Home » » 2016 KANDUNGAN GIZI SEMANGKA DAN KHASIATNYA UNTUK KESEHATAN

2016 KANDUNGAN GIZI SEMANGKA DAN KHASIATNYA UNTUK KESEHATAN

Kesehatan - Apa saja kandungan gizi dari buag semangka? dan apa saja khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita? - Anda semua pasti tau buah semangka, buah yang rata rata ukuranya besar berbobot 2 samapai 5 kg ini banyak dijumpai di Indonesia karena memang cocok untuk daerah tropis seperti negara kita. Buah semangka banyak ditanam oleh para petani khususnya didaerah kelahiran saya yaitu Sragen Jawa Tengah, jika anda dalam perjalanan dari arah Solo menuju Sragen akan anda jumpai patung besar buah semangka, pertanda kota kami adalah kota Semangka, sepanjang jalan itu banyak pedagang menawarkan semangkanya.

Tanaman semangka atau dalam istilah latin Citrullis Vulgaris adalah tanaman yang berasal dari daerah kering tropis dan sub tropis seperti afrika, Gurun pasir Kalahari merupakan pusat penyebaran-nya. Sekarang ini buah semangka sudah menyebar pesat diberbagai negara seperti china dan Amerika. Fakta unik dari buah semangka jika ditanam di daerah basah yang air-nya melimpah rasanya tidak akan manis, hambar dan harganya juga berbeda. Semangka temasuk tanaman semusim yang tumbuh merambat dan membutuhkan banyak sinar matahari.

Buah semangka digemari banyak orang, karena memang punya daya tarik tersendiri yaitu rasa buahnya manis, hampir semua golangan umur dari bayi hingga dewasa semua gemar makan semangka, warnanya yang merah dan kuning sehingga menggugah selera untuk menyantapnya, kandungan airnya yang melimpah sekitar 92 % ada didalam buah semangka sehingga siapa saja yang memakan-nya akanterasa segar dan nikmat ketika sedang haus.


Buah semangka yang masih muda bisa diolah sebagai sayur, sedangkan lapisan kulit buah semangka bisa digunakan sebagai bahan baku untuk acar dan manisan yang banyak anda jumpai di kota bogor, cianjur dan suka bumi. Sedangkan biji buah semangka bisa dimakan setelah diproses menjadi kuaci.

Penggolongan Buah Semangka

Semangka dapat digolongkan berdasarkan dari ciri ciri buahnya, bentuk, ukuran dan warna kulit serta warna daging buah semangka. Ada beberapa bentuk buah semangka yaitu bulat, oval, dan lonjong. Sedangkan berdasrkan beratnya semangka dapat di bedakan menjadi:
* Buah Semangka Besar, jika lebih dari 4 kg/buah
* Buah semangka sedang, jika beratnya berkisar antara 2 - 4 kg/buah
* Buah semangka Kecvil, jika beratnya kurang dari 2 kg/buah
Jika berdasarkan warna kulitnya ada yang bergaris dan tidak bergaris.

Kandungan Gizi Buah Semangka 


Kandungan yang sangat penting untuk kesehatan dan pengobatan penyakit dalam tubuh kita dalam semangka adalah Likopen, dari penelitian para ahli kadar likopen akan meningkat jika disimpan dalam suhu ruangan, Likopen adalah zat yang membuat warna merah pada semangka, semakin merah warna semangka maka semakin tinggi pula kandungan Likopen-nya.

Likopen dalam semangka salah satu jenis karotinoid yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan, menurut para ahli bahwa kekuatan senyawa antioksidan yang terdapat dalam likopen dalam memerangi radikal bebas ternyata lebih ampuh jika dibandungkan antioksidan lainya.

Diperkirakan kekuatan sebagai antioksidan dari Likopen sekitar 2 kali lipat dibandingkan dengan Karotin, dan 10 kali lipat dibandingkan dengan vitamin E. Jumlah Likopen dalam buah semangka berkisar 4100 - 4532 mikrogram/100 g semangka.


Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Kita

1. Untuk Mencegah Kanker.
Dari hasil penelitian Likopen dalam buah semangka untuk mencegah timbulanya Kanker prostat, kanker paru, Kanker kolon, kanker payudara dan kanker ovarium pada wanita. Likopen dapat mengurangi risiko terkana kanker sluran pernafasan sebesar 39% dan dapat pula menurunkan risiko terkena kanker rahim sebesar 7,4%, selain itu juga dapat mencegah kanker lambung.

2. Meningkatkan Kesuburan Sperma.
Likopen juga dapat mencegah kanker prostad pada kaum pria, tingkat kesuburan laki laki ditentukan oleh baik tidaknya prostat laki laki tewrsebut. Hasil penelitian di India bahwa pria yang kurang baik tingkat kesuburan-nya setelah diberikan Likopin 20 mg selama 3 bulan menunjuk-kan perbaikan. Hal ini terlihat dari senakin banyaknya jumlah sperma dan semakin baik pergerakan-nya.

3. Menambah Kekuatan Seksual Pria
Selain Likopen, dalam buah semangka juga mengandung Sitrulin, Menurut beberapa ahli bahwa Sitrulin dapat meningkatkan ereksi pada Pria. Oleh karena itu semangka juga sebagai salah satu alternatif mengatasi gangguan seksual pada pria.

4. Menurunkan Penyakit Hipertensi
Dalam semangka juga terdapat komponen aktif yaitu Kukurbositrn, senyawa ini dapat meningkatkan kerja ginjal dalam mengatur tekanan darah agar tetap normal. Selain itu semangka juga dapat berfungsi sebagai Diuretik lemah yang akan memperlancar buang air kecil, dengan lancarnya buag air kecil (pipis) maka tekanan darah cenderung akan semakin baik.

5. Semangka Dapat mengatasi Dehidrasi
Kandunga buah semangka 92% adalah air, oleh karena itu buah semangka baik untuk orang yang kehausansekaligus akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat yang berlebihan (dehidrasi). Dengan mengkonsumsi semangka maka cairan tubuh akan cepat normal kembali, sehingga tubuh akan bugar kembali.

6. Mnstabilkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Militus
Banyak resep resep tradisional menggunakan semangka sebagai salah satu bahan untuk emnstabilkan kadr gula darah, sehingga semangka sangat cocok untuk penderita diabetes militus.

Contoh Resep Semangka

1. Jus Semangka untuk penderita Diabetes
Ambil Tomat dan semangka secukupnya, lalu di blender untuk dibuat Jus, kemudian minumkan pada peneriata diabetes beberap kali dalm sehari

2. Jus  semangka Untuk kebugaran tubuh
* Tomat
* Semangka secukupnya, dikupas lalu di iris tanbahkan madu dan diblender
* Minumlah minimla 3 X dalam seminggu secara brturut turut.

Itulah kandungan gizi semangka & Khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita, dengan mengetahu khasiat dari buah semangka ini diharapkan masyarakat mulai sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah khususnya semangka.
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, March 10, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top