Home » , » BAGAIMANA CARA AGAR CEPET TERBEBAS DARI HUTANG

BAGAIMANA CARA AGAR CEPET TERBEBAS DARI HUTANG

Tips Of The Day - 10 Cara Agar Terbebas Dari Hutang - Punya hutang memang bikin hidup gak tenang, mau jajan ingat hutang, mau jalan jalan sekedar membahagikan anak anak ingat hutang, mau beribadah dengan tenang tetap saja hutang terngiang ngiang ditelinga. Salah siapa ini? ya salah kita sendiri, kenapa harus berhutang segala. Tapi kalau tidak berhutang kebutuhan sehari hari tidak tercukupi, kata siapa tidak tercukupi? sebenarnya jika anda mau berpikir hasil kerja anda sehari itu cukup buat makan sekeluarga, tapi keinginan yang terlalu tinggi ingin beli ini ke' itu ke' yang membuat anda selalu terbelit hutang, dan selamanya akan seperti itu.

Memang tidak bisa elak-kan harga harga kebutuhan pokok ini kalau sudah naik gak akan turun lagi ini dampak dari harga bahan bakar minyak yang dinaik-kan oleh pemerintah, dan walaupun harga BBM sudah turun tapi harga kebutuhan popok tidak akan bisa turun lagi. Lalu bagaimana agar terhindar dari hutang? coba ikuti Tips ini, semoga bisa membantu anda..

1. Saat Berhutang Pilihlah Sistem Bunga Menurun (Efektif)
Sistem ini sekarang banyak di berlakukan pada bank, tahun pertama akan lebih tinggi dari pokok pinjaman itu sendiri tetapi di saat akan jatuh tempo, biaya bunga akan mengecil dan cicilan pokoknya akan semakin membesar, atau sebaliknya bunga tinggi tapi pokok tetap dari awal lalu semakin lama bunga makin mengecil. Jadi berat pada awal awal cicilan tapi pada terakhir tahun pembayaran cicilan jadi mengecil dan ringan. Dengan asumsi pada awal berhutang anda masih cukup dana dan berlimpah, sehingga pada saat sulit bunga makin menurun dan pastinya anda mampu membayar. Ini juga sistem yang saya pilih jika berhutang.


2. Pengeluaran Lebih Sedikit Dari Pada Pemasukan.
Ketika pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan, maka hampir bisa dipastikan Anda akan gagal dalam usaha lepas dari lilitan utang. Menurut beberapa teori perencanaan keuangan, total pengeluaran Anda untuk biaya rutin bulanan tidak boleh dari sepertiga penghasilan bulanan. Sisa dana yang 2/3 tersebut bisa Anda manfaatkan untuk tabungan, investasi, asuransi, dan juga persiapan dana darurat.

3. Jangan Pernah Menunda Pembayaran Jika Dana Ada.
Apabila dana Anda telah tersedia untuk melunasi utang, maka sebaiknya Anda segera melakukan pembayaran. Percaya atau tidak, menunda pembayaran bisa mengakibatkan hal yang fatal karena bisa saja Anda akan tergiur untuk menggunakannya pada hal lain. Mengingat uang tersebut sudah bukan termasuk pengeluaran Anda setiap bulannya. Jika dana sudah tersedia, maka anggaplah dana tersebut tidak pernah ada, sehingga Anda tidak akan berhasrat menggunakannya untuk kepentingan yang lain. Ingat juga, menunda pembayaran utang bisa menimbulkan denda.

4. Hindari Berhutang Lagi Dengan Sedikit Pengorbanan.
Pastikan ketika Anda sedang dalam proses pembayaran utang, Anda tidak melakukan utang lagi. Jika Anda melakukan hal ini, besar kemungkinan motivasi Anda untuk melunasinya akan jauh menurun. Apabila memang memiliki kebutuhan yang mendesak, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali apakah akan berutang atau melakukan sedikit pengorbanan dengan mengurangi beberapa pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika memang kebutuhan tersebut bisa diatasi dengan sedikit berkorban, maka sebaiknya opsi tersebut yang Anda jadikan pilihan.

5. Happy Saja Jangan Terlalu Dipikir.
Memikirkan perjuangan Anda selama berusaha untuk melunasi utang memang sah-sah saja untuk dilakukan. Namun jangan memikirkan hal ini setiap waktu, karena hal tersebut tentu akan membuat Anda tertekan. Ingat, jika pada awal sudah Anda rencanakan dengan baik dan semua berjalan sesuai rencana, maka sebaiknya Anda tak usah terlalu memikirkannya lagi.

