Home » » PENYEBAB JERAWAT DAN CARA AMPUH MENGHILANG JERAWAT

PENYEBAB JERAWAT DAN CARA AMPUH MENGHILANG JERAWAT

Tips Kesehatan & Kecantikan - Penyebab Timbulnya Jerawat Dan Cara Ampuh Menghilangkan Atau menyembuhkan Jerawat Secara Alami  - Jerawat bagi sebagian orang sangat tidak menyukai terutama pada anak anak remaja baik ia laki laki ataupun perempuan. Sebenarnya penyakit jerawat ini sesuatu yang wajar terjadi pada kita semua saat kita masih usia antara 13 - 18 tahun, atau masa masa puber, ya sekitar saat sekolah SMP - SMA, memang tidak sakit tapi akan membuat si penderita tidak percaya diri, malu untuk keluar rumah sehingga sering mengurung diri dikamar.

Berbagai cara dicoba untuk menghilangkan jerawat, tapi tetap saja nongol itu jerawat seakan akan gugur satu tumbuh lagi 1000, heh itukan lagu kebangsaan? ya gak apa apa hanya untuk menggabarkan saja.

Gejala yang timbul biasnya tumbuh benjolan kecil dan berwarna kemerahan, disekitar wajah bahkan disekitar punggung juga ada, semakin lama akan berubah atau bercampur putih karena terjadi perubahan dari darah manjdi nanah. Lalu apakah jerawat ini termasuk penyakit? dibilang penyakit sih iya juga soalnya terdapat nanah jika dicolek atau dipecahkan sakitnya minta ampun.

ARA-PALING-APUH-MENGHILANGKAN-JERAWAT-CEPAT-DAN-ALAMI
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jeawat 

Penyebab Timbulnya Jerawat

Apa penyebab jerawat ini? sebenarnya penyebab utama adalah perubahan hormon, erubahan hormon tersebut memengaruhi kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel bulu di kulit.

Kenaikan aktivitas kelenjar ini menyebabkan produksi sebum pada wajah juga meningkat. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit yang mati, sehingga menyumbat pori-pori.

Pada saat pori-pori tersumbat dan dengan banyaknya sebum pada permukaan kulit, bakteri yang disebut Propionobacterium acnes berkembang dengan cepat. Bakteri ini merupakan bakteri penyebab jerawat. Propionobacterium acnes lalu melepaskan semacam zat iritan yang akan mengiritasi kulit. Efek dari iritasi inilah yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak, disamping itu juga menyebabkan timbulnya nanah di bawah kulit.

Lapisan dalam folikel bulu juga menebal akibat perubahan kadar hormon dan ini menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Penyumbatan pori-pori ini tidak akan hilang, meski kulit telah dibersihkan.

Selain pada masa puber, jerawat juga bisa dialami para wanita akibat perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dan masa kehamilan. Jerawat juga diketahui sebagai faktor keturunan. Kemungkinan besar seseorang akan memiliki jerawat jika kedua orang tuanya pun berjerawat.

Jenis kulit yang bias nya menjadi penyebab jerawat di wajah merupakan jenis kulit berminyak. Karena produksi minyak berlebih akan lebih mudah untuk membuat kulit wajah menjadi kotor, sehingga jika memiliki jenis kulit berminyak dan malas untuk selalu membersihkan nya akan membuat wajah nya ditumbuhi oleh jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Pada pertemuan kali ini kami akan memberiakan cara menghilangkan jerawat secara alami, banyak bahan disekitar kita yang dapat kita manfaatkan antara lain:

1. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Lemon
Salah satu buah jeruk lainnya yang dapat menghilangkan jerawat adalah buah lemon. Buah lemon sendiri dapat mengeringkan jerawat pada wajah, hal ini karena buah lemon mengandung banyak vitamin C. Buah lemon yang bagus untuk digunakan adalah buah lemon yang masih segar bukan buah lemon yang sudah agak kering atau yang sudah lama dipetik dari pohonnya. Oleh karena itu sebisa mungkin gunakan buah segar termasuk buah lemon untuk dijadikan obat jerawat yang alami. Jangan sampai menggunakan bahan alami akan tetapi berkualitas rendah.

Cara menggunakannya:
  • Anda tinggal potong-potong dan peras lalu anda oleskan pada bagian wajah atau seleuruh permukaan wajah, itu lebih baik.
2. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Masker Pepaya
Mungkin anda sudah tahu fungsi dari masker yang terbuat dari bahan alami ataupun bahan kimia. Ya, fungsinya adalah untuk mempercantik wajah agar lebih cerah. Akan tetapi penggunaan masker yang aman adalah menggunakah bahan-bahan dari alam, selain itu bahan-bahan dari alam ini tidak menimbulkan efek samping seperti bahan-bahan yang terbuat dari kimia. Salah satu bahan alami untuk dijadikan masker adalah pepaya. Selain memiliki manfaat untuk mempercantik wajah, pepaya juga dapat menghilangkan jerawat yang menempel pada wajah.

Caranya Menggunakan:
  • Haluskan pepaya yang sudah anda sediakan. Lalu anda oleskan pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih 15 menit. Jika sudah di diamkan 15 menit silahkan anda basuh dengan air hangat hingga bersih. Anda juga bisa gunakan cara ini secara rutin dirumah jika cara yang satu ini cocok pada wajah anda.
3. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Beras Jepang
Ternyata beras jepang juga dapat menghilangkan jerawat pada wajah, hal ini bukan karena kebetulan melainkan karena kandungan squan oil yang terdapat pada beras jepang yang dapat membuat kulit lebih lembut sehingga jerawat enggan untuk muncul.

Cara menggunakan:
  • Ketika anda sedang memasak beras dan beras tersebut belum matang, anda ambil airnya dan diamkan hingga dingin. Setelah itu anda basuhkan air tersebut pada wajah anda sehingga wajah anda menjadi lebih bersih.
4. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih
Bawang putih yang selama ini kita anggap hanya untuk bahan makanan ternyata tidak sepenuhnya seperti itu. Ternyata bawang putih juga dapat menghilangkan jerawat pada wajah, hal ini karena bawang putih merupakan antioksida, antijamur, antivirus dan antiseptik yang dapat menjaga kesehatan kulit termasuk kulit wajah.

Cara penggunaan:
  • Silahkan anda potong 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian, lalu anda oleskan pada bagian wajah yang berjerawat atau anda oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan beberapa kali setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksilam.
5. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Uap Air Panas
Mungkin anda belum pernah melihat orang lain menggunakan uap untuk kecantikan atau menghilangkan jerawat. Di eropa sendiri uap telah digunakan untuk bahan kecantikan kulit maupun rambut. Dengan menggukan uap maka pori-pori wajah akan terbuka dan memberi jalan minyak untuk keluar. Kita tahu bahwa jerawat muncul karena minyak tidak dapat keluar melalui pori-pori wajah karena tertutup sehingga lama-kelamaan muncul jerawat.

Cara menggunakannya :
  • Masukkan air panas kedalam wadah, lalu posisikan wajah anda tepat di atas wadah tersebut. Lakukan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Silahkan lakukan cara ini beberapa kali setiap hari.
6. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi
Pasta gigi yang selama ini kita gunakan untuk menyikat gigi ternyata memiliki kegunaan lain yaitu dapat menghilangkan jerawat. Pasta gigi ini dapat anda gunakan asalkan wajah anda tidak iritasi.

Cara menggunakannya :
  • Pertama anda bersihkan wajah anda lalu oleskan pasta gigi pada daerah wajah yang berjerawat sebelum tidur, bilas wajah anda di pagi harinya. Jika anda cukup nyaman dengan cara ini anda bisa jadikan cara ini sebagai rutinitas pengobatan jerawat anda tiap harinya.
7. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Es Batu
Es batu yang sering kita jumpai dapat menghilangkan jerawat pada wajah. Es batu sendiri dapat mengurangi peradangan pada bagian yang bengkak karena jerawat, sehingga dapat mengurangi bagian wajah yang bengkak yang ditimbulkan jerawat.

Cara menggunakan:
  • Membungkus es batu dengan kain bersih lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.
8. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Madu
Madu juga dapat dijadikan bahan untuk menghilangkan jerawat dimana manfaat dari mandu itu sendiri adalah baik untuk kulit termasuk kulit wajah. Selain hanya menggunakan madunya saja, anda juga bisa mencampurkan madu dengan putih telur. Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan madu dan juga putih telur. Setelah itu anda aduk sehingga madu dan putih telur menjadi satu dengan takaran setengah sendok.

