follow us

PROSEDUR DAN SYARAT MEMBUAT SIUP TERBARU 2016

Info Publik - Bagaimana Cara membuat Surat Izin Usha Perdangan (SIUP), Bagaimana Prosedur & Apa Saja Syaratnya - Untuk sahabat semua yang sedang atau baru ingin menjalankan usaha berskala besar, menengah ataupun kecil sebaiknya baca ini, Sebelum ke pokok pembahasan sebaiknya kita mengenal apa gunanya punya SIUP, dengan memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan kita akan mempunyai bukti atau alat pengesahan dari pemerintah atas usaha yang kita lakukan. Karena kadang para pengusaha akan ditanya apakah punya surat izin usaha oleh orang tempatan yang merasa terganggu atau pihak yang berwenang, Hal ini untuk menghindari terjadi masalah yang dapat mengganggu perkembangan usaha di kemudian hari, berakibat penggusuran tempat usaha anda. Selain sebagai alat bukti SIUP juga akan mempermudah kita dalam melakukan perdagangan ekspor dan impor Sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan lelang yang di selenggarakan oleh pemerintah. Satu lagi SIUP juga menjadi syarat mendaftarkan situs atau website usaha kita ke domain berlabel indonesia yaitu .co.id.

Lalu Usaha yang berskala apa untuk bisa memiliki SIUP ini, dan dimana tempatnya pembuatan SIUP? - SIUP dibutuhkan oleh setiap perusahaan atau perorangan yang melakukan usaha perdagangan baik usaha kecil, usaha menengah, maupun usaha besar, Tempat pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan dilakukan di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Daerah Tingkat II atau setingkat dengan Kabupaten atau Kotamadya setempat yang yang sudah di lengkapi unit pelayanan terpadu bisa mendapatkannya di sana berikut dengan perizinan lainnya.


Kategori SIUP digolongkan menurut besar kecilnya jumlah modal kita yaitu;

  1. Surat Izin Usaha Perdagangan Kecil diperuntukan bagi  usaha yang memiliki modal disetor dan kekayaan bersih seluruhnya sampai dengan Rp 200.000.000,00 ( di luar tanah dan bangunan tempat kegiatan usaha ) 
  2. Surat Izin Usaha Perdagangan Menengah diperuntukan bagi  usaha dengan modal disetor dan kekayaan bersih seluruhnya antara Rp 200.000.000,00 sampai dengan Rp 500.000.000,00 ( di luar tanah dan bangunan tempat kegiatan usaha ) 
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan Besar diperuntukan bagi usaha dengan modal disetor dan kekayaan bersih lebih dari Rp 500.000.000,00 ( di luar tanah dan bangunan tempat kegiatan usaha )
Prosedur Dan Syarat Pembuatan Surai Izin Usaha Perdaganan (SIUP)
Sebelum mendatangi kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Daerah Tingkat II atau setingkat dengan Kabupaten atau Kotamadya setempat, sebaiknya lengakapi dokumen yang diperlukan...

 1. Pemilik atau pelaku usaha mengurus sendiri atau melalui kuasa yang dikuasakan ke kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat untuk mengurus perizinan. 

2. Mengambil formulir pendaftaran, mengisi formulir SIUP / PDP bermaterai Rp 6.000 yang ditandatangani oleh pemilik usaha. Kemudian formulir yang sudah diisi kemudian di fotocopy sebanyak dua rangkap, yang dilengkapi dengan syarat – syarat berikut : 
  • Fotocopy akte pendirian usaha  atau badan hukum sebanyak 3 lembar 
  • Fotocopy KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) sebanyak 3 lembar 
  • Fotocopy NPWP ( No Pokok Wajib Pajak ) sebanyak 3 lembar 
  • Fotocopy ijin gangguan atau HO sebanyak 3 lembar 
  • Neraca perusahaan sebanyak 3 lembar 
  • Gambar denah lokasi tempat usaha 
3. Untuk biaya pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan ditentukan oleh masing masing daerah melalui peraturan daerah masing – masing. Karena itu di tiap daerah tarif yang di tentukan berbeda beda. 


Itulah prosedur dan persyaratan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), selamat mencoba semoga lancar dan usaha anda suksesss...!!!

You Might Also Like: