Home » , » BIKIN SIM C Rp100rb BERAPA KALAU NEMBAK...??? BACA DISINI

BIKIN SIM C Rp100rb BERAPA KALAU NEMBAK...??? BACA DISINI

Cara membuat SIM C Sesuai Prosedur, Materi Ujian Teori SIM C, Tips Lulus Ujian Teori Dan Praktek SIM C, Biaya Nembak SIM C

Info Publik - Baru baru ini saya membuat SIM C sesuai prosedur, ternyata sulit juga menghadapi ujian teori dan juga ujian praktek-nya. Perlu anda ketahui, bahwa mulai januari 2016 untuk memperpanjang SIM diberi batas 14 hari sebelum masa berlaku habis, jika SIM C anda terlambat 3 bulan mulai dari tanggal penghabisan masa berlaku maka diwajibkan untuk membuat baru lagi, tidak bisa di tawar tawar lagi. Dan inilah yang mambuat saya harus mulai dari awal lagi untuk bikin sim C, saya lupa tidak di cek kapan masa berlaku habis sehingga 3 bulan lebih 10 baru dibuka dan ternyata sudah tertinggal jauh maklum gak pernah di cek polisi ketika di jalan raya, sehingga saya juga gak pernah menyentuh, padahal di dalam dompet dan setiap hari dibawa terus.

Membuat SIM C Sesuai Prosedur

Untuk membuat SIM C sesuai prosedur syaratnya siapkan saja, Photo copy KTP 4 saja, kalau foto nanti di sana saja, Usahakan pagi pagi anda datang ke Polres Kota Madya atau Ibu kota Kabupaten tempat anda tinggal karena minta ampun ngantrinya. Parkir motor anda lalu langsung menuju ke tempat Tes kesehatan dengan mambawa photo copy KTP cukup 1 dan membayar Rp35.000;. Setelah mendapatkan surat/hasil test kesehatan langsung saja menuju loket pendaftara.

Pada loket pendataran anda akan menerima formulir dan kertas untuk sidik jari anda, setelah formulir di isi semua langsung kebagian sidik jari, yaitu jari jempol dan 3 jari tengah. Satukan bersama 1 photo copy KTP lagi, surat hasil tes kesehatan dan kertas sidik jari lalu serahkan kepada petugas. Jangan lupa cuci tangan anda yang belepotan dangan tinta itu dan tunggu panggilan untuk tes teori.

Tes/Ujian Teori

Sekarang ujian teori menggunakan komputer, kalau ditempat saya komputer ditempatkan dibelakang peserta ujian lalu di sambungkan ke proyektor atau apa istilahnya, seperti kita nonton film di bioskup gitu, jadi tinggal lihat dilayar depan yang menempel didinding saja. Pada tempat duduk anda disediakan 4 tombol A, B, C dan RESET.

Karena soal ujian adalah pilihan ganda jika anda sudah menjawab A tapi ragu ternyata yang benar C maka RESET dulu lalu baru tekan C. 1 Soal diberi wakti 1 menit jika terlambat menjawab maka dinyatakan salah jawaban-nya.

Beruntung anda sudah membaca artikel ini, karena akan saya berikan kunci jawaban materi ujian pembuatan SIM C ini silakan menuju ke ini :
 Materi Ujian SIM C Terbaru 2016 Lengkap Dengan Jawaban-nya
Pada situs itu juga anda bisa membaca bahan ujian SIM A serta simulasi/latihan ujian teori.
Memang tidak semuanya akan ditampilkan, tapi bahan unjian ini 60% ada. Pada umumnya soal ujian hanya 30 saja, jika anda benar menjawab 70% yaitu kira kira 18 soal maka akan dinyatakan lulus. Jika tidak lulus maka 2 minggu lagi nanti suruh mengulang.

BACA JUGA: MENGENAL JENIS SIM DAN CARA SERTA PERSYARATAN MEMBUAT SIM A B I B II DAN C

Ujian Praktek 
Setelah anda lulus ujian teori (kebangeten gak lulus kan sudah saya kasih bahan ujian teori?) tahap selanjutnya adalah ujian praktek. Pada ujian praktek ini anda akan melewati beberapa tanda baris batas "patok" terdiri dari 5 yang akan anda lewati dengan zig zag, lalu angaka 8 dan bentuk lintasan menyerupai huruf U.

