Home » , » APA YANG SALAH DENGAN APLIKASI INI? MUNGKINKAH "PALSU"

APA YANG SALAH DENGAN APLIKASI INI? MUNGKINKAH "PALSU"

Review Apps "DU Battery Saver" - Mendeteksi aplikasi android palsu, spam dan merugikan pengguna Android - Apakah adroid anda terinstall aplikasi ini? yaitu "DU Battery Saver" saya rasa pasti setiap ponsel android pernah terinstall aplikasi DU Battery, karena rata rata tetangga saya yang menggunakan android terlihat icon dari aplikasi DU Battery ini, itu artinya dalam ponsel dia ada aplikasi penghemat baterai ini. dapat saya simpulkan bahwa rata rata pengguna android pasti pernah menggunakan aplikasi DU Battery ini karena saya lihat pada google play store mengklaim Pemasangan 100.000.000 - 500.000.000. Wah..sebuah angka yang fantastis, gak ada aplikasi penghemat baterai lain yang sampai ratusan juta hanya dia sendiri yang mencapai angka diatas 100 juta pengguna.

Lalu apakah aplikasi DU Batteray fungsinya benar benar maksimal? saya rasa biasa biasa saja, fungsi yang menonjol adalah memperlihatkan  tingkat daya baterai ponsel Anda dengan persentase atau dengan waktu yang tersisa yang biasa terlihat pada pojok atas smartphone anda.

Sebenarnya ini tidak penting anda bisa membuat tampilan ini pada pengaturan adroid itu sendiri, karena sudah disediakan dari pengembang ponsel android. aplikasi ini juga bisa mematikan aplikasi lain kecuali anti virus dan yang sejenisnya dengan sekali sentuhan, fungsi ini sudah tersedia pada managemen applikasi pada android anda.


Jadi saya rasa tidak perlu kalau fungsi utamanya itu, kalau menurut saya pribadi justru DU Battery saver ini menguras baterai anda karena dia standby sejak ponsel dinyalakan karena memantau penggunaan baterai android anda, hingga terakhir ponsel anda benar benar habis baterai-nya.

(Maaf untuk anda pengembang DU battery bukan bermaksud menjelekkan, tapi saya harus memberikan informasi kepada publik sejelas jelasnya) Bahkan aplikasi Du Battery ini sangat merugikan penggunanya, karena aplikasi ini menarik aplikasi lain-nya tanpa ijin pemilik ponsel android, yang berarti Spam.

Celakanya lagi pihak Google tidak selektif kepada aplikasi yang didaftarkan pada Google Paly Store, tidak ada review atau pengawasan lebih detail atas fungsi dan sepak terjang aplikasi ini pada pengguna android. Saya pernah baca bahwa aplikasi yang didaftarkan ke Google Play store sangat cepat diterimanya.

Sekitar Satu minggu sejak pengajuan sudah di approve dan nongol di market app ini dan siap didownload oleh pengguna android. Hal ini sangat berbeda dengan di Apple App store, pihak Apple sangat selektif terhadap aplikasi yang didaftarkan, bisa memakan waktu 1 hingga 2 bulan baru diterima dan siap didownload.

Google hanya menunggu laporan keluhan dari pengguna android yang nantinya akan direview apakah benar benar merugikan pengguna android atau tidak, jika tidak terlalu merugikan aplikasi akan tetap "nongkrong" di Google paly store. Baca cara melaporkan aplikasi disini "Cara Melaporkan Aplikasi Android Ke Google Sebagai Spam & Perusak"

Suatu ketika saya memperhatikan dengan seksama dengan aplikasi Du Battery ini, saya ada 2 akun google, yang satu saya setting bahasa Indonesia dan akun yang ke-2 saya biarkan dengan bahasa inggris. Saya coba lihat informasi tambahan yang ada dibawah, klik lihat detail, saya biarkan dulu ntar dibaca. Kemudian saya buka Tab baru dan ganti akun yang bahasa inggris itu, sama saya lihat detail dengan klik View Details.

Gambar 1
Gambar 2
Keduanya sama sama versi Gratis (Free) coba anda perhatikan gambar 1 dan gambar 2, ada 1 informasi yang sengaja disembunyikan yaitu "draw over other apps" yang artinya kira kira Menarik lebih aplikasi lain-nya Anda bisa simpulkan sendiri apakah aplikasi DU Battery ini jujur dalam memberikan informasi? 

Sudah pasti tidak jujur dan dengan adanya fitur draw over other apps ini pihak pengembang dari Flat 2, 19/F, Henan Building, 90-92 Jaffe Road, Wanchai, Hong Kong ini mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari Google dan dari pihak pengembang aplikasi lain yang kerja sama dengan Du Battery. Saya sendiri tidak tau apakah kegiatan seperti ini sah sah saja sehingga google tidak menendangnya dari market app google paly store.

BACA JUGA:
Pesan saya untuk pengguna Android, sebaiknya teliti dan baca dengan seksama informsai mengenai aplikasi yang akan anda download, pilihlah yang benar benar membatu kinerja android anda dan pilihlah aplikasi yang membatu kehidupan sehari hari. Download-lah aplikasi yang resmi di app market dan kalau bisa jangan di Root, dengan di Root anda akan kehilangan masa garansi dari pengembang android dan yang lebih bahaya lagi akan mudah bagi virus, maleware dan aplikasi spam yang masuk dengan mudahnya
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, January 18, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top