Home » » NIH...!!! JAWABAN KENAPA UJIAN PRAKTEK SIM C HARUS MELINTASI ZIG ZAG, 8, U

NIH...!!! JAWABAN KENAPA UJIAN PRAKTEK SIM C HARUS MELINTASI ZIG ZAG, 8, U

Ujian Praktek SIM CKenapa ujian praktek membuat SIM C harus zig zag, Megitari lintasan angka 8 dan belokan U - Masih sambungan artikel yang sudah saya tulis pada halaman sebelumnya yaitu "BIKIN SIM C Rp100rb BERAPA KALAU NEMBAK...?" yang menjadi pertanyaan antara peserta ujian praktek SIM C yang merasa tidak sesuai dengan apa yang ada dilapangan bahkan tidak relevan dengan kenyataan yang ada dan polisi yang bertugas memberikan materi ujian. Pada umumnya peserta ujian akan melintasi jalan yang dibuat zig zag, angka 8 dan belokan menyerupai huruf U, dengan ketentuan jika kaki menginjak lantai berarti gagal, motor menyenggol pembatas (patok) berati gagal. Hal ini membuat peserta selalu gagal dan harus mengulangi sesuai tahapan yang gagal tadi pada pertemuan berikutnya yaitu sekitar 2 minggu.

Dengan adanya sistem ujian praktek seperti itu para peserta yang gagal terpaksa harus sabar dan bahkan merasa dipersulit sehingga mereka akan berfikir untuk menempuh jalan pintas yaitu dengan nembak agar bisa selesai hari itu juga, meraka juga memperhitungkan waktu dan biaya untuk balik ke kantor Polres pembuatan SIM C mau berapa kali mengulang sehingga bisa lulus? karena alasan inilah para Calo tetap dibutuhkan, walaupun sebenarnya Calo-nya orang dalem juga.


Lalu kenapa para peserta ujian praktek pembuatan SIM C wajib mengikuti sistem zig zag, angak 8 dan belokan U kenapa gak langsung kelapangan saja agar sesuai dengan materi ujian teori? atau diganti saja cara seperti itu? menjawab pertanyaan ini saya mendapatkan sumbernya langsung dari Korps Lalu Lintas (Kepolisian Republik Indonesia) 

"secara umum Materi Uji Praktek yang diberikan kepada para pemohon SIM, khususnya SIM C sudah dirancang dengan baik demi kemahiran dan ketangkasan para pengendara motor di jalan raya. Adapun dapat kami sebutkan materi uji praktek SIM C:

1. Uji Keseimbangan.
Materi ini melatih agar pengendara dapat berjalan lurus dengan baik dan tidak jatuh saat melintas dijalur yg sempit.
2. Uji Slalom (Zig zag)
Materi ini untuk melatih agar pengendara dapat bergerak secara zig-zag dengan baik.
3. Uji membentuk angka 8.
Materi ini untuk melatih pengendara agar dapat berjalan tanpa berhenti saat melintasi jalur yang berbelok-belok. mungkin materi ini yang paling sulit, namun bila dilatih dengan baik akan mudah.
4. Uji reaksi.
Materi ini melatih reaksi pengendara untuk berbelok bila didepan melihat atau menghadapi situasi darurat, misalnya ada kecelakaan atau jalan berlubang.
5. Uji berbalik arah (U turn).
Materi ini untuk melatih pengendara agar dapat berputar balik tanpa harus berhenti dan menurunkan kaki.

Semua materi diatas tidak akan sulit bila para pemohon SIM C berlatih dengan baik dilingkungan rumahnya sebelum melaksanakan ujian praktek. Seperti kata pepatah: "Ala Bisa karena Biasa".


Itulah jawaban dari Kepolisisn Republik Indonesia, dengan alasan seperti itu sepertinya masuk akal juga dan sepertinya pihak kepolisian tidak akan merubahnya. Menurut saya pribadi sebaiknya dirubah sesuai apa yang ada di materi ujian teori, dengan kata lain apa yang sudah dikerjakan pada ujian teori lalu langsung dipraktekan, apa yang sudah dijawab pada ujian teori apakah sesui pada prakteknya begitu...

reverensi: www.lapor.go.id
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, February 13, 2016

16 komentar:

  1. coba deh test brp banyak org yg lulus dr ujian praktek tsb, paling banter dr 10 org cuma 1-3 org saja. nah sisanya pasti nembak by calo. saya pernah tantang petugas penguji apakah benar semua petugas yg ada disitu mampu melakukan dgn baik. dianya sendiri ragu dan mengatakan akan memilih anakbuahnya yg akan melakukan ttp saya bilang saya mau pilih acak dan dia gak mau. artinya apa petugas yg tiap hari ngetes org saja belum tentu yakin. pertanyaan besarnya apakah semua pemohon sim c ingin jd pemain akrobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget pendapat anda. kita jika menemui jalan sempit mending cari jalan yang lebar, kalau banyak rintangan mending singkirin rintangan baru lewat atau cari jalan lain. semua pemohon SIM dianggap pemain sirkus bisa akrobat.

