Home » » MEMBUAT PANJANG UMUR DENGAN KHASIAT ANTANAN (PEGAGAN)

MEMBUAT PANJANG UMUR DENGAN KHASIAT ANTANAN (PEGAGAN)

Kesehatan - Apa itu Antanan?, Apa Manfaat Antanan/Pegagan Untuk Kesehatan?, Khasiat Daun Pegagan (Antanan) Untuk Memperpanjang Umur - Sudah lama saya tidak berbagi artikel tenytang kesehatan, sebenarnya sudah banyak para publiser menulis khasiat daun Antanan atau disebut juga Pegagan, agar tidak bosan membacanya saya akan ulas dari sisi yang berbeda yang tentunya lebih menarik. Tananam Pegagan ini memang dikabarkan berkhasiat ampuh memulihkan sistem kerja tubuh, menurunkan kolesterol dan gula darah, menstabilkan kerja hormon tubuh, sehingga bisa membuat manusia panjang umur karena kesehatan dan kebugaran-nya terjaga.

Antanan atau Pegagan adalah tanaman herbal menahun yang tumbuh liar dan mudah dijumpai pada tempat yang lembab seperti pematang sawah, tepi parit atau tanah tebing. Berebatang merayap, banyak menghasilkana cabang dan membentuk rumpun.

Jika di daerah jawa barat tanaman ini biasa dibuat cmpuran rujak cuka bersama keratan sayur dan umbi umbian lain. Selain untuk campuran rujak anda juga bisa menjumpai-nya sebagai lalapan di beberapa rumah makan Sunda, ada lagi para petani yang biasa makan di sawah, mereka mengmbilnya untuk dimakan langsung sebagai lalapan ditempat itu juga. Bagi para petani menyantap daun Pegagan ini mereka jadi jarang terserang penyakit musiman seperti demam, flu, juga batuk.

Khasiat Pegagan (Antanam)

Daun Pegagan, pegagan atau Ji Xue Ceo mengandung senyawa senyawa berkhasiat sebagai obat seperti asiatikosida (triterponoids) karotenoids, asam madasitika, mesoinositol, serta sederet garam garam mineral yang bermanfaat. Tidak heran jika tanaman ini digunakan di kawasan asia dan afrika untuk:
  • Menangkal penyakit lepra, 
  • Menyembuhkan Campak, 
  • Menyembujan penyakit Hepatitis, 
  • Meringankan Demam, 
  • Menyembuhkan penyakit Bronchitis, 
  • Menyembuhkan Radang amandel, 
  • Menetrakisir dan menyembuhkan Keracuanan logam berat, 
  • Menawar Mutah darah
  • Menyembuhkan Wasir (Ambeien)
  • Senbagai obat Cacingan
  • Menambah nafsu makan
Dalam Pegobatan tradisional cina antanan atau Pegagan (Ji Xue Ceo) menempati tempat teratas disamping jamur Lingzhi ataupun Ginseng, karena kemampuanya mengobati banyak penyakit. Sebagai bukti bahwa tumbuhan ini dapat memeperpanang usia seseorang, seorang herbalis (ahli tanaman berkhasiat) China bernama Li-Ching Yun bisa berumur 256 tahun dan tetap bugar karena tiap hari memakan daun dan batang Pegagan/Antanan ini. Masyarakat China menyadari betul akan kandungan dan manfaat senyawa kimia dalam antanan setara dengan jamur Lingzhi dan umbi ginseng.

Dalam buku  Obat Asli Indonesia penulis Dr. Seno Sastroamijoyo (1962) diuraikan bahwa antanan memiliki khasiat paling tinggi di antara tanaman berkhasiat obat. Berfungsi memperkuat lambung dan menambah nafsu makan, obat luka, obat batuk dan flu, obat sakit perut dan cacingan, membersihkan darah, bahkan obat kencing-darah dan koreng akibat sifilis.

Menurut H. Unus Suriawiria Dosen senior ITB Pemerhati bioteknologi dan agroindustri, Pengalaman beberapa rekan ITB yang sejak 5 - 6 tahun ini selalu makan daun antanan minimal 5 - 10 helai saat makan siang atau malam dapat mengurangi beberapa penyakit yang di derita seperti kencing manis, tekanan darah tinggi, batuk batuk bahkan pelupa walau usia sudah berkepala 6.

< BACA JUGA: PEDASNYA CABAI TERNYATA DAPAT MEMBUNUH SEL KANKER >

Budidaya Pegagan (Antanan) di Pot.
Karena susah mencari di pasar sebaiknya antanan di tanam sendiri, caranya begini; carilah di pematang sawah atau sekitar parit, cabut saja hingga ke akarnya lalu ditanam di bedengan pekarangan rumah atau kalau gak ada tempat/tanah kosong bisa ditanam pada pot dengan tanah gembur, tambahkan pupuk kandang dan jangan lupa di siram setiap saat. Dengan cara ini anda bisa makan daun pegagan atau antanan tiap hari supaya selalu sehat, terhindar dari berbagai penyakit.

reverensi: edit dari buku "Rahasia Sehat dengan Makanan Berkhasiat"
                  pengantar: Prof. Ali Khomsan (guru besar pangan & gizi IPB
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, February 24, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top