 10 tahun kedepan mengingat pemerintah Arab Saudi membatasi dengan memberikan kuota tertentu pada tiap negara.

Jika niat sudah ada lalu bagimana cara atau prosedur untuk mendaftarkan diri menjadi peserta calon jemaah haji? Okelah dibawah ini saya tuliskan secara lengkap, silakan baca dengan cermat kalau perlu dicatat atau di Print...

Prosedur Mendaftarkan Diri Untuk Berangkat Haji ke Tanah Suci
  1. Memembuka tabungan haji di Bank Penyelenggara Ibadah Haji dengan membawa fotocopy KTP,dan uang setoran awal minimal Rp 50.000,00 - Rp. 500.000,00 tergantung bank tempat anda mendaftar
  2. Jika Saldo telah mencapai 20 - 30 juta, maka Bank akan memberikan formulir dan meminta calon Haji untuk melengkapi persyaratan (passport, foto, dsb) dan melunasi sisa kekurangan biaya Ibadah Haji.
  3. Berkas persyaratan yang telah dipenuhi (point 2) dibawa ke Departemen Agama (Depag) setempat. Bisa dilakukan sendiri atau oleh pihak bank.
  4. Dari Departemen Agama (Depag) didapatkan nomor porsi.
  5. Tunggu pengumunan resmi apakah nomor porsi termasuk pada kelompok keberangkatan di tahun berjalan atau tidak (atau tahun berikutnya).
  6. Biasanya pihak bank juga akan menghubungi / memberitahukan.
  7. Jika ternyata kita termasuk kelompok keberangkatan pada tahun berjalan, lakukan pengisian formulir dari Depag (Mengisi formulir pernyataan, bahwa kita akan mengambil jatah keberangkatan). Formulir dari Depag harus disertai hasil test kesehatan dari puskesmas sesuai pembagian wilayah.
  8. Mengikuti manasik pada KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) tertentu atau ikut Depag.
  9. Tunggu pengumuman kloter, jadwal Keberangkatan/ kepulangan. Informasi bisa juga dilihat di KBIH.
  10. Mengambil buku pedoman, tas dan perlengakapan lain.
  11. Berangkat ke Tanah Suci, menunaikan Ibadah Haji. Insya Allah.

Informasi Keberangkatan
Kita dapat mengetahui jadwal keberangkatan seluruh embarkasi untuk pelaksanaan haji tahun ini dengan mengunduh file berikut
http://haji.kemenag.go.id/index.php/subMenu/575

Untuk memperkirakan waktu keberangkatan, kita sebagai calon jemaah haji yang telah terdaftar bisa menggunakan fitur berikut:
http://haji.kemenag.go.id/index.php/subMenu/569
Isi kolom yang tersedia di dalamnya dengan data diri kita masing-masing!

Informasi Kepulangan
Kita dapat mengetahui jadwal kepulangan seluruh embarkasi untuk pelaksanaan haji tahun ini dengan mengunduh file berikut:
http://haji.kemenag.go.id/index.php/subMenu/578

Baca juga: 
NIH...!!! USIA IDEAL MENABUNG UNTUK IBADAH HAJI
BINGUNG MENENTUKAN IBADAH HAJI DULU ATAU UMRAH

Jika link diatas ini tidak work silakan kunjungi situs resmi di  http://haji.kemenag.go.id  untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Begitulah prosedur, mekanisme, cara  pendaftaran untuk menjadi calon jemaah haji ke Makkah semoga bermanfaat..
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, December 19, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top