6. Ajak Keluarga Untuk Berhemat.
Ajak Istri/suami dan anak anak Anda untuk melakukan penghematan dengan disertai janji akan memberikan hadiah bagi mereka ketika utang sudah lunas. Ketika Anda sudah tak lagi terlilit oleh utang dan kondisi keuangan sudah stabil, maka akan sangat mungkin untuk merealisasikan janji tersebut. Dengan begini, semua anggota keluarga Anda paling tidak akan mendukung langkah penghematan atau pemotongan anggaran.

<< BACA JUGA: JIKA NASABAH BANK MENINGGAL DUNIA? BAGAIMANA DENGAN TABUNGAN-NYA >>

7. Tetap evaluasi Pemasukan dan Pengeluaran.
Sebaiknya Setiap bulan cek sejumlah tagihan yang harus Anda bayar dengan penghasilan bulanan. Saat cek tagihan, perhatikan pula secara rinci pengeluaran Anda dari hal yang besar hingga hal terkecil, seperti mulai dari biaya untuk makan di restoran, Belanja, Rekreasi, dan selanjutnya. Dengan cara ini mungkin Anda akan kaget jika melihat satu atau beberapa kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting, namun mendapatkan porsi biaya yang besar ketimbang yang lain. Jika Anda sudah menemukan kebutuhan yang memberatkan tersebut, segera lakukan evaluasi dan sebaiknya Anda menghapus kebutuhan tersebut dari anggaran bulanan di periode berikutnya.

8. Buatlah Anggaran Dan Bayar Hutang Anda.
Setelah selesai melakukan evaluasi pemasukan, kini saatnya bagi Anda untuk mulai melunasi utang. Menghilangkan kebutuhan yang tidak perlu tentu tidak akan membuat Anda merasakan kehilangan yang besar, karena memang kebutuhan tersebut bukanlah kebutuhan primer. Misalnya Anda tidak terlalu suka pergi ke restoran, namun ternyata pada bulan tersebut Anda mengeluarkan banyak biaya untuk makan di restoran bersama keluarga. Hal-hal seperti itulah yang wajib untuk Anda kurangi .

9. Berpikirlah Sebelum mengeluarkan Uang Untuk Belanja.
Selama Anda berada dalam misi untuk melunasi utang, maka Anda juga wajib untuk berpikir cerdas dalam membelanjakan uang. Sebagai contoh, ketika pergi ke kantor, Anda terbiasa untuk membeli makanan untuk sarapan dan makan siang dengan estimasi biaya sebesar Rp20.000 per hari. Untuk lebih menghemat uang, Anda sebenarnya bisa membawa makanan dari rumah pada saat akan pergi ke kantor. Jika di hitung setiap pekan, Anda bisa menghemat sebesar Rp100.000 dan setiap bulan akan menghasilkan uang sebesar Rp440.000, jumlah uang yang lumayan besar untuk melunasi utang bukan?

10. Mencari penghasilan Tambahan.
Jika waktu dalam seminggu masih menyisakan banyak waktu luang untuk mendapatkan tambahan pekerjaan, maka hal tersebut juga bisa Anda maksimalkan. Jenis pekerjaan tambahan yang Anda incar juga harus disesuaikan dengan skill yang dimiliki, agar Anda tak memakan banyak waktu untuk mengerjakannya, mengingat Anda juga memiliki pekerjaan utama. Apabila Anda merasa kebingungan mencari pekerjaan, maka Anda bisa mencari di dunia online misalnya seperti kami para blogger atau publiser, keluarkan ide ide cemerlang dari otak anda entah itu pengalaman hidup sendri atau orang lain yang bisa anda pelajari tentunya berbekal komputer yang harga Rp750rb juga ada, atau yang tanpa modal misalnya menjadi freelancer.

<< BACA JUGA: APA ITU SUKU BUNGA FLAT, EFEKTIF, TETAP DAN MENGEMBANG >>

Itulah 10 Tips yang bisa anda terapkan agar terbebas dari hutang, dan tentuya ini dibarengi dengan doa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa. Ok sahabat semua semoga bermanfaat..
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, March 14, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top