Home » » PENTINGNYA BERMAIN UNTUK ANAK USIA DINI

PENTINGNYA BERMAIN UNTUK ANAK USIA DINI

Edukasi - Mengapa Bermain sangat penting untuk anak anak usia dini? - Dunia anak anak memang asik asiknya bermain, sebab melalui bermain ini ia akan mengenali dunia luar, mempelajari reaksi apa akibatnya jika ia melakukan ini dan itu, dari sinilah ia akan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Sebaliknya jika anak selalu dilarang ketika ingin bermain, ia akan sedih dan cenderung minder ketika ada teman sepermainan-nya, ia tidak aktif dan lincah sehingga menghambat perkembangan otak-nya.

Seorang anak akan lebih mengutamakan bermain dari pada makan, maka jangan heran ketika ia belajar tentang pelajaran di sekolahan tingkat dasar walaupun kelihatan-nya bermain tetapi otaknya menangkap apa yang diterangkan oleh orang tua atau gurunya.

Permainan anak sekarang banyak macamnya mulai dari yang permainan klasik seperti kita jaman masih keci, hingga permainan yang modern dengan media smartphone. Boleh saja anda mengenalkan smartphone pada anak, namun pilihlah game yang mendidik. Pastinya anda tahu sendiri game yang mendidik itu seperti apa, sekarang banyak game pendidikan untuk merangsang otak silahkan cari di google play dan apple.app store. Dibawah ini hal positif yang didapatkan ketika anak anda bermain dan mengenali dunia luar...

1. Tingkat Keyakinan

Bermain membangun rasa percaya diri pada anak Anda. Secara bertahap, anak akan mulai belajar bagaimana berinteraksi dengan lingkungannya dan bagaimana pendekatan sesuatu dengan cara yang aman. Inilah sebabnya mengapa bermain adalah penting. Ini membantu pikiran matang sedikit. Ini adalah eksplorasi dunia fisik.


2. Kebahagiaan

Seorang anak dapat menjaga dirinya untuk beraktivitas dan merasa bahagia, ketika Anda membiarkan dia bermain. Jika Anda sedang sibuk dengan beberapa kegiatan dan ingin membuat anak Anda sibuk juga, maka biarkan dia bermain untuk sementara di sekitar Anda sehingga Anda dapat mengawasi bermain pasif saat bekerja. Ini akan menjadi ide bagus bagi Anda berdua.


3. Kemampuan Sosial

Jika dibiarkan bermain dengan orang lain di sekitar, anak Anda dapat juga menangkap keterampilan sosial (bersosialisasi). Interaksi dengan dunia membantu anak Anda belajar tentang keterampilan komunikasi dan keterampilan negosiasi juga. Bermain penting karena mengembangkan keterampilan tertentu yang terdapat dalam anak dan membantu anak mengeksplorasi dirinya.

4. Keterampilan Fisik

Ini adalah aspek yang sangat penting. Anak Anda akan belajar bagaimana menggunakan bagian-bagian tubuhnya dengan cara yang efisien, ketika Anda membiarkan dia bermain. Bahkan, melalui bermain  anak-anak akan menyadari bagaimana organ-organ tubuhnya membantunya, melakukan apa yang ingin ia lakukan di dunia ini. Inilah sebabnya mengapa bermain penting bagi perkembangan anak.
<< Baca Juga: Tips Mengajari Anak Untuk sholat sesuai Tingkatan Umur >>
Itulah pentingnya membiarkan anak untuk bermain dan mengenali dunianya, tentunya hal ini semua dibawah bimbingna dan pengawasan orang tua...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, April 21, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top