Home » , » NIH...!!! BAHAYANYA MENGHIDUPKAN MESIN KETIKA MENGISI BENSIN

NIH...!!! BAHAYANYA MENGHIDUPKAN MESIN KETIKA MENGISI BENSIN

Otomitif - Mengapa dilarang menghidupkan mesin mobil / motor ketika mengisi bensin di area SPBU? - Pasti anda sering melihat peringatan di area pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang bertuliskan "Dilarang Menghidupkan Mesin Ketika mengisi Bensin" atau "dilarang Merokok" lalu ada juga "Dilarang nelpon ketika Mengisi Besin" memangnya kenapa? mobil, mobilku sendiri terserah saya dong..! mau dinyalakan ke' mau di hidupkan ke' emang ngaruh buat lu..! ya ngaruh-lah nanti kalau terjadi kebakaran kami juga yang kena akibatnya, bukan kita saja namun pihak SPBU akan menderita kerugian yang lebih besar.

Sebenarnya apa sih alasan-nya sehingga pihak SPBU melarang keras menghidupkan mesin mobil ketika mengeisi bensin? Untuk lebih jelasnya yuk kita dengarkan kata Acin, kepala mekanik Aneka Mitra Bengkel di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, bahwa, kendaraan yang dalam kondisi menyala mengandung banyak aliran listrik. Tentunya kondisi itu sangat berpotensi buruk jika dilakukan pengisian bahan bakar.


“Ketika mesin sedang hidup, di dalam kendaraan terdapat banyak sekali aliran listrik. Mulai dari aliran listrik dari aki ke coil, lalu aliran listrik yang melewati kabel busi, sehingga hal ini sangat berbahaya apabila kondisi mesin menyala dan melakukan pengisian bahan bakar,”

Ia menjelaskan, kecenderungan terjadinya electric static dari belt yang berputar sangat berbahaya, ditambah bila adanya kebocoran dari kabel, serta bunga api dari knalpot. “Lebih baik mencegah, karena bensin sangat mudah menguap. Kawasan di SPBU itu cukup terkepung oleh uap bensin, sehingga tak boleh ada yang memicu terjadinya percikan api,” katanya lagi.

Sementara itu, Doni, salah seorang petugas SPBU di kawasan Utan Kayu juga mengungkapkan, kendaraan roda empatlah yang biasanya bandel melakukan pengisian bensin dalam kondisi mesin menyala.

“Saya sering tegur, tetapi kebanyakan dari mereka justru kesal saat ditegur, padahal sudah ada imbauan untuk mematikan mesin,” Ia berharap, agar pemberitahuan seperti ini lebih diperhatikan oleh parapengendara, sehingga kejadian yang merugikan diri sendiri, serta orang lain tidak terjadi.

<< Baca Juga: Tips Menjaga keamanan pengemudi Mobil Wanita di Malam Hari >>
Itulah alasan yang mendasari bagi kita semua yang selalu menyalakan atau menghidupkan mesin mobil / motor ketika sedang mengisi bensin di area SPBU. Tolong di share jika ini bermanfaat agar sahabat anda juga menbgetahuinya...

reverensi: viva.co.id
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, April 27, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top