Silhakan lalui semua itu, jika tidak lolos pada zig zag tetap lanjutkan saja hingga akhir perlintasan, Nanti pak polisi yang nge-tes anda akan mencatat bagian mana yang gagal atau tidak lolos, maka minggu depan anda tinggal mengulang pada bagian yang gagal itu.

Tips Ujian Praktek

Berlatihlah minimal 5 hari dihalaman rumah atau lapangan dengan membuat batas untuk zig zag (bikin saja dari botol minuman lalu di tata lurus), angka 8 (cukup pakai kapur atau gundukan tanah) dan lintasan U. Pada patok pertama segera pindah gigi 2 agar tidak terlalu menghentak "nga-get", berlatihlah keseimbangan dan tetap tenang Insyallah berhasil.

Sesi foto SIM C

Setelah anda lulus ujian praktek langsung manuju ruang tunggu, nama anda akan dipanggil untuk mendapatkan nomer antrian foto sambil mengisi beberapa formulir lagi dan membayar biaya adaministrasi Rp100.000; saja. Lalu tinggu panggilan untuk foto SIM C sesuai nomer antrian anda. Setelah sesi foto selesai anda tinggal menunggu sekitar 15 menit maka SIM C anda sudah ada digenggaman. Selamat ya, anda sudah punya SIM C.

BACA JUGA: PERHITUNGAN DENDA STNK YANG TERLAMBAT BAYAR

Berapa Biaya Nembak SIM C?

Ada beberapa faktor orang memilih jalan pintas tanpa perlu Ujian Teori dan Praktek antara lain:
  • Tidak cukup waktu karena pekerjaan dan jarak rumah ke Polres pembuatan SIM C jauh, jika melalui ujian teori dan praktek belum tentu lulus maka akan mengulang lagi, hal ini akan semakin lama dan akan membuang waktu, apa lagi bos tempat bekerja gak pengertian dengan memotong gaji seEnaknya.
  • Motor yang disediakan tidak sesuai yang diharapkan, seperi permasalahan saya. Saya sudah berlatih keras di depan rumah dan selalu berhasil karena motor dalam keadaan 'On Fire" semua rem dan gas pakem dan enak untuk dibawa latihan, tapi giliran di Polres gak boleh pakai motor sendiri melainkan harus pakai motor yang disediakan disana, ada 2 motor metik dan motor ber-gigi, karena saya biasa pakai motor Vega maka saya pilih yang ber-gigi. Hadeuh..ampun dah gas-nya kurang pakem udah diputar juga belum nge-gas, rem-nya juga terlalu dalam injakan-nya, akhirnya saya gak lulus dan suruh mengulang 2 minggu lagi.
Saya pikir pikir, kalau begini caranya sama dengan saya dipersulit, terbukti angkatan saya saat ujian teori ada 20 orang, yang lulus 8 orang, lalu saat ujian praktek dari 8 orang yang lulus 1 orang hemm...hebat ya dia, aku lihat dia masih muda umur sekitar 20 - 25 tahun.

Jika saya harus mengulang lagi mau berapa kali mengulang? sedangkan rutinitas harian saya terganggu (ngatar anak sekolah, bekerja ngurusi 5 blog, antar jemput Istri kerja, ngasuh anak yang ke-2 berumur 9 bulan).

Akhirnya saya menyerah dan langsung menuju loket tempat mengumpulkan data pemohon petugasnya memakai seragam warna biru dan bertanya "maaf  pak kalau nembak SIM C dan bisa jadi hari ini berapa?, menyerah saya" dan dijawab "tadi habis ujian praktek ya?" aku jawab iya, "kalau hari ini gak bisa karena sudah siang, besok lagi saja nih nomer HP saya kita bicara lewat telepon saja"

Dan esok paginya sebelum berangkat saya nelpon dulu "Halo ini dari saya pak yang kemarin minta nembak SIM C jadi berapa pak?" lalu dijawab "Kemarin sudah ujian teori ya? 450 ribu saja" lalu saya jawab "gak bisa kurang pak?" "gak bisa" okelah kalau gak bisa kurang saya mau "nanti datang sebelum jam 10 ya?" aku jawab ya Siap pak.