Cara menggunakan:
  • Dengan cara mengoleskan madu bercampur putih terlu tersebut ke bagian wajah yang berjerawat.
9. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis bisa anda jadikan bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa anda praktekkan sehari-hari dirumah dimana jeruk nipis biasanya sangat mudah didapat apalagi didaerah perdesaan. Jeruk nipis sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menyembuhkan jerawat, fakta tersebut bisa anda lihat dimana sabun cuci sudah banyak menggunakan bahan dari jeruk nipis yang ketika digunakan pada sesuatu yang berminyak maka kadar minyakknya akan berkurang. Hal ini sama persis pada wajah dimana wajah yang kadar minyaknya tinggi akan lebih mduah berjerawat. Oleh karena itu jeruk nipis salah satu bahan favorit yang bisa anda gunakan.

Cara membuat:
  • Silahkan anda sediakan jeruk nipis secukupnya lalu anda potong-potong dan anda peras. Silahkan oleskan perasan jeruk nipis pada bagian yang berjerawat, alangkah baiknya oleskan pada seluruh wajah karena daerah wajah yang tidak berjerawat juga berpotensi tibul jerawat, selain itu wajah anda akan terlihat lebih cerah untuk keseluruhan. Jika sudah diolehkan pada wajah, silahkan anda tunggu kurang lebih 30 menit setelah itu anda bilas dengan air bersih.
<< Baca juga:  Bagaimana Caranya Agar Bibir Yang Hitam Menjadi Cerah Alami  >>
10. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Buah Tomat
Buah tomat bukan hanya digunakan untuk pelengkap bahan-bahan masakan akan tetapi juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat agar tidak timbul pada wajah. Manfaat lainnya pada tomat adalah dapat mengencangkan kulit dan ini cocok untuk kulit wajah.

Cara menggunakan:
  • Memotong tomat secukupnya lalau anda oles-oleskan pada wajah khususnya pada bagian yang berjerawat hingga beberapa kali. Lalu anda diamkan kurang lebih 15 menit dan setelah itu anda bilas dengan air bersih. Tomat juga bermanfaat untuk mencegah jerawat timbul kembali oleh karena itu anda dapat mengoleskan pada bagian bekas jerawat.
11. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Aspirin
Aspirin bukan hanya bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit, tetapi juga mencegah jerawat menjadi parah.

Cara Menggunakan:
  • Ambil satu butir aspirin, hancurkan hingga halus kemudian basahi sedikit dengan air hingga kental. Tampelkan cairan kental aspirin pada jerawat selama beberapa menit, hingga kering kemudian bersihkan dengan air. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan meredakan rasa sakitnya.
12. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Minyak zaitun
  • Buatlah ramuan dengan mencampurkan 4 sendok makan garam dan 3 sendok makan minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut pada wajah menggunakan kuas atau jari-jari Anda. Biarkan selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air hangat dan sabun.
  • Lakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu. Anda akan melihat perubahan nyata pada kulit wajah. Garam bisa membersihkan pori-pori dengan dengan eksfoliasi, kandungan mineralnya membuat kulit lebih sehat dan minyak zaitun bisa mengembalikan kelembaban alami kulit.
13. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Putih telur 
Di percaya oleh ahli kesehatan, bahwa putih telur mengandung khasiat yang cukup banyak dan juga mampu menghilangkan jerawat yang membandel.

Caranya:
  • Ambil telur ayam kemudian lubangi jangan ambilah putihnya saja
  • Kemudian Gunakan putih telur sebagai masker. 
  • Tunggu kira kira 30 menit, lalu bersihkan wajah anda. 
  • Ulangi langkah ini secara rutin.
14. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Buah Mentimun
Mentimun/ketimun (bhs sunda Bonteng) memang sudah dikenal sejak lama untuk menghilangkan jerawat, beberapa langkah / tips menggunakan mentimun.

* Untuk anda yang jerawatnya masih sedikit:
  • Iris tipis mentimun menjadi beberapa bagian Lalu letakkan irisan tersebut dibagian wajah yang berjerawat 
  • Diamkan kurang lebih 20-30 menit 
  • Cuci wajah anda Lakukan langkah ini secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu 
* Untuk anda yang memiliki jerawat yang cukup banyak:
  • Gunakan timun segar beberapa buah lalu blender hingga halus Oleskan timun pada wajah anda sebagai masker 
  • Tunggu hingga mengering atau lebih kurang 30 menit 
  • Kemudian Cuci bersih muka anda 
  • Ulangi hal ini 2 – 3 kali dalam seminggu
Itulah 14 cara cara untuk menghilangkan jerawat secara alami yang bisa anda coba sendiri dirumah sebelum menggunakan bahan kimia.
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, April 25, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top