Home » , » MAU KE KANTOR POS...!!! BACA INI DULU

MAU KE KANTOR POS...!!! BACA INI DULU

Info PublikJam Berapa Kantor Pos Buka & Tutup - Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh di Kirim Melalui Kantor Pos - Dimana Sajakah Unit layanan Cabang Kantor Pos - Bagaimana Cara Penulisan Alamat Yang Benar - Berapa Tarif/Ongkos Kiriman Paket Per Gram - Siapa yang tidak kenal dengan kantor Pos? orang indonesia pasti sudah kenal dengan kantor yang melayani pengiriman barang dan pembayaran tagihan. Saya sendiri sering memanfaatkan layanan kator pos mulai kirim paket keluar kota, kirim dokumen, dan menagmbil gaji di Western Union semua di kantor Pos. Karena memang sebelum saya lahir kantor pos sudah ada, semenjak sekolah SD sampai sekarang beranak 2 tetap masih setia mempercayainya.

Sejarah Singkat Pos Indonesia.

Cerita sedikit mengenai sejarah kantor Pos, Kantor Pos ini memang jasa pelayanan pengiriman yang paling tua, bayangkan saja pada tanggal 26 Agustus 1746 inilah ternyata kantor pos ini lahir dan berdiri tepatnya di Batavia (Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff, nah namanya juga aneh pasti orang Londo tuh...ya iyalah waktu itukan jaman penjajahan Belanda.

Lalu 4 tahun kemudian baru buka cabang di kota Semarang, singkat cerita  tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

Pelayanan kantor Pos saat ini sudah sangat luas meliputi sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar.

Jam Kerja Kantor pos

Tapi anehnya kita kurang memperhatikan, sebenarnya kantor Pos ini buka jam berapa sampai jam berapa sih? sayang-kan kita sudah berangkat bawa barang untuk dipaketkan ehh..ternyata sudah tutup, harapan mau terima kiriman dari Western Union sampai dikantor pos "Maaf mas sudah tidak melanyani besok lagi saja" apa nggak kecewa kalau sudah begitu?


Dari pengalaman ini saya kemudian menanyakan kepada petugas kantor pos. Jam resmi buka bisa anda lihat pada gambar diatas,
  • Senin - Kamis jam 07.30 - 15.00
  • Jumat jam 07.30 - 11.30 Sholat dulu lalu buka lagi 13.00 - 15.00
  • Sabtu Jam 07.30 - 13.00

Ada juga sampai jam 10 malam (22.00) Karena kantor pos dibagi sesuai tugasnya masing masing ada pos Pos Pemeriksa, Mobile Postal Service (MPS), Mailing Room, Unit Operasi Korporat, Divisi Regional, Pos Cabang Dalam/luar Kota, Sentral Giro Layanan Keuangan, Loket Ekstensi. Makanya Untuk jam normal kadang berbeda sekitar 30 menit.

Barang / HewanYang Terlarang Untuk di Kirim

Nah ini penting juga, ternyata ketat juga kantor pos, sehingga memberikan kriteria barang yang tidak boleh dikirim melalui paket layanan-nya, saya kutip dari situs resminya bisa anda baca dibawah ini...
  • Bahan yang rentan terhadap oksidasi, seperti: bubuk pemutih, peroksidan dll
  • Accu atau baterai basah
  • Makanan basah atau berminyak
  • Benda yang dapat meledak atau menyala atau barang yang dapat terbakar sendiri seperti senjata api, peluru dan bahan peledak, mercon atau sejenisnya serta segala macam korek api dan gas pengisinya.
  • Binatang hidup kecuali lebah, lintah, ulat sutera, parasit, serangga dan serangga pembasmi serangga perusak yang dikirim oleh badan yang diakui resmi.
  • Uang logam, uang kertas Bank dan surat berharga bagi pengunjuk, platina, emas atau perak yang telah dikerjakan atau belum, permata, perhiasan dll.
  • Barang yang menyinggung kesusilaan.
  • Candu morfin, kokain dan obat terlarang lainnya.
  • Bahan biologis yang mudah busuk dan mudah menularkan penyakit.
  • Barang lainnya yang menurut peraturan perundang-undangan dinyatakan terlarang.
Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambarnya dibawah ini...


Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kantorpos terdekat atau hubungi Halopos 161, lalu Bagaimana Cara penulisan alamat yang benar ketika kita akan mengirim surat atau paket barang? untuk lebih jelasnya selengkapnya bisa anda baca dibawah ini...
  1. Kolom pengirim diletakkan pada bagian belakang surat sebelah tengah atas atau diletakkan pada bagian depan sebelah pojok kiri atas. Kolom pengirim berisi sebagai berikut :
Nama Pengirim yang sesuai Kartu Identitas
Alamat Pengirim ditulis lengkap meliputi : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, kode pos dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain).Alamat penerima dibutuhkan apabila kiriman tersebut kembali ke pengirim.
Informasi No Telpon/ Hp atau Email. Sangat dibutuhkan untuk mengkonfirmasi apabila terdapat permasalahan dikemudian hari.
  1. Kolom penerima diletakkan pada bagian depan sebelah pojok kanan bawah. Kolom penerima berisi sebagai berikut :
Nama Penerima yang sesuai Kartu Identitas
Alamat Penerima ditulis lengkap meliputi : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain).
Po. Box (kalau ada) dan Kode Pos . Dibutuhkan supaya tidak terjadi salah sortir
Informasi berupa No Telpon/ Hp atau Email. Sangat dibutuhkan untuk mengkonfirmasi apabila alamat penerima susah ditemukan. Agar lebih jelas silahkan lihat Video dibawah ini...
<< Baca Juga: Prosedur/Cara Melaporkan Polisi Nakal ke Propam >>

Lalu dimana sajakah kantor pelayan yang terdekat di daerah saya? untuk mengetahui lebih jelas bisa anda klik tautan link ini anda akan saya antar kesitus resminya, mudah kok tinggal ketik saja nama kota anda sekarang di sini >> http://kantorpos.posindonesia.co.id/unitlayananposlist.php

Untuk tarif atau onkos pengiriman paket per gram bisa anda lihat di sini; http://www.posindonesia.co.id/tarif/ Jika anda kirim paket dengan berat lebih dari 1 Kg tinggal konversikan saja 1000 gram = 1 Kg.

Mengingat kantor pos ini peranya sudah menjadi pelayanan publik, makanya informasi ini penting untuk anda ketahui. Ok sahabat semua semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk anda semua, silahkan bagikan melalui media sosial...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, May 05, 2016

2 komentar:

  1. tolong info kiriman no.resi 14660732772,,sudah 1 minggu z cek ko' g' ada, mohon info selanjutnya,mksih

    ReplyDelete
  2. @Fadli, kesitus resminya saja gan.. di http://www.posindonesia.co.id/

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top