Home » » TIPS MENGHEMAT LISTRIK KARENA PENGGUNAAN AC

TIPS MENGHEMAT LISTRIK KARENA PENGGUNAAN AC

AbuazmaShare.id - Bagaimana Cara Menghemat Listrik Karena Penggunaan AC - Temperatur udara yang panas memang sangat mengganggu suasana di siang hari, bukan hanya siang hari bahkan di malam haripun udara sangat panas, gerah dan serba tidak nyaman karena memang begitulah iklim di Indonesia, kecuali daerah anda dekat kawasan pengunungan serperti di jawa barat Bandung, Bogor dan sekitarnya. Tapi jika anda di jakarta, yogyakarta, solo, sragen dan sekitarnya ngak siang, nggak malam pasti gerah dan panas. Hal inilah yang membuat kita harus memasang mesin Air Conditioner (AC) sehingga udara didalam ruangan menjadi sejuk dan nyaman.

Namun yang jadi persoalan adalah jika penggunaan AC yang berlebihan full nonstop maka tagihan listrik akan semakin membengkak, belum lagi penggunaan ricecooker, setrika listrik, pompa air dan lain lain.

Secara logika memang benar, Semakin banyak alat elektronik digunakan, beban listrik pasti memang bertambah akibat konsumsi daya naik. AC memang butuh pasokan listrik tak sedikit, Meski begitu, bukan berarti karena memakai AC tagihan listrik akan melonjak luar biasa.


Asal bijak memilih AC, dan desain luas ruangan Anda tak perlu khawatir tagihan listrik yang yang membengkak. beberapa strategi untuk mengoptimalkan pemakaian AC untuk menghemat biaya, bisa anda terapkan adalah..

Sesuaikan Luas ruangan

Sesuaikan luas tempat Anda memasang AC dengan kapasitas kompresor AC mempertahankan suhu ruangan. Kompresor pada AC berfungsi mengalirkan refrigeran (zat penyerap panas) ke seluruh sistem pendingin.  Cara kerjanya mengubah tekanan udara yang tinggi menjadi lebih rendah. Jika suhu udara di ruangan cukup tinggi, maka kompresor harus bekerja keras mendinginkan ruangan.

Kapasitas AC bisa diukur dari besaran paard kracht (PK). PK adalah ukuran kekuatan kompresor menghasilkan besaran sumber daya dalam satuan british thermal unit (BTU) untuk mengubah suhu udara. Semakin besar BTU yang diperlukan, semakin tinggi kebutuhan PK AC. 

Nah, besaran BTU terkait erat dengan luas serta kondisi ruangan. Makin luas ruangan, makin tinggi pula BTU yang dibutuhkan untuk mengatur suhu. Kondisi yang menyebabkan hawa ruangan lebih panas juga membuat kebutuhan BTU lebih besar, misalnya, ruangan berada di lantai dua atau tembok menghadap cahaya matahari langsung.

Pilih AC Jenis Inverter

Semakin maju teknologi para prodosen AC juga memikirkan produk yang hemat lisrik, Beberapa jenis AC mulai mengaplikasikan teknologi inverter yang bisa mengatur penggunaan listrik sesuai kebutuhan pendinginan secara otomatis. Penggunaan daya pun jauh di bawah AC konvensional sehingga lebih hemat listrik.

Sebagai ilustrasi, saat AC dipasang pada suhu 25 derajat celsius, maka kompresor akan bekerja untuk mencapai suhu tersebut. Jika suhu 25 derajat celsius sudah tercapai, AC konvensional akan mati seketika.  Sebaliknya, saat suhu ruangan naik, AC konvensional bakal kembali menyala untuk menstabilkan suhu. Aktivitas inilah biang pemborosan listrik yang berujung tagihan tinggi.

Lain cerita jika Anda menggunakan AC inverter. Dengan ilustrasi sama, AC inverter hanya akan menurunkan kecepatan putaran kompresor tanpa memutus daya saat suhu ruangan yang diinginkan tercapai. 

Suhu ruangan pun menjadi lebih stabil tidak tiba-tiba naik atau turun dan beban kerja kompresor lebih ringan. Penggunaan daya pada AC inverter lebih rendah pula.  AC konvensional 1 PK rata-rata membutuhkan daya sekitar 819 Watt sementara AC inverter ambil contoh AC inverter Daikin hanya butuh sekitar 540 Watt.
<< Baca Juga: 18 Makanan & Sayur / Buah Yang Tidak Baik di Simapan Dalam Kulkas >>
kalau dhitung, dari angka di atas, rata-rata ongkos listrik sebuah AC konvensional mencapai Rp 451.400 selama satu bulan dengan asumsi pemakaian 12 jam setiap hari. Pada AC inverter 540 Watt, per bulan Anda hanya perlu membayar Rp 297.626 dengan lama pemakaian sama. 

Jika diasumsikan Anda memakai dua AC inventer di rumah, penghematan tagihan listrik yang bisa dilakukan mencapai 51 persen. Begitulah tips menghemat penggunaan listrik untuk anda yang mau mamakai AC sebagai penyejuk ruangan


Reverensi: tekno.kompas.com
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, May 31, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top