Home » » 5 APLIKASI GAMELAN JAWA TERBAIK YANG HARUS ANDA COBA

5 APLIKASI GAMELAN JAWA TERBAIK YANG HARUS ANDA COBA

Review Apps - Download Gamelan Jawa Virtual Simulator Terbaik - Jika anda orang Indonesia Khususnya pulau jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik tradisional ini, gamelan adalah sekumpulan alat musik tradisional yang dibunyikan dengan dipukul sehingga menghasilkan suara yang unik dan merdu jika pukul beraturan mengikuti nada, lebih merdu lagi jika dari berbagai alat musik tradisional ini digabungkan. Kalau di tanah jawa (jawa timur,tengah dan barat) gamelan ini biasanya untuk mengiringi pertunjukan wayang kulit/golek, karawitan/kesenian ketoprak, ludruk, dan sekarang yang lagi musim adalah campur sari.

Sebagai orang Indonesia sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan dengan cara belajar memainkan alat musik gamelan ini, siapa lagi kalau bukan kita? bahkan sekarang orang asia (jepang) dan eropa pada belajar memainkan gamelan ini lho, apa gak malu kita, dengan adanya gamelan ini Indonesia sampai sekarang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang luar negeri. Kalau cuma Gitar, drum dan piano pokoknya yang termasuk alat musik modern semua negara saya rasa pemusik-nya menguasai semua, tapi kalau di kasih gamelan apakah mereka juga bisa memainkam? itulah uniknya Indonesia.
Bicara tentang gamelan dan kemajuan jaman dalam bidang teknologi IT sekarang kita tidak usah repot repot membawa alat musik gamelan, karena sekarang tersedia aplikasi yang siap download dan install pada smartphone OS Android dan iOS, jadi lebih praktis dan lengkap. Ada banyak aplikasi gamelan di google play store, tapi disini akan saya review 5 saja.

1. Virtual Javanese Gamelan (VJG)

Saya lihat aplikasi gamelan ini lengkap dan cukup bagus, startUp aplikasi Virtual Javanese Gamelan ini berasal dari negara Inggris, selain membuka sekolah musik ia juga mengembangkan aplikasi ini. Aplikasi VJG ini memiliki semua instrumen yang membentuk Gamelan Sumber Laras (Wellspring dari Harmony) di Wells Cathedral School, internasional Spesialis Sekolah Musik terkemuka yang berbasis di Barat Selatan Inggris.

Gamelan yang digunakan di Indonesia untuk mengiringi upacara pernikahan, tarian tradisional candi, wayang dsn lain lain. Diperkirakan bahwa salah satu yang pertama orang Barat untuk mendengar gamelan adalah Sir Francis Drake pada tahun 1580. Sejak itu mereka telah menginspirasi banyak komposer dari Debussy ke Steve Reich dan sekarang ada bunga yang berkembang di seluruh dunia dalam musik ini yang cocok untuk orang-orang dari semua tingkat kemampuan musik dan pengalaman. Ada kendang, kenong, kethuk dan lempyang. Silakan download aplikasinya melalui google play store.

2. Gatoel (Gamelan ToeToel)

GATOEL (Gamelan ToeToel) Gamelan Virtual yang merupakan salah satu dari jenis alat musik trasisional yang unik. Anda akan merasa seperti bermain Gamelan nyata. ToeToel (baca: tutul) berarti "sentuhan" dalam bahasa asli Jawa, sehingga itu berarti Anda hanya perlu menyentuh untuk bermain gamelan.

Ini mencakup 7 instrumen yang terdiri dari Saron, Demung, Peking, Bonang panerus, Bonang barung, Kempul & Gong, dan Slenthem. Setiap instrumen tersedia baik dalam slendro dan pelog. silakan download melalui google play store.

3. Dolanan Gamelan Jawa

Dolanan gamelan jawa ini sebagai sarana belajar memainkan gamelan jawa yang didalamnya terdapat gamelan dengan nada pelog dan gamelan dengan nada slendro.
Pada setiap nada terdapat gamelan bonang,saron,kempul,kenong dan kethuk,gong, dan kendang.

Menu dolanan berisi pilihan lagu yang dapat dipilih dan dimainkan.Untuk memainkannya harus menekan pilahan gamelan sesuai dengan nada yang ada.
game dolanan gamelan jawa ini dirancang untuk memudahkan dalam belajar memainkan gamelan jawa serta mengetahui jenis dan suara gamelan.
Silakan download melalui google play store agar dapat versi terbaru.

4. Gamelan Kyai Talogo Muncar

Gamelan Kyai Talogo Muncar adalah gamelan pelog berbasis. Gamelan Talogo Muncar dibuat pada saat Kanjeng Gusti Pangeran Paku Alam II pada tahun 1830. Hal ini digunakan untuk menampilkan gendhing "uyon - uyon Muryoraras" yang diadakan di Kadipaten Pakualam setiap 35 hari.

Setelah mengalami renovasi pada saat Sampeyan Dalem Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Pakualam VIII, nama Kyai Padmowijoyo diubah menjadi Kyai Talogo Muncar. Aplikasi ini terdiri dari delapan instrumen yang Demung, Saron, Peking, Bonang Penerus, Bonang barung, Slenthem, Kenong, Gong Kempul.

Aplikasi yang dibuat oleh proyek penelitian bergabung pada 2012 dari Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia dan Pakualam, Yogyakarta. 
Download melalui google play store.

5. Sundanese Instruments

Yang terakhir saya mengangkat Sundanese Instruments, alat musik khas Jawa barat ini juga patut anda coba. Aplikasi Sundanese Instruments ini dirancang bagi semua orang yang ingin belajar tentang Alat Musik Sunda. Di aplikasi ini terdapat virtual alat musik sunda diantaranya Angklung, Kecapi, Kendang, dan Saron.
Manfaat aplikasi ini adalah untuk melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya Sunda, menambah wawasan tentang bagaimana suara alat musik sunda, dan menambah kreatifitas dalam memainkan alat musik sunda.
Kelebihan Aplikasi ini :
- HQ Sound Instruments
- UI yang disesuaikan
- Pada Angklung terdapat 8 nada utama : Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si dan Do'
- Pada Kecapi terdapat 20 Senar sesuai kecapi aslinya
- Pada kendang terdapat 4 macam kendang
- Pada saron terdapat 6 nada : Da, Mi, Na, Ti, La, dan Da
Silakan download melalui google play store.


Itulah 5 aplikasi gamelan jawa terbaik yang patut anda coba, mari kita jaga dan lestarikan warisan kebudayaan berupa alat musik ini, kalau bukam kita lalu siapa lagi...?
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, February 20, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top