Pagi itu setelah antar anak sekolah aku langsung mamacu kuda hitamku (motor Vega) dan menuju polres pembuatan SIM C, langsung saya temu dia dan saya serahkan data yang kemarin.

Dan benar saja saya hanya tinggal menunggu panggilan pertama untuk diserahi beberapa berkas untuk di isi tapi gak saya isi dan saya serahkan ke si bapak itu sambil saya selipkan uang Rp450.000 pada map-nya dan saya dikasih nomer antrian foto SIM C, tidak lama lalu dipanggil untu di Foto dan 15 menit kemudian SIM C sudah ada dalam genggaman. Wis...tenang poko'e...!!!

Jadi kesimpulan-nya biaya nembak SIM C Rp500.000 kalau dari awal tanpa ujian teori. Dan kenapa calo masih tetap di butuhkan? jawabanya mudah saja karena para pemohon kesan-nya dipersulit terutama pada ujian praktek. Pada hal apa sih gunanya ujian praktek zig zag tanpa kaki menyentuh tanah, muter angka 8 dan lintasan berbentuk U?

Semuanya tidak relevan dengan apa yang ada di jalan raya, masa' dijalan raya kaki kita gak boleh menyentuh tanah ketika berkendara. Saya yakin pak polisi yang bertugas ketika kita ujian praktek suruh ujian juga pasti gak akan bisa sekali, pasti mengulang beberapa kali.

BACA JUGA: PERSYARATAN PEMBUATAN, PERUBAHAN & PERPANJANGAN STNK 2016

Ok sahabat semua anda telah mambaca Cara membuat SIM C Sesuai Prosedur, Materi Ujian Teori SIM C, Tips Lulus Ujian Teori Dan Praktek SIM C, Biaya Nembak SIM C. Kalau bisa cara saya jangan ditiru ya, saya juga tau tidak baik itu. Sebenarnya boleh juga bermain dengan tantangan seperti Ujian Praktek itu, rocommended jika rumah anda dekat dengan polres pembuatan SIM dan banyak waktu, tapi masalahnya jarak rumah saya dengan polres itu sekitar 25 Km dan jalan macet.

Harapan saya untuk bapak AKBP atau siapa saja yang berwenang membuat undang undang syarat pembuatan SIM C sistem ujian praktek itu sebaiknya dirubah saja, sungguh gak nyambung dengan yang ada dilapangan. Cukup ujian Teori juga sudah bagus...he he he maunya...


Searching for: cara dan langkah membuat sim c, biaya nembak sim c 2016 - 2017, bikin sim c wilayah kab bandung jawa barat, tips ujian praktek sim c, bahan materi soal ujian teori sim c dan a, cara membuat sim c sesuai prosedur mekanisme, syarat pembuatan sim c, persiapan sebelum membuat sim c, kisi kisi tahapan membuat sim c terbaru.
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Friday, February 12, 2016

75 komentar:

  1. Terimakasih,,sangat bermanfaat sekali !!😊😃👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sama sama sudah mau singgah...

      Delete
    2. Mantap banget nih pak infonya, kebetulan saya juga pengalamannya sama telat ngecek sim udah dari Juni 2016 kemaren. Besok saya coba nembak juga infonya biayanya 500

      Delete
  2. saya khi sudah 3 kali gak lulus lulus, tapi saya coba ke tempat sidik jari, ketempat ngopi polisi, gak ada yg nawarin nembak, heran sya, apa mereka tidak yakin kalau saya mau buat sim kali ya, karena saya sudah 36 tahun waktu itu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya lagi gak butuh uang itu pak, kalau di tempat saya soreang - bandung baru juga datang sudah di tawari oleh pak polisi yg jaga pintu masuk

      Delete
    2. kang admin klo bikin sim beda domisili bisa ga yh, ktp saya bandung terus klo bikin di jakarta bisa ga yh?