      Delete
  2. "coba deh test brp banyak org yg lulus dr ujian praktek tsb, paling banter dr 10 org cuma 1-3 org saja. nah sisanya pasti nembak by calo. saya pernah tantang petugas penguji apakah benar semua petugas yg ada disitu mampu melakukan dgn baik. dianya sendiri ragu dan mengatakan akan memilih anakbuahnya yg akan melakukan ttp saya bilang saya mau pilih acak dan dia gak mau. artinya apa petugas yg tiap hari ngetes org saja belum tentu yakin. pertanyaan besarnya apakah semua pemohon sim c ingin jd pemain akrobat.

    TERAMAT SANGAT DIBENARKAN,
    YANG MENGANTRI UNTUK MENGAMBIL SIM BANYAK SAMPE KELUAR TAPI YANG MAU DAN SEDANG UJIAN PRAKTEK PADA KEMANA, TEMPAT UJIAN PRAKTEKNYA JUGA TERAMAT SANGAT SEPI CUMAN ADA PETUGAS PENGUJI SAJA,

    KATANYA "LAPORKAN JIKA ANDA MENEMUKAN !!!"
    eeeh..., MALAH YANG MELAPORKAN KENA "BLACKLIST"

    *no offence

    ReplyDelete
  3. Sya barusan ngurus sim c .tori sukses .praktek GAGAL .Gila hard bgt sempit ,mana ada jalan kek gtu .tadi polisi nya minta di contohin dlu ga mau .dia aja ga bisa!!

    ReplyDelete
  4. Gw lolos smua rintangan tp kata polisiny saya terlalu pelan, padahal maksud saya berhati2 agar tdk menabrak patok pembatas, dr itu saya mnyimpulkan bahwa polisi ini membuat peraturan subyektif dari ujian ini. Dan tdk membenarkan pengendara utk berhati2.. Ini namanya mempersulit lho..

    ReplyDelete
  5. Minimal hrs21 soal yg bner...kurang 2 soalnya aj g bs dtolerir, capek bgt hrs bolak balik

    ReplyDelete
  6. Ujian teori lolos. Ujian praktek selalu gagal sampe 3x , itu rintangan yg menyerupai U susah bgt , yang cowok aja banyak yg gk bisa , gmn nasip cew dan ibu ibu , ada yg nawarin langsung jadi bayarnya 700rb , luar biasa ya , padahal sim C

    ReplyDelete
  7. Mbak puji, wuih... mahal banget tuh. latihan dirumah lagi mbak, sayang nembak semahal itu. ngomong" 300rb boleh nggak ya..

    ReplyDelete
  8. Kayaknya klo ujian Prakteknya lebih diperlonggar akan berramai-ramai orang bikin SIM,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, saya berharap juga seperti itu, kasihan banyak yang gagal sampai 5 X akhirnya tetap cari calo

      Delete
  9. Kemarin tgl 28/11/16 saya bikin sim ditipu sama calo 300 rb. Saya benar2 ragu waktu itu, ragu sm calo dn ragu sm ujian sim yg sm saja bakal sulit, soalnya sy pernah ujian teori thun 2012 ga lulus ujian teori padahal sy jwb sdh yakin dn gampang.

    Walhasil calo kabur ujian teori pun ga lulus.
    FRUSTASI!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan melalui calo diluar itu gan, minta tolong saja petugas yang di dalam seragam biru langit terus terang saja. klo cuma tanya "boleh tolong saya" saja kan nggak apa apa. nanti dia yang berusaha mencari solusi yang aman

      Delete
  10. Saya tinggal di jagakarsa, harus bolak-balik ke cengkareng. Perjalanan ke sana saja paling tdk makan waktu 2jam pakai motor. Dan besoknya saya harus ijin lgi ga masuk ke kantor karena kecapean.

    Jaraknya jauh
    Ujiannya sulit
    Ditambah lagi daan mogot yg anker karena bertebaran ranjau dijalannya, ban saya sempat bocor disana.

    Kita masyarakat butuh sim hanya untuk sekedar pemakaian bolak-balik kerja bukan ingin main sirkus.

    Berapa banyak mereka yg sudah ada sim tapi tetap ugal2an di jalan, terobos lampu merah, naik trotoar, tabrak lari, ga pakai helm dll?!
    Apa manfaatnya ujian sulit kaya gitu?

    Walhasil,
    "Mempersulit orang lain maka kesulitan itu akan kembali ke diri sendiri, sebagaimana mempermudah orang lain maka kemudahan itu juga akan kembali ke diri sendiri"

    ReplyDelete
  11. ternyata banyak juga yang gagagl tdi pagi baru test teori gagal nilai 20 harus mencapai 21..disitu geramnya..pertnyaan teorinya aneh, mengukur cahaya lampu depan motor, batas makasimal ukuran modifikasi motor..trus nanya perturan pengendara tercantum dimana UUD pasal berpa...aneh banget ini trus 1 lagi sudut derajat motor pda saat belok brpa derajat???? kan vangke begini...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top