Home » » TANDA ANDROID TERKENA HACK MALEWARE & APA YANG HARUS DILAKUKAN?

TANDA ANDROID TERKENA HACK MALEWARE & APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Tips Android Apa tanda tandanya jika Android sudah terkena virus Jenis Maleware hacked dan apa yang harus dilakukan untuk mecegah datangnya virus Maleware? - Smartphone android/tablet hampir selalu terhubung dengan koneksi internet, maka masuk akal jika mudah terinfeksi maleware atau spyware yang kadang sangat mematikan. Indikasi atau tanda tanda android anda sudah terinfeksi virus jenis ini biasanya setiap saat ketika anda terkoneksi internet tiba tiba ada iklan jenis popUp muncul yang memenuhi layar android anda biasanya berupa peringatan bahwa "android anda lambat" atau "android anda ditemukan 15 virus" dan jika anda tekan dan buka biasanya mengarah ke google play store, anda biasanya diminta untuk download dan install.


Iklan jenis PopUp ini sebenarnya tidak mengganggu jika datangnya sekali atau 2 kali saja, tapi jika ini datang terus menerus, waspadalah sebenarnya android anda sudah terinstall aplikasi yang mengandung maleware. Lalu bagaimana cara mencari sumber iklan ini jenis PopUp ini? Untuk mengatasi hal ini, lihatlah pada data yang digunakan oleh aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda.

Contoh iklan popUp ( by: http://android.wonderhowto.com/)

Untuk melihatnya silakan menuju ke Settings, kemudian "Data Usage," kemudian melihat melalui entri dalam "App Penggunaan" kategori untuk melihat apakah ada aplikasi aneh atau tidak diketahui yang telah menggunakan banyak data akhir-akhir ini. pertimbangkan untuk menginstal aplikasi pemantau data untuk menaruh informasi ini tepat di bar status Anda

 
Aplikasi yang menguras penggunaan data

Akhirnya akan terlihat aplikasi "keystroke logger"  (rekaman langsung semua kata yang dipencet di keyboard) dan aplikasi spyware lainnya beroperasi secara diam-diam di latar belakang, yang jelas membuat mereka sulit untuk menemukan. Sama seperti pemantauan penggunaan data Anda, mengawasi aplikasi yang menguras baterai Anda untuk melihat apakah ada sesuatu yang luar biasa. Dari menu Settings utama Android, masuk ke "Battery" , kemudian mencari setiap aplikasi aneh dalam daftar.

 
Contoh Aplikasi terpantau pada penggunaan baterai

Apa yang harus dilakikan jika sudah terinfeksi Virus maleware
1. Scan dengan Anti virus
Pertama, cara termudah untuk menemukan dan menghapus aplikasi spyware akan menjalankan scan malware dengan aplikasi antivirus Android yang baik. Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang mengklaim menjadi solusi antivirus terbaik,

2. Carilah Aplikasi spam Yang telah terinstall
Sama seperti aplikasi lain pada perangkat Android Anda, aplikasi spam jenis malware akan muncul di registri aplikasi Anda, di mana ia dengan mudah dapat dihapus. Untuk memeriksa daftar ini, menuju ke Settings, kemudian "mangement Apps," kemudian tab pada bagian Download. Dari sini, terelihat melalui daftar dan tekan setiap aplikasi spam yang anda merasa tidak pernah menginstal, kemudian tekan tombol "Uninstall"  untuk menyingkirkan secara permanen. (lihat gambar dibawah)

Hapus aplikasi yang merasa tidak pernah install

Bagaiman cara melindungi Android Agar Tidak kena Hacking?
1. Jangan Root Android Anda.
Saran saya sederhana saja, sebaiknya jangan di Root android anda, kerena dengan di Root ini sana dengan anda memberikan kebebasan semua aplikasi masuk ke perangkat anda tanpa kita ketahui sebenarnya ada aplikasi terliahat asli sesuai namanya, tapi setelah di install ternyata aplikasi ini pembawa maleware yang ditandai munculnya iklan PopUp seperti saya sebutkan diatas.

2. Jangan download aplikasi yang ada di luar Google paly store seperti file.APK
Saya tahu banyak orang ingin mendapatkan aplikasi bajakan dengan Googling "AppName.apk," jika anda sudah biasa download file jenis ini supaya mendapatkan aplikasi full version dan keren, itu sama dengan anda menginfeksi android anda sendiri. Kadang saat download aplikasi jenis APK ini melalui smartphone kita salah klik pada link download yang buka file APK itu sendiri. (contoh gambar dibawah)

(Saat download file apk, hati hati jangan salah klik)

3. Update Perangkat Android Anda Pada Versi terbaru
Akhirnya, salah satu langkah anti-malware yang paling penting yang dapat Anda ambil adalah untuk memastikan perangkat Anda firmware up to date. Google dan produsen perangkat Anda biasanya akan merilis update yang berisi langkah-langkah keamanan tambahan sekali atau dua kali setahun, sehingga menerapkan pembaruan ini sangat penting untuk keamanan.

  
Pembaruan Perangkat Android

Mulailah dengan menuju ke ponsel pada menu Settings utama tablet, kemudian gulir ke bawah ke bagian bawah dan pilih "About phone", Tentang tablet, atau Perangkat. Dari sini, tekan "update sistem," maka layar berikut akan meminta Anda untuk memperbarui firmware Anda jika versi yang lebih baru tersedia. 


O iya 1 lagi ada yang lupa, untuk mencegah masuknya aplikasi Maleware sebaiknya lindungi HP anda dengan passwoard barang kali ada teman yang iri atau pacar anda cemburu dan ia memasukan aplikasi jenis virus keperangkat android anda. Begitulah tanda tandanya jika Android sudah terkena virus (hacked) dan apa yang harus dilakukan untuk mecegah datangnya virus. semoga bermanfaat...

Sumber reverensi: http://android.wonderhowto.com/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, December 05, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top