follow us

BIKIN SIM C Rp100rb BERAPA KALAU NEMBAK...??? BACA DISINI

Cara membuat SIM C Sesuai Prosedur, Materi Ujian Teori SIM C, Tips Lulus Ujian Teori Dan Praktek SIM C, Biaya Nembak SIM C

Info Publik - Baru baru ini saya membuat SIM C sesuai prosedur, ternyata sulit juga menghadapi ujian teori dan juga ujian praktek-nya. Perlu anda ketahui, bahwa mulai januari 2016 untuk memperpanjang SIM diberi batas 14 hari sebelum masa berlaku habis, jika SIM C anda terlambat 3 bulan mulai dari tanggal penghabisan masa berlaku maka diwajibkan untuk membuat baru lagi, tidak bisa di tawar tawar lagi. Dan inilah yang mambuat saya harus mulai dari awal lagi untuk bikin sim C, saya lupa tidak di cek kapan masa berlaku habis sehingga 3 bulan lebih 10 baru dibuka dan ternyata sudah tertinggal jauh maklum gak pernah di cek polisi ketika di jalan raya, sehingga saya juga gak pernah menyentuh, padahal di dalam dompet dan setiap hari dibawa terus.

Membuat SIM C Sesuai Prosedur

Untuk membuat SIM C sesuai prosedur syaratnya siapkan saja, Photo copy KTP 4 saja, kalau foto nanti di sana saja, Usahakan pagi pagi anda datang ke Polres Kota Madya atau Ibu kota Kabupaten tempat anda tinggal karena minta ampun ngantrinya. Parkir motor anda lalu langsung menuju ke tempat Tes kesehatan dengan mambawa photo copy KTP cukup 1 dan membayar Rp35.000;. Setelah mendapatkan surat/hasil test kesehatan langsung saja menuju loket pendaftara.

Pada loket pendataran anda akan menerima formulir dan kertas untuk sidik jari anda, setelah formulir di isi semua langsung kebagian sidik jari, yaitu jari jempol dan 3 jari tengah. Satukan bersama 1 photo copy KTP lagi, surat hasil tes kesehatan dan kertas sidik jari lalu serahkan kepada petugas. Jangan lupa cuci tangan anda yang belepotan dangan tinta itu dan tunggu panggilan untuk tes teori.

Tes/Ujian Teori

Sekarang ujian teori menggunakan komputer, kalau ditempat saya komputer ditempatkan dibelakang peserta ujian lalu di sambungkan ke proyektor atau apa istilahnya, seperti kita nonton film di bioskup gitu, jadi tinggal lihat dilayar depan yang menempel didinding saja. Pada tempat duduk anda disediakan 4 tombol A, B, C dan RESET.

Karena soal ujian adalah pilihan ganda jika anda sudah menjawab A tapi ragu ternyata yang benar C maka RESET dulu lalu baru tekan C. 1 Soal diberi wakti 1 menit jika terlambat menjawab maka dinyatakan salah jawaban-nya.

Beruntung anda sudah membaca artikel ini, karena akan saya berikan kunci jawaban materi ujian pembuatan SIM C ini silakan menuju ke ini :
 Materi Ujian SIM C Terbaru 2016 Lengkap Dengan Jawaban-nya
Pada situs itu juga anda bisa membaca bahan ujian SIM A serta simulasi/latihan ujian teori.
Memang tidak semuanya akan ditampilkan, tapi bahan unjian ini 60% ada. Pada umumnya soal ujian hanya 30 saja, jika anda benar menjawab 70% yaitu kira kira 18 soal maka akan dinyatakan lulus. Jika tidak lulus maka 2 minggu lagi nanti suruh mengulang.

BACA JUGA: MENGENAL JENIS SIM DAN CARA SERTA PERSYARATAN MEMBUAT SIM A B I B II DAN C

Ujian Praktek 
Setelah anda lulus ujian teori (kebangeten gak lulus kan sudah saya kasih bahan ujian teori?) tahap selanjutnya adalah ujian praktek. Pada ujian praktek ini anda akan melewati beberapa tanda baris batas "patok" terdiri dari 5 yang akan anda lewati dengan zig zag, lalu angaka 8 dan bentuk lintasan menyerupai huruf U.

Silhakan lalui semua itu, jika tidak lolos pada zig zag tetap lanjutkan saja hingga akhir perlintasan, Nanti pak polisi yang nge-tes anda akan mencatat bagian mana yang gagal atau tidak lolos, maka minggu depan anda tinggal mengulang pada bagian yang gagal itu.

Tips Ujian Praktek

Berlatihlah minimal 5 hari dihalaman rumah atau lapangan dengan membuat batas untuk zig zag (bikin saja dari botol minuman lalu di tata lurus), angka 8 (cukup pakai kapur atau gundukan tanah) dan lintasan U. Pada patok pertama segera pindah gigi 2 agar tidak terlalu menghentak "nga-get", berlatihlah keseimbangan dan tetap tenang Insyallah berhasil.

Sesi foto SIM C

Setelah anda lulus ujian praktek langsung manuju ruang tunggu, nama anda akan dipanggil untuk mendapatkan nomer antrian foto sambil mengisi beberapa formulir lagi dan membayar biaya adaministrasi Rp100.000; saja. Lalu tinggu panggilan untuk foto SIM C sesuai nomer antrian anda. Setelah sesi foto selesai anda tinggal menunggu sekitar 15 menit maka SIM C anda sudah ada digenggaman. Selamat ya, anda sudah punya SIM C.

BACA JUGA: PERHITUNGAN DENDA STNK YANG TERLAMBAT BAYAR

Berapa Biaya Nembak SIM C?