      Delete
    3. Gak bisa kang Gunz, saya saja di cileunyi harus di kabupaten, gak boleh di kodya bandung apa lagi beda wilayah

      Delete
  3. Pak itu porlessamsat mana ya? Klo boleh saya minta bantuan nya juga dan minta nomornya..
    Saya sudah gagal 2x di teory .. mohin di bantu ya pak...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bikin harus di polres ibukota kabupaten atau kodya mas. gak bisa online dimana saja, saya ada di soreang bandung

      Delete
    2. Ooo gitu makasi ya pak..
      Qaduh ga cocok sama ktp bekasi >. <

      Delete
  4. untuk wilayah DKI setau saya udah ga bisa nembak menembak krn sudah ada org KPK yg berjaga jaga..ini saja tmn saya sudah cari calo yg dluar tp polisinya yg emang udah ga bisa membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pasti di Jakarta lebih ketat gan, Jakarta akan menjadi percontohan untuk polres di indonesia. Orang dalem-pun takut karena keuntungan-nya tidak sebanding dengan hukuman yang diterima... tanks sudah singgah

      Delete
  5. Boleh tanya nih, kalau untuk nembak pembuatan sim A di kab. bandung berapa ya? kalau ada konfir ke sini ya. thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik ke polres langsung, nanti tanya saja pada petugas yang jaga pagar mau masuk pendaftaran itu. kalao belum di ketati di biasanya nawari langsung..

      Delete
  6. Woow...artikelnya mantab..om Abu,saya suka.Karena isinya sebuah fakta yang terjadi di hampir seluruh pelosok negeri ini.Pertama saya mengucapkan selamat dan sukses atas kegagalan jajaran kepolisian RI (terutama bagian lalulintas) dalam melakukan reformasi dalam institusinya hingga ke tingkat daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati2 om.....lagi gencar gencarnya opp

      Delete
  7. ada nomor kontak si polisi yg bisa ngurus sim tembak polres bandung ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada mas faisal, waktu itu ada tapi sudah saya buang. Lebih baik langsung kesana saja kalau urusan itu sama petugasnya, langsung tanya saja. jangan sama calo yang gak resmi pegawai di situ

      Delete
  8. Terima kasih atas sharing pembuatan sim ini. Saya rencana juga mau buat sim dan berhubung kondisi saya juga sama dengan Anda saya terpaksa harus menggunakan jasa calo ini. Boleh minta dishare nomor kontak orang dalem yg membantu Anda mengurus sim ini. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kang Admin, nomer HP nya sudah kehapus. kalau tau banyak yang minta harusnya saya simpan. Kesena saja langsung nanti tanya yang pakai sragam biru" biasa saja mendekati lalu tanya jangan keras"

      Delete
  9. Kalo nembak sim c gak perlu tes teori sama praktek? Jadi tinggal tunggu foto aja? Kebetulan saya mau bikin sim c tapi blm ada waktu banyak..

    ReplyDelete
  10. Iya langsung kepemriksaan kesehatan mas anto, nanti akan diambil darah dikit diujug jari, klo nembak ke petugasnya langsung saja "setengah berbisik" nanti akan dipanggil suruh melengkapi formulir isian trus antri foto

    ReplyDelete
  11. Saya sudah ikut ujian teori 2x tanpa tahu di mana letak kesalahan saya. Apakah bisa kita protes dan minta ditunjukan hasil ujian tersebut?

    ReplyDelete
  12. Waduh, kalo yang ini aku nggak bisa jawab gan. Ini wewenang bagian pemberi soal ujian, lebih baik tanyakan langsung saja sebutkan nomer meja sekian atas nama agan, bilang saja terus terang nggak usah malu biasa saja merka juag memaklumi kesulitan kita

    ReplyDelete
  13. kalo ujian teorinya lulus, trus tes prakteknya besoknya, apa bisa?

    ReplyDelete
  14. @ ali humaira, Kalu lulus langsung ujian praktek hari itu juga, nggak lama kok. tapi coba tanyakan saja kepada bapak polisi yang ngasih soal ujian... tanks sudah singgah

    ReplyDelete
  15. Pembuatan Sim A baru daerah surabaya brp biayanya? Makasi

    ReplyDelete
  16. @ Dirtyscape, untuk SIM A baru daerah surabaya sama saja dengan daerah lain yaitu Rp120.000 & Perpanjangan Rp80.000

    ReplyDelete
  17. Ditempat saya cuman 250.00 bung untuk nembak SIM C, miris emang selalu dipersulit. domisili PKL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masih murah itu mas TRi, tempatku dah 500rb. memang beda suoalnya dari tangan ke tangan semua minta bagian..

      Delete
  18. Hahaha hbs 460 rb gan bwt sim c ,cma ngasih fto kopi ktp dan cek kshatan saja, gak pake lama kaya sualap gan dlm wkt 1 jam selesai nii ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi kontaknya dong gan buat nembak juga nih

      Delete
  19. @ Wisnuyasa, untung belum di ketati aturan-nya. hmm... rupanya tetap ada celah di situ. 460rb berarti masih umum, sepertinya melewati satu tangan lagi 500rb tuh...

    ReplyDelete
  20. Ane bikin lebaran kemarin.nembak kena 360 .

    ReplyDelete
  21. Gan.. Kalo ktp ps minggu bikin simnya d daerah mana ya??,soalnya dah bbrpa x nanyain kalo bikin sim awal katanya harus di depok dan kalo nembak kenanya 850rb,ntar kalo mau mmprpanjang baru d jkta,masalahnya kedepanya bikin ribet g ya?? Tnks gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kang Ahmad syarif saya tidak tau kalau daerah Jabodetabek, saya bikinya ini di bandung. Coba tanyakan yang pengalaman daerah sana..

      Delete
  22. Selamat malam Minta saran nya saya besok mau bikin sim c bagusnya gmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf telat jawab gan, bagusnya pagi pagi, soalnya ngantri rame baget. naanti sampai sana langsung menuju ke ek kesehatan lalu ke kantor polres nanti langsubg daftar dan ngisi formulir

      Delete
  23. kang admin skrang di soreang nmbak sim brpa yah ? kalo hari jumat buka smpe jam brapa polres nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo belum naik 500rb, jmat buka dari jam 8 sampai stegah 3, istirahat 11:30 - 13:00

      Delete
  24. sore gan apa benar untuk sekarang nembak sim C 800rb dan SIM A. 850 kota bandung. info nya ada sertikasi gt?

    ReplyDelete
  25. @ Widy. Sim C 500rb itu kemahalan kalopun naik paling 600rb. klo SIM A saya kurang tau 800rb sepertinya harga pantas

    ReplyDelete
  26. Rata" kalo sim C nembaknya mesti kena 500rb ya om -_- kalo ane kemaren pas ngurus sim alhamdulillah dapet keberuntungan :D Sim A + C cuma habis duit 320rb aja. 210rb buat bayar pembikinan SIM, 110rn uang sogokan, jadi ketemu 320rb udah keluar Sim A + C

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih.. murah banget tuh mas achmadi, berikan triknya dong agar yang lain juga bisa dapet harga murah:D...

      Delete
  27. Misi numpang nanya kalo sim c itu buat semua jenis motor gk ya..

    ReplyDelete
  28. @ Scorpion Love. Iya betul sim c untuk semua motor juragan...

    ReplyDelete
  29. Aneh ya masak ng bisa kita urus SIM di beda wilayah kan skrnng EKTP dah aktf kita satu negara msak ng bisa tujuan E-KTP kan bisar masing2 WNI punya ID yg mudah dilacak

    ReplyDelete
  30. Saya cuma mau berbagi yang mau bikin sim bogor,depok bikinnya di depok pake calo ane punya nomernya, terakir ane bikin sim A 850rb, terus ane tanya sim C 800rbu.. kali ada yg berminat ini saya kasi nomernya 0895327798169 yudi

    ReplyDelete
  31. Maaf mas besok saya mau buat sim c bagusny gmn apakah saya dtang langsung kesana ato ikut tetangga saya kebetulan ad yg jd polisi nembk 430rb tp itu masih ikut tes praktik sm tes teori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nambak 430rb tidak perlu ikut tes teori & praktek gan, datang langsung tes kesehatan ambil darah dikit seukuran jarum lalu menghubungi seseorang yg akan mengurus, udah gitu langsung foto & jadi

      Delete
  32. Alhamdulillah saya bikin SIM angkatan lama. Tes prakteknya cm zingzag dan angka 8 gampang banget. Langsung lulus.

    Tapi saya lihat yg sekarang. Motor ga bs pke motor sendiri, pasti peserta kaku dg motor lain. Udh gt motornya gede ga ramping kaya beat.

    Trs tes prakteknya ada 4 tahap.
    1 keseimbangan maju lurus di atas jalan setapak

    2 zigzag.c m zigzagnya jga beda sm yang dulu. yg sekarang kaya zig-zag Giring bola yg latihan sepak bola. Mana jaraknya jg sempit". So pasti lah peserta ga akan lulus pst banyak pembatas yg jatuh dan kaki pd turun karena jaraknya sempit. Lagian dijalan ga akan nemuin jalan seperti itu. :D.

