Home » , , » BANDINGKAN YUK, KONEKSI 4G LTE MANA YANG PALING UNGGUL

BANDINGKAN YUK, KONEKSI 4G LTE MANA YANG PALING UNGGUL

Review Provider - Membandingkan Dan Memilih Koneksi 4G LTE Mana Yang Paling Unggul di antara Operator Seluller di Indonesia - Untuk saat ini gencar gencarnya beriklan ada 4 operator seluller yang kita lihat yaitu XL Axiata, Telkomsel, Smartfren dan Indosat Ooredoo lalu kemana itu Tri dan Axis? kok gak ada bunyinya, dari berita yang saya baca untuk operator Tri saat saya mengunjungi fan page Facebook-nya katanya antara akhir desember 2015 - januari 2016 tapi mana buktinya? Ya kita tunggu saja janjinya itu. Kalau untuk Axis cepat atau lamabat akan menyusul XL karena mereka satu atap, bukan berarti Axis tak akan kebagian 4G, Menurut Dian, sejauh ini XL masih mencari formula diferensiasi yang tepat untuk 4G Axis sehingga tak malah 'membunuh' bagi brand XL.

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL menyatakan, jika XL lebih menyasar pengguna di kalangan menengah ke atas yang membutuhkan koneksi cepat dan berkualitas, Axis lebih menyasar pasar menengah ke bawah. Makanya XL di dahulukan demi kepuasan pelanggan kalangan menengah ke atas itu. Yang kebingungan para konsumen ini, semuanya meng-klaim dirinya paling cepat alasanya sama yaitu sudah menggunakan jaringan 4G LTE, tapi diantara yang bagus pasti ada yang peling bagus jaringan-nya, kecepatan-nya, dan yang penting tartif-nya browh..
Memilih Koneksi 4G LTE GSM Mana Yang Paling Unggul

Bicara kecepatan koneksi internet pastinya pehitungkan juga jangkauan operator seluller-nya, dearah anda sudah termasuk cakupan-nya belum? kemudian harga juga berbeda beda tiap operator, baru baru ini Saya berita dari situs yangcanggih.com yang isinya perbandingan dari ke-3 operator seluller yaitu Telkonsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata..

Membandingkan Dan Memilih Koneksi 4G LTE Mana Yang Paling Unggul di antara Operator Seluller di Indonesia

1. Daerah Cakupan

Ketika kecepatan menjadi sesuatu yang diandalkan bagi operator selular dalam memberikan layanan 4G LTE, luas cangkupan (coverage) tidak kalah pentingnya. Ibaratnya, untuk apa punya kecepatan tinggi tapi hanya di spot-spot tertentu saja yang biasanya di daerah perkotaan sedangkan di pedesaan tidak termasuk cakupan-nya.

Dalam hal ini, OpenSignal menyebut Smartfren sebagai operator yang memiliki cakupan terluas di Indonesia, yakni sebesar 78% atau menempati peringkat ke-32 secara global. Cakupan Smartfren diikuti oleh Telkomsel 35% dan Indosat 23%. Dari sisi jumlah kota yang dicakup, Smartften menyediakan layanan 4G LTE hingga di 22 kota, sementara operator pesaingnya hanya terkonsentrasi di kota-kota besar dengan tidak lebih dari 10 kawasan.

2. Kecepatan download/Upload

Kenapa disebut 4G? Karena konektivitas LTE (Long Term Evolution) merupakan standar baru untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan saat ini. Dengan jaringan yang radio yang berbeda, LTE tetap menggunakan dasar jaringan dari generasi sebelumnya, yakni GSM, EDGE, UMTS/HSPA.

Seharusnya, LTE mampu berlari dengan kecepatan mencapai 299,6 Mbps untuk download dan 75,4 Mbps untuk upload. Sayangnya, operator seluler yang telah menyediakan layanan ini membatasi kapasitas dan kecepatannya karena terbentur regulasi tertentu.

Di Indonesia sendiri saat ini setiap operator yang menyediakan layanan 4G LTE memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Tapi menurut OpenSignal dalam laporan bertitel The State of LTE yang dirilis September 2015 menyebutkan bahwa XL Axiata sebagai operator penyedia layanan 4G LTE tercepat di Indonesia dengan rata-rata 12 Mbps dan menduduki perangkat ke-118 secara global.

Di bawah XL ada Telkomsel yang memiliki kecepatan download 11 Mbps dan Smartfren 10 Mbps. Sedangkan untuk Indosat (kini Indosat Ooredoo) berada di posisi paling bawah dengan kecepatan hanya 7 Mbps, di mana terbilang sebagai operator yang paling lemah kecepatan layanan 4G LTE-nya.

3.Tarif 

Menimbang budget untuk layanan 4G LTE bisa jadi hal yang tricky. Anda harus bisa membanding-bandingkan paket-paket yang melibatkan data internet, voice, dan pesan singkat (SMS). Selain itu, biasanya kuota data yang dimiliki juga harus dibagi dengan beberapa device lain yang Anda miliki via tethering Personal Hotspot.
  • XL membuka harga untuk layanan 4G LTE miliknya mulai dari Rp 120.000 dengan kuota 8 GB (4 GB + Bonus 4 GB di Jaringan 4G) selama 30 hari, 
  • Indosat mulai Rp 39.900 dengan kuota 2 GB selama 30 hari.
  • Telkomsel (Flash) punya Paket Basic untuk simPATI dan kartuAS dengan harga dan kuota masing-masing mulai Rp 80.000 untuk 2 GB dan Rp 60.000 untuk 1,3 GB selama 30 hari, serta kartuHalo mulai Rp 150.000 dengan paket data 4 GB, gratis voice 200 menit dan 200 SMS serta paket 3 judul film.
  • Smartfren memberlakukan tarif mulai Rp 60.000 per bulan untuk kuota sebesar 4 GB ditambah bonus bicara ke operator lain selama 10 menit, sesama operator 1.000 menit, dan 100 SMS ke semua operator. Yang mencengangkan, terdapat pula paket True Unlimited yang memungkinkan pengguna menikmati layanan 4G LTE sepuasnya selama sebulan penuh hanya dengan tarif Rp 75.000 (hanya berlaku untuk perangkat Andromax 4G LTE)
BACA JUGA: GRATIS INTERNET DENGAN "INDOSAT INTERNET.Org" PROMO YANG TAK ADA IKLAN-NYA

Nah sekarang pastinya anda sudah tau mana kualitas 4G LTE yang paling unggul, Kalau menurut saya dari ke semua operator tersebut, Smartfren merupakan yang paling unggul tapi sayangnya jenisnya CDMA jadi tidak semua HP bisa menggunakan-nya. Apa lagi yang True Unlimited itu murah banget itu tapi sayang-nya harus beli Handphone-nya dulu yang Andromax itu. Tapi semua terserah anda..

reverensi: http://yangcanggih.com/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, January 23, 2016

1 komentar:

  1. Kenapa Smartfren dapat predikat jangkauan yang paling luas di Indonesia?
    Sedangkan kami yang di Papua (dan tidak tertutup kemungkinan, di Maluku juga) tidak pernah rasakan bagaimana cepatnya koneksi jaringan Smartfren.

    Atau memang Indonesia ini, dalam penglihatan kalian, hanya dari Sabang sampai Manado saja?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top