Home » » APA ITU VIRUS ZIKA? INILAH CARA MENCEGAH VIRUS ZIKA

APA ITU VIRUS ZIKA? INILAH CARA MENCEGAH VIRUS ZIKA

Info Lengkap Virus Zika - Apa itu Virus Zika? Apa Ciri Ciri Terkena Virus Zika Dan Bagaimana Cara Mencegah Virus Zika - Hampir tiap hari dalam seminggu ini media Televisi gencar gencarnya memberitakan virus yang berbahaya untuk janin ibu yang sedang mengandung ini, Jika sudah terinfeksi virus ini bayai yang dilahirkan-nya akan tampak berbeda dari pada umumnya. Kepala bayi akan terlihat mengecil pada bagian atas-nya, perbandingan wajah dan kepala bagian atas tidak seimbang, dalam istilah kedokteran mikrosefali. hmm..kasihan.

Apa itu Virus zika?Virus zika ini dibawa oleh nyamuk jenis Aedes aigypti melalui gigitanya, sama dengan demam berdarah yang selama ini sudah akrap di indonesia. Seperti diketahui, ibu hamil yang terinfeksi virus Zika berpotensi melahirkan bayi dengan mikrosefali atau kecacatan pertumbuhan otak, pada tahun ini di Brasil, lebih dari 2700 kasus mikrosefali ditemukan sepanjang tahun 2015 pada ibu hamil yang terinfeksi virus Zika melalui gigitan nyamuk.

Kenapa namanya Zika? bukan zeko atau zorro kan lebih keren, pada tahun 1948 seikor monyet dikarantina karena terkena penyakit ini di hutan Zika negara Uganda.


Saat ini virus zika sudah banyak menjagkiti bayi bayi yang ada di benua amerika, tepatnya di negara Brasil, Bolivia, Kolombia, hingga Venezuela. Untuk Indonesia belum laporan ditemukan-nya bayi yang terkena virus zika, tapi tidak menutup kemungkinan Indonesia juga bisa terkena virus zika ini sebab jenis nyamuk Aedes aigypti juga ada si sini.

Untuk peringatan juga ini, siapapun yang tinggal atau mengunjungi area yang dikethaui ada virus Zika memiliki risiko terinfeksi. Namun tidak semua orang yang terinfeksi virus Zika menunjukkan gejala. Hanya satu diantara lima orang yang menunjukkan gejala.

Ciri Ciri Atau Gejala Terkena virus Zika - demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, kelemahan dan terjadi peradangan konjungtivia," Perlu diingat juga, pada beberapa kasus Zika dilaporkan terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun. Gejala penyakit ini menyebabkan kesakitan tingkat sedang yang berlangsung 3-7 hari setelah digigit.


Cara Mencegah virus zika - Untuk pemcegahan-nya sama dengan nyamuk DBD yang selama ini kita lakukan yaitu pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, membersihkan ember, pot bunga, bak, serta tempat-tempat lain yang berpotensi jadi tempat hidup nyamuk dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk DBD. Untuk meghindari gigitan nyamuk Bisa dengan menggunakan obat nyamuk, pakaian yang melindungi sebagian besar tubuh dan sebaiknya berwarna terang, tidur menggunakan kelambu.

Pengobatan bagi penderita virus zika - Biasanya penyakit dari virus zika ini akan sembuh sendiri, jika tubuh kekurangan cairan minum air tawar yang cukup, Jadi tidak se-bahaya demam berdarah yang terjadi penurunan trombosit.


Ingat ya untuk ibu hamil kenali ciri ciri pada tubuh anda jika megalami gejala dibawah ini segera periksa ke dokter:
  • Mata merah
  • Kulit berbintik merah
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Lemas
  • Kelemahan dan terjadi peradangan konjungtivia ( lapisan tipis yang berada di mata yang berguna melindungi sklera/area putih dari mata)
BACA JUGA: PENYEBAB DAN CARA MEGHILAGKAN VARISES SERTA HAL YANG HARUS DI HINDARI

Apakah virus zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aigypti saja? Kemungkinan hubugan sek antara pasangan suami istri ataupun orang lain juga bisa, saya kutip dari http://health.kompas.com/ Kasus pertama ditemukan pada pria berusia 44 tahun dari Perancis Polinesia. Dalam cairan maninya ditemukan level virus zika dalam jumlah tinggi. Kasus kedua terjadi di tahun 2008 di Colorado, AS. Sepulang dari perjalanan ke Senegal, pakar penyakit yang ditularkan nyamuk, Brian D Foy, merasa tidak sehat dengan gejala khas infeksi virus yang berasal dari nyamuk.

Beberapa hari setelah kepulangannya itu sang istri juga mengalami gejala yang sama. Hasil pemeriksaan darah menunjukkan mereka terinfeksi virus zika. Tetapi virus itu tidak menyebar ke anggota keluarga atau anak-anak mereka sehingga dugaan penyakit itu ditularkan lewat hubungan seks semakin kuat.

Himbauan dari Kemenkes, “Kita mengimbau yang ingin bepergian ke daerah ada virus Zika, bukan travel warning ya, tapi sebaiknya menunda dulu. Mengimbau juga untuk ibu hamil,” imbuh Oscar Primadi Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes)
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, February 01, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top