    3 . Angka 8 . Sama kaya yg dulu tp sya lihat juga ukuran angka 8 nya sepertinya lebih kecil Dr teori yg seharusnya deh.

    4. Bentuk U. Sama" jaraknya sempit.

    Saya bandingin teori seharusnya dan faktanya beda banget.

    Jd utk yg bikin SIM tes praktek skrg banyak yg gugur.

    Sengaja apa gimana ya?
    Biar peserta pada nembak gt. Hahahaa.

    Bapa" yg diloket mana tuh Mba ngasih harga 450rb? Sya antar temen kmrin pd nawarinnya 550-650rb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nurhayati, Iya namapaknya sengaja di persulit agar pada nembak. harusnya minimal pakai motor sendiri sendiri biar nggak kelihatan ngasih peluang nembak. umumnya sekarang mmg 500rb jika kurang dari itu beruntunglah..

      Delete
  33. Kalau nembak sim ada yang nawari /ngomong dulu keporlesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang nawari biasanya, atau nanya secara diam diam saja soalnya sudah jadi rahasia umum itu. jangan ke kapolresnya, pegawai polres saja.

      Delete
  34. saya baru aja bikin sim sktr 1 buln yg lalu,trus td barusan ada tlp.dari satlantas katanya sim sy blm di registrasi dan sy diminta untuk dtg dan registrasi,apa ini wajar?atau ada unsur ingin menipu?

    ReplyDelete
  35. @ Hery Purwa, baru tahu aku kalo ada sim yang belum diregestrasi bukanya waktu bikin langsung regestrasi? wah nggak tau masalah begini mas..

    ReplyDelete
  36. keren banget artikel nya sangat sangat membantu apa lagi ada bocoran soal ujian nya ... heheheh jadi ingety UN dulu pas waktu SMK . cekakaka

    ReplyDelete
  37. Saya di samarinda ada yg nawarin 250 murah g y?
    Atau disini ada yg orng samarinda?
    KTP saya masih ktp sementara

    ReplyDelete
  38. Murah itu gan, apa lagi semenjak tertangkapnya pungli di kemenhub efeknya segala sektor akan ditertipkan

    ReplyDelete
  39. saya di jakarta, sya mau bikin sim c tapi katanya untuk nembak sudah tidak ad, mau ngikutin aturan liat testnya bgitu tntunya sngat memakan wktu dengan jarak saya jaktim ke jakbar
    bingung juga ya, mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  40. lokasi saya di jaktim dan pembuatan sim di jakbar, mau bkin sim c katanya sudah tidak bisa nembak lagi, mau ngikutin aturan liat ujian praktek yg sprti itu tntu sulit untuk bisa lulus 1 kali uji, mengulang pastinya memakn wktu yg bnyk, bingung juga ya mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  41. Sekarang lagi ketat ketanya mbak, ada tim saber pungli kalau nembak. Lebih baik mengikuti prosedur tes teori, praktek latihan dulu dirumah/lapangan zig zag 5 x dengan jarak patok sesuai panjang motor, lalu berputar lingkaran dan terakhir lintasan berbentuk U

    ReplyDelete
  42. Hadeuh... gak tau teh ai' sekarang mau tanya sungkan kuatir ada tim saber pungli

    ReplyDelete
  43. Mas kalo nembak sim B1 berapa ya kira" tanpa harus ada dasar sim A nya?

    ReplyDelete
  44. Kurang tau mas, saya belum pernah bikin SIM B1, tanks sudah singgah...

