Home » » HAL YANG MEMPENGARUHI PENGHEMATAN BBM PADA MOBIL

HAL YANG MEMPENGARUHI PENGHEMATAN BBM PADA MOBIL

Tips Otomotif - Apa Saja Yang Harus di perhatikan Jika Ingin Berhemat BAhan Bakar minyak Pada Kendaraan Mobil? - Rupanya banka faktor yang mempengaruhi dalam menghemat bahan bakar mainyak pada kendaraan mobil, antara lain kecepatan, perilaku berkendara, karakter mesin, tingkat tekanan angin dalam ban, lalu kualitas BBM yang digunakan juga mempengaruhi. Jika anda hidup didalam kota yang ramai dengan kendaraan lainnya itu akan lebih boros jika dibandingkan anda hidup dikota yang belum ramai kendaraan-nya, karena kecepatan dan jarak tempuhlah yang mempengaruhi itu semua.

Intinya, faktor kecepat­an rata-rata menjadi be­gi­tu krusial dalam menentukan konsumsi BBM. Sebagai acuan, kecepatan rata-rata saat pengujian Liga Irit 2014 di rute dalam kota hanya mencatat angka 14,5 km/jam untuk menempuh rute 100 km. Bandingkan dengan kecepatan rata-rata di event serupa pada 2010 yang mencapai kecepatan rata-rata 24,3 km/jam.

Baru baru ini saya membaca disebuah situs otomotif yang membahas tentang cara menghitung konsumsi bahan bakar, disana dilakukan tes keci kecilan dengan mengisi bahan bakar yang sama penuhnya full to full dan dan jarak tempuh yang sama pula, namaun kecepatan berkendara berbeda, dengan konsumsi BBM di unit tes Datsun GO+ Panca.Di mana kami menguji konsumsi pada kendaraan dengan rata-rata kecepatan 15 km/jam dan 23 km/jam.


Cara konvensional ini, yaitu mengisi bahan bakar secara penuh hingga bibir tangki, lalu berjalan hingga jarak tempuh 80 km. Setelah itu, diisi kembali sampai bibir tangki. Untuk mengetahui hasil konsumsi BBM-nya, total jarak tempuh dibagi dengan jumlah liter yang terpakai.

Hasilnya, rata-rata kecepatan 15,8 km/jam mencatat konsumsi BBM 12,1 km/l dengan jarak tempuh 80,5 km. Namun berkendara dengan rata-rata kecepatan 23 km/jam, hasilnya 14 km/l dengan menempuh jarak 80,07 km.

Anda pasti sudah bisa menyimpulkan, bahwa dengan menggunakan mobil yang sejenis, namun dengan rata-rata kecepatan yang berbeda, hasilnya terlihat cukup signifikan. Apa saja penyebabnya?

Pernahkah Anda menguji konsumsi BBM pada sebuah kendaraan, dengan menggunakan rata-rata kecepatan? Nyatanya, perbedaan rata-rata kecepatan yang sedikit saja bisa memberikan selisih hampir 2 km/l. Bayangkan jika ratarata kecepatannya 80 km/jam, jauh lebih irit pastinya.

Pengenalan karakter mesin juga berpengaruh. Sebagai contoh mesin diesel yang memiliki torsi besar, dapat lebih mudah menjalankan sebuah mobil dari keadaan diam hingga berjalan dengan putaran mesin yang rendah. Alhasil penggunaan bahan bakar lebih sedikit.

Nah, yang terakhir adalah perilaku berken dara. Perilaku berkendara Anda harus eco driving tentunya. Jika tidak konsumsi BBM pada kendaraan Anda pasti lebih boros. Kini, beberapa mobil sudah menyematkan eco indikator, agar pengendara bisa berkendara lebih irit.

Perhatikan! Tekanan Ban dan BBM Berkualitas
Jangan anggap remeh, karena takanan ban cukup berpengaruh pada hasil konsumsi BBM. Tekanan angin yang rendah, membuat kinerja mesin bekerja lebih, karena berat. Mau tidak mau, Anda harus menekan pedal lebih dalam untuk menjalankannya.

BBM berkualitas juga turut adil dalam menentukan boros atau tidaknya mobil yang Anda kendarai. Bahan bakar dengan oktan yang lebih besar, akan mempercepat proses pembakaran. Pastinya, lagi-lagi Anda tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam untuk menggelindingkan mobil tersebut.

<< Baca Juga: Arti kode Angka Pada ban (Tire) sepeda motor & mobil >>

Itulah hal hal yang mempengaruhi penghematan BBM kendaraan & cara menghitung konsumsi bahan bakar. Ok sahabat semua semoga bermanfaat...

reverensi: http://www.toyotatunasbandung.com/
                 http://www.autobild.co.id/           
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, April 27, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top