Home » , » APA PESAN SEMUT KETIKA BERSALAMAN DENGAN TEMAN-NYA?

APA PESAN SEMUT KETIKA BERSALAMAN DENGAN TEMAN-NYA?

Abuazmashare - Kenapa semut berhenti seakan akan bersalaman ketika bertemu teman-nya? pesan apa yang ia sampaikan - Semut adalah makluk Allah yang kecil dan sering kita anggap remeh, bahkan sering kita sapu biar jauh dari rumah. Tapi taukah anda semut ini memiliki sistem kerja yang luar biasa, dia bergotong royong dan seakan akan tau bagian mana yang harus ia kerjakan. Badan-nya yang kecil dapat mengangkit barang 10 X lipat dari berat badan-nya bahkan ada yang bilang 50 X lipat dari berat badan-nya.

Binatang yang nyaris tanpa kecerdasan ini sudah mengenal "teamwork" dan pembagian kerja yang baik, bila ada pekerjaan besar mereka langsung melaksanakannya tanpa harus berkepanjangan memperdebatkan "who doing what". Manusia di lain pihak sering kurang mensyukuri kecerdasannya, sehingga kebanyakan manusia lebih suka berdebat untuk memutuskan siapa yang harus berbuat apa – ketimbang mengerjakan pekerjaan itu sendiri langsung.

Dalam kitab suci Alquran juga disebutkan tentang semut pada surah An-naml ayat 18 - 19 "...Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari";( 18 ) "Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".( 19 )

Credit image: http://dangstars.blogspot.com/

Ada yang unik dari binatang semut ini yaitu ketika bertemu sesama semut yang sejenis berhenti sejenak lalu mengadukan kepalanya, seakan akan bersalaman dan berkata. Pesan apa yang ia samapaikan jika bertemu teman-nya ini?

Hal ini pernah ada Penelitian dari Universitas New York, T.C. Scheneirla, mengungkaplan alasan semut mengadu kepala adalah untuk berkomunikasi dengan hewan sejenisnya. Scheneirla telah melakukan uji coba sebelum memberikan kesimpulan tersebut.

Dalam penelitiannya, Scheneirla mengambil seekor semut lalu ditaruh di dalam tempat yang berisi makanan. Semut lainnya ditaruh dalam tempat yang berisi semut-semut musuh. Perilaku semut-semut itu kemudian diamati, terutama ketika mereka berpapasan di jalan.

Diberitakan Okezone, juga dimuat pada solopos.com, Scheneirla menemukan zat kimia yang dikeluarkan dari makanan maupun musuh semut yang menempel pada semut tersebut. Dengan demikian, semut itu bisa memberitahukan bahwa ada makanan atau ada musuh di sekitar mereka.

Jika ada satu semut pekerja yang menemukan sumber makanan maka semut tersebut akan memberikan tanda berbau khas dari tubuhnya pada jalan yang ia lewati menuju ke sumber makanan tersebut, Semut-semut pekerja yang lain akan mengikuti tanda/bau pada jalan tersebut ke sumber makanan.

Oleh sebab itu jika semut sedang bekerja pasti dalam 1 garis teratur/barisan dan jika bertemu dengan semut yang lain yang berlawanan arah maka kedua kepala mereka bertemu (karena berjalan dalam satu garis teratur tadi) seolah-olah mereka sedang (lebih tepatnya) bersalaman.

Langkah ini sangat efektif bagi semut yang terkenal memiliki sistem kerjasama yang baik, seperti yang terlihat dalam film Ant-Man. Mereka juga memiliki kekuatan yang dahsyat yakni 50 kali lebih berat dari tubuhnya...

BACA JUGA: PERLUKAH MENYALAKAN LAMPU HAZARD KENDARAAN KETIKA HUJAN

Kesimpulan pelajaran yang bisa diambil hikmahnya dari semut ini adalah mari kita selalu berdoa agar bisa menjalankan tugas atau pekerjaan yang berat sekalipun, bergotong royong dan silaturahmi dalam masyarakat tak ada tugas atau pekerjaan yang berat ketika kita saling bekera sama..
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, February 04, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top