    ReplyDelete
  45. Mas terima kasih infonnya membantu sekali. Mas saya kerja di kota bandung, rencana mau buat sim C di Soreang, saya dilema barangkali mas ada info, jadi nama saya 3 suku kata, tapi dari pusat pada waktu pembuatan e ktp ada kesalahan nama saya hilang 1 suku kata yaitu nama depan, jadi nama saya hanya ada 2 suku kata. Kira² memungkinkan ga ya mas klo mau nembak sim C. Saya khwatirnya sudah datang jauh² ga bisa bukan karena apa² tapi karena nama di ktp, tp utk NIK nya kan sama ktp lama yg sudah expired juga masih ada bisa dilampirkan.. Saya pusing bgt kantor jauh libur hanya sehari, atasan suka motong gaji seenaknya klo tidak masuk.. Tolong infonnya ya mas.. Terima kasih sebelumnya ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting KTP sudah e-KTP, klo yg lama manual itu sudah tidak bisa dipakai lagi untuk urusan begini, klo ekTP-kan berlaku selamnya walaupun tulisanya 5 tahun. soal nama di SIM ttp ikut yg e-KTP, jadi segera di upgrade kalau ktpnya masih yang manual sekalian mbenerin & sesuaikan dengan yg di kk

      Delete
  46. Mas ada yg saya belum faham apakah yg mas maksud ini bisa sekalian pengurusan di kantor polisinya "jadi segera di upgrade kalau ktpnya masih yang manual sekalian mbenerin & sesuaikan dengan yg di kk" ? Atau maksudnya saya lebih baik pengurusan perbaikan dulu sendiri baru buat sim C ke soreang, krn bbrp kali coba perbaikan selalu alasannya belum ada mesinnya dari pusat, tetapi baru dgn baru ini ada info tetangga saya yg bisa mengurus tapi bayar sekitar 300rb. Terima kasih ya mas infonya..

    ReplyDelete
  47. Mas saya masih ada yg kurang faham "jadi segera di upgrade kalau ktpnya masih yang manual sekalian mbenerin & sesuaikan dengan yg di kk" apakah bisa sekalian pengurusan tsb di kepolisian? Klo nama di KK siyh sdh sesuai dgn di akta lahir n ktp lama, hanya yg di ektp yg error. Sudah bbrp kali datang utk perbaikan tetapi kata pegawainya belum ada mesinnya dari pusat untuk perbaikan atau maksud mas berbeda lagi, ini saya lakukan pengurusan sendiri dulu utk perbaikan/upgrade nama di ktp, setelah itu selesai baru datang ke soreang buat sim C nya? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata Neyka nama di KK sudah sesuai di akte berarti tingga memperbarui e-KTP. Sudah coba ke Disdukcapil Soreang belum? perbarui saja disana. tetangga saya bikin surat surat administrasi kependudukan dengan menggunakan kTP lama ternyata di tolak dengan alasan ktpnya manual, belum yang elektronik. Jadi yang bikin masalah hanya belum punya e-KTP, yang membuat saya khawatir sudah jauh jauh ke polres bikin SIM C ntar ditolak lagi

      Delete
  48. Iyah sudah sama mas, waktu pembuatan ektp semua data diisi juga sudah sesuai tapi yah namanya manusia bisa salah saya juga sangat kecewa, kemudian sudah coba beberapa kali datang ke disdukcapil soreang utk pengurusan, alesannya selalu sama bbrp kali datang belum ada mesin dari pusat utk perbaikan sampai saya lelah n tidak datang lagi utk pengurusan, baik mas sekarang saya sudah faham, saya memperbarui ektp (ada tetangga baru saya yg bisa pengurusan data di ektp walau kudu bayar 300rban) kemudian stlh slesai pengurusan ektp baru saya ke soreang, terima kasih utk pencerahannya ya mas sangat membantu saya jd lebih tau tahapan brikutnya. Saya jujur takut sudah jauh² datang ternyata ga ada penawaran, krn lg maraknya saber pungli. Tapi saya juga sudah berpengalaman naik motor 3tahun tanpa sim dan Alhamdulillah slama ini sll aman naik turun gunung, hanya saya memang tidak ada waktu utk bolak balik dr kota bandung ke soreang, krn dr teman² cari info smua sama jawabannya ga bisa satu hari langsung jadi pasti kudu bolak balik.. Bukan krn kita ga bisa / berpengalaman tetapi memang dipersulit walau sudah seahli apapun 80% gagal inilah yg bikin males buat sim n org lebih memilih nembak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm... begitu ya masalahnya ttp ada di disdukcapil hadeuh... aku juga pusing kalau begini. awas hati hati ada seber pungli lho..

      Delete
  49. Tadi pagi saya ke taspat jababeka, bayar sekitar 550rb hari itu langsung jadi. Padahal ktp saya ktp semarang. Hahahaha...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top