Ada beberapa faktor orang memilih jalan pintas tanpa perlu Ujian Teori dan Praktek antara lain:
  • Tidak cukup waktu karena pekerjaan dan jarak rumah ke Polres pembuatan SIM C jauh, jika melalui ujian teori dan praktek belum tentu lulus maka akan mengulang lagi, hal ini akan semakin lama dan akan membuang waktu, apa lagi bos tempat bekerja gak pengertian dengan memotong gaji seEnaknya.
  • Motor yang disediakan tidak sesuai yang diharapkan, seperi permasalahan saya. Saya sudah berlatih keras di depan rumah dan selalu berhasil karena motor dalam keadaan 'On Fire" semua rem dan gas pakem dan enak untuk dibawa latihan, tapi giliran di Polres gak boleh pakai motor sendiri melainkan harus pakai motor yang disediakan disana, ada 2 motor metik dan motor ber-gigi, karena saya biasa pakai motor Vega maka saya pilih yang ber-gigi. Hadeuh..ampun dah gas-nya kurang pakem udah diputar juga belum nge-gas, rem-nya juga terlalu dalam injakan-nya, akhirnya saya gak lulus dan suruh mengulang 2 minggu lagi.
Saya pikir pikir, kalau begini caranya sama dengan saya dipersulit, terbukti angkatan saya saat ujian teori ada 20 orang, yang lulus 8 orang, lalu saat ujian praktek dari 8 orang yang lulus 1 orang hemm...hebat ya dia, aku lihat dia masih muda umur sekitar 20 - 25 tahun.

Jika saya harus mengulang lagi mau berapa kali mengulang? sedangkan rutinitas harian saya terganggu (ngatar anak sekolah, bekerja ngurusi 5 blog, antar jemput Istri kerja, ngasuh anak yang ke-2 berumur 9 bulan).

Akhirnya saya menyerah dan langsung menuju loket tempat mengumpulkan data pemohon petugasnya memakai seragam warna biru dan bertanya "maaf  pak kalau nembak SIM C dan bisa jadi hari ini berapa?, menyerah saya" dan dijawab "tadi habis ujian praktek ya?" aku jawab iya, "kalau hari ini gak bisa karena sudah siang, besok lagi saja nih nomer HP saya kita bicara lewat telepon saja"

Dan esok paginya sebelum berangkat saya nelpon dulu "Halo ini dari saya pak yang kemarin minta nembak SIM C jadi berapa pak?" lalu dijawab "Kemarin sudah ujian teori ya? 450 ribu saja" lalu saya jawab "gak bisa kurang pak?" "gak bisa" okelah kalau gak bisa kurang saya mau "nanti datang sebelum jam 10 ya?" aku jawab ya Siap pak.

Pagi itu setelah antar anak sekolah aku langsung mamacu kuda hitamku (motor Vega) dan menuju polres pembuatan SIM C, langsung saya temu dia dan saya serahkan data yang kemarin.

Dan benar saja saya hanya tinggal menunggu panggilan pertama untuk diserahi beberapa berkas untuk di isi tapi gak saya isi dan saya serahkan ke si bapak itu sambil saya selipkan uang Rp450.000 pada map-nya dan saya dikasih nomer antrian foto SIM C, tidak lama lalu dipanggil untu di Foto dan 15 menit kemudian SIM C sudah ada dalam genggaman. Wis...tenang poko'e...!!!

Jadi kesimpulan-nya biaya nembak SIM C Rp500.000 kalau dari awal tanpa ujian teori. Dan kenapa calo masih tetap di butuhkan? jawabanya mudah saja karena para pemohon kesan-nya dipersulit terutama pada ujian praktek. Pada hal apa sih gunanya ujian praktek zig zag tanpa kaki menyentuh tanah, muter angka 8 dan lintasan berbentuk U?

Semuanya tidak relevan dengan apa yang ada di jalan raya, masa' dijalan raya kaki kita gak boleh menyentuh tanah ketika berkendara. Saya yakin pak polisi yang bertugas ketika kita ujian praktek suruh ujian juga pasti gak akan bisa sekali, pasti mengulang beberapa kali.

BACA JUGA: PERSYARATAN PEMBUATAN, PERUBAHAN & PERPANJANGAN STNK 2016

Ok sahabat semua anda telah mambaca Cara membuat SIM C Sesuai Prosedur, Materi Ujian Teori SIM C, Tips Lulus Ujian Teori Dan Praktek SIM C, Biaya Nembak SIM C. Kalau bisa cara saya jangan ditiru ya, saya juga tau tidak baik itu. Sebenarnya boleh juga bermain dengan tantangan seperti Ujian Praktek itu, rocommended jika rumah anda dekat dengan polres pembuatan SIM dan banyak waktu, tapi masalahnya jarak rumah saya dengan polres itu sekitar 25 Km dan jalan macet.

Harapan saya untuk bapak AKBP atau siapa saja yang berwenang membuat undang undang syarat pembuatan SIM C sistem ujian praktek itu sebaiknya dirubah saja, sungguh gak nyambung dengan yang ada dilapangan. Cukup ujian Teori juga sudah bagus...he he he maunya...


Searching for: cara dan langkah membuat sim c, biaya nembak sim c 2016 - 2017, bikin sim c wilayah kab bandung jawa barat, tips ujian praktek sim c, bahan materi soal ujian teori sim c dan a, cara membuat sim c sesuai prosedur mekanisme, syarat pembuatan sim c, persiapan sebelum membuat sim c, kisi kisi tahapan membuat sim c terbaru.

You Might Also Like: