Home » » BUKTI BATANG NANAS BISA TURUNKAN KOLESTEROL DAN TINGKATKAN INSULIN

BUKTI BATANG NANAS BISA TURUNKAN KOLESTEROL DAN TINGKATKAN INSULIN

Kesehatan - Buah nanas banyak kita jumpai di Indonesia, kalau di jawa barat dapat kita lihat bentangan kebun nanas di daerah Subang, kalau di Jawa timur banyak kita jumpai di Malang, kalau di kalimantan saya pernah lihat di Pontianak. Pohon nanas banyak ditumbuhi duri, sehingga hewan dan manusia enggan untuk mendekati, sebab jika terkena duri dan bulu pada daun-nya akan terasa perih dan gatal. Buah nanas jika suda masak terasa manis dan sedikit asam sehingga pas untuk campuran rujak dan juga bumbu masakan, selain nikmat untuk dimakan ternyata kahsiat nanas untuk kesehatan tubuh sungguh luar biasa sehingga di juluki "King Of Fruit", bagaimana bisa dijulukin rajanya buah? karena selain buahnya berkhasiat ternyata batang nanas juga berkasiat mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh kita.

Seperti yang kami kutip dari rri.co.id, baru baru ini ada penelitian dari salah satu mahasiswa bernama Vendra Setiawan, S. Farm., M. Farm, Apt mahasiswa S2 Fakultas Farmasi Universitas Surabaya. Ia tertarik meneliti kandungan batang nanas sebagai obat menurunkan kolesterol serta meningkatkan insulin. Tidak hanya memiliki rasa yang manis saja tetapi juga nanas mengandung banyak nutrisi seperti manfaat vitamin C, anti kanker, anti inflamasi, dan banyak lagi kandungan yang terdapat dalam buah tersebut.


Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa tidak hanya buah nanas yang bermanfaat, tetapi batang nanas pun juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Batang nanas juga memiliki komponen untuk dapat menyehatkan tubuh yang kaya akan kandungan air di dalamnya dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan untuk berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh.

"Ide ini bermula ketika salah satu perusahaan obat terkemuka di Indonesia mengajak saya untuk berpartisipasi dalam penelitian pemanfaatan limbah batang nanas sebagai obat. Saya berpikir penelitian ini sangat bermanfaat untuk mengurangi limbah di Indonesia, sehingga saya pun tertarik untuk bergabung. Akhirnya kerja keras saya selama 10 bulan dapat terbayar dengan nilai A yang saya dapatkan," ujar pria asal Tulungagung ini, Rabu (6/4/2016).

Di dalam batang nanas terdapat kandungan Xylan. Xylan merupakan salah satu polisakarida yang terbesar dalam biomassa. Melalui bantuan Bacillus Licheniforms dihasilakn sebuah enzim yang bernama Xylanase. Enzim Xylanase inilah yang membantu kerja Xylan untuk diubah menjadi Xylo-Oligosaccharide yang memiliki manfaat untuk tubuh manusia, seperti untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan kolesterol, meningkatkan insulin, dan sebagai prebiotik yang baik untuk pencernaan.

Dr. Dra. Mariana Wahjudi, M. Si., dosen pembimbing Vendra Setiawan, S. Farm., M. Farm, Apt. merasa bangga dengan prestasi anak didiknya tersebut. Menurutnya, penelitian ini sangat menarik, karena mampu memanfaatkan limbah makanan menjadi produk yang dapat bermanfaat bagi manusia.
<< Baca Juga: Kandungan Gizi Buah Semangka & Khasitanya Untuk Kesehatan Tubuh Kita >>
"Kedepannya saya berharap agar penelitian ini bisa dilanjutkan, terutama dalam hal produksi sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk suplemen makanan," ujar Dr. Dra. Mariana Wahjudi.

Itulah bukti bahwa batang buah nanas ternyata juga berkhasiat menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Be helpfull....

Sumber: www.rri.co.id
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, April 17, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top